Advertisement

iklan

7 Rekomendasi Tempat Beli Reksadana Online

Reksadana online adalah wujud investasi zaman now yang menarik untuk disimak. Dengan modal mulai 10,000 rupiah, Anda bisa beli reksadana online di tempat-tempat berikut.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Jika dulu Anda pernah mendengarkan lagu berjudul "Ayo menabung", tentu sudah paham bahwa kegiatan menyimpan uang di bank sudah selayaknya membawa keuntungan. Namun, sadarkah Anda bahwa inflasi yang terus meningkat serta biaya administrasi tiap bulan justru bisa membuat jumlah tabungan semakin tergerus?

Karena itulah, muncul bentuk-bentuk investasi baru yang tidak hanya bertujuan untuk menyimpan uang, melainkan juga menambah nilai uang tersebut. Investasi-investasi yang dimaksud bisa dalam bentuk deposito, saham, reksadana, dan lain sebagainya. Artikel kali ini akan membahas tentang rekomendasi tempat beli reksadana online dan menjadi investor dengan dana yang relatif kecil.

investasi emas

(Baca Juga: Plus Minus Investasi Deposito, Emas, Properti Dan Saham)

 

Mengapa Beli Reksadana Online Semakin Digandrungi?

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai tempat beli reksadana online, sudahkah Anda tahu perbedaan dari investor dan trader? Investor berfokus pada fundamental suatu aset, sedangkan trader cenderung bertindak dengan lebih mempertimbangkan sentimen dan kondisi pasar. Selain itu, trader cenderung melakukan transaksi dengan sudut pandang jangka pendek, sedangkan investor mengambil perencanaan dalam kurun waktu yang lebih panjang. Jadi, perlu ditekankan bahwa beli reksadana online bukanlah keajaiban satu malam langsung untung besar.

untung rugi investasi reksadana

(Baca juga: Investasi Reksadana: Keuntungan dan Kelemahannya)

Beberapa dekade lalu, investasi properti seperti tanah dan bangunan sangat populer. Saat itu, harganya masih cenderung terjangkau dan belum setinggi saat ini. Bagaimana dengan sekarang? Harga-harga aset properti sudah melambung di luar jangkauan pendapatan masyarakat pada umumnya. Investor ritel pun kesulitan membeli aset investasi yang diinginkan. Hal inilah yang mendasari ide munculnya investasi dengan modal kecil, bahkan dengan dana sebesar 10,000 rupiah saja, Anda sudah bisa menjadi investor dan beli reksadana online.

 

Selain itu, 5 hal berikut juga menjadi alasan mengapa beli reksadana online terasa menarik:

  1. Serba Online
    Teknologi internet memang semakin memudahkan kita untuk mengakses segala hal. Tanpa perlu antri di bank, mengisi berkas-berkas dan membeli materai semacamnya, beli reksadana online bisa dilakukan melalui Smartphone. Untuk verifikasi, data yang diperlukan hanyalah nomor KTP, nama, dan nomor rekening. Beberapa platform jual beli reksadana online juga meminta Anda untuk mengunggah swafoto memegang KTP sebagai syarat tambahan, hal ini tentu lebih praktis dibandingkan cetak foto dan mengirimkannya melalui pos. 
  2. Lebih Mudah Daripada Trading Sendiri
    Orang bilang, trading saham itu menjanjikan keuntungan yang besar. Benarkah demikian? Pada dasarnya, beragam jenis investasi yang dikelola dengan benar memang bisa membawa keuntungan. Namun, dibutuhkan waktu untuk belajar serta ilmu yang mumpuni untuk terhindar dari risikonya. Solusinya, Anda bisa memilih reksadana yang memanfaatkan Manajer Investasi (MI) untuk mengelola dana Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba investasi di salah satu produk reksadana saham dan memilih MI yang performanya baik. 
  3. Portofolio Yang Jelas
    Bagaimana cara memilih MI dengan performa baik? Tidak perlu bingung. Plaftorm jual beli reksadana online yang bagus tentu menyediakan profil lengkap dari MI mereka. Mulai dari kejelasan entitas, tahun berdiri, hingga performa dalam kurun waktu tertentu. Perlu diingat bahwa performa di masa lalu tidak menjamin performa di masa depan. 
  4. Informasi Mudah Didapat
    Jika sudah mendaftarkan diri, Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai reksadana langsung di inbox email. Selain perkembangan investasi, beberapa platform jual beli reksadana online juga sering menawarkan promosi serta update berita perekonomian yang perlu diketahui investor. 
  5. Likuiditas Tinggi
    Berbeda dengan investasi properti yang sulit dicairkan (mencari pembeli dengan harga yang cocok, proses administrasi dengan instansi terkait, dan sebagainya), investasi pada reksadana lebih mudah ditarik jika terjadi kebutuhan mendesak. Beberapa platform jual beli reksadana menuliskan transaksi jual beli memakan waktu 2 hari kerja, karena perlu melakukan perhitungan NAB (Nilai Aktiva Bersih) lebih dulu. Namun, ada juga penyedia layanan jual beli reksadana online yang memproses pencairan dalam hitungan jam. 

artikel reksadana

(Kunjungi Juga: Kumpulan Artikel Reksadana)

 

Rekomendasi Beli Reksadana Online Yang Layak Dicoba

Anda semakin tertarik untuk beli reksadana online, tetapi masih belum tahu dimana tempat yang tepat? Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat beli reksadana online adalah memastikan layanan tersebut telah diawasi oleh OJK. Saat ini, ada 92 manajer investasi (MI) dan platform penyedia layanan jual beli reksadana online yang terdaftar di OJK.

