Advertisement

iklan

Apa itu CryptoKitties?

Lebih dari sekedar permainan, CryptoKitties adalah suatu asset yang bisa dikembangkan menjadi salah satu investasi menarik dalam jaringan Blockchain.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Desember 2017 lalu, sebuah game baru menjadi tren di dunia Blockchain. Permainan berupa koleksi CryptoKitties tersebut memungkinkan pengguna untuk membeli, memiliki, dan memperdagangkan kucing animasi unik nan menggemaskan di jaringan Blockchain. Tak lama setelah diluncurkan, CryptoKitties sangat sukses dan ramai digunakan, sampai-sampai bisa memperlambat jaringan Ethereum. Pengguna bahkan telah menghabiskan lebih dari $1 juta untuk kucing yang dapat dijadikan investasi ini.

Menariknya lagi, CryptoKitties merupakan demonstrasi dari kemampuan jaringan Blockchain itu sendiri. Tentu saja, permainan ini memiliki karakter kucing yang menggemaskan, dan permainan "Breeding"-nya sangat seru. Namun, mereka juga menunjukkan potensi Blockchain untuk perdagangan dan pengamanan aset digital. Ini adalah prinsip pendorong di balik penciptaan CryptoKitties.

Apa itu Cryptokitties

Di Whitepaper CryptoKitties, para pengembang membahas bahwa penggunaan Blockchain saat ini masih sangat sempit karena hanya terfokus pada pemanfaatan untuk proses transaksi keuangan. Pada akhirnya, mereka berharap CryptoKitties dapat membantu mereka memperluas visi tentang apa yang dapat dilakukan dengan Blockchain.

 

Bukan Mata Uang, Tapi Asset

Sebagian besar peluncuran proyek Blockchain didampingi dengan versi mata uang kriptonya. Uang kripto ini adalah token yang dapat diperdagangkan dan mewakili beberapa nilai utilitas dalam suatu proyek atau bahkan bagian dalam suatu perusahaan. Penawaran token perdana (ICO) kemudian menjadi alat penggalangan dana yang sangat sukses untuk startup Blockchain baru. Dalam beberapa kasus, proyek yang sederhana justru mampu meraup ratusan juta Dolar dari dana para investor, tapi tak jarang pula yang kemudian terungkap sebagai Scam.

CryptoKitties tidak bisa disamakan dengan proyek-proyek Blockchain seperti itu, karena tidak ada perwujudan mata uang kripto yang diperdagangkan di sini. Sebaliknya, CryptoKitties adalah asset digital yang tidak dimaksudkan untuk menjadi fungible. Artinya, Cryptokitties tidak seperti mata uang yang memiliki nilai tukar tertentu.

Cara kerja mata uang kripto

(Baca juga: Cara Kerja Mata Uang Kripto)

Sebaliknya, setiap CryptoKitty adalah token ERC-721 dengan fitur unik, yang ditulis dalam kode sebagai fenotipe dan genotipe CryptoKitty. Dengan kata lain, informasi genetik CryptoKitty yang menentukan kemunculannya dan karakteristik lain ditulis langsung ke dalam kode token ERC-721. Kombinasi fenotipe dan genotipe berarti ada empat miliar kemungkinan CryptoKitties yang akan tercipta, sehingga setiap CryptoKitty yang Anda miliki akan selalu bersifat unik, dan dengan demikian memiliki nilainya sendiri.

 

Dibangun di Jaringan Ethereum

Permainan CryptoKitties menggunakan jaringan Ethereum. Smart Contract mengelola setiap aspek penciptaan dan perdagangan CryptoKitty. Akibatnya, tidak ada otoritas pusat yang dapat mengubah, menghapus, atau memanipulasi CryptoKitty setelah dibuat. Orang yang memiliki token ERC-721 akan mempunyai asset berupa kucing digital yang dapat disimpan, dikembangbiakkan, atau diperdagangkan dengan pemilik CryptoKitty lain.

