OctaFx

iklan

Apa Itu Payout Dalam Binary Options?

235284

Salah satu keunggulan binary options adalah, kita sudah tahu berapa profit atau loss sebelum mulai trading berkat adanya payout. Nah, kita akan mengulas seluk beluk pemahaman payout binary options di artikel ini.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Salah satu keunggulan trading binary options adalah diketahuinya hasil profit ataupun kerugian yang akan didapat bahkan sebelum trading dimulai. Dengan menempatkan kapital pada jumlah tertentu, Anda akan langsung mendapatkan kepastian tentang berapa banyak keuntungan dan loss yang akan didapatkan. Dalam binary options, kemudahan ini dimungkinkan oleh sebuah fitur yang dikenal sebagai payout.

payout binary options
Payout adalah jumlah pembayaran yang Anda peroleh setelah option berakhir. Baik profit ataupun loss, Anda akan menerima payout yang jumlahnya bisa berbeda-beda sesuai dengan kebijakan broker. Misalnya,Anda menempatkan kapital $100 untuk option "call" yang disertai dengan persentase payout di 80%. Jika option Anda berhasil, maka payout Anda adalah $180 (dari penjumlahan kapital $100 dan profit 80%).

Bagaimana untuk option yang gagal? Pada broker yang tidak menawarkan refund untuk option out-of-the-money, payout yang didapatkan adalah $0, atau tidak ada yang diperoleh sama sekali. Namun jika broker memiliki fitur refund untuk trading option yang gagal, Anda tetap akan memperoleh payout meski dengan kisaran yang lebih rendah dari kapital awalnya. Sebagai contoh, dari option di atas Anda memperoleh refund 5%, maka ketika option Anda gagal Anda akan memperoleh payout sebesar $5 (5% x $100 = $5).

Ada banyak tipe payout yang saat ini ditawarkan oleh broker-broker binary options. Dengan banyaknya fasilitas trading yang bermunculan, memilih payout kini tidak hanya berdasarkan tinggi profitnya saja. Berikut adalah beberapa jenis payout berdasarkan platform, refund, dan jenis trading:

Payout Berdasarkan Platform Broker

Terdapat 2 jenis payout berdasarkan platform, yaitu payout dari platform yang disediakan provider dan payout dari platform broker yang digunakan secara khusus oleh brokernya sendiri. Platform trading bisa memberikan tampilan yang unik dari penyajian dan sistem perhitungan payout dari suatu broker. Biasanya, broker-broker dengan platform dari provider yang sama akan memiliki display dan kalkulasi payout yang hampir mirip. Jika Anda bertrading dengan broker yang platform tradingnya mengandalkan produk dari provider papan atas seperti SpotOption dan TechFinancials, maka memahami payout bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Ini disebabkan oleh banyaknya broker yang menggunakan platform dari provider-provider tersebut, sehingga tidak sulit untuk mengenali karakteristik payout yang dimiliki.

persamaan platform robooption dan optiontradeKesamaan fitur pada tampilan dan perhitungan payout di 2 broker binary yang menggunakan konsep platform sama


Akan tetapi, lain halnya jika Anda bertrading dengan broker yang memiliki platformnya sendiri. Meski secara umum trader bisa memperkirakan sendiri hasil payout dari persentase yang ditawarkan, namun ada beberapa fitur yang bisa sedikit membingungkan trader pada awalnya. Contohnya bisa diambil dari Binary.com. Tidak hanya memiliki tampilan yang berbeda, sistem penghitungan untuk payoutnya pun juga disajikan dengan model kalkulasi yang tidak umum.

payout binary.comContoh payout pada platform Binary.com

Pada gambar di atas, terdapat beberapa perbedaan dari platform lain seperti tampilan payout dan persentase return. Pada beberapa platform broker yang bersifat lebih umum, trader menyebutkan sendiri jumlah kapital yang ingin ditempatkan dalam suatu option. Namun di Binary.com, yang dicantumkan adalah jumlah payoutnya. Sehingga, jika Anda ingin mendapat payout sebanyak $100 seperti contoh di atas, maka kapital yang perlu ditempatkan adalah $54.26 untuk option "higher", dan $55.60 untuk option "lower". Angka-angka tersebut merupakan hasil pengurangan dengan net profit dari persentase return 84% untuk "higher" dan 80% untuk "lower.

