Cara Memperbaiki Manajemen Emosional

127121

Terkadang, emosi akan menguasai Anda dan tidak dapat menerima realita sehingga melupakan teori trading. Pelajari bagaimana cara mengontrol emosi Anda sebelum bertrading.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Kita semua tidak suka jika mengalami kekalahan. Entah itu gagal dalam melaksanakan tugas ataupun kalah dalam bertransaksi di forex. Akan tetapi, meski banyak trader yang kehilangan uang akibat rugi dalam ber-trading, mereka tidak lantas mengeluh dan berputus asa. Justru karena merugi, secara tidak langsung mereka telah belajar aturan yang paling penting dalam trading di forex, yaitu: kerugian adalah biaya melakukan usaha. Dengan adanya kekalahan ini mereka memiliki manajemen emosional yang tinggi dibanding rata-rata trader lainnya.

Cara Memperbaiki Manajemen
Ungkapan tersebut sebenarnya lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, karena emosi selalu menolak realitas yang ada. Bahkan terkadang melupakan teori serta melanggar aturan trading plan. Di sini Anda memiliki beberapa langkah mudah untuk membantu menjinakkan emosi Anda sedikit demi sedikit. Berikut beberapa caranya:

- Pahami bahwa apa yang Anda lihat bukanlah apa yang Anda dapatkan. Mungkin hal ini bertentangan dengan apa yang telah diajarkan pada Anda selama ini. Tetapi bagaimana Anda bersikap hanyalah dampak dari pendidikan bertahun-tahun, serta interaksi dengan orang lain. Bukan berasal dari sikap atau sosok Anda yang sebenarnya. Anda adalah produk pendidikan di masa lalu, yang tidak selalu bersifat positif.

- Jangan pernah melupakan gambaran umum. Itu adalah tujuan utama Anda. Untuk menjadi seorang trader forex profesional, tujuan utama dari trading adalah perlindungan modal. Maka, buatlah jurnal trading dan belajar dari kesalahan Anda.

- Perhatikan keputusan sehari-hari dari keputusan emosional Anda, jika ingin mendapatkan gambaran yang cukup akurat dari trading. Anda akan hampir selalu mengulangi semua perilaku emosional dalam kehidupan Anda, kemudian menerapkannya dalam bagaimana cara Anda bertrading baik dari menganalisis sampai cara bertransaksi.

Nah, sekarang coba duduk dan renungkan kembali apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Pasti ada gambaran yang muncul dengan lebih jelas. Gambaran renungan tersebut akan membantu Anda memperkirakan rintangan di sepanjang karir trading ke depan. Dari sinilah Anda bisa merasakan perubahan diri sendiri. Apakah Anda memiliki suasana hati yang tiba-tiba berubah secara drastis? Atau apakah sering berubah pikiran? Apakah Anda mampu menjaga komitmen? Apakah Anda akan marah dengan mudah? Dan lain-lain.

Ciri-ciri tersebut tidak akan berubah hanya karena Anda memulai trading. Dengan merenung dan melihat gambaran perjalanan hidup secara jelas, Anda bisa memutuskan untuk memperbaiki atau mempertahankan emosi, yang bisa sangat berpengaruh pada keputusan trading Anda di masa depan.


Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.


Hey Roni
Menurut gw pribadi biaya melakukan usaha (trading) itu ya yang kita depositin di broker, sedangkan rugi itu biaya belajarnya, itupun kalo trader nganggap loss sebagai proses belajar lo ya, nggak tau lagi kalo sama yang nargetin setiap trading harus profit. Soalnya emang cara pandang orang sama rugi itu relatif beda2 sih, yg jelas cara penanganan trhdp rugi itu bisa jd salah satu poin penting yg nunjang keberhasilan usaha.
Putra Basori
poin utama disini itu renungkan kembali dan instropeksi diri,.. yg ingin ane dapetin dsini sebenernya cara utk menganggap loss sbg hal positif, tp yang masuk di logika ane cuman poin pertama aja, itupun maksudnya apa yg dilihat tdk sesuai sama apa yg didapatkan maksudnya masih agak rancu.
Siadam
Kalau tujuan utama trading itu perlindungan modal, gimana kita bisa mulai dapetin profit? Secara trading kita sifatnya defensif terus, kalau gag mulai attack apa nanti profit bisa dateng dateng sendiri? Sama prinsip pemikiran yang "udah gag loss aja udah untung", gimana tradingnya kita mau maju dan dapetin banyak profit? Melindungi modal sih boleh, tapi kan bisa lebih baik kalau itu dibarengi sama target untuk profit juga?
Adit Raditya
dalam trading memang banyak usaha yang diarahkan untuk menggaet profit, namun tujuan utamanya tetap harus disertai dengan langkah perlindungan yang memadai. seperti yang anda katakan bahwa dalam trading kita juga harus menyerang, tapi jangan sampai juga kita memiliki sistem pertahanan yang lemah karena akun kita akan hancur seketika jika kondisi sedang tidak menguntungkan. mungkin yang benar disini adalah meraih profit dengan sistem perlindungan modal yang memadai.

pada tulisan-tulisan tentang manajemen resiko dan rencana trading memang cara melindungi modal akan lebih diperhatikan dan mendapatkan porsi prioritas yang lebih besar dari cara meraup profit itu sendiri. mungkin saat ini anda kurang mengerti dengan konsep seperti itu, tapi jika anda sudah lama bertrading nantinya anda akan paham mengapa ini perlu ditekankan.

pada akhirnya cara paling aman adalah untuk tidak fokus pada profitnya, melainkan pada resikonya. pertahankan target sesuai rasio laba rugi yang diinginkan dan direncanakan, maka kita tetap akan bisa melindungi modal sambil meraih profit yang diinginkan.
Bandotfx
Attack. Apanya yang mau di attack ? Bukannya trading itu harusnya follow the market trend.
Melindungi modal itu langkah utama, Selama belum mampu melindungi modal, Dari mana bisa dapat profit? Trading itu perlu waktu yang tepat, bukan seperti senapan angin, yang harus open posisi tiap hari/jam/menit.. alias overtrade. Lebih baik tradingnya sedikit tapi berkualitas, dari pada overtrade tapi banyak loss-nya.. atau cuma ingin mengincar rebates...
Rwanda Cs
msh bingung sm yg ke3. stlh prhtkn, trus apa? iya sih, emg lngkh mnydrkn diri itu bs jd thp yg susah krn kbnykn org cndrng mls liat kesalahanx sendiri. tp msk iya cm perlu prhtkn aja? adakah tips2 kusus yg bs dilakuin bwt memperbaiki kslhn tndkn krn emosi yg krg baik itu?