Belajar Compounding Ala Warren Buffet

118062

Orang menginginkan hasil ekstravaganza pada investasinya karena mereka tidak sabar dan ingin cepat kaya! Lalu berapa besar imbal hasil investasi yang ideal, yang bisa membuat seorang investor menjadi kaya raya? Yuk, mari kita belajar lagi pada Warren Buffet.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Banyak orang menginginkan profit yang sangat besar untuk investasinya, puluhan persen bahkan ratusan persen per tahun. Banyak pula trader atau investor yang memamerkan imbal hasil investasinya sebesar ratusan persen per tahun. Banyak juga orang terjebak dalam investasi bodong yang menawarkan janji profit ratusan persen per tahun. Mengapa semua ini terjadi?

Orang menginginkan hasil ekstravaganza pada investasinya karena mereka tidak sabar dan ingin cepat kaya! Lalu berapa besar imbal hasil investasi yang ideal, yang bisa membuat seorang investor menjadi kaya raya? Yuk, mari kita belajar lagi pada Warren Buffet.


Warren Buffet
Adakah yang tau berapa persen imbal hasil investasi Warren Buffet per tahun? Warren Buffet investor terbesar dunia, meraih keuntungan investasi hanya 24,7% per tahun secara konsisten selama 49 tahun! Di luar dugaan, ternyata imbal hasil sang Oracle of Omaha tidak sebombastis imbal hasil dari banyak investor dunia.

Namun apa yang membuat Warren Buffet sukses tak lain adalah KESABARAN dan KONSISTENSI! Saya yakin, jika kita jeli memanfaatkan fluktuasi harga saham mungkin bisa mendapat lebih dari 24,7% per tahun. Namun pertanyaannya, bisakah kita konsisten dengan hasil puluhan persen per tahun itu? Jangan sampai kita memperoleh imbal hasil luar biasa, namun kerugian yang harus ditanggung juga luar binasa!

Warren Edward Buffett (lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930; umur 83 tahun) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha. Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, dimana dia memegang 38% saham.

Dengan perkiraan pendapatan bersih AS$44 miliar pada 2005, dia menduduki urutan kedua sebagai orang terkaya kedua dunia menurut Forbes, di belakang Bill Gates. Pada tahun 2010 sang bijak dari Omaha ini berhasil mendepak Bill Gates dari peringkat pertama orang terkaya di dunia, yang sekarang di dudukinya.

Menurut majalah Forbes, kekayaannya meningkat US$10 miliar pada saat yang sama menjadi US$62 Miliar, sungguh fantastis ini mengalahkan Bill Gates yang pencapaianya di bawah buffet yaitu hanya meningkat US$2 miliar per tahun pada saat yang sama menjadi US$58 miliar.

Dalam buku Smart Traders Not Gamblers, Ellen May menuliskan tentang pentingnya menetapkan target trading / investasi. Target trading / investasi yang kita miliki haruslah rasional, apalagi jika kita seorang pemula dalam investasi saham. Target investasi 20% per tahun cukup masuk akal untuk seorang pemula. Menarik bukan?

Nah jika kita konsisten memperoleh 20% per tahun, maka kira-kira butuh berapa lama supaya uang kita menjadi 2 kali lipat? Ayo dihitung! Menurut Albert Einstein, berapa lama uang kita bisa menjadi 2 kali lipat, dapat dihitung dengan Peraturan 72. Maksudnya? Jika target profit kita 20% per tahun, maka agar uang kita menjadi 2 kali lipat, kita cukup membagi angka 72 dengan 20. Jadi jika target kita 20% per tahun, maka dengan Rumus 72,  uang kita akan menjadi 2 kali lipat dalam 3.6 tahun!
 
Kekuatan Compounding merupakan senjata Warren Buffet dalam menciptakan profit terbesar di dunia. Pertanyaannya, sabarkah kita menyimpan saham sehat kita selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun? Ketika Ellen May  menyampaikan bahwa investasi saham jangka panjang ideal lebih dari 5 tahun, banyak yang mengatakan terlalu lama. Tidak ada yang terlalu lama untuk sebuah investasi jangka panjang. Jika kita tidak sabar, kita lebih baik menjadi trader. Menjadi kaya lewat dagang, bukan semata-mata karena strategi ampuh, tapi lebih didorong oleh KESABARAN & KONSISTENSI. Maukah kita sabar dan konsisten di dalam investasi kita? Semakin awal kita mulai investasi/dagang, semakin bagus.

