Advertisement

iklan

USDX Batal Koreksi, Minyak Kembali Melemah

Minyak terus turun seiring dengan menguatnya USDX hingga menyentuh level resistennya. USDX diprediksikan akan bullish sehingga hal tersebut menjadi indikasi penguatan USD yang membuat peluang sell pada minyak, sell dapat dilakukan pada harga sekarang dengan target hold.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Trend Mayor Minyak

  1. Seperti yang telah dijelaskan pada analisa sebelumnya, jika harga naik dan menyentuh dan menembus level resisten tertinggi bulanan maka USDX diprediksikan akan bullish. Pada awalnya prediksi harga akan bearish ke level keseimbangan yang biasa menjadi akhir dari sebuah koreksi setelah trend kuat terbentuk, namun ternyata koreksi hanya sampai pada seperempat trend dan harga kembali bullish. Kini harga sudah menembus level resisten tersebut, sehingga prediksi trend selanjutnya adalah bullish dan hal tersebut mengindikasikan penguatan pada USD sehingga minyak cenderung melemah.
  2. Kondisi buruk di berbagai penjuru dunia seperti tragedi Paris dimungkinkan menjadi pendorong penguatan USD yang menjadi mayoritas tolok ukur perekonomian dunia. Pelemahan emas dan logam lain serta turunnya index DowJones disinyalir menjadi pemicu pergerakan USD ke arah yang lebih kuat. Dengan ulasan tersebut maka sell dapat dibuka pada acuan level-level yang terbentuk pada trend minor minyak.

USDX Batal Koreksi, Minyak Kembali
klik gambar untuk memperbesar


Analisa Trend Minor Minyak

  1. Sesaat setelah buy minyak dibuka USDX mengindikasikan adanya kemungkinan bullish, sehingga posisi terpaksa di-close untuk menghindari loss yang besar. Kini harga telah melemah dan menyentuh level konfirmasi sell pada analisa kali ini, yaitu SD-1(40.61). Dengan tersentuhnya level tersebut maka seller range 40.06 dan 42.24 diperkirakan akan memicu seller yang lebih besar dan trader dapat mengambil profit dengan membuka posisi sell di harga sekarang. Jika harga berhasil turun sesuai prediksi, maka bearish panjang dimungkinkan akan terjadi pada minyak dikarenakan level konfirmasi kali ini sejajar dengan level konfirmasi trend mayor. Sell hanya dilakukan satu kali dikarenakan harga yang juga sudah menyentuh level keseimbangan 41.15 yang biasa menjadi sinyal sell kedua. Target di-hold menggunakan strategi SL plus dan stop loss yang sesuai dengan target adalah 42.24.
  2. Rekomendasi sell  di harga sekarang, dengan stop loss pada level 42.24 dan take profit di-hold menggunakan strategi SL plus.

USDX Batal Koreksi, Minyak Kembali
klik gambar untuk memperbesar

Abu Hasan mengenal forex sudah 3 tahun semenjak lulus dari perguruan tinggi. Berawal dari bermain-main di akun demo, kemudian berlanjut trading pada bermacam-macam instrumen, termasuk pair-pair cross, Crude Oil, dan CFD saham.

Rayza
terima kasih sepertinya oil kali ini susah diprediksi karena tragedi paris
Abu Hasan
seberapa sulit prediksinya yang penting money management ketat harus dijaga, supaya kesempatan mencari peluang terus ada, banyaknya ketepatan prediksi dikurangai dengan banyaknya salah prediksi akan menentukan keuntungan, sama - sama rayza
Dharmawan
Mas Hasan, sekedar sharing. Selama ini prediksi mengacu pada index usd. Andaikata usd terus menguat, mungkinkah nilai oil terus melemah? Mengingat biaya produksi /eksplorasi tdk mungkin menurun. Adakah acuan batas minimal harga oil? 
Abu Hasan
naik turun harga minyak tergantung supply dan demand, supply tergantung dari hasil penambang dalam menemukan minyak, demand tergantung dari penggunaan minyak didunia, selama ini USD banyak dijadikan tolok ukur perekonomian negara-negara lain, semisal Indonesia, jika perekonomian indonesia naik maka USD turun terhadap rupiah, dengan perekonomian Indonesia yang naik maka konsumsi minyak juga banyak dan hal itu membuat demand minyak naik sehingga harga minyak naik, begitu juga dengan negara-negara lain selain Amerika.
sedangkan acuan lain selain USD adalah supply minyak, dalam hal ini hasil penambang dapat dijadikan acuan atau harga saham perusahaan penambang minyak, silahkan dicek keselarasan harganya dengan harga minyak. trimakasih