OctaFx

iklan

Apa Saja Kegunaan Blockchain?

283433

Teknologi di balik Bitcoin, Blockchain punya berbagai kegunaan. Bukan cuma di sistem keuangan, tapi juga keamanan.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Blockchain adalah salah satu teknologi paling revolusioner dan transformasional saat ini, yang menjadi teknologi dibalik penciptaan Bitcoin. Blockchain juga mampu memfasilitasi sistem keuangan elektronik yang memungkinkan transfer dana secara online, tanpa delay dan perantara.

Meski sudah menjadi salah satu topik terpanas di dunia saat ini, banyak orang masih mengalami kesulitan untuk mencoba memahami konsep Blockchain. Padahal, fakta menunjukkan bahwa konsep Blockchain sebenarnya sangat sederhana dan terpusat pada transparansi, keamanan, kemudahan, serta kecepatan.

Manfaat Blockchain

 

Bagaimana Blockchain Bekerja?

Sebagai sebuah sistem operasi yang berbasis data terdesentralisasi, Blokchain mendokumentasikan transaksi secara digital. Ledger (buku besar) yang didistribusikan ke seluruh node jaringan tidak seperti database tradisional (akuntan, pemerintah, bank, dan sebagainya) yang menggunakan jaringan bank data dan disalin untuk melakukan transaksi digital.

Buku besar terpusat seperti yang dimiliki oleh lembaga keuangan akan menyebabkan munculnya yaitu kekuasaan pengaturan keuangan yang berpusat pada satu pihak saja. Tentunya, pihak tersebut mampu memaksakan segala kebijakan kepada masyarakat, meskipun kebijakan tersebut terkadang tidak adil (misalnya tarif transfer yang tinggi).

Sementara itu, Blockchain akan memungkinkan buku besar database untuk disinkronisasi melalui jaringan internet. Dalam taraf tertentu, siapapun yang berada dalam jaringan akan memiliki akses terhadap data tersebut. Model seperti ini jelas memberikan sistem yang lebih transparan dari buku besar lembaga konvensional.

 

Dampak Blockchain Di Kehidupan Sehari-hari

Kemajuan teknologi telah meningkatkan ketergantungan kita terhadap internet dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua orang dari generasi milenial saat ini melakukan segala aktivitas secara online, mulai dari komunikasi sosial hingga berbisnis.

Fakta bahwa Blockchain adalah teknologi yang mendasari sebagian besar mata uang kripto di dunia, membuatnya memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai macam lapisan kehidupan secara global.

Dengan sistem desentralisasi berskala luas, Blockhcain dapat digunakan untuk meminimalisir penipuan, mengotomatiskan proses manual, dan mengendalikan masalah otentikasi. Kekuatan Blockchain yang transparan dapat memungkinkan manusia untuk membuat perubahan struktural di bidang pemerintahan dan hukum, serta menghidupkan kembali konsep yang hilang dari demokrasi dan meritokrasi sejati.

Berikut beberapa cara Blockchain akan mempengaruhi sendi kehidupan, serta contoh startup yang sudah berusaha menerapkannya.

 

Sektor Bisnis

Banyak industri ekonomi mengalami stagnasi yang disebabkan oleh pihak Broker atau Perantara. Pihak ketiga biasanya mendikte biaya, waktu, juga regulasi, sehingga memudarkan transparansi yang mestinya bisa didapatkan oleh pihak pembeli maupun penjual.

Dalam hal itu, teknologi Blockchain tidak hanya dapat membantu mengatasi penilaian inventaris yang tidak akurat, tetapi juga dapat memberikan pemahaman yang jelas tentang harga dan biaya produk kepada kedua belah pihak. Dengan demikian, "kejujuran" antara kedua belah pihak bisa terjalin, dan konsensus murni pun bisa terjadi.

Kegunaan Blockchain Untuk Bisnis

Misalnya, bisa kita lihat sekarang bahwa dunia permainan digital terus berkembang pesat, dan saat ini tidak ada lingkungan yang aman bagi para gamer untuk melakukan transaksi (pembelian, penjualan, perdagangan) pada jutaan koleksi digital yang diperoleh setiap tahun.

Akibatnya, konsumen justru bergantung kepada forum yang kebanyakan "curang". Biasanya, marketplace semacam ini mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya dari biaya per transaksi klien. Teknologi Blockchain mampu menyelesaikan masalah ini. Bukan keamanan saja, tapi kecepatan transaksi juga menjadi prioritas penting.

