Advertisement

iklan

Cara Mempercepat Transaksi Bitcoin Yang Tertunda

Transaksi Bitcoin yang tertunda dan memakan waktu lama bisa meningkatkan biaya transaksi. Berikut adalah 7 penyedia layanan akselerator transaksi bitcoin.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sejak akhir 2016, jumlah transaksi Bitcoin yang lambat dikonfirmasi telah meningkat. Untuk menghindari efek buruk dari lambatnya transaksi Bitcoin, ada beberapa situs yang menawarkan fasilitas akselerasi transaksi Bitcoin, sehingga prioritas pencatatan dalam Blockchain Bitcoin menjadi lebih tinggi. Beberapa situs di bawah ini mungkin bersifat gratis, tapi ada beberapa yang menawarkan fitur berbayar untuk akselerasi proses transaksi yang lebih maksimal.

 

1. ViaBTC

ViaBTC menawarkan maksimum 100 transaksi per jam untuk transaksi yang saat ini tertunda, sehingga pengguna masih mungkin mendapatkan proses transaksi yang lebih cepat. Pengguna dapat mengirimkan transaksi apapun yang mencakup minimal 0,0001BTC/KB. ViaBTC akan memprioritaskan transaksi ini untuk dimasukkan dalam blok berikutnya bila memungkinkan.

Mempercepat Transaksi Bitcoin dengan ViaBTC

ViaBTC pada dasarnya adalah layanan gratis untuk para anggota komunitas Bitcoin. Ada fitur berbayar yang bisa digunakan jika memang transaksi perlu diproses dalam waktu yang lebih singkat, seperti transaksi pada saat keadaan darurat, ataupun transaksi yang dilakukan oleh Developer. Untuk memulai menggunakan ViaBTC, Anda hanya perlu memiliki TXID (nomor transaksi Bitcoin) yang bisa diperoleh di blockchain[dot]info.

 

2. BtcStrike

Bekerja sama dengan kolam penambangan Bitcoin utama, BtcStrike menyediakan layanan akselerator transaksi gratis dan berbayar untuk Bitcoin (BCH) serta Bitcoin Cash (BCH). Karena transaksi Bitcoin sering macet dan biaya transaksi sering mengalami kenaikan tidak terduga, beberapa transaksi tidak dapat dikonfirmasi dalam waktu singkat. Sebelum mengirim transaksi, pengguna disarankan untuk memeriksa tarif terbaik saat ini, dan menetapkan biaya transaksi yang sesuai untuk menikmati konfirmasi jaringan Bitcoin yang normal.

Btcstrike

Situs ini menyediakan beberapa pilihan prioritas untuk akselerasi transaksi dengan jaminan uang kembali:

  • Low Priority: transaksi maksimal di proses dalam 12 jam.
  • Normal Priority: transaksi maksimal di proses dalam 10 jam.
  • Highest Priority: transaksi maksimal di proses dalam 8 jam.
  • Fast Priority: transaksi maksimal di proses dalam 4 jam.
  • Instant Priority: transaksi maksimal di proses dalam 2 jam.
  • Free: tidak ada jaminan transaksi akan mendapatkan akselerasi.

 

3. BtcTxAccelerator

BTCTX Accelerator adalah layanan akselerasi transaksi Bitcoin yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan konfirmasi cepat berbiaya rendah dari transaksi Bitcoin yang belum dikonfirmasi. Biaya akselerator transaksi Bitcoin yang dipatok BtcTxAccelerator cukup ekonomis dan langsung ditransfer ke Pool terkait. Mereka juga menyediakan layanan Bitcoin Transaction Accelerator gratis untuk mempercepat transaksi Bitcoin Anda yang belum dikonfirmasi, meskipun tidak ada jaminan untuk fitur ini.

BTCTxAccelerator

BtcTxAccelerator menggunakan API otomatis untuk mendorong transaksi Bitcoin yang belum dikonfirmasi, dengan memberikan biaya transaksi lebih kepada kolam penambangan. Selain itu, mereka juga memberikan kebijakan pengembalian 100% jika transaksi tidak dikonfirmasi sesuai dengan waktu layanan akselerator yang dijanjikan.

 

4. CoinTux

CoinTux adalah akselerator transaksi Bitcoin gratis yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan konfirmasi lebih cepat pada suatu transaksi, dengan jumlah kurang dari 0.006 BTC. Sementara itu, transaksi dengan jumlah lebih besar dari 0.006 BTC akan diproses dengan biaya tertentu.

