Cara Efektif Memilih Manajer PAMM Alpari

Menjadi Investor PAMM bukan berarti Anda bisa lepas kendali sepenuhnya terhadap rencana trading. Untuk mengurangi risiko, ada cara efektif memilih manajer PAMM Alpari.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Ketika bergabung dalam program PAMM sebagai investor, ekspektasi Anda tentunya adalah untuk bisa mendapat keuntungan trading dengan mudah, tanpa perlu mengelola akun sendiri secara langsung. Mengingat hal itu bisa terjadi karena pengelolaan dari Manajer PAMM, maka hasil trading bergantung pada kualitas Manajer pilihan Anda. Untuk menghindari risiko salah pilih Manajer, artikel ini akan menguraikan cara efektif memilih Manajer PAMM Alpari.

Broker Alpari selaku penyedia fasilitas PAMM sebenarnya sudah menyediakan video tutorial tentang cara memilih Manajer PAMM yang baik.

Namun apabila Anda ingin mendapatkan ulasan yang dipaparkan dengan lebih terperinci, silahkan ikuti penjelasan di artikel ini. Pada dasarnya, ada dua mode pencarian Manajer PAMM Alpari yang bisa Anda lakukan, pertama adalah dengan mengandalkan Rating Alpari, kedua adalah dengan melakukan seleksi sendiri berdasarkan parameter-parameter tertentu.

 

A. Rating Alpari

Jika ingin menggunakan jalan pintas, Anda bisa mengikuti Rating Alpari yang diurutkan sesuai indikator bintang di pojok kanan tabel. Dengan skala 1-5, tanda bintang itu menentukan kualitas Manajer PAMM berdasarkan 3 tahap seleksi, yakni Filter Awal, Efektivitas Akun, dan Pembagian Tempat di Rating Alpari.

Rating Alpari

Di tahap Filter Awal, akun Manajer PAMM diprioritaskan menurut aspek-aspek berikut:

  • Memiliki pendapatan positif.
  • Memiliki Proposal publik (penawaran pada Investor yang berisi kisaran dana investasi dan komisi yang diminta).
  • Berusia lebih dari 3 bulan.
  • Memiliki dana minimal USD3,000/EUR3,000/GLD3,000.


Setelah melalui proses seleksi di atas, akun Manajer PAMM Alpari akan dinilai lagi dari segi Efektivitas Akun yang terdiri dari kriteria-kriteria ini:

  • Pendapatan.
  • Leverage yang digunakan.
  • Faktor pemulihan.
  • Volatilitas.
  • Usia.
  • Drawdown maksimum.
  • Koefisien efektivitas.


Berbagai unsur di atas dihitung dengan standar dan rumus tertentu yang sayangnya tidak dijelaskan lebih rinci oleh Alpari. Untuk Pembagian Tempat di tabel Rating Alpari, prinsipnya adalah:

  • Blok pertama terdiri atas akun-akun Manajer yang lolos filter awal dan diurutkan menurut tingkat efektivitasnya.
  • Blok kedua terdiri dari akun-akun Manajer yang belum lolos filter awal dan hanya diurutkan menurut tingkat efektivitasnya.
 

 

B. Memilih Manajer PAMM Alpari Sendiri

Menggunakan fasilitas Rating Alpari memang bisa lebih efisien, tapi jika Anda memiliki standar sendiri dalam memilih Manajer PAMM Alpari, maka sebaiknya perhatikan 3 langkah berikut:

 

Langkah 1: Pilih Parameter Penting

Sebagai broker pelopor PAMM forex yang telah berpengalaman, Alpari memiliki parameter pengukur kualitas Manajer PAMM yang sangat lengkap. Saking banyaknya, Anda mungkin akan kebingungan untuk memilih mana yang bisa dijadikan sebagai prioritas, dan mana yang bisa dianggap sebagai pendukung saja. Untungnya, Alpari sudah menyediakan panduan singkat di masing-masing parameter, yang bisa dibuka dengan mengklik simbol tanda tanya (?).

