OctaFx

iklan

10 Tokoh Penting Dan Berpengaruh Di Dunia Bitcoin

283834

Mulai dari Satoshi Nakamoto hingga seorang pembicara terkenal, inilah 10 tokoh Bitcoin paling penting dan berpengaruh.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Banyak orang masih mengaitkan kata "Bitcoin" dengan kejahatan dunia maya dan pasar gelap. Padahal, teknologi dasarnya telah lama diterapkan dan dikelola beberapa pihak, bahkan oleh sistem moneter yang ada saat ini. Kali ini, kita akan menyoroti orang-orang yang paling berdampak pada Bitcoin. Selain menyebarkan informasi tentang manfaat Bitcoin dan memperkuat infrastrukturnya, 10 tokoh penting dalam dunia Bitcoin ini telah terlibat langsung dalam pemeliharaan, pengembangan, dan penciptaan ekosistem Bitcoin secara keseluruhan.

Tokoh Bitcoin Penting dan Berpengaruh

 

1. Sathoshi Nakamoto

Meskipun ada banyak spekulasi tentang identitas asli di balik pencipta Bitcoin, nama samaran Satoshi Nakamoto tetap digunakan untuk menutupi identitas asli di balik pencipta Bitcoin. Orang ini bisa menjadi pria, wanita, atau bahkan ekelompok orang.

Satoshi Nakamoto

Satoshi pernah menjelaskan, "Masalah inti dengan mata uang konvensional adalah semua kepercayaan yang diperlukan untuk membuatnya berfungsi. Bank Sentral harus dipercaya untuk tidak merendahkan nilai mata uang, tetapi sejarah mata uang Fiat penuh dengan pelanggaran kepercayaan tersebut." Oleh karena itu, Satoshi Nakamoto berinisiatif untuk membuat mata uang terdesentralisasi yang tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun di dunia ini. Hanya konsensus global secara mutlak yang bisa menentukan nilainya.

 

2. Nick Szabo

Nick Szabo adalah ilmuwan komputer, sarjana hukum, dan kriptografer yang dikenal karena penelitiannya dalam kontrak dan mata uang digital. Ia merancang mekanisme mata uang digital terdesentralisasi yang disebut "Bit Gold" pada tahun 1998. Meskipun mata uang digital perintis ini tidak mendapatkan banyak dukungan pada saat itu, Bit Gold mampu membantu kemunculan Bitcoin sekitar sepuluh tahun kemudian.

Nick Scabo

Banyak orang yang berspekulasi bahwa Szabo adalah Satoshi Nakamoto. Hal ini didasarkan pada kecurigaan bahwa hanya Szabo-lah satu-satunya orang di seluruh dunia yang memiliki luasnya pengetahuan tentang kriptografi pada saat itu. Namun rumor ini dibantah oleh Szabo.

Tidak seperti Satoshi, Szabo kerap muncul di depan publik. Pada acara Devcon 1 di London, Szabo mengutarakan bahwa teknologi kriptografi yang dibawa mata uang kripto, khususnya Ethereum, dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah terbesar di dunia saat ini.

 

3. Hal Finney

Hal Finney bukan hanya aktivis kriptografi yang terkenal, tetapi juga seorang perintis Bitcoin. Pada tahun 2004, Finney menciptakan sistem Proof-of-Work yang dapat digunakan kembali sebelum Bitcoin. Pada tahun 2009, ia mengambil bagian dalam transaksi Bitcoin pertama, dengan menerima Bitcoin yang dikirim oleh Satoshi Nakamoto.

Hal Finney

Finney bekerja sebagai pengembang untuk perusahaan PGP sampai pensiun pada tahun 2011. Dia terus membuat program-program inovatif seperti Bcflick, yang menggunakan Trusted Computing untuk meningkatkan keamanan Dompet Bitcoin. Sayangnya, Hal Finey meninggal pada tahun 2014 sebelum mampu mempromosikan program terakhirnya tersebut.

 

4. Gavin Andresen

Gavin Andresen adalah salah satu anggota paling menonjol dan vokal dari komunitas Bitcoin, yang telah berkolaborasi langsung dengan pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto dalam mengembangkan Source Code Bitcoin. Ia memiliki akses ke "Alert Key" yang memungkinkannya untuk menyiarkan pesan tentang masalah jaringan penting ke semua klien Bitcoin.

Gavin Andresen

Satoshi Nakamoto menyerahkan kendali atas repository Source Code dan Alert Key ke Andresen sebelum menghilang dari peredaran. "Bitcoin dirancang untuk membawa kita kembali ke mata uang yang terdesentralisasi dari rakyat. Ini seperti emas yang lebih baik," jelas Andresen.

 

5. Adam Back

Adam Back merupakan salah satu pelopor dalam kriptografi dan telah bekerja pada protokol e-Cash sejak tahun 1995. Penemuannya termasuk Hashcash Proof-of-Work dan fungsi penambangan terdesentralisasi yang digunakan dalam Bitcoin. Hashcash juga telah digunakan di sejumlah protokol lain, seperti tool untuk memerangi Spamming Blog. Tokoh Bitcoin ini juga bekerja sebagai pengembang di Zero-Knowledge Systems di jaringan Freedom.

Adam Back

Adam Back telah menjadi anggota aktif di komunitas Bitcoin dan sering mengomentari masalah skalabilitas, privasi, juga teknologi pertambangan. Saat ini, Back adalah CCO di Spondoolies Tech Ltd. dan Presiden di Blockstream.

