Apa Itu Cardano?

281594

Cardano (ADA) sudah memiliki total kapitalisasi pasar lebih dari USD14 miliar, dengan transaksi per hari USD317 juta, padahal baru dirilis pada November 2017.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Jika kita sering berkunjung ke situs Coinmarketcap atau Coinranking, pastinya akan mengetahui keseluruhan detail tentang mata uang kripto yang saat ini bertengger di peringkat Sepuluh Besar, dengan pemimpinnya saat ini Bitcoin (BTC), diikuti peringkat kedua oleh Ethereum (ETH) dan peringkat ketiga Bitcoin Cash (BCH).

Cardano
Untuk masuk pada Sepuluh Besar dari keseluruhan lebih dari 1,300 mata uang kripto yang sudah tercipta dan beredar tentu bukan perkara yang mudah. Kemudian, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas sedikit tentang mata uang kripto dengan nama Cardano. Cardano dengan nilai satuan (ADA) saat ini menempati peringkat keenam, menurut Total Market Cap (Total Valuasi Pasar)-nya.

Cardano

 

Cardano (ADA) saat ini sudah memiliki total kapitalisasi pasar lebih dari $14 miliar, dengan transaksi per-harinya mencapai $317 juta. Saat ini, total supply ADA yang beredar sudah lebih dari 25 miliar keping ADA. Sedangkan maksimum Total Supply yang akan dirilis adalah sekitar 31 miliar keping ADA.

Pertumbuhan mata uang kripto Cardano (ADA) ini juga tidak boleh diremehkan, karena selama satu tahun terakhir ini, ADA sudah membukukan kenaikan nilai sekitar 2,086.71% atau lebih dari 20 kali lipatnya. Harga awal tahun hanya berkisar antara $0.02 per ADA, dan saat ini sudah diperdagangkan dengan harga $0.573.

Pertumbuhan nilai Cardano (ADA) yang begitu pesat tentu saja dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para Investor, apalagi selama 24 jam terakhir saja Cardano (ADA) sudah mampu untuk membukukan lebih dari 20% nilai pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut bahkan bisa bersaing dengan rival-rival di peringkat atasnya.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apa itu Cardano?

 

Apa Itu Cardano?

Jika kita melihat pada situs resminya Cardanohub.org, kita akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang Cardano. Cardano adalah proyek blockchain publik terdesentralisasi dan salah satu mata uang kripto yang sepenuhnya diciptakan secara Open Source. Cardano memiliki fitur Smart Contracts yang berusaha menghadirkan fitur lebih maju daripada protokol yang dikembangkan oleh mata uang kripto lain sebelumnya. Ini adalah platform blockchain pertama yang berkembang dari filosofi ilmiah dengan pendekatan berbasis penelitian. Tim pengembang dan penelitinya terdiri dari kumpulan ahli teknik dan peneliti global.

Cardano

 

Cardano adalah platform blockchain dengan fitur yang lebih canggih daripada protokol lain yang sudah dirilis sebelumnya, dan yang pertama kali berkembang dari filosofi ilmiah. Para tim peneliti ahli dari berbagai negara sengaja didatangkan untuk mendekonstruksi konsep kriptografis yang ada, dan kemudian menciptakan sesuatu yang baru dalam lingkup algoritma Proof-of-Stake nya. Hasil dari penelitian tersebut adalah Ouroboros, algoritma Proof-of-Stake yang inovatif, sebagai wujud penyempurnaan algoritma kriptografis yang sudah beredar.

Upaya kolaboratif yang terus menerus dilakukan oleh para peneliti ahli dari berbagai belahan dunia menghasilkan suatu proyek kriptografis yang terdesentralisasi dengan basis kode Haskell, yaitu produk dengan kekuatan industri yang memberikan ketahanan dan pertahanan yang diperlukan oleh sistem Mission-Critical. Artinya, investasi yang dibuat, dijamin 100% aman oleh sistem Cardano.

Protokol Multi Layer Cardano (Protokol Beberapa Lapis Cardano) melakukan fungsi lanjutan, dan pada dasarnya merupakan lapisan yang bertugas menyelesaikan hubungan transaksi secara efektif kepada lapisan kontrol utama. Salah satu lapisan akan memiliki data unit akun, sedangkan lapisan kontrol utama akan menjalankan Smart Contracts. Lapisan kontrol utama tersebut akan diprogram untuk mengenali identitas, membantu validasi, dan juga mengizinkan pemblokiran. Biasanya pemblokiran (blacklisting) dilakukan pada akun yang dicurigai melakukan tindakan di luar hukum.

Secara keseluruhan, rancangan protokol Cardano diarahkan untuk melindungi hak privasi pengguna, sekaligus memperhatikan kebutuhan regulator. Cardano adalah protokol pertama yang menyeimbangkan persyaratan antara pengguna dan regulator yang efektif; hal ini merupakan pendekatan baru di dalam penerapan mata uang kripto.