Parameter Manajer PAMM Alpari

Meskipun begitu, memilih parameter terpenting masih akan memerlukan waktu, karena masing-masing kriteria sekilas tampak sama pentingnya. Agar proses memilih Manajer PAMM Alpari bisa lebih efektif dan efisien, cukup pusatkan fokus Anda pada 10 parameter berikut:

 

1. Usia Akun

Tak perlu disangsikan lagi, usia akun merupakan parameter pertama yang bisa menentukan pengalaman seorang Manajer PAMM Alpari. Selain itu, semakin tua usia akun Manajer, semakin banyak pula data History Trading yang bisa menunjukkan catatan performa sang Manajer. Ketahanan akun dengan profit konsisten juga menandakan bahwa ketangguhan akun Manajer PAMM Alpari telah teruji.

Rekomendasi umum untuk memilih Manajer PAMM Alpari berdasarkan parameter ini adalah yang usianya minimal 1 tahun. Di atas kisaran tersebut, Anda mungkin bisa mendapatkan akun Manajer PAMM yang lebih teruji lagi, tapi biasanya sudah memiliki Return meyakinkan, dan karena itu seringkali mempersyaratkan kompensasi lebih tinggi.

 

2. Tingkat Pendapatan Dan Drawdown Maksimum

Setua apapun usia suatu akun Manajer PAMM Alpari, ia tak akan menarik jika tidak mampu menghasilkan tingkat keuntungan dengan persentase Profit/Loss yang wajar. Untuk hal ini, Anda bebas menentukan sendiri, berapa tingkat pofitabilitas dan Drawdown Maksimum yang sesuai dengan batas toleransi risiko.

Namun jika masih belum memiliki standar yang sesuai, Anda bisa menggunakan rekomendasi Alpari. Dalam video tutorial di atas, tingkat pendapatan disarankan minimum 40% dalam setahun terakhir, dan Drawdown maksimum sebanyak 40% (All Time). Fluktuasi pendapatan bisa dilihat pada grafik kecil setelah nama Manajer PAMM di tabel Rating. Anda bisa mengklik kolomnya untuk melihat detail grafik pendapatan lebih lanjut.

Tingkat Pendapatan Akun Manajer PAMM Alpari

Selain itu, ada metode pencarian lain yang menentukan standar dengan Rasio Risk Reward. Misalnya jika menggunakan rasio 1:3, maka untuk profit bulanan yang sebesar 5%, Drawdown maksimum selayaknya tidak melebihi 15%. Untuk mengetahui tingkat Drawdown, Anda bisa mengaktifkan opsinya di daftar pengaturan, atau membuka halaman profil Manajer dan melihatnya di bagian Statistik Trading.

 

3. Tingkat Risiko

Tabel pemeringkat Manajer PAMM Alpari juga bisa mengklasifikasikan akun berdasarkan tingkat risiko. Anda tak perlu repot-repot menghitung sendiri berapa tingkat Loss suatu akun Manajer dalam periode tertentu, karena Alpari sudah mengelompokkan semua Manajer ke dalam 2 kategori utama, yakni Konservatif dan Agresif. Untuk melihat mana saja Manajer yang tergabung dalam 2 kelompok tersebut, Anda tinggal memilih tab yang tersedia di atas tabel Rating.

Tingkat Risiko Akun PAMM 1

Konservatif biasanya merujuk pada cara trading yang lebih mengedepankan pengamanan risiko, dengan prospek keuntungan pelan tapi pasti. Sementara itu, Agresif adalah kelompok trader yang lebih berfokus pada keuntungan, baik yang berkonsep kecil tapi sering (Scalping), ataupun yang besar tapi lebih jarang (Swing Trading dengan Volume trading relatif besar). Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pemilihannya benar-benar tergantung pada preferensi Anda sebagai Investor.

Selain di tabel Rating, penanda tingkat risiko Manajer juga bisa dilihat detail-nya di halaman profil. Setelah Anda mengklik nama Manajer di tabel Rating, akan muncul rincian profil untuk Manajer tersebut. Perhatikan bagian Tingkat Risiko di atas grafik Pendapatan.

Tingkat Risiko Akun PAMM 2

Indikatornya adalah ikon Lightning. Jika hanya ada 1-2 ikon, maka gaya Manajer masih termasuk Konservatif. Ikon 3 menandakan Balanced, yang berarti Manajer PAMM bisa menyelaraskan potensi profit dan risiko loss dengan benar-benar seimbang. Sementara itu, 4-5 ikon adalah skala khusus untuk Manajer PAMM yang Agresif.

