Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?

Banyak pengguna Bitcoin yang menyadari pentingnya memindahkan nilai koin mereka ke mata uang Fiat dan melirik Paypal USD. Bagaimana caranya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Karena penggunaan uang kripto belum meluas di semua bidang, maka saat ini uang kripto tidak bisa digunakan secara langsung. Pemilik kripto perlu mengkonversikan dulu uang yang ia miliki menjadi uang Fiat agar bisa digunakan bertransaksi.

Sayangnya, proses konversi ini seringkali memakan biaya yang terlalu besar jika melalui bursa. Selain itu, waktu yang dihabiskan untuk proses konversi juga memperbesar kemungkinan gagalnya mendapat harga yang diinginkan, karena fluktuasi nilai Bitcoin sangatlah cepat. Belum lagi, bursa kripto cukup rentan mengalami risiko dan pencurian, sehingga menaruh uang dalam jumlah besar sangat tidak disarankan.

Salah satu opsi penyimpanan kripto terbaik adalah melalui PayPal, yang merupakan sistem pembayaran populer dan sudah banyak digunakan secara global. Menyimpan Bitcoin di Paypal menjadi salah satu alternatif penukaran Bitcoin ke mata uang Fiat yang difavoritkan, karena PayPal dikenal aman dan para pengguna bisa menarik dana dalam USD dengan biaya yang relatif rendah, juga waktu transaksi yang lebih cepat.

Menyimpan Bitcoin di Paypal

 

Apakah Mungkin Menyimpan Bitcoin Di Paypal?

Kabar tentang Paypal yang ingin merangkul Bitcoin mulai mencuat sejak tahun 2014, tapi tidak membuahkan hasil sampai sekarang. Itu artinya, belum ada cara untuk menyimpan Bitcoin secara langsung di Paypal.

Seiring dengan meningkatnya minat klien terhadap Bitcoin, beberapa penyedia layanan mengaku bisa menawarkan jasa penyimpanan Bitcoin di PayPal ataupun sebaliknya. Meskipun terdengar menjanjikan, mempercayai layanan seperti itu dapat menyebabkan konsekuensi negatif, mulai dari pencurian data hingga penggelapan dana oleh pihak tak bertanggung jawab.

Namun jangan khawatir, karena masih ada beberapa solusi untuk dapat menyimpan Bitcoin di Paypal secara aman. Jika Anda memiliki Bitcoin, Anda dapat dengan mudah menukarnya menjadi uang kertas dan menarik dana ke kartu kredit Anda yang terhubung ke akun PayPal.

Hingga saat ini, ada beberapa bursa yang memungkinkan pertukaran Bitcoin ke Paypal USD, beberapa di antaranya adalah:

 

1. Coinbase

Pada tanggal 22 Juni 2016, Coinbase mengumumkan bahwa klien sekarang dapat menarik saldo USD ke akun Paypal. Ini berarti Anda dapat memindahkan Bitcoin ke akun Coinbase dan menariknya sebagai USD langsung ke Paypal Anda.

Opsi ini mengharuskan Anda memverifikasi ID dengan mengunggah salinan bukti identitas. Anda juga harus membayar komisi 3.75% untuk setiap penarikan. Meskipun harus mengeluarkan dana tambahan, tetapi cara ini adalah yang tercepat dan paling aman untuk menyimpan Bitcoin sebagai USD ke akun Paypal Anda.

Menyimpan Bitcoin di Paypal via Coinbase

 

Langkah-langkahnya:

  • Pindahkan Bitcoin yang ingin Anda jual ke akun Coinbase Anda.
  • Pilih tombol "Buy/Sell Bitcoins" dan klik "Sell Bitcoins"
  • Tentukan berapa besar Bitcoin yang ingin Anda jual.
  • Pilih Paypal sebagai metode pembayaran (Pastikan Anda sudah mengisi detail Akun Paypal sebelumnya).
  • Klik "Sell Bitcoins".

 

2. BitPanda

BitPanda (sebelumnya bernama Coinimal) merupakan Startup Austria yang berkecimpung dalam pembelian dan penjualan Bitcoin ke uang kripto lain, ke mata uang Fiat, dan berbagai mata uang digital termasuk Paypal. Meskipun tidak mengizinkan kliennya membeli kripto dengan Paypal, BitPanda menyediakan fitur penarikan Bitcoin ke Paypal dalam satuan mata uang USD.

Bitpanda

(Baca juga: Bursa Bitcoin yang banyak dipakai oleh pengguna kripto Indonesia)

 

Langkah-langkahnya:

  • Daftarkan diri Anda sebagai member di BitPanda.
  • Pilih opsi "Sell" dan tentukan "Paypal" sebagai metode penarikannya.
  • Anda akan dihadapkan dengan info Wallet Address tujuan pengiriman Bitcoin. Setelah Bitcoin dikirim, secara otomatis dana akan ditransfer ke akun Paypal Anda.