 

Berikut ini penyedia layanan jual beli reksadana online dengan dana terjangkau: 

1. Bareksa.com

Didirikan oleh PT Bareksa Portal Investasi pada tahun 2013, Bareksa menjadi Marketplace reksadana online pertama di Indonesia. Minimal investasi di Bareksa dipatok pada angka 100,000 rupiah dengan berbagai jenis reksadana mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, penyertaan terbatas, indeks dan ETF, terproteksi, DPLK, serta DIRE.

Ada 179 jenis reksadana yang disediakan, lengkap dengan informasi kategori (syariah atau konvensional), dana kelolaan (mulai dari di bawah 500M hingga diatas 100M), mata uang yang dipakai, hingga performa reksadana.

bareksa


2. IpotFund

Plaform besutan PT. Indo Premier Sekuritas ini banyak dipilih karena ramah pemula dan tidak terlalu ribet. Per Maret 2019, tercatat ada 218 produk reksadana yang ditawarkan, terdiri dari 34 reksadana pasar uang, 42 reksadana pendapatan tetap, 42 reksadana campuran dan 100 reksadana saham. Ratusan reksadana tersebut, dikelola oleh 82 Manajer Investasi yang performanya dapat dipelajari di halaman List MI. 

Dengan komitmen "Sepenuhnya berada di sisi Client", Ipot membebaskan biaya transaksi pembelian dan penjualan reksadananya. Sama seperti Bareksa, modal awal untuk investasi di IpotFund juga sebesar 100,000 rupiah. 

reksadana ipot

 

3. BukaReksa

Kini, platform e-commerce tidak hanya memfasilitasi hasrat konsumtif, melainkan juga menjadi sarana investasi yang efektif. Salah satu startup unicorn karya anak bangsa yaitu BukaLapak, menyediakan layanan beli reksadana online dengan dana awal mulai 10,000 rupiah. Melalui brand spesial yang bertitel BukaReksa, startup ini menyediakan lebih dari 20 produk Reksadana, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham. 

bukareksa

 

4. Tokopedia

Serupa tapi tak sama dengan BukaReksa, Tokopedia juga menghadirkan layanan jual beli reksadana online. Perbedaannya adalah pada produk yang digunakan. Tokopedia ReksaDana eksklusif menawarkan Reksadana pasar uang dari Syailendra Dana Kas, dengan modal awal mulai dari 10,000 rupiah. Sebagai informasi, Syailendra Dana Kas berhasil meraih predikat sebagai Reksadana pasar uang terbaik kategori di bawah 1 tahun versi APRDI pada tahun 2017. 

reksadana tokopedia

 

5. Poems ProFund

Platform jual beli reksadana online besutan Phillip Sekuritas Indonesia ini memuat 122 produk, dengan nilai deposit minimal mulai 50,000 rupiah. Informasi yang perlu diketahui oleh investor seperti biaya komisi, Return, serta NAB ditampilkan secara gamblang agar mudah dipahami oleh pemula.

Reksadana phillip

 

6. TanamDuit

Sejak awal kemunculannya, platform jual beli reksadana online yang diluncurkan oleh PT Star Mercato Capitale ini membidik milenial sebagai pasar potensial. Mendapatkan lisensi APERD (Agen Penjual Reksadana) dari OJK mulai tanggal 26 September 2017, TanamDuit secara berkala menambahkan beragam produk dalam layanannya.

Modal awal untuk berinvestasi reksadana sebesar 50,000 rupiah, dengan waktu proses jual beli reksadana online berkisar antara 2 hari (reksadana pasar uang) hingga 7 hari (reksadana pendapatan tetap, campuran dan saham). Selain investasi reksadana, TanamDuit juga menyediakan investasi SBR (Saving Bond Retail) yang diayomi Minna Padi Sekuritas. 

reksadana tanamduit

 

7. Invisee

Didirikan oleh PT Nusantara Sejahtera Investama, platform jual beli reksadana online Invisee mengantongi izin APERD dari OJK pada tanggal 25 November 2016. Salah satu fitur unggulan mereka adalah Goal Planner, yang secara otomatis akan menggolongkan karakteristik investor menurut targetnya. Minimal pembelian reksadana di Invisee sebesar 10,000 rupiah, dengan waktu proses berkisar 2-7 hari bursa.

reksadana invisee

 

Berbagai platform jual beli reksadana online yang tersedia, harus tetap diimbangi dengan pemahaman tentang dasar-dasar investasi. Selain itu, perhatikan juga biaya-biaya tambahan yang mungkin dikenakan agar Anda tidak salah pilih. 

Lulusan Sastra Inggris, menyukai dunia tulis menulis sejak SMP. Berpengalaman sebagai Purchasing Staff kontraktor dan industri manufaktur selama 3 tahun sebelum bergabung menjadi penulis di Seputarforex. Masih terus belajar mengenai dunia trading.