5 Kategori Pemain Pasar Forex

120520

Berbagai macam orang bisa bergabung ke dalam pasar forex dan secara garis besar mereka dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Saat ini ada banyak sekali pasar di antaranya pasar saham, pasar berjangka, ataupun pasar mata uang. Ketiga pasar ini mungkin yang paling mudah bagi para trader untuk ditransaksikan. Dasar-dasar trading di pasar saham dan mata uang memang cenderung mudah untuk dikuasi oleh kebanyakan orang, sehingga banyak di antara mereka yang menjadi trader saham atau mata uang, dengan terkadang menggunakan contoh dari history pasar tersebut sebagai landasan analisisnya.

5 kategori pemain pasar forex
Mari ambil pasar valuta asing sebagai contoh. Pasar jenis ini merupakan pasar di mana mata uang  saling diperjualbelkan satu sama lain. Orang bisa bertrading pasar ini dari berbagai penjuru dunia. Beberapa sebutan untuk pasar mata uang adalah pasar valas (valuta asing), pasar Forex, dan pasar Fx.

Pasar valuta asing adalah pasar dengan volume perdagangan harian terbesar di dunia, lebih dari $1,5 triliun Dolar AS. Semua transaksi yang melibatkan investasi dan perdagangan internasional harus melalui pasar ini karena melibatkan pertukaran mata uang. Pasar valuta asing adalah pasar paling sempurna yang pernah ada, sebab harga benar-benar ditentukan oleh kekuatan buyer (pembeli) dan seller (penjual).

Pasar pertukaran mata uang dikatakan sebagai over the counter (OTC), dimana tidak ada satu lokasi tertentu antara pembeli dan penjual untuk dapat benar-benar bertemu dan mempertukarkan mata uang mereka. Sebaliknya, transaksi dilakukan melalui telepon, fax, e-mail, atau melalui situs-situs broker forex yang mengkhususkan diri dalam perdagangan mata uang.

Pusat-pusat perdagangan biasanya terletak di kota London, yang melingkupi sekitar 30% dari keseluruhan transaksi di pasar forex, New York sekitar 20%, Tokyo sebesar 12%, dan lainnya berada di Zurich, Frankfurt, Hong Kong, dan Singapura dengan persentase masing-masing sekitar 7%. Paris dan Sydney juga menyumbang porsi masing-masing sebesar 3%. Karena kenyataan bahwa pusat perdagangan berada diseluruh dunia, trader forex dapat melakukan transaksi 24 jam sehari. Pasar hanya ditutup pada akhir pekan.


Kategori Pemain Besar Forex
Berbagai macam orang bisa bergabung ke dalam pasar forex dan secara garis besar mereka dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satu aspek yang dapat menggolongkan beberapa pemain dalam forex adalah besar modal. Mereka yang bermodal besar biasanya disebut sebagai "Big Player" atau pemain besar dalam forex. Selain trader, ada pula pihak-pihak yang juga sering melakukan transaksi valas dalam jumlah besar dan dikategorikan sebagai pemain besar-nya forex. Berikut ini adalah pemain-pemain besar Forex:

1. Konsumen
Yang tergolong dalam pemain Forex jenis ini adalah para pengunjung dari suatu negara, wisatawan, dan imigran yang perlu menukarkan mata uang ketika melakukan perjalanan. Para pemain ini tidak memiliki kekuatan untuk menetapkan harga. Mereka hanya membeli dan menjual sesuai dengan nilai tukar yang berlaku.

2. Bisnis
Bisnis yang dimaksud di sini adalah jenis bisnis impor dan ekspor barang serta jasa, yang perlu menukar mata uang ketika menerima atau melakukan pembayaran untuk barang-barang atau jasa yang telah mereka beli.

3. Investor dan spekulan
Pemain Forex jenis ini adalah mereka yang membeli dan menjual mata uang asing dan mengambil profit melalui fluktuasi pergerakan harga. Namun dibanding investor, spekulan lebih ahli dalam menangani pergerakan harga. Bahkan mereka (spekulan) dengan berani mengesampingkan risiko yang muncul saat trading, sementara investor lebih sering menghindarinya.

4. Bank-bank komersial
Golongan yang secara tradisional dikenal sebagai institusi simpan-pinjam ini tentu saja adalah pemain mayor di pasar Forex. Bank-bank umumnya terlibat dalam trading spekulatif dan turn-over komersial harian.

Bank-bank komersial memanfaatkan spread (selisih) antara bid dan ask untuk mendapatkan keuntungannya. Harga ask adalah nilai tukar di mana bank komersial bersedia untuk menjual mata uangnya. Sedangkan harga bid adalah nilai tukar dimana bank komersial bersedia untuk membeli. Bank-bank komersial juga membuat keuntungan dari spekulasi mereka tentang pergerakan nilai tukar, apakah akan naik atau turun.

5. Bank sentral
Pemain forex jenis ini bertugas untuk berpartisipasi dalam pasar valuta asing dengan tugas yang efektif sebagai otoritas moneter. Bank sentral melakukan jual-beli mata uang bukan untuk tujuan membuat keuntungan, melainkan untuk memfasilitasi kebijakan moneter pemerintah dan menjaga stabilitas ekonomi dan moneter negaranya.

SFTeam merupakan hasil kerjasama beberapa personel tim Seputarforex untuk menghadirkan liputan akurat dan bermanfaat bagi pembaca. Cakupan bahasan menyeluruh hingga menjangkau fundamental, teknikal, dan berbagai aspek trading forex lainnya.