Sementara itu, selain platformnya yang dirancang dengan kokoh, tahan terhadap serangan apapun, pihak developer Cardano juga terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang terus berubah. Oleh karena itu, pihak developer merancang sebuah sistem yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Soft Fork saja, bukan seperti platform kriptografis lain yang selalu saja melakukan Hard Fork yang ujung-ujungnya justru menciptakan mata uang kripto jenis baru. Soft Fork Cardano disini dijamin dengan sangat aman, karena pengembang juga menempatkan fitur sistem Treasury yang akan menjamin keberlanjutan protokol.

Sepenuhnya platform Cardano bersifat Open-Source dan dapat dikembangkan oleh siapapun. Apalagi ada fitur ekosistem yang dapat dikembangkan dan diadopsi oleh platform lainnya, sehingga Cardano dinilai sebagai mata uang kripto paling lengkap dan paling berguna yang pernah diciptakan.

 

Sejarah Kemunculan Cardano

Cardano diluncurkan pertama kali pada tanggal 29 September 2017, setelah 2 tahun masa pengembangan. Cardano diunggulkan sebagai platform Smart Contracts yang berusaha menghadirkan fitur yang lebih canggih daripada seniornya, Ethereum (ETH).

Cardano sudah dikembangkan secara aktif oleh tim insinyur dan peneliti Internasional pada tahun 2015 lalu. Yang menarik dari sini adalah, proyek pengembangan Cardano dipimpin oleh mantan CEO Ethereum (ETH) dan salah satu pendiri perusahaan Ethereum, Charles Hoskinson. Namun, sebelum Ethereum resmi diluncurkan pada tahun 2014 lalu, Hoskinson meninggalkan proyek Ethereum dan akhirnya membangun perusahaannya sendiri yang dibangun dengan nama "IOHK".

Jadi, tidak heran jika fitur yang dimiliki Ethereum juga dimiliki Cardano, namun belum tentu fitur khusus Cardano juga dimiliki Ethereum. Hal inilah yang kemudian menjadi bahan penting sebagai pendorong nilai Cardano sebagai mata uang kripto yang tergolong masih sangat baru (baru dirilis pada kuartal ke-3 tahun 2017).

Grafik Harga Cardano

 

Bagaimana Cara Kerja Cardano?

Sejauh ini, Ethereum telah menjadi pemain satu-satunya dalam dunia Smart Contracts (Kontrak Pintar). Baru akhir-akhir ini Cardano muncul sebagai pesaing utama Ethereum dalam hal Smart Contracts tersebut.

Cardano bahkan mengklaim memiliki fitur yang lebih maju daripada protokol lain yang pernah dikembangkan, "Kripto yang paling tepat direkayasa". Platform ini menggabungkan beberapa konsep sekaligus yaitu sistem terdesentralisasi, perancangan mekanisme yang ketat dan kriptografi. Cardano juga merupakan mata uang kripto pertama yang diciptakan berdasarkan Kode Haskell, bahasa kekuatan industri yang diklaim mampu menjamin keamanan dana hingga batas maksimal.

Jaringan Blockchain Cardano menggunakan Proof-of-Stake unik dari algoritma yang disebut Ouroboros. Ini merupakan lapisan penyelesaian dasar yang kemudian dilanjutkan kepada lapisan kontrol utama setelah validasi dilakukan. Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari Cardano adalah dirancang untuk mematuhi peraturan dan logika yang dibuat, sementara tetap menjaga privasi para penggunanya.

Keunggulan lainnya adalah Core System atau Sistem Inti Cardano bisa diupgrade tanpa harus memisahkan Chain jaringan seperti pada hampir keseluruhan mata uang kripto yang diciptakan sebelum Cardano. Hal ini tentu saja akan memberikan nilai lebih, dan sekaligus stabilitas nilai ADA akan lebih terjaga, karena keragu-raguan terhadap kesempurnaan sistem sudah dapat dijamin oleh Cardano. Sistem Treasury juga menjamin bahwa keberlangsungan jaringan blockchain akan terus terjaga meskipun sedang dilakukan Upgrade.

 

Kesimpulan

Dari berbagai uraian diatas, tentu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Cardano menjadi satu-satunya mata uang kripto "Paling Sempurna" jika dibandingkan dengan mata uang kripto yang diciptakan sebelumnya. Bahkan, keseluruhan fitur keamanan yang dimiliki oleh Altcoins juga diimplementasikan pada Cardano.

Jika dilihat dari pergerakan pertumbuhannya, belum ada Koreksi Tajam sama sekali yang pernah terjadi pada mata uang kripto ini. Hal ini menunjukkan bahwa "keyakinan" tentang kesempurnaan sistem dan "hilangnya keragu-raguan" akan masalah lain (seperti masalah skalabilitas) tentu akan membuat nilai Cardano melonjak terus menerus.

Jadi, bisa dibilang Cardano saat ini dapat menjadi salah satu Alternatif Investasi yang "masih murah" namun dengan pertumbuhan nilai yang sangat pesat.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.