Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Dimanakah tempat atau cara paling aman untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah? Artikel ini mengulas semuanya untuk Anda yang ingin investasi Bitcoin.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Lagi-lagi Bitcoin menjadi pembahasan utama kali ini, bahkan seperti tidak ada habisnya jika kita membahas "Bintang" di dalam dunia mata uang kripto saat ini. Kemarin (26/11) Bitcoin baru saja membukukan titik tertinggi sepanjang masa-nya di atas level harga $9,000, atau lebih dari Rp121 juta per BTC.

Padahal di awal tahun 2017, harga Bitcoin hanya berkisar di angka $890 per BTC atau sekitar Rp12 juta-an per BTC. Artinya, Bitcoin sudah membukukan pertumbuhan senilai lebih dari 1,000% atau 10 kali lipat hanya dalam kurun waktu 11 bulan saja. Bahkan, beberapa prediksi para pakar keuangan dunia seperti Ronnie Moas, mengatakan bahwa Bitcoin akan mampu mencapai harga $14,000 per BTC pada pertengahan tahun 2018 nanti.
Pertumbuhan yang fantastis tersebut membuat para penambang, investor, pedagang, bahkan spekulator seakan-akan terhipnotis untuk terus berada dalam dunia Bitcoin, yang selalu menawarkan keuntungan secara cepat tiap harinya. Tidak heran jika sekarang banyak orang dapat menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan hanya dari bisnis investasi Bitcoin.

Nah, yang jadi masalah sekarang adalah jika pemula ingin ikut di dalam dunia investasi ataupun perdagangan Bitcoin, kadang mereka masih bingung dimanakah tempat atau cara yang paling aman untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah? Karena pada dasarnya, inti dari Investasi Bitcoin adalah membeli Bitcoin pada saat harga murah, kemudian menjualnya kembali ketika harga sudah menjadi lebih mahal.

Membeli Bitcoin - ilustrasi

 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas contoh situs atau tempat penyedia layanan Jual Beli Bitcoin terbesar dan terpercaya di Indonesia serta step-by-step untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tentang keamanan dana yang Anda miliki. Karena wajar saja jika rasa khawatir datang, mengingat bahwa harga 1 keping Bitcoin saat ini sudah lebih dari 100 juta Rupiah, lebih mahal daripada 1 Ons Emas yang hanya berkisar di harga Rp15 Juta-Rp19 Juta.

 

Contoh Situs Jual Beli Bitcoin dan Step-by-step Transaksinya

Situs Bitcoin Exchange (Jual Beli Bitcoin) yang akan jadi contoh adalah Bitcoin.co.id. Situs ini merupakan penyedia jasa Jual Beli Bitcoin yang paling tua, terpercaya, dan terbaik di Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Jadi, kredibilitas yang dimiliki Bitcoin.co.id tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan sampai saat ini sudah lebih dari 600 ribu pelanggan yang memakai jasa Bitcoin.co.id untuk keperluan transaksi Bitcoinnya.

Beli - Jual Bitcoin


Step-by-step yang harus dilakukan untuk mendapatkan akses di Bitcoin.co.id adalah dengan mendaftarkan diri sebagai membernya. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi dialog "Alamat Email" dan "Nomor HP" kemudian klik dialog "Register Akun". Ikuti beberapa langkah yang harus dilakukan, sampai pada verifikasi email.

Setelah anda terdaftar, silahkan persiapkan Scan KTP Asli, sebagai sarana untuk verifikasi ID Anda. Karena pada situs Bitcoin.co.id menerapkan keamanan yang terjaga antara kedua belah pihak, jadi verifikasi data diri harus dilakukan.

Verifikasi Akun Bitcoin Co Id

Jadi silahkan login terlebih dahulu, kemudian pilih dialog Verifikasi Akun, isi semua detail data diri dengan benar dan upload Scan ID Anda. Biasanya Verifikasi Akun akan memakan waktu kurang lebih 1-3 hari. Setelah akun terverifikasi, Anda bisa mulai melakukan transaksi membeli maupun menukar Bitcoin ke Rupiah dari Dashboard member Anda.

Untuk melakukan transaksi Beli Bitcoin, Anda bisa masuk pada Form-nya dengan klik "Beli/Jual Bitcoin Instant".

Beli Bitcoin
Isi berapa Rupiah yang akan di depositkan, kemudian klik "Lanjutkan". Ikuti step-by-step yang ditunjukkan oleh dialog selanjutnya, termasuk kemana transfer bank harus dilakukan.

