Advertisement

iklan

7 Fakta Unik Bitcoin Yang Harus Anda Ketahui

Selain status sebagai mata uang kripto terpopuler dengan nilai fantastis, ternyata ada segudang fakta unik Bitcoin. Misalnya bahwa penemunya belum diketahui.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Popularitas Bitcoin terus meningkat selama 8 tahun terakhir dan masih merajai seluruh mata uang kripto yang beredar di pasaran saat ini. Sebagai mata uang kripto paling populer saat ini dengan nilai fantastis yang bahkan pernah mendekati angka $20,000 per unit BTC-nya, ternyata ada segudang fakta unik Bitcoin yang pastinya belum Anda ketahui.

 

1. Penggunaan Bitcoin Pertama Adalah Untuk Membeli Pizza

Tahukah Anda bahwa 22 Mei diperingati sebagai "Hari Pizza Bitcoin"?

 

Hari Pizza Bitcoin

 

Pada awal-awal munculnya Bitcoin, sekitar tahun 2009 hingga 2010, unit BTC hampir tidak memiliki harga sama sekali, yakni di bawah nominal Sen per BTC-nya. Selama 1 tahun penuh, tidak ada yang mau memperjualbelikan barangnya dengan Bitcoin, hingga momen tanggal 22 Mei 2010 terjadi.

Delapan tahun yang lalu, seseorang membeli Pizza dengan Bitcoin. Dua Pizza Papa John ditukarkan oleh Laszlo Hanyecz seharga 10,000 BTC. Ini adalah pembelian barang resmi pertama menggunakan Bitcoin yang didokumentasikan. Pada saat itu, nilai 10,000 BTC hanya sekitar $41, atau 1 unit BTC hanya memiliki nilai $0.0041 (di bawah 1 sen). Bisa dibayangkan jika BTC tersebut dikonversi ke mata uang fiat sesuai kurs Bitcoin saat ini, $8,254 x 10,000 = $82,540,000.

 

 

2. Penemu Bitcoin Masih Menjadi Misteri Hingga Sekarang

Sejak lahirnya Bitcoin pada tahun 2009, ada berbagai spekulasi yang muncul tentang siapa sebenarnya "Satoshi Nakamoto" yang disebut-sebut sebagai pencetus mata uang kripto pertama tersebut. Whitepaper Bitcoin dibuat terbuka untuk umum dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, dan identitasnya masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Di tengah kebingungan ini, ada beberapa orang seperti Craig Wright, seorang pengusaha Australia, yang pada Mei 2016 mengaku sebagai penemu Bitcoin. Namun, setelah ditelisik lebih lanjut, dirinya bukanlah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya, dan hanya seorang yang mengaku-aku saja. Ia bersama temannya mencoba untuk membuat proyek SCAM melalui mata uang Bitcoin Cash, dan membuat banyak pengguna yang tidak bersalah kehilangan uang yang diinvestasikan.

 

Siapa Satoshi Nakamoto

 

Spekulasi lain tentang siap sebenarnya Satoshi Nakamoto justru lebih "nyeleneh" karena menyebut-nyebut perusahaan teknologi Samsung, Toshiba, Nakamichi, dan Motorola merupakan pencipta Bitcoin. Sejumlah orang mengaitkan kepanjangan dari nama Satoshi Nakamoto sebagai:

"Samsung dan Toshiba – Satoshi"
"Nakamichi dan Motorola – Nakamoto"

Fakta unik Bitcoin yang satu ini telah menyebabkan komentar miring muncul seperti Bitcoin adalah Skema Ponzi, tetapi tidak mampu menghentikan laju pertumbuhan adopsi Bitcoin. Karena tujuan Bitcoin adalah menjadi metode pertukaran uang yang terdesentralisasi, maka anonimitas ini justru sangat diperlukan pada platform jaringannya.

 

 

3. Bitcoin Tidak Terlacak, Tetapi Masih Bisa Dilacak

Bukankah sedikit aneh mendengar istilah "Bitcoin tidak terlacak, tetapi masih bisa dilacak"? Namun, ini adalah fakta unik Bitcoin yang benar-benar terjadi dalam berbagai kasus.

Ketika membuat transaksi di jaringan Bitcoin, nama (identitas pengguna) tidak digunakan dalam bentuk apapun, kecuali alamat publik saja yang tersedia. Namun, Blockchain Bitcoin adalah buku besar permanen yang transparan. Ketika seseorang mengetahui alamat publik Bitcoin, mereka dapat melihat berapa banyak bitcoin yang dimiliki dan transaksi apa dan kepada siapa transaksi tersebut dilakukan. Begitulah cara FBI mampu mengendus dan menangkap pemilik Silk Road.

 

Anonimitas Bitcoin

 

Silk Road adalah pasar gelap online dan pasar darknet modern pertama yang paling terkenal sebagai platform penjualan obat-obatan terlarang. Keamanan situs Dark Web tersebut sangatlah ketat dan anonim, karena menggunakan layanan berbasi Tor. Sehingga, pengguna online dapat menjelajahinya secara anonim dan aman tanpa pemantauan lalu lintas hukum. Situs Marketplace Dark Web tersebut diluncurkan pada Februari 2011, dan telah mempertemukan ribuan penjual dan pembeli barang terlarang dengan bertindak sebagai pihak ketiga (escrow) seperti marketplace pada umumnya.

