OctaFx

iklan

6 Ajaran Trading Dari 6 Investor Terkenal Dunia

Investor terkenal dunia bisa menjadi kaya karena menerapkan ajaran trading mereka secara disiplin. Apa sajakah ajaran tersebut?

acy

iklan

Advertisement

iklan

Apakah Anda berpikir investor terkenal mampu menghasilkan uang dengan mudah? Jawabannya adalah tidak. Setuju atau tidak, para investor terkenal dunia menekankan bahwa menghasilkan banyak uang di pasar tidak se-simple itu. Ada proses panjang yang harus dilalui, serta kerja keras tiada henti. Tak hanya memerlukan strategi, tapi juga diperlukan kesabaran ekstra serta rasa patuh terhadap ajaran trading yang dibuat.

Para investor yang sudah pro saja masih berjuang seperti itu, bagaimana dengan Anda yang masih baru? Sudahkah Anda membuat aturan-aturan saat trading? Tanpa adanya aturan, transaksi Anda biasanya akan berakhir dengan kekecewaan mendalam. Anda akan memburu pasar secara acak dan tidak memiliki manajemen yang bagus. Para investor terkenal dunia pun pernah merasakan pahitnya merugi jutaan Dolar, padahal sistem dan aturan yang dibuat sudah bagus. Kalau investor terkenal dunia saja bisa merugi, padahal sudah membuat aturan trading, bagaimana dengan Anda yang masih belum memiliki aturan trading sama sekali?

Kegagalan terjadi karena Anda belum membuat aturan yang tepat. Atau lebih parahnya lagi, Anda sudah membuatnya tapi tidak disiplin atau tidak mematuhi aturan-aturan yang sudah dibuat. Kenapa ini bisa terjadi? Penyebabnya tak lain Anda mungkin bingung aturan seperti apa yang harus dibuat. Dikutip dari Investopedia, Anda bisa mengikuti ajaran trading yang diciptakan oleh 6 investor terkenal dunia berikut:

 

1. Sabar Saat Profit, Jangan Sabar Saat Loss

"Bersabarlah saat Anda memenangkan pasar, tapi jangan sabar saat Anda kalah dari pasar. Silahkan berinvestasi dalam jumlah besar, meskipun persentase menang Anda hanya 30%. Asalkan, keuntungan yang Anda peroleh bisa lebih besar dari kerugiannya."

- Dennis Gartman

6 Petuah Berharga Dari Para Investor Top Dunia

Investor terkenal di dunia ini tak hanya piawai sebagai trader saham, tapi juga berprofesi sebagai Editor Dan Penerbit The Gartman Letter. Petuah Dennis Gartman di atas membahas sejumlah kesalahan yang banyak dilakukan investor muda, yakni terlalu tergesa-gesa menjual aset profit, tapi tidak segera menutup transaksi yang loss.

Ajaran pertama adalah jangan terburu-buru menjual transaksi yang sedang profit. Biarkan floating profit tersebut mencapai titik maksimalnya. Ajaran trading kedua, jangan biarkan posisi yang mengalami loss semakin bertambah parah. 

Inilah yang dimaksud Dennis dengan bersabar saat profit, tapi jangan bersabar saat loss. Kalau sudah kelihatan profit, sebaiknya sabar dulu dan tahan posisi sampai profitnya maksimal. Sementara jika sudah kelihatan loss, segera cepat-cepat tutup loss tersebut sebelum semakin bertambah parah. Dengan mengikuti aturan tersebut, kerugian bisa diminimalisir dan keuntungan bisa dioptimalkan. Cobalah menerapkan ajara trading dari investor ini, tanpa melupakan Money Management, serta selalu antisipasi adanya pembalikan arah jika Anda berencana menahan posisi terlalu lama.

 

2. Utamakan Kualitas Di Atas Segalanya

"Lebih baik membeli perusahaan istimewa dengan harga yang wajar, daripada membeli perusahaan biasa dengan harga istimewa."

- Warren Buffet

6 Petuah Berharga Dari Para Investor Top Dunia

Siapa yang tak kenal dengan Warren Buffet? Investor ini merupakan yang paling sukses dalam sejarah. Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dia memiliki intuisi tajam dalam membaca kondisi keuangan yang terjadi di dunia. Bahkan ada yang menyebutkan jika Buffet sudah berbicara, maka pasar akan bergerak sesuai kata-katanya.

Berdasarkan aturan Buffet di atas, ada dua ajaran trading yang perlu dipahami oleh para pemula, khususnya bagi Anda yang terjun di dunia saham. Pertama, saat mengevaluasi sebuah perusahaan, cermati baik-baik kualitas perusahaan tersebut. Caranya bisa dilakukan dengan mengamati neraca keuangan, membaca berita terkini (dari sumber resmi dan kredibel), dan memahami seluk-beluk manajemen perusahaan. Kedua, setelah Anda merasa percaya diri dengan kualitas perusahaan tersebut, silahkan mengevaluasi harganya. 