Sedangkan jika kita ingin menukar Bitcoin ke Rupiah (Jual Bitcoin), kita bisa mengisi Form Jual Bitcoin yang tersedia.

Jual Bitcoin Silahkan isi berapa jumlah Bitcoin yang akan dijual atau ditukarkan ke Rupiah, kemudian klik lanjutkan, dan ikuti step-by-step yang diberikan, termasuk transfer ke Wallet bitcoin.co.id.

Jika Anda ingin menjual Bitcoin dari Wallet yang lain (bukan wallet internal Bitcoin.co.id) misalnya Blockchain.info atau Coinbase.com, maka Anda bisa masuk pada dialog Terima Bitcoin, kemudian buat Address Wallet Bitcoin.co.id.

Buat Address Wallet Bitcoin

Selanjutnya, silahkan transfer jumlah Bitcoin dari Wallet Eksternal ke Wallet Internal Bitcoin.co.id. lalu silahkan lakukan prosedur Jual Bitcoin sebelumnya.

Hampir seluruh Bank telah di-support oleh Bitcoin.co.id, terutama perbankan besar seperti BCA, BNI, BRI, MANDIRI dll. Kelebihan lain yang dimiliki Bitcoin.co.id adalah jam kerja non-stop 24/7, dan proses transaksi hanya dalam hitungan menit.

Selain Bitcoin.co.id, beberapa situs yang dapat digunakan sebagai tempat Jual Beli Bitcoin yang terpercaya dengan proses transaksi serta memiliki kelebihan yang hampir sama adalah : Triv.co.id dan Coins.id. Kemudian ada beberapa situs eksternal murni Exchanger tanpa menyediakan jasa Wallet Bitcoin, seperti Ayoungchanger.com dan xp.sindonesia.net. Meskipun tidak menyediakan Wallet Bitcoin didalam platform website mereka, namun penyedia layanan seperti ini masih sangat terpercaya. Situs seperti ini bisa dijadikan sebagai alternatif jika kita tidak menginginkan verifikasi data diri, sehingga identitas kita diketahui oleh orang lain.

 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita pada saat ingin melakukan transaksi membeli maupun menukar Bitcoin ke Rupiah, diantaranya :

 

  • Kredibilitas Penyedia Jasa.

Hal ini merupakan faktor paling utama yang harus menjadi perhatian pada saat memilih jasa pembelian dan penukaran Bitcoin ke Rupiah. Karena bisa saja setelah kita melakukan transfer Bitcoin kepada wallet penyedia jasa, mereka akan menipu kita dengan berbagai alasan klasik. Apalagi, jika penyedia layanan tidak mencantumkan alamatnya, maka bisa saja terjadi penipuan, karena wallet Bitcoin berbasis blockchain bersifat anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi). Untuk masalah kredibilitas penyedia jasa layanan jual beli Bitcoin, kita bisa mencari referensinya pada forum-forum bitcoin di Indonesia.

 

  • Nilai Tukar.

Anda harus memastikan kembali nilai tukar yang sebenarnya untuk transaksi Anda, karena bisa saja nilai yang Anda dapatkan pada saat membeli maupun menukarkan Bitcoin ke Rupiah akan berbeda jauh. Secara otomatis hal tersebut akan memberikan kerugian bagi Anda. Namun, jangan percaya juga dengan nilai tukar yang terlalu tinggi, karena bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk menipu. Sebaiknya di cek dahulu di website-website penyedia pergerakan harga Bitcoin secara live seperti pada Tradingview.com.

 

  • Layanan Transaksi.

Untuk layanan transaksi, hal yang harus diperhatikan adalah, jam layanan transaksi. Sebagai contoh Bitcoin.co.id memiliki waktu transaksi 24/7 non-stop, artinya tidak ada jam atau hari libur untuk pelayanan transaksinya. Seharusnya situs-situs yang memiliki jam layanan seperti Bitcoin.co.id yang harus dipilih sebagai media transaksi Bitcoin kita. Situs lain yang memiliki jam kerja non-stop adalah: Triv.co.id.

 

  • Kecepatan Proses Transaksi.

Semakin cepat transaksi diproses, berarti semakin serius pelayanan yang diberikan. Jika ada delay yang terlalu lama tanpa konfirmasi, Exchanger seperti itu harus diwaspadai karena bisa jadi ke depannya penipuan akan terjadi.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.