Bursa Bitcoin Internasional Yang Banyak Dipakai Trader Indonesia

Sebelum jual-beli, Anda harus mengetahui kriteria memilih bursa Bitcoin untuk transaksi mata uang kripto, baik di Indonesia maupun bursa Bitcoin internasional.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Bursa Bitcoin adalah pasar digital bagi pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda. Bitcoin dapat ditukarkan dengan uang fiat (alat pembayaran yang sah) atau mata uang kripto alternatif lainnya seperti Ethereum (ETH), Ripple (XRP), dan lain sebagainya. Bursa (Exchange) berfungsi sebagai perantara bagi pedagang mata uang kripto, mencakup Bitcoin dan Altcoins yang tak ada wujud fisiknya.

Membeli Bitcoin adalah langkah awal untuk berdagang di pasar Bitcoin. Sama halnya dengan perdagangan saham, Bitcoin membutuhkan biaya transaksi yang berkisar antara 0% hingga 3% (tergantung dari kebijakan bursa). Untuk mulai memperdagangkan Bitcoin di bursa, pengguna harus memiliki akun, dan melalui serangkaian langkah untuk verifikasi. 

Sebelum terjun sepenuhnya ke dalam pasar Bitcoin, pengguna harus mengetahui apa yang harus dicari dalam memilih bursa Bitcoin untuk transaksi mata uang kripto mereka. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko terjadinya Scamming dan potensi jebakan lainnya yang akan berujung pada kehilangan dana. Selain itu, perlu diingat kembali bahwa tidak seperti bank dan perdagangan saham, perdagangan Bitcoin sebagian besar tidak diatur oleh sebagian besar negara, termasuk di Indonesia.

 

Bursa Bitcoin Internasional Yang Banyak Dipakai Trader Indonesia

 

 

Bursa Bitcoin Terpopuler Di Indonesia

Sebelum menginjak ke pembahasan inti, kita perlu mengenal dua bursa dan pertukaran Bitcoin yang paling populer di Indonesia, yaitu:

 

  • Indodax

Pertukaran ini sudah berdiri sejak tahun 2013, dan hingga kini sudah memiliki lebih dari 1.2 juta pelanggan aktif di bursa mereka. Indodax yang sebelumnya bernama Bitcoin.co.id sudah men-support berbagai mata uang kripto termasuk Bitcoin dan beberapa Altcoin paling populer seperti Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Bitcoin Cash (BCH) dan beberapa Token seperti TEN (Tokeneconomy), dll. Umumnya pasangan mata uang yang diperdagangkan, dikaitkan dengan Bitcoin (BTC), seperti ETH/BTC, atau dengan Rupiah (IDR) seperti BTC/IDR, dll.

 

  • Triv

Triv yang bisa diakses dari link Triv.co.id merupakan salah satu bursa Bitcoin terpopuler di Indonesia yang memiliki berbagai kelebihan, termasuk difasilitasinya berbagai macam mata uang digital. Ada dua Instrumen perdagangan mata uang kripto yang di-support, yaitu Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Uniknya, dalam memperdagangkan Bitcoin dan Ethereum, Anda bisa langsung menukarkannya kepada berbagai mata uang digital yang disediakan, seperti Perfect Money, OK Pay, Payza, Neteller, Paypal, maupun ke pulsa elektrik.

 

 

Bursa Bitcoin Internasional vs Lokal

Memang dari dua bursa bitcoin di atas, pasti kita berpikir untuk tidak membutuhkan bursa bertaraf Internasional. Namun, seperti yang sudah dijelaskan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, diantaranya:

 

  • Keamanan

Dari sisi keamanan, tentu saja bursa Internasional selalu lebih baik, karena teknologi mereka jauh lebih maju daripada lokal.

 

  • Instrumen

Di bursa Indonesia, hanya support sebagian kecil Altcoins, dan tentu saja hanya yang paling terkenal. Dengan bergabung ke bursa Internasional, kesempatan untuk memperdagangkan Altcoins yang baru naik daun bisa terbuka lebar.

 

  • Biaya Transaksi

Setidaknya Indodax menawarkan biaya transaksi sebesar 1%-3% untuk setiap transaksi yang dilakukan, baik jual-beli maupun Withdraw. Dengan masuk ke bursa Internasional, biaya transaksi bisa ditekan. Sebagai contoh bursa Binance yang menyediakan program potongan 50% biaya transaksi dengan hanya memiliki token BNB.

 

  • Kecepatan Transaksi

Kadang order yang kita eksekusi di bursa lokal baru akan menerima pencocokan order selama beberapa menit atau lebih lama. Hal ini tidak akan terjadi di bursa Internasional, karena mereka memiliki jutaan pelanggan yang sudah tergabung di platformnya. Sehingga, pencocokan order bisa lebih cepat.

