OctaFx

iklan

Cara Gadai Emas Di Bank Syariah

119639

Sebelum memutuskan untuk menggadaikan emas ke bank syariah, sebaiknya perhatikan langkah-langkah gadai emas di bank syariah berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Saat ini kita dapat memilih beberapa tempat untuk gadai emas. Di antaranya adalah pegadaian, bank-bank syariah dan perusahaan swasta. Dalam artikel ini kita akan membahas gadai emas di Bank Syariah. Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya mereka memiliki konsep dasar yang sama. Prosedurnya cukup mudah untuk menggadaikan emas anda di bank.

gadai emas

 

Langkah-Langkah Gadai Emas

Anda tinggal membawa emas (boleh dalam bentuk perhiasan atau emas batangan) Anda ke Bank Syariah yang menyediakan jasa gadai Emas Syariah. Kemudian emas Anda akan ditaksir oleh juru taksir atau petugas bank tersebut. Biasanya maksimal pinjaman yang dicairkan sebanyakan 70 – 90% dari nilai taksiran harga emas Anda.

Setelah menentukan nominal pinjaman, kita akan diberikan informasi perihal lama peminjaman. Pada umumnya peminjaman selalu dibawah 1 tahun, dan memiliki standar 4 bulan. Namun, terkadang ada bank yang mampu menyediakan kontrak yang lebih pendek yakni 1 bulan. Tergantung dari ketentuan bank penyedia jasa.

Tidak peduli lama kontrak, biasanya bank memberikan kemudahan dalam memperpanjang masa kontrak ketika jatuh tempo. Anda akan diminta mengisi formulir-formulir yang disediakan dan membayar biaya administrasi. Biaya ini biasa dibayar sekali di awal pengajuan pinjaman. Jika syarat-syarat telah terpenuhi semua, Anda dapat langsung membawa uang pinjaman yang cair saat itu juga.

Pegadaian seperti namanya sudah pasti mau terima gadai. Mereka bisa terima gadai apa saja mulai dari sprei, sarung, korden, HP, TV, radio, emas bahkan sampai kendaraan bermotor. Tetapi untuk gadai emas Pegadaian bukan pilihan terbaik karena mereka menghitung "bunganya" selama 15 hari dan jika tidak ditebus maka bunganya akan selalu bertambah. 

 

Bank-Bank Penyedia Jasa Gadai Emas 

Untuk pilihan bank syariah sangat banyak, tetapi tulisan di bawah ini akan dipersempit ke tiga bank saja. Hal ini berdasarkan pengalaman dari orang pernah melakukan penggadaian.

  • Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri (BSM) pada tahun lalu sanggup memberikan uang gadai sebesar 90% dari nilai barang dan ijarohnya kalau tidak salah sebesar 1.2%/bulan.

  • BNI Syariah

Bank kedua adalah BNI Syariah. BNIS ini waktu itu juga cukup bagus, bisa memberi 90% dari nilai emas tetapi pada bulan Februari lalu BNIS hanya memberi taksiran sebesar 80% dari nilai emas.

  • BJB Syariah

Bank yang lainnya adalah Bank Jabar Banten Syariah. BJBS ini bisa memberikan opsi yang bagus. BJBS memberi nilai taksiran sebesar 90%, biaya administrasi ringan dan tidak ada biaya tambahan lain lagi. Keuntungan lain gadai emas syariah di BJBS ini adalah kalau menggadaikan emas dalam beberapa sertifikat dan jika ingin di perpanjang maka cukup hanya bayar biaya adminstrasi saja.

Selain gadai emas di bank syariah, saat ini ada opsi lain yang lebih mudah dan cepat, yaitu investasi emas pegadaian; membeli emasnya bisa dicicil, dan ketika butuh uang bisa langsung digadaikan untuk kemudian lanjut cicil lagi di kemudian hari ketika keuangan lancar.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.

23 Oktober 2019 15:09

1,492.54 ( 0.33%)

Support : 1,483.27
Pivot : 1,485.90
Resistance : 1,490.26

Hold 50% Buy 100% Buy

40% Buy
Selengkapnya

Choirul Anam
menurut orang orang mana yg lebih ,enak dan cocok untk kita
Seputarforex
itu tergantung selera masing-masing, Pak. Apalagi, kantor cabang bank-nya yang melayani gadai emas belum tentu ada di wilayah setempat. Coba Bapak kunjungi saja apabila ada kantor terdekat, untuk mengetahui kejelasannya :)