Menurut Buffet, jika kualitas suatu perusahaan tinggi, maka jangan harap bisa membeli saham mereka dengan harga murah. Sebaliknya, apabila perusahaan tersebut kualitasnya kurang baik, jangan tergesa-gesa membelinya meskipun harganya rendah

Ajaran trading ini sudah terbukti ampuh dilakukan oleh seorang investor terkenal bernama Kenny G. Pria yang juga berprofesi sebagai Musisi Jazz ini berinvestasi terhadap perusahaan Starbucks ketika pertumbuhannya belum sepesat sekarang. Ia pun mendapatkan profit yang luar biasa. Selengkapnya tentang Kenny G bisa Anda baca di artikel kami berjudul Kenalan Dengan Kenny G, Musisi Jazz Sekaligus Trader Sukses.

 

3. Diversifikasi Boleh, Tapi Jangan Dipukul Rata

"Apakah Anda menyukai satu saham tertentu? Jika iya, masukan 10% saja dari portofolio Anda ke dalamnya. Temukan alasan logis kenapa Anda memilihnya, tapi jangan sampai diversifikasi yang Anda lakukan lewat begitu saja tanpa makna."

- Bill Gross

6 Petuah Berharga Dari Para Investor Top Dunia

Bill Gross adalah salah satu investor terkenal dunia yang berasal dari Amerika. Dia mendirikan perusahaan investasi terbesar di dunia bernama Pacific Investment Management Co, yang mengelola dana sebesar 270 miliar Dolar. Karirnya sebagai trader saham memang tak perlu diragukan lagi.

Bagi Anda yang belum tahu pasti akan bertanya, apa itu diversifikasi? Dalam ajaran trading, diversifikasi mengacu pada tindakan investor yang tidak menempatkan semua modal investasi ke dalam satu aset saja. Pada dasarnya, tindakan ini merupakan aturan praktis yang baik. 

Namun, terlalu diversifikasi juga berpotensi mengurangi keuntungan yang Anda peroleh. Misalnya, di depan Anda jelas-jelas ada aset pemenang, tapi Anda hanya menggunakan 10% dari Balance untuk berinvestasi pada aset tersebut. Seandainya Anda memasukan lebih banyak dari itu, pasti profit yang didapatkan juga bisa lebih besar, bukan? Hal ini dikarenakan mendapat uang dari pasar tak luput dari bagaimana Anda mengambil peluang berdasarkan riset mendalam. Oleh karena itu, ajaran trading yang harus Anda terapkan adalah menyiapkan sejumlah dana khusus yang nantinya bisa Anda gunakan sewaktu-waktu ketika mengenali peluang besar dari aset tertentu. Saat momen itu datang, jangan ragu untuk mengerahkan modal lebih banyak.

 

4. Siapkan Portofolio Untuk Jangka Panjang

"Kita semua merasakan kepedihan, tapi saya merupakan investor jangka panjang."

- Pangeran Alwaleed Bin Talal

6 Petuah Berharga Dari Para Investor Top Dunia

Arti dari kalimat di atas adalah beliau pernah merasakan kepedihan yang lebih pahit dibandingkan Anda. Investor terkenal dunia ini terdengar asing, tapi dalam dunia investasi, nama pangeran asal Saudi ini cukup populer. Dia adalah pendiri dari Kingdom Holding Company. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi untuk jasa keuangan, pariwisata, perhotelan, ritel, dan lain sebagainya.

Apakah dalam menjalankan bisnis investasi tersebut, bisnis sang pangeran bisa mulus-mulus saja?

Tentu tidak. Sebelum menjadi investor terkenal dunia, Alwaleed harus mengalami kelamnya dunia investasi pasca Resesi Hebat di akhir tahun 2000-an. Resesi ini merupakan penurunan ekonomi paling signifikan sejak masa Depresi Hebat yang pernah terjadi pada tahun 1930-an silam. Saat Resesi Hebat, Alwaleed harus merelakan kehilangan uang yang cukup besar ketika berinvestasi di perusahaan Real Estate di India. Selain itu, harga dari 14.9% sahamnya di Citigroup merosot tajam pasca Resesi.

Tentu ini adalah masa-masa sulit yang harus dilalui olehnya. Banyak investor yang ramai-ramai menjual saham mereka. Tapi Alwaleed tidak. Dia memilih untuk menahan investasinya tersebut untuk jangka waktu lama, dan menunggu momentum yang tepat untuk mengeluarkannya. Kesabaran ini pun membuahkan hasil. Kini Alwaleed menjadi investor terkenal dunia dengan kekayaan mencapai 15.2 miliar Dolar.

Pada dasarnya, memilih menjadi trader jangka menengah atau jangka panjang itu pilihan Anda. Namun, sebagian besar dari portofolio Anda sebaiknya diinvestasikan untuk kepemilikan jangka panjang. Tentu semua juga harus berdasarkan pada riset yang mendalam terlebih dahulu.

 

5. Selalu Filter Informasi Yang Diperoleh

"Anda ingin belajar dalam bisnis ini. Jika Anda menginginkan teman, carilah anjing."

