Advertisement

iklan

Waspadai Pergerakan Bearish EUR/USD Dari Break 1.11 (UPDATED)

EUR/USD kini sedang mencoba menguji zona psikologis 1.1100. Sebaiknya antisipasi pergerakan bearish lanjutan ketika level tersebut mampu ditembus.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Bias EUR/USD secara garis besar masih berada di dalam koridor bearish. Meskipun demikian, pair ini masih bergerak konsolidatif di sekitar kurva Moving Average 200-hari jika dilihat dari daily chart.

Saat analisa ini ditulis, EUR/USD sedang bergerak di sekitar zona psikologis 1.1100. Dengan begitu, harap waspadai dan amati pergerakan di saat pair ini bereaksi merespon zona psikologis tersebut. Jika zona tersebut mampu menahan pergerakan EUR/USD, maka pair ini akan kembali menguat dan terkoreksi menuju zona resisten di kisaran 1.1138 hingga 1.1142.

Namun, waspadai apabila zona psikologis tersebut tak mampu menahan tekanan seller hingga akhirnya tertembus. Pasalnya, mempenetrasi level tersebut akan membuat EUR/USD semakin tertekan hingga ke zona 1.1088 bahkan 1.1056. Dengan begitu, bias bearish akan semakin kuat ketika zona psikologis tersebut tertembus.

EU

 

Analisa Dan Rekomendasi

EU

Melihat peluang yang ada, maka opsi SELL pada level 1.1100 dapat digunakan sebagai referensi trading EUR/USD kali ini. Level Stop Loss ditempatkan pada level 1.1142 dan Take Profit dapat diletakkan pada level 1.1088, 1.1073, atau 1.1056.

 

Catatan:

  • Selalu perhatikan pergerakan harga, gunakan trailing stop untuk mengunci keuntungan dan tutup semua posisi serta hapus segala Pending Order jika terjadi pembalikan arah hingga menuju area invalidasi!
  • Gunakan money management yang benar agar dapat mencapai profit maksimal.
  • Selalu ingat dan pahami risiko serta money management Anda sebelum bertransaksi!
  • Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

Update Posisi EUR/USD 20 Januari 2020

updated

Skenario sell EUR/USD berhasil tereksekusi dan telah bergerak sesuai analisa. Bahkan beberapa jam setelah entry level terinisiasi, harga sudah bergerak menyentuh TP 1. Namun sore ini, saya kembali melihat trade ini, dan harga masih berusaha menguji zona support 1.1088 (TP 1). Tanpa berfikir panjang, saya profit taking terlebih dahulu dengan menutup sepertiga dari posisi saya yang terbuka.

Kemudian saya melihat pair ini membentuk zona resisten baru pada level psikologis 1.1100. Selain itu, keadaan RSI pada timeframe H1 yang sudah jenuh jual dapat memungkinkan pair ini untuk terkoreksi sejenak. Oleh karena itu, saya memindahkan SL ke level Break Even Point (BEP). Anda juga bisa mengambil keuntungan terlebih dahulu pada harga saat ini dan memindahkan level stop loss ke level BEP. Dengan begitu, kita hanya menunggu pergerakan selanjutnya tanpa rasa khawatir karena perdagangan yang tersisa ini adalah perdagangan yang bebas resiko (risk-free).

statement

Have a nice day, and see you on the next trade!


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan penulis, Anda dapat mengirimkannya pada kolom komentar di bawah ini atau pada halaman Tanya Jawab.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.