CoinTux mendorong transaksi Anda ke beberapa kolam penambangan yang bekerjasama dengan mereka. Selain itu, ada penawaran fleksibilitas pembayaran, sehingga jika Anda memang hanya memiliki setidaknya $0.01 untuk biaya akselerasi, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan konfirmasi transaksi yang lebih cepat.

Semua transaksi akan dikonfirmasikan dalam waktu kurang dari 12 jam. Namun dalam banyak kasus, transaksi baru dikonfirmasikan dalam waktu lebih dari 12 jam, tergantung berapa biaya tambahan yang bisa ditanggung oleh pengguna. CoinTux tidak menawarkan pengembalian uang dan semua penjualan bersifat final. Jika transaksi Anda tidak dikonfirmasi dalam 72 jam, mereka hanya akan mengkredit akun Anda dengan akselerasi gratis di masa mendatang.

Jika transaksi Anda memiliki kurang dari $0.01 biaya tambahan, transaksi dapat diproses hingga 72 jam. Sementara biaya di atas $0.50 akan dikonfirmasikan dalam waktu 48 jam, meskipun tidak ada garansi pengembalian uang untuk itu. Pastikan juga transaksi Anda tidak memiliki Input yang tidak dikonfirmasi.

 

5. PushTX.Btc.com

PushTX.Btc.com telah bekerjasama dengan kolam penambangan utama untuk menawarkan layanan akselerasi transaksi Bitcoin. Sayangnya, biaya yang ditawarkan cukup mahal, yakni sekitar $5-$10. Pengguna dapat mengakselerasi transaksinya antara 75% hingga 98%. Sementara untuk akselerasi langsung (instant payment) di blok berikutnya (10 menit), pengguna dapat membayar minimal $16.

Fitur yang paling menarik dari PushTx.Btc.com adalah adanya pengembalian dana secara total jika transaksi belum di konfirmasi hingga 12 jam. Kebijakan ini tidak berlaku untuk akselerasi ganda, atau untuk transaksi yang telah dihapus. Selain itu, penggunaan akselerator ini cukup mudah. Anda hanya perlu mencantumkan TXID Bitcoin Anda, kemudian estimasi biaya akselerasi akan diberikan dalam bentuk mata uang kripto lain ataupun fiat. Jika Anda masih bingung atau memiliki pertanyaan seputar akselerator ini, tim Customer Service mereka akan selalu tersedia 24 jam melalui fitur Chat Online yang disediakan di halaman muka.

 

6. Bitcoin Afterburner

Bitcoin Afterburner adalah aplikasi Android yang diciptakan oleh perusahaan penyedia Dompet Sumourai. Ini adalah fitur utilitas Dompet open-source yang memungkinkan percepatan transaksi macet secepat mungkin. Penggunaannya sangat mudah karena kita hanya perlu mengimpor Dompet Bitcoin yang sudah dimiliki, kemudian mulai meninjau transaksi yang belum dikonfirmasi.

Bitcoin Afterburner

Afterburner menyediakan fitur dua arah yang memungkinkan akselerasi transaksi dari kedua belah pihak (pengirim dan penerima). Setelah mendapatkan detail transaksi yang macet, Anda bisa memilih menu akselerasi, tinjau dan terima biaya baru, kemudian transaksi akan diproses dalam beberapa blok berikutnya. Bitcoin Afterburner menetapkan biaya sekitar $5.99 + biaya CPFP (Childs Pay For Parents) untuk setiap transaksi yang ingin diakselerasi. Aplikasi ini kompatibel dengan seluruh perangkat Android, dan dukungan untuk seluruh Dompet Bitcoin yang memiliki standar BIP 44 serta BIP 39.

 

7. ConfirmTX

ConfirmTX memiliki fitur unggulan, yaitu jika ukuran transaksi yang Anda lakukan kurang dari 250 byte, maka akselerasi bisa dilakukan tanpa biaya apapun melalui SlushPool, salah satu kolam penambangan terbesar di dunia. Sedangkan untuk transaksi dengan ukuran lebih dari 250 byte, pengguna akan dikenakan biaya sekitar $5 per akselerasi.

ConfirmTX

Transaksi akan diproses dalam waktu 2-72 jam, tergantung seberapa besar biaya yang Anda gunakan untuk akselerasi tersebut. Sayangnya, ConfirmTX bersifat seperti CoinTux sehingga tidak ada jaminan pengembalian dana jika akselerasi gagal dilakukan.

 

Tahukah Anda? Selain masalah kecepatan, transaksi Bitcoin juga dihantui oleh masalah skalabilitas yang berkaitan dengan tingginya biaya. Untuk memahami lebih dalam perkara tersebut, silakan berkunjung ke artikel Masalah Skalabilitas Bitcoin.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.