 

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Paypal

PayPal adalah penyedia pembayaran pihak ketiga terbesar dan paling sering digunakan oleh pebisnis online, freelancer, ataupun pengguna individu lain yang sering melakukan jual beli di internet. Meskipun popularitas dan kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi, ada beberapa pro dan kontra untuk dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan ini, terutama untuk keperluan menyimpan Bitcoin.

Keuntungan Menggunakan Paypal

  1. Mudah Digunakan
    PayPal sangat mudah digunakan. Apakah Anda membeli barang secara Online atau mengatur PayPal sebagai opsi pembayaran untuk berbisnis, PayPal adalah sangat sederhana dan mudah dikelola. Selain itu, menyiapkan akun PayPal juga gratis dan hanya membutuhkan akun email yang valid. Menghubungkan kartu kredit dan rekening bank ke akun PayPal untuk penarikan dan pendanaan menghilangkan kerumitan dalam melakukan transaksi online.
  2. Jejak Rekam Transaksi Yang Lengkap
    Anda dapat dengan mudah meninjau transaksi dengan menelusuri halaman rangkuman transaksi yang disediakan. Membuat dan memantau faktur untuk bisnis menjadi lebih mudah berkat fitur PayPal. Anda juga memiliki opsi untuk mengirim e-cek, menindaklanjuti pembayaran, bahkan meminta pengembalian dana jika terjadi transaksi yang tidak memuaskan. Untuk bisnis kecil, Anda tidak perlu menyewa pemegang buku untuk memeriksa transaksi keuangan Online, karena Anda dapat langsung melakukan copy-paste pada data keuangan yang dibutuhkan dari platform PayPal.
  3. Dilengkapi Dengan Sistem Enkripsi Untuk Keamanan
    PayPal juga dilengkapi dengan fitur enkripsi yang melindungi data Anda dengan standar keamanan tinggi. Dibandingkan dengan opsi pembayaran lainnya, PayPal memiliki tingkat perlindungan data yang lebih tinggi. Bahkan ketika seseorang meretas server publik Paypal, seluruh dana telah di-backup secara Offline.
  4. Ramah Seluler
    Seperti versi desktop-nya, PayPal memiliki aplikasi seluler yang sangat mudah digunakan. Anda dapat berbelanja, mengirim, dan menarik uang, di mana saja dan kapan saja. Meskipun penyedia pembayaran lainnya mulai menyediakan versi aplikasi seluler dari layanan mereka, aplikasi seluler PayPal tetap menjadi yang relatif paling mudah untuk digunakan dan dipilih banyak pengguna.
  5. Diskon Untuk Pelanggan Setia
    Kepada pelanggan setia yang berbelanja Online melalui PayPal, ada program diskon khusus yang ditawarkan. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengkonversi Bitcoin yang mereka punya ke Paypal USD.

 

Kekurangan Menggunakan Paypal

  1. Ada Biaya Yang Dikenakan Saat Menerima Uang
    Meskipun PayPal gratis untuk penggunaan pribadi, ada biaya yang dikenakan untuk penggunaan dalam taraf bisnis. Ketika Anda mendaftar untuk akun bisnis, PayPal mengenakan biaya sebesar 2.9% ketika menerima uang untuk transaksi barang atau jasa. Meskipun relatif kecil, tetapi pengenaan biaya ini seringkali menjadi beban, terutama untuk pengusaha kecil yang sering melakukan aktivitas transaksi ke banyak akun.
  2. PayPal Bisa Membekukan Akun
    Salah satu yang perlu dicermati dari penggunaan PayPal adalah: aplikasi ini dapat membekukan akun tanpa peringatan. Algoritma PayPal terkadang mendeteksi perilaku mencurigakan di akun Anda, dan ketika itu terjadi, PayPal dapat secara otomatis membekukan akun serta dengan dana di akun tersebut. Jika akun Anda dibekukan, fasilitas transfer dana juga ikut ditangguhkan. Hal ini tentu dapat memengaruhi aktivitas bisnis dan menyebabkan Anda kehilangan uang.
  3. Biaya Tambahan Bank
    Beberapa bank membutuhkan biaya transaksi ketika Anda mentransfer dana dari akun PayPal. Biaya tambahan ini bervariasi dari bank ke bank, tetapi biasanya sudah ada tarif tetap yang sudah berlaku.
  4. PayPal Adalah Target Phishing Dan Penipuan
    Internet adalah tempat di mana kejahatan bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Anda mungkin menerima email palsu atau pesan Online dari orang-orang yang berpura-pura bahwa mereka adalah afiliasi PayPal. Scammers ini kemudian akan menanyakan info PayPal Anda. Untuk menghindari Scam saat akan menyimpan Bitcoin di Paypal, Anda harus banyak waspada dan mengenali ciri-cirinya.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.