OctaFx

iklan

10 Manfaat Kripto Dan Blockchain Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

285436

Selain di sektor keuangan, kripto dan Blockchain ternyata bisa dimanfaatkan di berbagai sendi kehidupan lain, termasuk pendidikan, politik, dan kegiatan amal.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Selama beberapa tahun terakhir, mata uang dan pasar kripto secara keseluruhan telah tumbuh secara eksponensial. Bitcoin, yang paling terkenal dari generasi mata uang digital baru, adalah salah satu dari sekitar 1,900 kripto yang paling banyak dibicarakan di internet. Sebagian pengguna tertarik dengan potensi penggunaannya, mengingat sistem Bitcoin terdesentralisasi (tidak ada bank atau pihak ketika yang terlibat), anonim, berbiaya murah dan cepat, serta berpotensi mengubah dunia keuangan di masa depan. Sebagian pengguna lainnya tertarik untuk menjadikan Bitcoin sebagai peluang berinvestasi.

Yang lebih menarik lagi, manfaat dan penggunaan kripto bisa melampaui sektor keuangan. Berikut 10 penggunaan kripto dan Blockchain yang mungkin belum Anda ketahui:

 

1. Pengelolaan Dana

Manajemen keuangan adalah salah satu cara paling menarik untuk menggunakan mata uang kripto. Itulah mengapa perusahaan seperti SwissBorg, memberikan peluang bagi para kliennya untuk mengelola dana tanpa batasan apapun.

Menurut situs web SwissBorg:

"Apakah Anda klien individu, mewakili DAO (organisasi otonomi terdesentralisasi), atau ahli keuangan, SwissBorg adalah ekosistem demokratis yang memberikan Anda kemampuan untuk dapat mengelola portofolio aset kripto secara bebas dan trasparan."

 

2. Digital Marketing

Untuk meningkatkan relevansi konten dengan tampilan iklan, perusahaam SolidOpinion telah memperkenalkan Engagement Token (EGT). Selain itu, teknologi ini dapat melacak keterlibatan dan penyebaran informasi viral, yang membuat pengiklan online mendapatkan informasi penting untuk kebutuhan riset dan pengembangan mereka.

Manfaat Kripto untuk Digital Marketing

(Baca juga: Keunggulan Cara Kerja Mata Uang Kripto)

 

3. Memerangi Kecurangan Pemilu

Dengan sistemnya yang transparan, kripto dapat membantu memerangi kecurangan Pemilu. Santiago Siri adalah salah satu pendiri dari Democracy Earth, sebuah organisasi nirlaba yang merancang sebuah aplikasi untuk menggabungkan Voting dengan teknologi Blockchain. Siri mengatakan bahwa dengan kripto, penipuan pemilu atau jenis korupsi lainnya yang melibatkan uang tidak mungkin lagi dilakukan. Semua catatan akan transparan untuk semua orang.

"Blockchain itu tidak dapat hancur, tidak ada yang dapat mengubah atau menumbangkan bagaimana suara disimpan, dan itu sangat penting untuk demokrasi," kata Siri.

 

4. Membasmi Korupsi Di Sektor Amal

Kripto dapat digunakan untuk menghindari korupsi di organisasi amal. Karena kemampuannya untuk menjaga akuntabilitas perusahaan, Blockchain dapat menghilangkan banyak masalah kebocoran dana di badan amal. Itulah mengapa, World Food Program (WFP) telah menggunakan Blockchain untuk mendistribusikan bantuan tunai dengan aman kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Tidak ada lagi perantara pihak ketiga yang dapat berperan di dalam transaksi penyaluran amal, dan semua detail transaksi disajikan secara transparan untuk dianalisa semua orang.

