Advertisement

iklan

Apa Itu Surel Blockchain?

Penggunaan teknologi Blockchain selama ini hanya berpusat pada transaksi koin kripto, padahal masih banyak yang bisa dieksplorasi. Contohnya, pengembangan surel Blockchain.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Jika kita mengikuti perkembangan Blockhain, satu hal yang menarik perhatian adalah penerapan teknologi ini masih sangat terbatas, contohnya dalam penggunaannya untuk surel (surat elektronik). Jika di benak Anda muncul pertanyaan apa itu surel Blockchain, pada dasarnya, surel Blockhain adalah sebuah teknologi untuk mengirim surat elektronik (email) dengan memanfaatkan teknologi buku besar terdesentralisasi.

Saat ini, mulai banyak Startup yang membangun platform email terdesentralisasi berdasarkan teknologi Blockchain, tetapi jumlah layanan yang tersedia masih sangat sedikit. Perusahaan-perusahaan Startup ini kalah saing dibandingkan organisasi yang berusaha untuk mendapat keuntungan besar dengan mesin pencarian online ataupun pemasangan iklan.

Padahal, surel Blockchain dapat menjadi sebuah inovasi yang brilian, karena mampu mengatasi beberapa masalah terkait layanan email konvensional. Salah satu contohnya adalah kasus pelanggaran privasi pada Yahoo Email yang membuat banyak pengguna akhirnya beralih ke layanan pesan terenkripsi end-to-end seperti WhatsApp, Telegram, dan iMessage. Akan tetapi, bisakah kita mendesain ulang layanan pesan tersebut sebagai platform email?

 

Penjelasan Surel Blockchain

 

Di sinilah surel Blockchain menunjukkan keunggulannya. Privasi pengguna di surel Blockchain lebih terjamin karena aktivitas mengirim, menerima dan menyimpan pesan tidak menggunakan server terpusat dari perusahaan komersial. Beberapa penyedia layanan email pada akhirnya memutuskan untuk mengganti sistem email konvensional dengan Blockchain. Beberapa contohnya adalah layanan surel seperti CryptaMail dan SwiftMail milik John McAfee.

 

Data Dalam Surel Blockchain Lebih Aman

Menurut CryptaMail, tidak ada celah untuk kebocoran data karena Blockchain bersifat terdesentralisasi. Semua data adalah peer-to-peer, sehingga mengurangi risiko pihak ketiga mengakses isi pesan dan memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang bisa memiliki pesan tersebut. Artinya, pesan telah dienkripsi dan dikirim sebagai transaksi di jaringan Blockchain.

McAfee memiliki kepercayaan tinggi dengan performa platform SwiftMail serta SwiftCoin Blockchain. Untuk keperluan tes keamanan, perusahaan ini bahkan menawarkan hadiah SwiftCoin senilai 10,000 USD kepada setiap peretas yang bisa menemukan celah dalam jaringan surel Blockchain. Daniel Bruno, anggota tim SwiftMail, mengatakan bahwa surel Blockchain akan mempercepat waktu pengiriman pesan, selama Anda tetap menyinkronkannya dengan Blockchain.

 

Pertimbangan Menggunakan Surel Blockchain

Dalam penerapannya, CryptaMail menggunakan protokol NXT yang memberikan lebih banyak fungsi dari Blockchain Bitcoin  untuk mengirim pesan. Sementara itu, SwiftMail menggunakan Blockchain independen yang disebut "Solidus Bonds", untuk mendapatkan lebih banyak SwiftCoin melalui sistem berbasis bunga. Hal itu karena platform ini tidak mengizinkan aktivitas pertambangan seperti NXT.

Untuk saat ini, masalah dengan surel Blockchain adalah tidak adanya kompatibilitas dengan platform email lain. Jika biasanya kita menggunakan Outlook dan dapat mengirim email ke pengguna Gmail dan Yahoo, maka surel Blockchain terbatas untuk sesamanya saja.

 

Surel Blockchain belum kompatibel dengan platform email lain

(Baca juga: Manfaat Blockchain Untuk Mengasah Keterampilan Bisnis Anda)

 

Satu kelemahan lain dari surel Blockchain adalah, layanan ini tidak gratis. Semua surel Blockchain yang dikirim antar pengguna harus dimasukkan ke dalam Microtransaction, sehingga akan ada tarikan komisi untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan.

CryptaMail memberlakukan 1 NXT per pesan, yakni sekitar 0.006147 USD untuk setiap kali pengiriman email, sedangkan SwiftMail menggunakan 0.001 SC (SwiftCoin) per pesan, yaitu sekitar 0.001 USD. Jadi meskipun tidak gratis, biaya yang dikenakan sebenarnya relatif rendah.

 

Kelebihan-Kelebihan Surel Blockchain

  1. Privasi Pengguna
    Saat ini, sebagian besar konsumen menggunakan layanan email, seperti Gmail dan Yahoo Mail, yang bebas biaya. Meskipun pengguna dapat mengatur server surat pribadi sendiri jika diinginkan, tetapi sebagian besar konsumen tidak tahu cara melakukannya dan infrastruktur host bisa sangat mahal.

