Advertisement

iklan

Cara Mudah Membuat Paper Wallet Ethereum

Paper Wallet merupakan salah satu bentuk Dompet Kripto yang paling aman. Bagi Anda para pemilik Ethereum, inilah cara mudah membuat Paper Wallet untuk Ethereum.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Ethereum merupakan alah satu kripto yang memiliki banyak potensi. Sayangnya, tidak ada tempat penyimpanan kripto yang 100% aman dari risiko kehilangan. Akan tetapi, Anda bisa mengurangi risikonya dengan mendiversifikasi metode penyimpanan Anda. Selain melalui Dompet di bursa, ada cara lain untuk menyimpan kripto (khususnya Ethereum) yang lebih aman, yakni di Paper Wallet (Dompet Kertas).

Paper Wallet Ethereum

 

Apa Itu Paper Wallet Ethereum?

Sama seperti namanya, Paper Wallet merupakan suatu tempat penyimpanan kripto Ethereum yang memiliki bentuk fisik kertas. Karena wujudnya, jenis Dompet ini bisa digolongkan ke dalam Cold Wallet yang secara umum jauh lebih aman ketimbang Hot Wallet.

Ketika Anda membuat suatu Paper Wallet, Anda menggunakan perangkat lunak untuk melakukan dua hal berikut:

  1. Buat kunci pribadi, yang pada dasarnya adalah kata sandi untuk Dompet Anda. Kata sandi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan dana dari Paper Wallet Anda.
  2. Hasilkan kunci publik, yang merupakan alamat publik di Blockchain Ethereum. Anda akan memberikan ini kepada pengguna lain untuk mengirim Ether. Alamat ini bisa diibaratkan seperti alamat tempat seseorang mengirim surat.

 

Apa Saja Keunggulan Paper Wallet Ethereum?

Metode penyimpanan ini lebih dikhususkan untuk investor jangka panjang, bukan trader jangka pendek. Berikut ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan Paper Wallet untuk menyimpan token Ether Anda.

  • Tidak Dapat Diretas
    Karena Paper Wallet tidak terhubung ke internet, tidak mungkin seseorang dapat meretasnya.
  • Memisahkan Token ERC20
    Jika Anda ingin memisahkan token ERC20 dari kepemilikan Ether, maka Paper Wallet adalah cara termudah untuk melakukannya. Ada lapisan perlindungan tambahan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengirim token ke Paper Wallet. Tetapi untuk mentransfer token dari Dompet, diperlukan sejumlah kecil Ether untuk membayar transaksinya.
  • Diversifikasi Penyimpanan
    Menyimpan semua Ether Anda di satu tempat adalah ide yang buruk. Jadi, jika Anda dapat menyimpannya secara terpisah, maka Anda dapat mengurangi risiko kehilangan seluruh dana jika peretasan atau pencurian terjadi di suatu metode penyimpanan.
  • Kontrol Penuh Atas Kunci Pribadi
    Tidak ada seorang pun di jaringan internet yang akan tahu kunci pribadi untuk akses Dompet Ethereum Anda, kecuali Anda memberitahukannya. Selain itu, ada manfaat lain terkait Airdrop kripto. Airdrop mengharuskan seseorang memiliki kunci pribadi sendiri. Jika Anda menggunakan Dompet bursa, kunci pribadi dimiliki oleh bursa sehingga Anda tidak bisa mendapatkan Airdrop.
  • Anda Tidak Harus Memindahkan Sejumlah Besar Uang
    Jika Anda hanya menggunakan satu solusi Cold Wallet dan harus menggantinya, akan muncul berbagai risiko jika Anda memindahkan semua uang itu sekaligus. Salah satunya adalah apabila Anda melakukan kesalahan, bisa saja seluruh dana di dompet akan hilang seketika. Nah, manfaat Paper Wallet yang tidak dimiliki bentuk Cold Wallet lain adalah Anda tidak harus menyimpan semua uang dalam satu Dompet.
  • Lebih Mudah Digunakan
    Jika Anda tidak suka berurusan dengan banyak pengaturan perangkat dan akun online. maka Paper Wallet bisa lebih mudah digunakan.
  • Murah
    Setelah Anda memiliki alat dasar, Paper Wallet sangat murah untuk dibuat. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan $100 hanya untuk membeli perangkat Cold Wallet seperti Trezor atau Ledger. Cukup nyalakan printer Anda dan cetak lebih banyak Paper Wallet dengan cepat, mudah, dan murah.
  • Transfer Mudah Secara Langsung
    Cukup scan QR Code yang berisikan alamat publik atau pribadi Anda untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat.