Pada Oktober 2013, Biro Investigasi Federal (FBI) berhasil mengendus siapa pemilik pasar gelap tersebut, dan menangkap Ross William Ulbricht dengan tuduhan menyediakan tempat jual beli untuk barang ilegal. Pada tanggal 6 November 2013, Silk Road 2.0 kembali online, yang disinyalir dijalankan oleh mantan eksekutif di Silk Road sebelumnya. Situs tersebut akhirnya juga tidak luput dari FBI, dan kembali ditutup pada 6 November 2014. Mantan administrator Silk Road pun ikut ditangkap dengan tuduhan yang sama dengan Ulbricht.

 

 

4. Kehilangan Private Key = Kehilangan Segalanya

Seseorang bernama James Howells kehilangan 7,500 unit BTC di bulan November 2013, ketika dirinya membersihkan ruang kerja dan tidak sengaja membuang hard disk yang berisi Private Key (Kunci Pribadi) Bitcoin yang telah ia simpan sejak tahun 2010. Ia baru menyadari ketika membaca berita tentang seorang pria Norwegia yang memiliki keuntungan besar setelah membeli BTC dengan harga murah.

 

Private Key Bitcoin

 

Saat ini, nilai 7,500 BTC adalah sekitar $61.87 juta, atau sekitar Rp. 835 milyar. Namun, tanpa kunci pribadi, dana akan hilang selamanya di dalam jaringan dan tidak akan mungkin bisa dikembalikan lagi.

Hingga saat ini, diperkirakan bahwa sekitar 25% dari total seluruh Bitcoin telah hilang selamanya akibat kelalaian pengguna.

 

 

5. Penambangan Dengan Superkomputer

Tidak seperti uang kertas tradisional yang dicetak dan dikeluarkan oleh Bank Sentral suatu negara, penciptaan Bitcoin adalah dengan cara penambangan. Bitcoin ditambang di jaringan blockhain, dan beberapa unit BTC akan dirilis seiring blok baru tercipta, sebagai reward kepada para penambang yang sudah berpartisipasi di dalam penciptaan suatu blok tertentu.
Hingga saat ini, kekuatan pertambangan jaringan Bitcoin sudah 300 kali lebih kuat daripada gabungan 5 superkomputer terhebat dunia yaitu :

  • MIRA (USA)
  • K Computer (Japan)
  • Sequoia (USA)
  • Titan (USA)
  • Tianhe-2 (China)

 

 

6. Bitcoin Sudah Tumbuh Secara "Gila"

Pada tahun pertama Bitcoin mulai dirilis, 1 unit BTC hanya dihargai di bawah 1 sen ($0.0015) saja. Namun, pada akhir tahun 2010, harga Bitcoin melesat tajam hingga membukukan pertumbuhan sebesar 20,666% atau 206 kali lipat dari harga awal tahun.

 

Pertumbuhan Harga Bitcoin

 

Pertumbuhan pun terus berlanjut seperti tabel di atas. Bahkan, Bitcoin sempat mencetak titik tertinggi di akhir tahun 2017 mendekati level $20,000 sebelum akhirnya turun hingga level $13,769.

Saya sengaja melewatkan tahun 2014, karena pada tahun itu harga Bitcoin anjlok dan menimbulkan kerugian sebesar 72% bagi investor. Penurunan tajam terjadi akibat dari insiden hacking Mt. Gox pada tahun 2014 yang menurunkan minat kepemilikan Bitcoin secara drastis. Meskipun begitu, publik mengetahui bahwa kesalahan bukan terletak pada jaringan Blockchain Bitcoin, melainkan pada platform bursa Mt. Gox.

 

 

7. Bitcoin Tidak Bisa Dilarang

Karena sifat Bitcoin yang anonim, banyak pihak yang terus-menerus mendukung pelarangan mata uang kripto tersebut. Kekhawatiran ini muncul karena Bitcoin berada dan bekerja di luar yuridiksi sistem perbankan tradisional, dan dianggap sebagai ancaman yang nyata. Namun, desain fundamentalnya dibuat sangat sempurna, sehingga Bitcoin tidak akan pernah bisa dilarang, hanya dapat diatur. Selama pengguna memiliki koneksi internet dan dompet Bitcoin, kegiatan transaksi dengan mudah dapat dilakukan dan sifatnya anonim, tidak terlacak.

Banyak negara yang telah mencoba untuk melarangnya, seperti Bangladesh, Bolivia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Tetapi ada pula beberapa negara seperti Australia, Rusia, Jepang, dan Venezuela yang telah menjadikan Cryptocurrency sebagai alat pembayaran resmi dan mengaturnya dengan kerangka hukum pemerintah.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.


Kuci
Perdagangan intinya tukar menukar barang Sedangkan menukar sekarung beras dengan selembar kertas bertuliskan nominal tertentu saja sudah merugikan Lha ini malah menukar barang dengan sesuatu yang tidak nyata
Andi
Maksudnya gmn ya pak? Penjelasan Anda rancu sekali.