Menutup tulisan ini silahkan perhatikan nasehat Warren Buffet.
Warren Buffet tidak pernah membawa handphone dan di meja kerjanya tidak ada komputer. Berikut ini adalah nasihatnya untuk orang-orang yang masih muda. Hindarilah kartu kredit dan berinvestasilah untuk diri Anda sendiri dan ingat:
  • Uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang. 
  • Hiduplah secara sederhana. 
  • Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa yang menurut Anda baik. 
  • Jangan memaksakan diri untuk memiliki barang-barang ber-merk, pakailah apa yang sekiranya nyaman bagi Anda. 
  • Jangan memboroskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan, gunakanlah uang untuk membantu mereka yang kekurangan. 
  • Biar bagaimana pun orang lain tetap tidak dapat mengatur hidup Anda sendiri. Andalah yang mengendalikan hidup Anda sepenuhnya.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.


Edi Margono
dengan compounding berarti tiap tahun target profitnya ditambah begitu? jadinya tidak konsisten dong kalau compounding. dan itu bisanya kan cuma kalau tren berlanjut. kalau ada perubahan, apa masih melakukan compounding?
Riko Benet
Bukan gitu bro. target profit asliny tetep sama.
Yang beda itu jumlah modalny.

Contoh kalo target trading gue 10% dari modal $100. Kalo profitkan total duit ane jadi $100.
Na di yang berikutny itu ane tetep pasang target 10% tapi dari modal $110. Kalo bisa profit lagi kan totalny pasti nambah terus tuh.

Na bayangin aja target profit 24.7% dari modal trader segede warren buffet.
Pasti wow sekalikan totalny.
Jadi ini emang teknik menambah profit tapi bukan persentase profitny tapi dari jumlah modalny. gitu...
Om Sugeng
mo lbh gmpng lg lnsgng bk disini ja.
lngsng ada cnthx kyk punyax @riko tu cnth yg lbh jls diambil dr situ jd kyk gni:
Bulan ke 01= $100x10%= $110
Bulan ke 02= $110x10%= $121
Bulan ke 12= $285x10%= $314

kl soal nmbh target proftit itu brngkl ada hubx sm ganti risk reward ratio. biasax slain modal ini yg diubah2 kl g dr position sizing y ratiox itu.
Rizki Aprilio
Sebelum menggunakan teknik compounding sebaiknya memastikan dulu konsistensi keberhasilan dari sistem tradingnya. Jika sudah cukup profitable maka bisa memikirkan untuk menggunakan cara ini.

Meski menguntungkan dan bisa menambah profit secara signifikan, namun menggunakan seluruh modal beserta profit yang sudah didapat beresiko membuat trader kehilangan seluruh dananya kalau ternyata trading berikutnya mengalami kegagalan.

Hal ini sebenarnya bisa dibatasi oleh manajemen resiko, tapi teknik compounding yang digunakanan nantinya tidak akan membawa hasil yang memuaskan kalau ternyata winning ratio masih terbilang rendah.

Trader profesional mungkin lebih berani menggunakan compounding karena telah memiliki trading plan dengan perolehan yang menjanjikan, serta ada pengalaman yang mendukung. Untuk pemula akan lebih baik jika dimantapkan dulu perencanaan tradingnya.
Tofikirawan
setuju gan, walopun tampaknya compounding ini oke punya. tapi klo belom bisa konsisten profit ya malah ludes modal beserta profitnya itu. makanya ada juga beberapa yang profit trus withdraw. ato pake berapa persen dari profit ato modal. gimanapun klo berursan sama duit sungguhan pasti susah ngelepasnya. apalagi klo dapetnya dari proses susah payah. buat punya kepercayaan make seluruh modal ditambah profit itu jelas perlu kemampuan yang oke punya juga biar lebih pasti dapetnya.