OctaFx

iklan

10 Film Tentang Bitcoin Yang Informatif

284142

Belajar tidak harus dari teks saja. Anda bisa menyimak 10 film tentang Bitcoin berikut untuk mendapatkan info-info menarik tentang Bitcoin, Blockchain, dan dunia kripto secara umum.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sejak transaksi pertama di tahun 2008, ada gelombang keingintahuan yang tinggi untuk Bitcoin. Fenomena ini kemudian berlanjut hingga satu dasawarsa setelahnya, dan diprediksi akan terus tumbuh apabila Bitcoin bisa mempertahankan keunggulannya sebagai pelopor mata uang kripto. Fitur kunci Bitcoin memungkinkan desentralisasi mata uang digital. Koin itu secara teknis merupakan uang digital yang dapat dikirim dari satu tempat ke tempat lain dengan aman dan biaya minim.

 

10 Film Tentang Bitcoin

 

Sampai saat artikel ini ditulis, Bitcoin mampu mempertahankan valuasi pasarnya di atas $250 miliar, meski telah dilanda berbagai macam drama, mulai dari peretasan di bursa kripto hingga tekanan dari otoritas. Karena pertumbuhan harga Bitcoin yang pesat, banyak kisah mengenai orang-orang yang menjadi jutawan dalam semalam karena Bitcoin, tapi ada pula yang merugi karena sudah terlanjur membeli di harga tinggi.

Kisah-kisah ini kemudian memancing minat para pembuat film dan dokumenter untuk menyorot fenomena Bitcoin, mulai dari potensi, pro kontra, hingga revolusi yang dihadirkan oleh teknologi ini. Berikut adalah 10 film tentang Bitcoin yang bisa Anda saksikan untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut.

 

1. Banking On Bitcoin

Banking On Bitcoin adalah film dokumenter yang memberi Anda kesempatan untuk mengetahui kisah para pengguna awal Bitcoin. Menyajikan pandangan mendalam tentang posisi tertinggi dan terendah yang dihadapi oleh para pengguna awal Bitcoin, film ini menghadirkan sebuah pertanyaan menarik: apakah keseimbangan dapat terjadi antara regulasi dan inovasi?

 

 

Jika Anda tertarik dengan perdebatan antara inovasi dan regulasi, maka film tentang Bitcoin ini bisa dijadikan referensi terbaik. Hal itu karena Banking On Bitcoin menyoroti perspektif yang berbeda tentang topik seputar Bitcoin dan bagaimana para pionir teknologi telah membantu pembentukan teknologi Blockchain.

 

2. Bitcoin Heist

Bitcoin Heist adalah satu-satunya feature film (non dokumenter) di daftar ini. Bergenre action, film ini mengisahkan aksi para penipu ulung yang direkrut Interpol untuk menangkap peretas terkenal berjuluk "Ghost". Uniknya, upaya tersebut dilakukan dengan merencanakan pencurian Bitcoin dalam skala besar.

 

 

Anda mungkin tidak akan mendapatkan wawasan tentang sejarah dan cara kerja Bitcoin di film ini, tapi Anda bisa melihat gambaran aksi para hacker saat meretas jaringan Bitcoin, juga seperti apa peran vital Bitcoin hingga bisa menjadi fokus dalam film Vietnam keluaran tahun 2016 ini.

 

3. Bitcoin: The End Of Money As We Know It

Karena teknologi Blockchain masih menjadi misteri bagi sebagian besar khalayak umum, tujuan dari kebanyakan film tentang mata uang kripto adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang teknologi tersebut. Film Bitcoin: The End Of Money As We Know It pun demikian adanya. Memberikan gambaran tentang bagaimana Bitcoin lain dari mata uang yang sudah ada, film dokumenter ini juga mengungkap bagaimana Bitcoin mengubah persepsi kebanyakan orang.

 

 

Dilihat dari judulnya, Bitcoin: The End Of Money As We Know It ingin menunjukkan bahwa Bitcoin (dan mungkin Altcoins) bisa menjadi ancaman bagi sistem mata uang konvensional yang sudah biasa kita gunakan. Maka dari itu, tak heran jika film ini mengutamakan fokusnya pada beberapa keunggulan Bitcoin yang terdesentralisasi, aman, transparan, rendah biaya, dan bagaimana teknologinya bisa menjadi revolusi yang menantang sistem perbankan konvensional dan memberikan solusi baru di sektor keuangan.

 

4. The Rise And Rise Of Bitcoin

Karena sering naik turun secara drastis dalam waktu singkat, nilai Bitcoin dikenal sulit diprediksi dengan tepat dan dianggap hanya bergerak berdasarkan spekulasi tanpa dasar. Nah, film The Rise And Rise Of Bitcoin menjelaskan kepada kita tentang perjalanan nilai Bitcoin tersebut.