 

Industri Periklanan

Industri periklanan yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia adalah kandidat ideal untuk penerapan teknologi Blockchain. Blockchain dapat membantu memastikan bahwa pengiklan menghindari penipuan, memberikan kerahasiaan yang lebih baik untuk semua peserta, dan meminimalkan keterlibatan perantara. Penerapan teknologi Blockchain ke industri iklan adalah langkah pertama yang dapat mengguncang industri besar lain. Salah satu contoh Whitepaper yang sudah dibuat untuk penerapan Blockchain dalam industri iklan adalah Blockchain Programmatic Corporation.

Dengan Blockchain, kita dapat mengatasi risiko dari pihak ketiga yang masih rawan kesalahan dan mematok biaya cukup mahal untuk setiap transaksinya. Kesalahan tidak akan terjadi di sistem Blockchain, karena seluruhnya sudah bersifat otomatis, tanpa campur tangan manusia. Selain itu, biaya per transaksi pun menjadi lebih murah. Hasilnya adalah pasar yang lebih bersih dan bisa beroperasi dengan lebih efisien daripada model organisasi konvensional.

Kegunaan Blockchain Untuk Periklanan

Sistem terpusat biasanya menjadi bias atas ketidakadilan yang terjadi. Ada risiko besar yang terlibat ketika meninggalkan semua data jaringan di tangan satu entitas. Jaringan terdesentralisasi dalam hal ini mampu mendistribusikan dan mengurangi risiko tersebut, sehingga tidak ada pihak yang dapat menyalahgunakannya.

 

Keamanan

Manfaat besar lainnya adalah kita tidak perlu khawatir untuk memverifikasi akses ke informasi penting. Saat ini, perusahaan memiliki risiko yang sangat besar dengan menyimpan informasi mereka di lokasi terpusat. Bisa saja aksi peretasan yang dilakukan dari orang luar maupun orang dalam akan langsung merugikan perusahaan, dan bahkan bisa langsung mengalami kebangkrutan.

Jika salah satu karyawan membocorkan informasi, tentu semua data akan dapat dicuri. Smart Contracts Blockchain dapat memastikan hal tersebut tidak terjadi, karena di dalamnya hampir tidak memerlukan otentikasi individual yang saat ini masih dilakukan oleh perantara manual.

Pasar Blockchain pada dasarnya lebih aman daripada alternatif konvensional. Buku besar terdesentralisasi bekerja dengan prinsip bahwa semua data dienkripsi dan dilindungi, sehingga tidak ada satu pihak pun yang memiliki kekuatan untuk memanipulasi informasi apapun di dalam jaringan. Startup dapat memanfaatkan kekuatan Blockchain untuk mengamankan jutaan node data di seluruh sistem.

Manfaat Blockchain untuk sistem keamanan

Salah satu contoh penerapan Blockchain di dunia nyata terkait keamanan dilakukan oleh Guardtime. Perusahaan ini menciptakan sistem “Keyless Signature System”, atau sistem tanda tangan tanpa kunci menggunakan teknologi Blockchain. Saat ini, sistem tersebut sudah digunakan untuk mengamankan catatan kesehatan satu juta warga Estonia.

Mata uang kripto berbasis teknologi Blockchain yang bersifat anonim memang sering dikaitkan dengan tindak kejahatan, seperti penipuan, pencucian uang, dan pendanaan teroris. Namun sebenarnya, teknologi Blockchain justru dapat dimanfaatkan untuk mencegah semua tindak kejahatan tersebut.

Salah satu masalah yang masih membelenggu transaksi online adalah penipuan. Blockchain hadir dengan keamanan dan transparansi yang ketat, sehingga meminimalkan berbagai kemungkinan kejahatan.

Manfaat Blockchain untuk mengurangi kejahatan

Teknologi Blockchain pun juga bisa digunakan untuk mencatat "Rantai Pasokan" dari mulai suatu produk baru diciptakan hingga ke konsumen akhir. Ada semacam kode unik yang akan membuktikan bahwa produk tersebut benar-benar asli dan legal, sehingga pihak pasar dapat mengetahui secara langsung tentang produk yang tercatat sebagai barang tidak legal.

Penerapan semacam ini sudah dilakukan oleh SKUChain, yang menciptakan sistem tracking dan tracing produk menggunakan supply chain berbasis Blockchain. Lalu, ada juga satu startup bernama Proenance yang membuat sistem record (rekaman) suatu produk di dalam rantai pasokan dengan teknlogi Blockchain.

Dengan adanya penerapan semacam ini, para penjahat hanya akan mendapatkan pasar yang sangat sempit, dan pendeteksian barang hasil kejahatan mampu dilakukan dengan lebih efisien.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.