 

  • Risiko Legalitas

Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan larangan resmi soal penggunaan mata uang kripto sebagai alat transaksi mauapun instrumen perdagangan dan investasi, karena sifatnya yang tidak bisa diatur, sehingga memunculkan resiko besar kepada pengguna. Belum ada larangan blokir resmi dari Bank Indonesia terhadap berbagai bursa mata uang kripto di Indonesia seperti Indodax dan Triv, tetapi ini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan.

Berhubung BI belum memberikan aturan yang jelas mengenai bursa mata uang kripto yang beroperasi, maka masih ada kemungkinan legalitasnya dipertanyakan. Selain itu, jika terjadi aksi penutupan bursa lokal secara tiba-tiba oleh pemerintah, dana yang sudah diinvestasikan mungkin akan terancam risiko besar.

Dari beberapa pertimbangan di atas, ada beberapa Bursa Internasional yang mungkin bisa dijadikan alternatif. Berikut diantaranya.

 

 

Bursa Bitcoin Internasional Yang Banyak Dipakai Trader Indonesia

 

  • Luno

Luno adalah bursa bitcoin internasional yang paling banyak dipakai trader Indonesia saat ini. Setidaknya Luno memiliki 3 kantor pusat saat ini, terletak di London, Cape Town, dan Singapura. Didirikan pada tahun 2013, dan sudah melayani lebih dari 20 juta orang dari berbagai negara. Perusahaan bursa ini juga di-backup dengan berbagai Dana Ventura seperti Balderton Capital, RMI, Naspers, DCG (Digital Currency Group) dan Venturra.

Luno menawarkan keamanan dan kemudahan untuk bertransaksi Bitcoin dan beberapa Altcoins terkemuka lainnya di Indonesia. Kemudahan transaksi bisa dilakukan di Indonesia, karena kita bisa Deposit atau Withdraw menggunakan rekening bank lokal.

 

  • Binance

Binance atau Binary Finance merupakan bursa internasional kedua yang paling umum digunakan oleh trader Indonesia dalam perdagangan mata uang kripto. Bursa ini support semua negara, termasuk Indonesia, dengan catatan Deposit dan Withdraw hanya bisa dilakukan dalam bentuk mata uang kripto, dan tidak support mata uang fiat. Jadi, untuk masuk dalam bursa ini, Anda diharuskan untuk mendaftarkan diri, kemudian melakukan deposit menggunakan salah satu metode deposit mata uang kripto ke Wallet Binance.

Uniknya, di sini Anda diizinkan untuk melakukan deposit dan withdraw dengan hampir keseluruhan koin terkemuka saat ini, seperti BTC, ETH, XRP, EOS, ADA, NEO, BTS, XLM, LTC, BCH, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk perdagangan mata uang kripto akan dipasangkan dengan Bitcoin (BTC), seperti ETH/BTC, TRX/BTC, EOS/BTC, dan lain sebagainya. Instrumen perdagangan juga bisa dipasangkan dengan Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), dan Tether (USDT).

Kelebihan dari Binance adalah memiliki mesin pencocokan order yang bisa memproses hingga 1.3 juta transaksi per detik, sehingga trader tidak perlu khawatir lagi dengan keterlambatan eksekusi. Selain itu, ada promo kepemilikan BNB yang berfungsi sebagai diskon untuk biaya transaksi yang ditarik. Besaran awal diskon pada tahun awal kepemilikan adalah 50% dari biaya transaksi, dan akan turun seiring waktu berjalan.

 

  • OKEX

OKEX merupakan salah satu bursa Bitcoin yang dluncurkan oleh perusahaan raksasa China, OKCoin. Kelebihan yang ditawarkan oleh OKEX sangat banyak, mulai dari banyaknya instrumen perdagangan yang bisa digunakan, fasilitas trading Token (hasil Initial Coin Offering), dan fasilitas trading futures (perdagangan berjangka).

OKEX memiliki support secara internasional, karena sistem Deposit dan Withdrawnya juga bisa dilakukan dengan mata uang kripto. Selain itu, Bursa OKEX juga menyediakan platform perdagangan, baik melalui Desktop (Mac, Windows), dan Smartphone (Android dan iOS).

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.


Akwan
cara daftar OKEX gimana om??
Yodik Prastya
Silahkan kunjungi website resmi di okex.com, kemudian klik pada bagian "Sign Up". Silahkan isi data yang diperlukan, termasuk email dan nomor telepon yang masih aktif (diperlukan untuk konfrimasi pembuatan akun). Untuk OKEX tidak diperlukan verifikasi apapun (termasuk data diri seperti KTP, SIM, dll). Namun kekurangan dari OKEX adalah proses Withdraw biasanya memakan waktu cukup lama, karena request dari proses hari ini baru akan diproses besok.