 

4. Proposal Manajer

Yang dimaksud dengan Proposal adalah penawaran dari Manajer kepada Calon Investor, yang berisi aturan saldo dan besar kompensasi atas jasanya. Sebagai contoh, Manajer A memiliki Proposal yang terdiri atas saldo $50 dan kompensasi 50%. Artinya, Calon Investor yang berniat berinvestasi pada akunnya perlu menyediakan saldo minimal $50, dan untuk setiap posisi profit akan membayarkan komisi sebesar 50% dari keuntungan ke akun Manajer.

Agar aktivitas di akun PAMM berlangsung optimal, sebaiknya pilihlah Proposal Manajer yang besaran saldo dan kompensasinya Anda anggap wajar. Percuma bisa menawarkan pendapatan tinggi jika Anda tak mampu mengejar ketentuan saldo ataupun kompensasinya. Selain itu, ada pula opsi Proposal Multi-level yang lebih fleksibel.

Proposal Manajer

Contoh Proposal Manajer di atas menawarkan variasi saldo antara $50 - $100,000. Di setiap jenjang saldo tertentu, ada perbedaan kompensasi yang ditetapkan. Model Proposal seperti ini bisa memberikan keluwesan investasi pada setiap Calon Investor, dan menandakan keterbukaan sang Manajer untuk menyambut Investor dari kalangan modal kecil sampai besar. Satu hal yang perlu diperhatikan, kompensasi Manajer sewajarnya tidak melebihi 50%.

 

5. Deklarasi

Di halaman profil Manajer PAMM Alpari, ada suatu tab yang berjudul Deklarasi. Link untuk tab ini bisa aktif atau tidak, tergantung dari pengaturan masing-masing Manajer. Pilihan terbaik dalam hal ini adalah Manajer yang mengaktifkan Deklarasinya, karena dengan demikian, performanya lebih terjamin konsisten dan sesuai dengan portofolio akun.

Deklarasi akun manajer pamm alpari

 

6. Faktor Pemulihan

Parameter ini mengukur kemampuan Manajer PAMM untuk memulihkan akun dari Drawdown. Sebagai Investor, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendeteksi ketangguhan Manajer dalam mengatasi loss beruntun.

Jika Faktor Pemulihan masih kurang dari 1, maka itu artinya Manajer PAMM belum mencetak keuntungan yang bisa memulihkan akun dari Drawdown sebelumnya. Semakin besar angka Faktor Pemulihan, maka semakin baik performa Manajer tersebut, karena besar pendapatan yang diperoleh telah melampaui kerugian dari Drawdown sebelumnya.

 

7. Penggunaan Leverage

Setelah mengecek indikator-indikator sebelumnya, parameter berikutnya yang tak kalah penting adalah Penggunaan Leverage. Grafik yang bisa Anda temukan di tab Trading pada halaman profil Manajer PAMM ini bisa mengukur tingkat risiko trading yang sebenarnya, karena menunjukkan rasio nilai dari posisi-posisi yang dibuka terhadap tingkat ekuitas akun. Semakin besar nilai Penggunaan Leverage, maka semakin tinggi pula risiko suatu akun Manajer PAMM Alpari.

Penggunaan Leverage Manajer PAMM Alpari

Menurut skala pengukuran yang ditetapkan Alpari, angka 1-15 menandakan Manajer Konservatif, 15-40 melambangkan Manajer dengan tingkat risiko netral, sedangkan di atas 40 mengindikasikan Manajer Agresif.

 

8. Arsip Akun Manajer

Semakin kredibel seorang Manajer, biasanya semakin banyak pula pengalamannya bergelut di dunia PAMM. Karena itu, tak heran bila Manajer PAMM Alpari yang patut diperhitungkan seringkali memiliki lebih dari satu akun. Rekam jejak dan performa Manajer PAMM di akun-akun sebelumnya bisa dilihat di menu "Manajer Akun PAMM Lain" dan "Akun yang diarsipkan". Keduanya terdapat di bagian bawah tab Trading, yang dibuka dari halaman profil Manajer PAMM.