 

5. Ramah Lingkungan

Jika Anda seorang pencinta lingkungan, Anda akan senang mendengar bahwa kripto dapat digunakan untuk membuat dunia lebih hijau juga. Misalnya, Brooklyn Microgrid menjadi teknologi pertama di dunia yang mampu memberikan sumber energi alternatif dari teknologi Blockchain. Proyek ini diprakarsai oleh LO3 Energy yang bekerjasama dengan Siemens Digital Grid. Namun sayangnya, penggunaan Brooklyn Microgrid untuk saat ini masih terbatas dalam lingkup masyarakat New York City. Jika proyek ini berhasil, bukan tidak mungkin LO3 dan Siemens akan mengembangkan jangkauan mereka ke area yang lebih luas.

Manfaat Blockchain untuk Lingkungan

(Baca juga: Apa Saja Kegunaan Blockchain?)

 

6. Transaksi Di Biro Perjalanan

Ketika Bitcoin diterima oleh lebih banyak pedagang ritel, banyak orang akan memiliki kesempatan untuk menggunakannya di berbagai macam transaksi. Salah satu contohnya adalah web cheapair[dot]com, biro perjalanan yang menyediakan layanan pemesanan tiket penerbangan, hotel, penyewaan mobil, dan kapal pesiar. Situs tersebut telah menerima pembayaran dengan Bitcoin sejak 2013. Dengan kemudahan Bitcoin sebagai sistem pembayaran lintas batas, maka para pengguna bisa lebih mudah melakukan pembayaran kapanpun dan di manapun.

 

7. Pendanaan Startup

Banyak Startup sekarang menggunakan kripto untuk mendanai ide, layanan, dan produk mereka. Daripada menggunakan pendanaan VC (Venture Capital) tradisional, atau menggunakan situs penggalangan dana seperti IndieGoGo atau Kickstarter, para pemimpin Startup mulai memanfaatkan kripto sebagai cara mendanai proyek dan bisnis mereka. Karena mudah untuk melacak dan mendapatkan uang dengan cara ini, kripto mampu merevolusi proses pendanaan keseluruhan.

 

8. Praktik Bisnis Yang Etis

Mata uang kripto juga dapat digunakan untuk mendorong praktik bisnis yang etis. Karena Blockchain bisa melacak setiap data dan transaksi dengan transparansi penuh, bisnis di semua sektor akan lebih termotivasi untuk bertanggung jawab dalam menjalankan praktiknya sesuai aturan.

 

9. Membayar Biaya Pendidikan

Meskipun di Indonesia belum ada sekolah yang menerima uang kripto, beberapa negara sudah umum menggunakannya sebagai bentuk pembayaran, termasuk pembayaran biaya sekolah. Menurut Futurism[dot]com, universitas di Swiss, Jerman, Siprus dan Amerika Serikat telah mulai menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Manfaat Bitcoin untuk Pendidikan

(Baca juga: 3 Universitas Dunia Yang Membuka Pusat Penelitian Blockchain)

 

10. Augmented Reality (AR)

Penggunaan terakhir ini adalah yang paling menarik. Berkat revolusi AR berbasis lokasi seperti Pokemon Go dan perusahaan-perusahaan seperti Candy Lab yang telah membuka jalan bagi AR berbasis lokasi, generasi baru Startup telah muncul. Augmented Reality berbasis lokasi akan menjadi masa depan media hiburan yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia digital.

Salah satu contoh penggunaan kripto di bidang ini digagas oleh perusahaan Blendar, yang memberikan imbalan kepada para pengguna untuk melihat pengalaman AR berbasis lokasi dengan uang kripto. Fluffr[dot]io adalah perusahaan lain yang sudah menerapkan konsep ini. Mereka telah bermitra dengan Blendar dan Candy Lab untuk mendorong pengalaman pribadi yang revolusioner dan menggunakan sistem pembayaran berbasis Blockchain.

 

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara mengubah setiap aspek kehidupan kita dengan mata uang kripto dan Blockchain. Karena mata uang kripto mendapatkan popularitas di dunia bisnis dan dalam kehidupan sehari-hari, semakin banyak adopsi yang mungkin dikembangkan dari teknologi tersebut. Bukan hanya dunia keuangan saja yang mengalami revolusi, tapi hampir seluruh aspek kehidupan yang memerlukan transparansi akan turut diuntungkan oleh penggunaan kripto juga teknologi Blockchain.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.