 

 

Upaya yang dilakukan sang pembuat film tentang Bitcoin ini adalah dengan menampilkan sudut pandang para pengguna, baik yang telah melakukan perjalanan dengan Bitcoin dari awal maupun para pendatang baru. Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang riwayat kenaikan harga Bitcoin yang terlihat membubung dalam beberapa tahun terakhir, juga ketika nilai kripto ini terjun bebas dari kenaikan sebelumnya.

 

5. The Bitcoin Gospel

Apakah Anda ingin tahu cara kerja Bitcoin atau bagaimana cara Bitcoin digunakan dalam transaksi? Film yang berjudul The Bitcoin Gospel ini seharusnya dapat memberikan jawaban komprehensif untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut. Film ini dibuka oleh investor Bitcoin kondang, Roger Ver, yang menjelaskan bagaimana mata uang itu bekerja. The Bitcoin Gospel memiliki perspektif geo-fokus karena mengikuti advokasi Ver di Jepang, yang menyatakan negara tersebut sebagai tempat paling ramah Bitcoin di dunia.

 

 

Film tentang Bitcoin ini pada dasarnya mengikuti kehidupan Roger Ver yang telah mengabdikan waktunya untuk mendampingi dan memberikan konsultasi perihal penggunaan Bitcoin. Namun demikian, ada pula tambahan wawasan dari para pendukung Bitcoin terkenal lainnya seperti Andreas Antonopoulos. Jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana rasanya hidup di dalam dunia Bitcoin dari awal kemunculannya, ini adalah film yang sangat direkomendasikan.

 

6. The Bitcoin Story

Film dokumenter ini memiliki durasi yang cukup pendek, dan secara umum menampilkan semua percakapan seputar penciptaan Bitcoin. Hal-hal mengenai telaah teknologi, unsur politik, dan kemampuan Bitcoin untuk mengubah sektor keuangan bisa dikupas oleh film ini. The Bitcoin Story juga menampilkan berbagai pendapat dari pemodal ventura.

 

 

7. I Am Satoshi

Jangan salah paham dulu dengan judul film ini. I Am Satoshi sama sekali tidak menampilkan investigasi untuk mengungkap identitas Satoshi Nakamoto, apalagi menghadirkan sosok tersebut di sepanjang film. Sajian dokumenter berdurasi 52 menit ini justru mengungkap bagaimana teknologi open-source seperti Bitcoin bisa menjadi inovasi dalam sistem mata uang, perdagangan, dan pembayaran konvensional.

 

 

Film yang memenangkan penghargaan Most Creative Video dalam acara Blockchain Awards di tahun 2014 ini dibuat oleh Tomer Kantor, yang secara khusus mewawancarai lebih dari 50 sosok penting dalam komunitas Bitcoin di 5 benua berbeda.

 

8. Magic Money: The Bitcoin Revolution

Film ini diproduksi untuk menjawab berbagai pertanyaan publik tentang mata uang Bitcoin. Termasuk di antaranya adalah pertanyaan tentang apa sebenarnya mata uang Bitcoin dan implikasinya bagi masyarakat luas.

 

 

Magic Money: The Bitcoin Revolution menunjukkan bagaimana Bitcoin tidak dikendalikan oleh lembaga moneter manapun, tapi justru dikendalikan penuh oleh para penggunanya. Film ini juga menjawab pertanyaan tentang teka-teki masa depan Bitcoin bagi masyarakat dunia.

 

9. The Bitcoin Experiment

The Bitcoin Experiment dirilis pada tahun 2016, dan mengisahkan sebuah eksperimen sosial untuk mengetahui legitimasi mata uang digital Bitcoin. Penyelenggara eksperimen tersebut memulai perjalanan dari area Skandinavia.

 

 

Film ini telah diakui sebagai media belajar yang sangat baik untuk para pengguna awal Bitcoin. The Bitcoin Experiment juga menunjukkan bagaimana Bitcoin akan memberi kebebasan dari struktur keuangan yang sudah mapan, sehingga turut mengungkap manfaat yang mungkin diperoleh pengguna dari mata uang terdesentralisasi.

 

10. Life On Bitcoin

Dari beberapa kritik terhadap Bitcoin sejak penciptaannya, ada komentar yang mengatakan bahwa para pengguna tidak bisa menggantungkan penghasilan dari Bitcoin. Selain itu, masyarakat tidak dapat menggunakannya untuk membeli barang sehari-hari, karena Bitcoin masih "belum selevel" dengan kartu kredit apalagi uang Fiat.

 

 

Untuk membuktikan kritik ini salah, sepasang suami istri memulai eksperimen sosial. Mereka bertahan hidup dengan mata uang digital saja dalam jangka waktu 100 hari. Hal yang paling luar biasa tentang pasangan ini adalah, mereka memulai perjalanan tersebut tepat setelah keduanya menikah.

 

Ingin belajar lebih banyak tentang Bitcoin dan teknologi Blockchain yang mendasarinya? Selain dari film-film dokumenter, Anda bisa menyimak kamus Blockchain berikut untuk mempelajari istilah-istilah penting dalam dunia kripto.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.


Luki
Gak nyangka, ternyata banyak juga film soal Bitcoin. Info yang berguna.