    Selain itu, data pribadi pengguna belum tentu aman di platform email konvensional. Penyedia email bisa mengumpulkan informasi pribadi tentang pengguna dan menggunakan data tersebut untuk menayangkan iklan kepada mereka. Terkadang pengumpulan data mencakup nama, alamat, kode pos, hingga nomor telepon. Sebagian besar penyedia email berjanji bahwa pesan pengguna hanya diurai melalui alat otomatis, tetapi ini masih dapat terasa seperti gangguan privasi bagi konsumen.

    Surel berbasis Blockchain dapat mengatasi masalah ini, karena sistemnya tidak bergantung pada perusahaan komersial untuk menyediakan layanan email. Infrastruktur yang diperlukan untuk meng-host server email dan menyimpan pesan dapat didistribusikan di seluruh Blockchain, di mana tidak ada satu pihak pun yang memiliki kemampuan untuk membaca setiap pesan pengguna.

  2. Kehandalan Email
    Email konvensional dan data yang terdapat di dalamnya dapat hilang karena berbagai hal. Pengguna mungkin secara tidak sengaja menghapusnya atau terkena overwrite oleh server penyimpanan yang kehabisan ruang. Selain itu, gangguan pada infrastruktur penyedia email dapat menyebabkan kehilangan data (yang telah terjadi dalam hal layanan seperti Gmail).

    Risiko ini tak lagi perlu dikhawatirkan jika data email disimpan di basis data terdistribusi. Kegagalan server email pusat tidak akan menyebabkan kehilangan data, karena tidak akan ada server pusat pada solusi email berbasis Blockchain. Kapasitas penyimpanan server hampir tidak terbatas, selama Blockchain yang digunakan untuk menyimpan data dapat tumbuh sesuai kebutuhan. Para pengguna bahkan bisa memulihkan pesan yang dihapus melalui beberapa metode, antara lain dengan mengakses node off-chain yang telah menyimpan data email utuh.

  3. Keaslian Pesan
    Tantangan umum ketiga dengan email konvensional saat ini adalah keaslian. Sangat mudah untuk membuat akun email dengan nama orang lain, dan sulit bagi penerima email untuk mengonfirmasi bahwa email berasal dari pengguna yang sebenernya. Bahkan, stempel waktu dan data routing di header email juga bisa dimanipulasi.

    Sistem surel berbasis Blockchain dapat memberikan keaslian pesan bawaan yang hampir tidak dapat diubah. Karena Blockchain berfungsi sebagai catatan transaksi yang tidak berubah, akan lebih mudah untuk mengonfirmasi kapan tepatnya surel dikirimkan, dan oleh siapa email ditulis. Selain itu, peretasan jaringan Blockchain hampir tidak bisa dilakukan, dan tidak ada yang bisa memodifikasi catatan email berbasis Blockchain.

Tantangan Yang Dihadapi Surel Berbasis Blockchain

Server email terdesentralisasi masih memiliki beberapa kendala untuk diselesaikan. Salah satu tantangan terbesar adalah ukuran data yang perlu disimpan di Blockchain untuk menjalankan platform email terdesentralisasi. Jika kita ingin menyimpan semua pesan pengguna pada Blockchain, penyimpanan yang dibutuhkan bisa mencapai Terabyte. Saat ini, masih belum jelas apakah Blockchain dapat menangani masalah ukuran data.

Tantangan serupa juga dihadapi oleh layanan penyimpanan Cloud berbasis Blokchain, meski mereka sudah memiliki strategi untuk mengatasinya. Ke depannya, diharapkan desentralisasi email bisa dilakukan tanpa benar-benar menyimpan semua pesan Blockchain. Transaksi pesan dapat dicatat pada Blockchain, sementara pesan itu sendiri disimpan di tempat lain secara permanen.

Layanan email terdesentralisasi juga harus dapat membuktikan kepada pengguna bahwa data itu memang pribadi. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat kode sumber untuk server surel berbasis Blockchain yang tersedia. Dengan demikian, sistem surel Blockchain akan memerlukan kontrol akses yang lebih canggih untuk melindungi privasi setiap pengguna. Dengan kata lain, Anda perlu cara untuk memastikan email Anda telah sampai kepada orang yang dituju, bukan email orang lain yang juga menggunakan layanan terdesentralisasi.

Saat ini, baru SwiftMail yang berencana melakukan ekspansi ke iOS dan telah merilis aplikasi Android yang tidak memiliki fitur Solidus Bond. Baik SwiftMail maupun CryptaMail adalah pionir di bidang ini, dan mungkin pada tahun-tahun selanjutnya kita akan melihat lebih banyak opsi surel Blockchain.


Sistem surel Blockchain memang cukup menjanjikan. Namun hingga saat ini, baru sedikit kemajuan yang telah dibuat dalam penerapannya. Mungkin ada beberapa hal yang masih menjadi kendala dalam pengembangannya, seperti skalabilitas penyimpanan data dan bukti privasi pengguna. Di sisi lain, Blockchain telah menunjukkan kegunaannya di berbagai bidang yang tak kalah menarik. Simak infonya dalam artikel Apa Saja Kegunaan Blockchain?

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.