Perlu diperhatikan bahwa persentase di atas tidak bersifat tetap. Return di Binary.com selalu berubah setiap saat mengikuti naik turunnya harga. Disamping itu, setiap instrumen, jenis trading, dan expiry time juga memiliki return yang berbeda-beda.

Payout Berdasarkan Refund

Layanan refund untuk option yang berakhir out-of-the-money membuat banyak trader tertarik untuk trading di broker yang menyediakannya. Payout bisa dibagi menjadi payout dengan refund dan tanpa refund. Broker yang tidak menyediakan refund memiliki ketentuan yang lebih mudah dipahami, yaitu jika profit mendapatkan keuntungan sesuai dengan persentase return yang ditawarkan, namun apabila loss tidak ada hasil apapun yang didapatkan (dana kapital tidak akan kembali).

Hal ini tentu berbeda dengan broker yang memberikan refund, karena trader akan mendapatkan kembali sebagian kapital yang telah ditempatkannya. Fitur ini sangat berguna untuk membatasi kerugian meskipun tingkat profit yang didapat juga akan berkurang. Semakin besar refund yang ingin diperoleh, semakin kecil pula persentase profit yang bisa diraih. Kondisi ini rupanya berlaku juga untuk platform trading di broker lain.

payout iq optionContoh payout dan refund pada platform IQ Option

Pada platform IQ Option di atas, pilihan untuk refund tertulis sebagai return yang bisa ditentukan sendiri. Terlihat bahwa untuk mendapatkan return sebesar 18% jika opsi gagal, tingkat profit yang diperoleh hanya akan sebesar 47% dari kapital. Padahal, Anda bisa mendapatkan profit hingga 75% jika tidak menggunakan return sama sekali.

Akan tetapi, tidak semua broker memberikan pilihan refund dan persentasi profit seperti ini. Pada platform trading PMC Options, salah satu produk binary dari FX Primus, payout sudah ditetapkan pada kisaran 3% dan tidak bisa diubah sesuai dengan keinginan. Meski demikian, Anda masih bisa diuntungkan juga karena tidak akan ada pengurangan profit dari penambahan refund yang ingin diperoleh.

Payout Berdasarkan Jenis Trading

Perbedaan jenis trading bisa mendasari banyaknya payout yang diberikan oleh suatu broker. Misalnya, payout pada jenis trading high/low bisa jadi memiliki persentase profit yang lebih tinggi dari touch options. Perbedaan presentase tersebut biasanya tidak terlalu banyak, hanya 5%-10%. Hal ini bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan broker. Sebagai contoh, pada broker Binary.com payout di jenis trading high/low untuk EUR/USD bisa mencapai hingga 81%, sedangkan di boundary trading adalah sekitar 70% sampai 86%. Pada pair yang sama, trading high/low di 24Option memiliki persentase payout hingga 83%, sementara untuk boundary trading tingkat profitnya adalah 70%.

Namun ada jenis trading spesial yang mempunyai persentase payout sama di beberapa broker, yakni high yield options. Option jenis ini merupakan pengembangan dari touch (High Yield Touch atau One Touch Options) dan boundary trading (High Yield Boundary). Perbedaan yang paling menonjol dari high yield dengan options biasa adalah tingkatan payout. Jika pada jenis touch dan boundary biasa payout hanya berkisar antara 70% hingga 86%, high yield options memiliki payout yang sangat tinggi mencapai 200% sampai 500%. Contohnya bisa diambil dari brand binary options HotForex, OptionTrade, yang menawarkan tipe trading One Touch Options dengan payout 225%.

Payout Mana Yang Paling Baik?

Untuk menentukan payout terbaik, Anda tidak hanya perlu memperhatikan besaran persentase profitnya saja. Payout dengan tingkat keuntungan tertinggi belum tentu lebih baik dari payout yang persentase profitnya lebih rendah. Dari pembahasan di atas, memilih payout bisa didasarkan pada pemahaman tentang platform (tampilan dan kalkulasi payout), refund, dan jenis trading.

