OctaFx

iklan

Berinvestasi Emas Bagi Para Pemula

Ingin memulai investasi emas? Artikel ini akan membahas tuntas tentang cara-cara berinvestasi emas bagi para pemula secara lengkap dan mudah.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Sebelum berinvestasi emas, ada tiga hal dasar yang perlu kita perhatikan, hal-hal tersebut antara lain:
  1. Apa tujuan dari investasi emas ini
  2. Target atau hasil investasi emas yang seperti apa yang akan kita peroleh
  3. Resiko dari investasi emas yang akan dilakukan
Investasi emas untuk pemula

Perlu diketahui bahwa ada yang membedakan antara menabung dan berinvestasi, menabung adalah menyisihkan uang kita untuk masa depan sedangkan investasi adalah menumbuh kembangkan uang tabungan yang kita miliki tersebut agar lebih bernilai. Jadi ketika telah memutuskan untuk melakukan investasi emas atau berinvestasi emas, maka kita perlu mengetahui apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan kita untuk masa-masa mendatang.
 
Misalnya apakah kita akan naik haji, sekolah lagi, menikmati pensiun atau apa saja. Setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi cita-cita dari tujuan kita berinvestasi emas, maka kita harus sudah menetapkan atau merencanakan berapa banyak atau berapa lama kita akan berinvestasi. 
 
 

1. Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Agar mudah, kita lakukan konversi dalam bentuk rupiah. Misal harga emas batangan tahun 2010 per 1 gram dengan sertifikat ANTAM berkisar pada harga Rp360 ribu, di mana biaya naik haji pada saat itu sekitar Rp35 juta, ini artinya kita sudah bisa naik haji dengan hanya memiliki emas sebanyak 97 gram. Bandingkan dengan saat ini, biaya naik haji mencapai Rp40 juta, dengan harga emas 2012 Rp530 ribu per 1 gram-nya, itu artinya dengan 75 gram kita sudah bisa menunaikan ibadah haji. Menarik bukan?
 
Berinvestasi emas bagi para pemula
Selanjutnya, kita memiliki profil resiko yang seperti apa, apakah profil resiko kita bertipe konservatif, bertipe moderat atau bertipe agresif? Setelah mengetahui profil resiko investasi kita, apakah investasi  emas yang akan kita lakukan, sudah teralokasi dengan baik dalam berbagai investasi yang kita tanam di luar perak dan berlian, emas termasuk dalam aktiva riil. Atau aktiva finansial kita seperti tabungan, deposito, reksadana, saham dan obligasi? Atau investasi kita termasuk intellectual property atau real estate property?

Jika kita memiliki profil resiko bertipe konservatif, maka 0-5 persen bisa kita alokasikan untuk berinvestasi di emas, bila kita bertipe moderat, maka 5-15%. Sedang jika kita bertipe  investor agresif, maka 15-30% bisa kita alokasikan untuk membeli emas batangan yang bersertifikat di luar dari investasi lain seperti yang dijelaskan sebelumnya.
 

 

2. Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas

Sebelum berinvestasi emas, kita juga perlu ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Kelebihan investasi emas:

  1. Antikrisis dan inflasi
  2. Berbentuk fisik (berwujud barang).
  3. Dapat digadaikan dan dijaminkan.
  4. Tahan lama (antikarat).
  5. Bebas biaya pajak dan administrasi.

 

Kekurangan investasi emas:

  1. Tidak praktis (harus membawa fisik).
  2. Penyimpanan dan pengamanan (dari pencurian).
  3. Dana macet (tidak bisa diputar untuk usaha, kecuali yang punya usaha).
  4. Tidak ada cash flow (tiap bulan).

 

3. Bentuk Investasi Emas 

Penting juga untuk mengetahui dan menentukan bentuk emas seperti apa yang akan kita jadikan sebagai alat investasi kita. Seperti yang kita ketahui, bentuk emas ada beberapa, antara lain: emas batangan, emas koin dan emas perhiasan. Masing-masing bentuk emas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Emas Batangan
Disebut sebagai emas batangan karena emas ini berbentuk seperti batangan pipih atau batu bata, memiliki kadar emas sebesar 22 atau 24 karat, atau bila dalam persentase adalah 95 persen dan 99 persen. Emas batangan adalah bentuk emas yang terbaik untuk investasi, karena dimana pun dan kapan pun kita ingin menjualnya, nilainya akan sama. Nilai ini mengikuti standar internasional yang berlaku nilainya pada hari penjualan lagi.
 
  • Emas Koin
Merupakan bentuk lain dari emas batangan yang sudah dibentuk menjadi koin emas murni. Nilai dan kadar emas koin sama dengan nilai dan kadar emas batangan. Dan emas koin bagus untuk investasi. Hanya saja, terkadang emas koin di toko-toko emas stoknya terbatas.
 
  • Emas Perhiasan
Meskipun bentuknya sebagai perhiasan sangat disukai oleh kaum hawa, namun pada umumnya emas perhiasan kurang baik jika dijadikan alat investasi. Karena, emas perhiasan membutuhkan jasa pembuatan tertentu untuk bisa memiliki ciri yang khas seperti itu. Ini yang menyebabkan, emas perhiasan membebankan biaya pembuatan kepada pembelinya. Sehingga, selain kita membeli emasnya, kita juga akan membayar ongkos pembuatan. Belum lagi bentuk atau modelnya yang sudah tidak up-to-date lagi alias ketinggalan jaman.
 
Jadi, demikianlah cara berinvestasi emas untuk pemula. Tiga dasar dalam berinvestasi emas seperti yang di uraikan di awal artikel, sangat penting untuk kita perhatikan. Dan sebaiknya pula, kita pertimbangkan beberapa hal seperti dasar-dasar perdagangan emas, karena seperti yang sudah dijelaskan juga, bahwa investasi emas disamping memiliki kelebihan, juga memiliki beberapa kekurangan.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.

19 Juni 2019 04:53

1,346.38 ( 0.00%)

Support : 1,335.18
Pivot : 1,344.64
Resistance : 1,355.87

80% Buy 100% Buy 33% Buy

80% Buy
Selengkapnya