Karena dibuat di Ethereum, CryptoKitties menggunakan ETH sebagai pembayaran untuk semua transaksi. Meski saat ini belum dimungkinkan untuk membeli CryptoKitties dengan mata uang fiat secara langsung, tapi di masa depan, tim pengembang berencana untuk menawarkan opsi pembayaran dengan mata uang fiat.

Memiliki dan memperdagangkan CryptoKitties juga mengharuskan Anda menggunakan integrasi browser dengan Dompet Ethereum Anda. MetaMask adalah opsi termudah untuk melakukan ini, karena Anda akan dimungkinkan untuk menulis kode yang terhubung langsung dengan Smart Contract CryptoKitty. Karena itu, untuk menggunakan platform pengguna secara online dan melihat kucing Anda secara digital, Anda perlu menginstall MetaMask dan menyimpan token CryptoKitty di Dompet Kripto tersebut.

 

Darimana CryptoKitties Baru Berasal?

Kucing digital pertama lahir dan diadopsi pada 2 Desember 2017. Sejak saat itu, seekor kucing baru telah lahir setiap 15 menit. Ini akan berlanjut hingga November 2018, titik nol ketika CryptoKitties generasi baru tidak lagi ada. Menurut white pa-purr (versi Whitepaper CryptoKitties), hanya ada 50,000 gen-0 kitties yang akan tercipta.

Di luar gen-0 kitties, CryptoKitties dapat bertambah dengan cara dikembangbiakkan. Setiap kucing bisa menjadi sire atau dame dan dijodohkan satu sama lain. Pemilik dame akan menerima CryptoKitty yang baru lahir, yang akan memiliki cattributes (atribut) genetik dari orang tuanya. Meskipun demikian, ia juga akan memiliki variasi acak di beberapa cattributes-nya. Mutasi acak itu terkadang bisa lebih langka daripada yang dimiliki induknya.

idak ada batasan teoritis tentang berapa banyak CryptoKitties baru yang dapat lahir. Selama Anda bisa membayar biaya transaksi untuk membiakkan kucing-kucing digital ini, Anda dapat membuat Cryptokitty tanpa batasan apapun.

 

Bisa Menjadi Asset Investasi Unik

Keunikan dan kelangkaan yang tersemat di setiap CryptoKitty membuat mereka memiliki sebuah nilai. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik CryptoKitty untuk mendapatkan keuntungan. Semakin banyak CryptoKitty yang dimiliki, tentu semakin banyak nilai asset mereka, mengingat CryptoKitty bisa diperdagangkan dengan pengguna lain yang tertarik dengan kucing digital ini. Bagi mereka yang bisa mengembangbiakkan CryptoKitties, maka keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar, karena hasil pengembangbiakan itu memungkinkan terciptanya CryptoKitties baru, dengan atribut langka yang lebih bernilai dari induknya.

 

Cara Membeli CryptoKitties

Cara termudah untuk mendapatkan CryptoKitty adalah dengan membelinya secara online. Karena kucing digital dapat memiliki karakteristik yang unik, masing-masing akan dijual dengan harga yang berbeda.

Cara Membeli CryptoKitties

Pertama-tama, Anda perlu memiliki Ether (ETH) sebelum membeli CryptoKitty. Selanjutnya, pasang ekstensi browser MetaMask dan siapkan Dompet MetaMask. Transfer ETH Anda ke Dompet MetaMask Anda. Kemudian, ikuti petunjuk di situs web CryptoKitties untuk mendaftar dan mulai membeli seekor kucing digital.

 

CryptoKitties adalah sebuah cara menarik nan efektif untuk memperkenalkan manfaat teknologi Blockchain di bidang permainan sekaligus investasi. Namun demikian, masih banyak sektor yang bisa merasakan manfaat Blockchain selain kedua bidang tersebut. Apa sajakah itu? Temukan info lengkapnya di artikel 10 Manfaat Kripto Dan Blockchain Yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.