Meski demikian, masih ada beberapa hal lagi yang perlu Anda perhatikan dalam memilih payout terbaik. Berikut adalah poin-poin penting yang bisa Anda simak:

  • Fasilitas trading pada platform bisa memberikan keterangan tambahan untuk payout Anda. Adanya fitur ekstra seperti rollover, early closure, sell back, dan take profit bisa membuat Anda kebingungan jika tidak ada penjelasan mengenai kemungkinan jumlah payout setelah salah satu fitur tersebut digunakan. Komisi yang dikenakan untuk bisa menggunakan layanan-layanan di atas memang bisa mengubah hasil payout yang Anda peroleh, baik saat in-the-money ataupun sebaliknya. Dalam menyediakan keterangan, beberapa broker hanya menyebutkan jumlah komisi, namun ada juga broker yang langsung memperlihatkan jumlah payout setelah menggunakan fasilitas tambahannya.

    Perbedaan tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


payout optiontrade pada penggunaan fitur sell backPada platform OptionTrade, hanya disebutkan jumlah komisi yang dikenakan jika menggunakan salah satu fiturnya


payout lion binary options
Platform Lion Binary Options menyebutkan rasio dan total payout jika Anda menggunakan fitur early closure

  • Pahami baik-baik sistem perhitungan payout di setiap broker binary options yang Anda pilih. Ini untuk menghindari kesalahpahaman perhitungan yang mungkin terjadi jika Anda pertama kali membuka platform trading unik seperti milik Binary.com.
  • Penggunaan refund bisa disesuaikan dengan manajemen resiko dan level kemampuan Anda. Pada tingkatan pemula, akan lebih baik jika Anda lebih mementingkan pembatasan resiko daripada fokus mendulang profit. Namun demikian, jangan jadikan fitur refund sebagai alasan untuk menggampangkan resiko. Besar atau kecil, angka kerugian tetap akan menggerus modal trading Anda.

  • Jenis option High Yield memang berpeluang mendatangkan profit yang sangat besar, namun juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, pastikan jika Anda telah memiliki cukup pengalaman dan money management yang baik untuk bisa mengatasi resiko dan kesulitan trading di option ini.

  • Perbedaan expiry time juga bisa berpengaruh pada besaran payout yang ditawarkan. Dalam mencermati hal ini, Anda sebaiknya tetap memilih expiry time yang sesuai dengan metode trading Anda. Selisih profit untuk expiry time rendah dan tinggi umumnya tidak terlalu banyak. Anda masih bisa meraih keuntungan yang diharapkan dengan mempertahankan konsistensi trading sesuai metode yang selama ini Anda gunakan. Hal yang sama juga berlaku untuk pemilihan pair dan jenis trading.

 

Kesimpulan

Payout adalah salah satu komponen penting dalam memilih broker binary options. Dalam hal ini, bisa disimpulkan bahwa memahami payout bukan hanya sekedar melihat tinggi rendah profitnya saja, tetapi juga aspek lain yang menyertainya seperti platform, refund, dan jenis trading. Setelah mengenali bermacam-macam payout yang bisa Anda peroleh dari 3 kategori di atas, Anda dapat memilih tipe payout yang paling mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan trading Anda.

Meskipun demikian, payout bukanlah satu-satunya fitur broker yang bisa dipertimbangkan. Masih ada beberapa aspek penting seperti regulasi, variasi tipe trading, platform, metode pembayaran, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui ulasan lebih lanjut tentang tips memilih broker binary options berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan, silahkan buka artikel ini.

Alumni Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya yang sekarang menjadi pengisi konten artikel di seputarforex.com. Aktif menulis tentang informasi umum mengenai forex, juga terinspirasi untuk mengulas profil dan kisah sukses trader wanita.


Ane
Maaf sy ada kurang jelas. Di binary sy sering lihat ada ket payout 70%, berarti kalau sy berhasil apa sy hanya dapat 70% dari investasi sy?
Abdilah
supaya lebih jelas aja... payout itu jumlah yg kita terima selepas tutup posisi... sistemnya dihitung dari jumlah kapital + keuntungan rate payout (in the money) atau 0 kalo out of the money. di broker yg ada refundnya payout utk option out of the money = jumlah kapital x rate refund. yg sering mundul di platform sbg 75%, 80%, 90%, dsb itu rate profit/payout