Anwar Tri
Peran trader disini sebagai apa ya???
Raditya_yuda
para trader yg brkecimpung di forex baik individu maupun institusional bs disebut jg sbg investor, krn mrk turut melakukan jual/beli mata uang asing dan mengambil profit dari fluktuasi prgrkn harga.
Bambang Priyono
Kategori Konsumen dan Bisnis tidak bertrading forex dengan maksud mengambil keuntungan dari selisih nilai tukar, padahal transaksi mereka berperan besar dalam volume trading forex.
Aribudiawan
ane masih kurang paham dari konsumen dan bisnis sama pengaruh mereka ke nilai mata uang...
Bambang Priyono
Peran konsumen dan sektor bisnis tentu sangat besar terhadap nilai mata uang suatu negara. Supaya lebih jelas, ambil saja contoh dari negara yang sedang dilanda konflik. Seluruh sektor pembangunannya pasti dalam keadaan yang labil. Dari segi konsumen, turis-turis pasti enggan mengunjungi negara itu dan mereka yang sedang berada disana pasti ingin cepat-cepat keluar. Dengan demikian mata uang negara itu akan turun karena dijual kembali oleh turis-turis tsb. Minat terhadap mata uang tersebut juga akan turun karena investor bisnis enggan melakukan transaksi di negara yang kondisinya tidak stabil. Ini juga akan berpengaruh ke transaksi ekspor dan impor, dimana akan terjadi penurunan transaksi luar negeri karena konflik tersebut juga akan berimbas si sektor ekonomi, sehingga permintaan terhadap mata uang juga akan menunjukkan penurunan. Semakin stabil kondisi suatu negara, maka nilai mata uangnya juga akan semakin menguat, sebaliknya jika terjadi konflik atau bencana maka nilai mata uangnya akan bergerak turun. Dalam hal ini, bisa dilihat langsung dari pengamatan fundamental, dimana akan langsung menunjukkan reaksi harga terhadap pemberitaan yang menampilkan situasi terkini dari negara-negara di dunia.
Didi Suyanto
nice info. trader ritel nggak masuk disini ye. modal trader ritel kalo dibandingin sama investor besar & spekulator jelas g ada apa-apanya. kecuali trader pro yang udah mantap punya banyak pengalaman. kayaknya trading ritelan tetep banyak yang didanai sama modal2 yang lebih kecil. sekarang aja broker2 makin banyak yang buka deposit satu dolar-an, malah ada yang ngasih gratisan buat modal awal. leverage pun main edan aja ada yang sampe 2000 : 1. semua itu apa lagi kalo bukan buat mudahin trader ritel yang pengen mulai pake modal kuecil buanget
Si Dudun
Hooh. kl dbndngn sm jmn dl ps fx blm populer emg jauh bgt, yg dl mw mulai prlu modal smp ribuan dolar skrg 10 dolar ja dah bs maen. tp emg bnr bos ada yg ngsh modal gratis k trdr? ykin itu modalny bnrn dkasih bkn tipuan? Kok tumben ada broker yg "baik" mw ngsh modal k trdr. Tp itu modalny modal bnrn kn? Bkn modal d akun demo? Kl cm d demo sih dh dr dulu bos smpe sepuluh ribu dolar pun bs trdr ngasi hehe
Didi Suyanto
ada gan. kalo g percaya cari aja bonus bonus deposit itu. ada beberapa yang konsepnya ngasih deposit awal. ya g banyak sih paling cuman 5 dolar apa 10 dolar gitu. tapi kan lumayan kalo dipikir2 seumpamanya kita bisa berhasil ngembangin duit hadiah itu kan berarti dari awal kita udah g perlu keluar biaya apa2. loss atau mc pun kita g akan nyesel2 amat karna itu bukan duit kita sendiri. tapi ada cumannya nih. biasanya bonus bonus macem begini g bisa diwithdraw, kalopun bisa diwithdraw paling paling cuma profitnya. itupun banyak saratnya. yah resiko dari trading gratisan.
M. Irawan
saya kok cenderung kurang percaya dengan kemungkinan berhasil jika dananya menggunakan bonus-bonus semacam itu. kalau tidak salah sudah ada yang mengatakan bahwa bisa profit di akun yang mendapat bonus seperti itu sangat mustahil. saya kurang tahu pasti penyebabnya, tapi saat saya tengok memang banyak sekali syarat-syarat yang diberlakukan, yang bisa membatasi strategi trading kita. sebenarnya untuk memahaminya mudah saja, bonus-bonus memang diadakan untuk menarik minat lebih banyak trader. jadi broker mungkin hanya membuat itu tampak menguntungkan di luarnya saja, padahal di dalam belum tentu kita bisa benar-benar diuntungkan.
Edi Yasa
gw setuju. emang kadangkala mau daftar bonus ato promosi2 broker gitu jadix malah nambah2in aturan aja. emang lebih baik trading sewajarx aja, pake modal sendiri terus dikelola sendiri sesuai sistem. tapi biar pandangan kita ngg terlalu nethink dulu ke broker. gw mau comot pendapat salah 1 trader yg agak masuk akal juga. bahwa broker ngg mungkin terlalu sering ato blak2an melakukan kecurangan. karna mereka jg perlu menjaga reputasi. kalau setelah dijajal ternyata banyak trader yg merasa dirugikan. pastinya mereka takut kan nama baik mereka bakal tercemar dn jadi kesulitan dapet klien baru lagi? wong sekarang media sudah pada transparan, kritikan bisa diposting di site2 dan forum2 dan dibaca sama semua orang di seluruh dunia. jadi kalau melihat dari sisi ini sepertinya broker bakal tetap berusaha memenuhi kebutuhan kliennya sebaik mungkin. mungkin kalau ada yang curang dilakuinnya ngg terang2an dan ngg seberapa sering :)