Arsip Akun Manajer PAMM Alpari

Contoh di atas adalah akun PAMM lain yang masih aktif dari Manajer bernama Asmodeux. Anda bisa langsung melihat bagaimana peringkat, Rating, Usia, dan grafik Pendapatan dari tiap-tiap akun PAMM Asmodeux di tabel tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengklik link "Akun yang Diarsipkan" untuk melihat catatan performa akun Manajer PAMM lama yang sudah dilikuidasi.

 

9. Ekuitas

Selanjutnya, ada grafik Ekuitas yang bisa dibuka di tab Investasi pada halaman profil Manajer PAMM. Indikator ini menunjukkan perubahan harian pada ekuitas akun PAMM, sebelum permintaan atas deposit dan withdrawal dana dari akun diproses. Anda bisa melihat bagaimana dinamikanya dalam berbagai periode, baik secara keseluruhan, tahunan, setiap 6 bulan, setiap 3 bulan, maupun setiap 1 bulan.

Ekuitas Manajer PAMM Alpari

 

10. Mata Uang Akun

Karena PAMM Alpari telah menjadi layanan global yang diikuti oleh ribuan Manajer dan Investor dari berbagai negara, maka ada lebih dari satu jenis mata uang akun yang bisa dipilih untuk digunakan. Sebagai Calon Investor, Anda perlu menyesuaikan mata uang akun dengan jenis yang digunakan Manajer, apakah itu USD, RUR, EUR, GBP, dsb.

Adanya perbedaan mata uang akun bisa menyebabkan selisih jumlah saldo ataupun kompensasi dari yang disebutkan di Proposal Manajer, karena mata uang perlu dikonversi dulu dengan nilai kurs yang senantiasa berubah. Dengan demikian, akan jauh lebih mudah apabila mata uang akun Investor bisa disamakan dengan Manajer.

 

Langkah 2: Terapkan Filter Di Tabel Peringkat Akun PAMM

Dengan memperhitungkan 10 parameter di atas, Anda bisa menerapkan filter di tabel Rating terlebih dulu. Parameter yang bisa digunakan di sini adalah Usia Akun, Pendapatan, Drawdown maksimum, Kompensasi, Faktor Pemulihan, Ekuitas, dan Mata Uang Akun. Berikut adalah komponen-komponen yang perlu dicentang dalam pengaturan filter di tabel Rating.

Menerapkan filter

 

Kemudian, Anda bisa scroll ke samping untuk melihat semua rincian parameter dari masing-masing akun.

Menerapkan filter 2

Setelah mendapatkan akun Manajer PAMM pilihan Anda, buka halaman profil dengan mengklik namanya. Selanjutnya, perhatikan tab Trading untuk melihat Penggunaan Leverage dan Arsip Akun Manajernya. Jangan lupa untuk mengklik Deklarasi untuk melihat statusnya.

 

Langkah 3: Tambah Portofolio

Jika sudah menemukan Manajer PAMM Alpari yang cocok dengan semua kriteria Anda, investasi bisa dimulai dengan mengklik tombol "Tambahkan ke portofolio". Letaknya ada di bagian kanan atas halaman profil Manajer.

Tambah Portofolio 1

 

Setelah mengetahui cara efektif memilih Manajer PAMM Alpari di atas, Anda bisa memilih metode paling ideal, apakah menggunakan Rating Alpari atau melakukan filter sendiri. Apapun itu, yang jelas Anda perlu mendaftar dulu sebagai Investor PAMM agar bisa menambahkan portofolio Manajer favorit. Jadi bagi Anda yang belum menjadi Investor PAMM Alpari, silahkan registrasi dulu di sini:

Daftar Investor PAMM Alpari di sini

 

Tertarik daftar di PAMM Alpari tapi masih ingin menggali informasi lebih banyak dari dukungan kliennya langsung? Jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan Anda di forum testimoni Alpari.

Penulis yang secara khusus mengulas broker-broker forex, menyoroti spesifikasi trading dan layanan yang bisa didapatkan dari broker forex. Selain itu, Mina suka mengungkap promosi menarik dari broker dan IB yang sedang berlangsung dan bisa dimanfaatkan trader Indonesia.