 

6. Andreas Antonopoulos

Andreas M. Antonopoulos adalah ahli teknologi, pengusaha, dan pembicara publik yang banyak berjasa dalam membuat Bitcoin lebih mudah dipahami. Ia telah menjadi pendukung produktif untuk mata uang kripto secara umum, berbicara di depan banyak khalayak di berbagai konferensi teknologi dan keamanan di seluruh dunia.

Andreas Antonopoulos

Dalam salah satu pidatonya, tokoh Bitcoin ini menjelaskan, "Bitcoin mewakili peluang untuk menjadi bagian dari ekonomi global yang hingga kini belum tercipta. Bagi para pengguna, Bitcoin lebih dari sekedar rasa ingin tahu, karena mampu menjadi pintu penghubung ke dunia yang lebih modern dan adil." Antonopoulos juga merupakan penulis "Mastering Bitcoin", panduan teknis untuk memahami Bitcoin. Ia bahkan pernah diundang di hadapan Senat Kanada untuk membantu mereka mengevaluasi pendekatan terbaik dalam pengaturan mata uang kripto.

 

7. Patrick Byrne

Sering disebut sebagai "Bitcoin Messiah" dan "Scourge of Wall Street" di media, Patrick Byrne adalah CEO perusahaan e-retailer raksasa overstock[dot]com. Perusahaannya adalah peritel besar pertama yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran, jauh sebelum Dell dan Microsoft melakukan adopsi. Ia sangat percaya bahwa Wall Street akan dipaksa untuk menerima teknologi Bitcoin lebih cepat daripada yang dipikirkan banyak orang.

Patrick Byrne

Byrne juga bertanggung jawab dalam peluncurkan T0 (T Zero), sebuah perusahaan yang bertujuan untuk merevolusi industri keuangan dengan teknologi Blockchain. Tujuannya adalah untuk membuat transaksi lebih adil, transparan, dan dapat diakses oleh semua pelaku pasar.

 

8. Roger Ver

Roger Ver adalah orang pertama di dunia yang mulai berinvestasi di Startup Bitcoin, membantu mendanai cikal bakal seluruh bisnis Bitcoin generasi pertama, dan hampir sepenuhnya dilakukan oleh komunitas yang dibangunnya sendiri, yang dikenal sebagai "Bitcoin Jesus"

Ver percaya bahwa teknologi Bitcoin merupakan teknologi yang sempurna untuk kesukarelaan, gagasan bahwa semua interaksi manusia harus dengan persetujuan bersama (konsensus). Pada tahun 2011, perusahaannya, Memorydealers, menjadi perusahaan mainstream pertama yang mulai menerima Bitcoin sebagai pembayaran. Ia juga meluncurkan Bitcoinstore[dot]com, situs Web pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran.

Roger Ver

Tokoh Bitcoin ini kemudian menciptakan Bitcoinbountyhunter[dot]com untuk memberi imbalan kepada orang-orang yang membantu menangkap penjahat cyber di ruang Bitcoin. Ia juga telah menjadi kritikus vokal pada penyensoran komunitas Bitcoin Online di Reddit, juga menawarkan alternatif bebas sensor untuk diskusi terkait ruang lingkup kriptografi.

 

9. Barry Silbert

Barry Silbert telah menjadi salah satu investor paling aktif di Bitcoin hingga saat ini. Ia adalah Pendiri Digital Currency Group, sebuah perusahaan yang fokus mengembangkan infrastruktur Bitcoin dengan berinvestasi, memulai, dan mengembangkan perusahaan di ruang Bitcoin.
Silbert telah menyuntikkan dana ke lebih dari 40 Startup yang berhubungan dengan Bitcoin melalui Bitcoin Opportunity Corp. Investasinya ditujukan pada perusahaan-perusahaan Bitcoin penting seperti BitGo, BitPay, BitPagos, Chain, BitPesa, Gyft, Coinbase, Circle, Kraken, TradeBlock, Ripple, Keza, Bitwala, dan Unocoin.

Barry Silbert

Tokoh Bitcoin ini bertanggung jawab untuk peluncuran Bitcoin Investment Trust (BIT), sekuritas pertama yang diterbitkan secara terbuka dan diinvestasikan dengan Reward nilai dari harga Bitcoin. BIT memberi investor kesempatan untuk mengambil manfaat dari pergerakan harga Bitcoin melalui kendaraan investasi tradisional, tanpa larangan untuk membeli, menjual, dan menyimpan Bitcoin.

 

10. Pieter Wuille

Sebelum bergabung dengan Blockstream, sebuah organisasi yang didirikan untuk pengembangan jalur cepat dalam aset terbuka dan kontrak cerdas terkait dengan Bitcoin, Wuille bekerja di Google.

Pieter Wuille

Pieter Wuille mengetahui Bitcoin pada November 2010 dan bergabung dengan tim pengembangan Bitcoin Core pada Mei 2011. Saat ini, ia menjadi backup rekan pengembang Core, Wladimir van der Laan, dengan lebih dari 650 kontribusi pada Github dalam kode Bitcoin. Ia juga merupakan orang yang bertanggung jawab untuk proposal peningkatan Bitcoin (BIP) 30, 32, 42, dan 62, serta merupakan penulis utama libsecp256k1, sebuah Library (perpustakaan) untuk kriptografi kurva eliptik yang efisien untuk digunakan dalam Bitcoin.

 

Selain tokoh-tokoh di atas, harga Bitcoin saat ini juga dipengaruhi oleh komentar dari figur lain di luar dunia kriptografi yang telah menjadi sosok berpengaruh secara global. Salah satu contoh tokoh tersebut adalah Bill Gates, yang rangkuman komentar-komentarnya tentang Bitcoin dan mata uang kripto tersaji dalam artikel ini.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.