- Carl Icahn

Membuat Artikel 6 Aturan Bertrading Dari Investor Ternama Di Dunia (80%)

Carl Icahn adalah seorang pengusaha dan investor terkenal dunia asal Amerika dengan total kekayaan senilai 17 miliar Dolar pada tahun 2019. Dia merupakan pendiri Ichan Enterprises, sebuah perusahaan induk yang berbasis di kota New York. Beberapa saham terkenal yang dimilikinya antara lain Time Warner, Yahoo, Clorox dan Blockbuster Video.

Dari ajaran trading di atas, mungkin terlihat sedikit sarkas, tapi ada makna mendalam yang bisa Anda peroleh di dalamnya. Selama ini mungkin Anda terlalu bergantung pada informasi orang lain yang mengaku sebagai "teman". Ingat, dunia investasi itu tak kenal ampun. Jadi apapun yang terjadi, tetap gunakan analisa dan sumber-sumber terpercaya Anda sendiri sebagai basis pengambilan keputusan. Menggunakan rekomendasi dari pihak lain boleh-boleh saja, tapi tempatkan saran tersebut pada pertimbangan minor, bukan komponen utama yang membentuk keputusan trading Anda. Bagaimanapun juga, ajaran trading ini sukses diterapkan Carl Icahn meski ia saat ini dikenal memiliki banyak "musuh".

 

6. Berinvestasi Sekarang Untuk Masa Depan

"Saya meyakini bahwa kemiskinan di Meksiko dan Amerika Latin, seperti yang terjadi di China merupakan peluang bagi negara tersebut untuk tumbuh. Ini adalah peluang berinvestasi."

- Carlos Slim

Membuat Artikel 6 Aturan Bertrading Dari Investor Ternama Di Dunia (80%)

Carlos Slim digadang-gadang sebagai Warren Buffet-nya Meksiko dengan total kekayaan fantastis senilai 65 miliar Dolar. Kisah suksesnya menjadi miliarder bermula saat terjadi krisis ekonomi di Meksiko pada tahun 1982. Kala itu, di usianya yang ke-42, dia membeli saham perusahaan-perusahaan di Meksiko yang mencoba bangkit dari krisis. Lalu dia menjualnya lagi dengan harga lebih mahal di masa mendatang. Itulah salah satu strateginya yang paling terkenal. 

Sang investor terkenal dunia ini memiliki ajaran trading dan mindset yang cukup baik. Dia tidak melihat apa yang terjadi sekarang, tapi mempelajari kinerja perusahaan tersebut yang memungkinkannya untuk mendapatkan laba di masa mendatang. Banyak orang was-was berinvestasi sekarang untuk apa yang terjadi nanti, tapi kenapa Carlos tidak takut? Rupanya, dia telah menimbang secara matang kondisi perusahaan terkait sebelum menanamkan modalnya. 

Contohnya pada tahun 1990, pemerintah Meksiko menjual perusahaan telekomunikasi bernama Telmex. Carlos pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan langsung membelinya. Tak lama berselang, perusahaan tersebut tumbuh pesat dan memberikannya profit sebesar 66% untuknya selama 15 tahun berturut-turut. Mendapatkan kekayaan melimpah membuatnya menjadi satu dari sekian banyak investor terkenal dunia.

Jika Anda selama ini bergabung pada investasi yang hanya memberikan keuntungan jangka pendek, sudah saatnya Anda berpikir untuk menemukan investasi yang mampu memberikan keuntungan jangka panjang. Caranya bisa Anda lakukan dengan melihat rekam jejak pertumbuhan perusahaan tersebut, apakah stabil atau sebaliknya.

 

Penutup

Dari ajaran trading para investor terkenal dunia di atas, Anda bisa melihat bahwa menjadi investor itu tidaklah mudah. Anda perlu terus belajar tiada henti, serta menjadi pemimpin untuk ajaran trading yang Anda terapkan sendiri. Saat Anda sudah membuat aturan baru, selalu berkomitmenlah dengan aturan yang sudah dibuat.

Bahkan ketika Anda berpikir malas untuk mengikutinya, atau bahkan mencoba keluar dari jalur aturan yang Anda buat sendiri, kuatkanlah diri Anda. Jika Anda kuat dalam menerapkan aturan yang sudah dibuat tersebut, keuntungan pun perlahan-lahan akan mulai Anda dapatkan. Siapa tahu di kemudian hari, Anda bisa menjadi investor terkenal seperti nama-nama di atas.

 

Itulah beberapa ajaran trading dari para investor terkenal yang bisa menginspirasi Anda. Ikuti cara berpikir mereka dan peluang kesuksesan Anda akan semakin meningkat. Selain 6 investor di atas, Anda juga bisa menemukan inspirasi lainnya di artikel kami Profil Trader Sukses Desmond Wira: Serius Tapi Santai.

Alumni Sastra Inggris yang sudah berkecimpung dalam dunia penulisan selama 8 tahun. Sudah mulai menulis sejak masih kuliah. Saat ini aktif sebagai penulis di seputarforex.com.


Jim 94
Warren Buffet panutanq
Hendra
Pemenang pasar tetap saja mereka yang punya uang banyak.
Fariz
Enak ya kalau punya banyak uang, pasar akan bergerak sesuai dengan apa yang kita katakan.