 

Kekurangan Paper Wallet

Meskipun Paper Wallet adalah cara termurah dan teraman untuk menyimpan mata uang kripto, tentu saja ada risiko yang terlibat dengan metode penyimpanan ini.

Contoh Paper Wallet Ethereum

  • Kerusakan Kertas
    Karena bahan utama yang digunakan adalah kertas, maka terdapat risiko kerusakan seperti terkena air, terbakar, atau sekedar usang. Jadi, sebaiknya simpan Paper Wallet Anda di tempat yang paling aman.
  • Mentransfer Dari Dompet Kertas
    Menambahkan uang kripto ke Paper Wallet sangat mudah dilakukan. Namun ketika Anda ingin menarik token dari Paper Wallet, Anda harus mengambil langkah ekstra dan menggunakan aplikasi atau situs seperti MyEtherWallet untuk melakukannya.
  • Kepemilikan
    Saat Anda membuat Paper Wallet, Anda pada dasarnya menciptakan ikatan pembawa. Siapa pun yang memiliki kertas itu adalah pemilik uang di Dompet tersebut. Karena kunci pribadi Dompet dicetak pada kertas, siapa pun dapat mentransfer uang dari Dompet kripto ke akun mereka, selama mereka memiliki kertas tersebut. Jadi simpan Paper Wallet baik-baik, sembunyikan kunci pribadi di tempat terpisah dan hanya berikan kepada orang yang benar-benar Anda percayai.
  • Phising
    Salah satu cara penjahat dapat mengambil uang Anda adalah dengan membuat situs web sendiri yang terlihat seperti generator Paper Wallet yang sah. Ketika Anda membuat Dompet di salah satu situs tersebut, mereka dapat melihat kunci pribadi Anda dan akan memiliki akses ke dana Anda.
  • Peretasan Perangkat Lunak
    Memang Paper Wallet tidak dapat diretas secara online. Tetapi jika Anda membuat Dompet tersebut dengan perangkat lunak yang sudah disusupi Malware, maka perangkat lunak tersebut berpotensi mengirimkan kunci pribadi Anda kembali ke peretas.
  • Peretasan Perangkat Keras
    Hindari printer publik, terutama yang bersifat nirkabel atau bisa di share di tempat lain. Printer akan menyimpan cetakannya di memori, sehingga jika ada seseorang yang dapat mengaksesnya, kunci pribadi bisa saja hilang tanpa disadari.

 

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Paper Wallet Ethereum

Berikut adalah alat yang Anda butuhkan untuk membuat Paper Wallet Ethereum.

 

Kertas Sintetis

Jika Anda ingin menyimpan kripto Anda seaman mungkin, maka kertas sintetis adalah satu-satunya pilihan terbaik, karena kertas tersebut tahan air. Ada 2 opsi kertas sintetis terbaik yang dapat digunakan, yaitu:

  • Teslin: salah satu alasannya adalah karena sangat tahan lama dan sangat tebal, tepatnya 10 mil, sedangkan rata-rata lembaran kertas lain hanya setebal 2.5-3.5 mil.
  • TerraSlate: keunggulan kertas ini adalah tidak bisa dirobek dengan tangan kosong.

 

2. Printer Laser

Printer laser pada dasarnya menggunakan plastik yang dilelehkan sebagai tintanya, dan ini tahan air. Jadi, kombinasi kertas sintesis dan tinta tahan air menjadi yang terbaik untuk menjaga durabilitas Paper Wallet Ethereum Anda.
Sekali lagi, penting sekali untuk tidak menggunakan printer nirkabel dan hanya gunakan printer laser USB.

Printer dengan banyak memori internal juga merupakan target potensial bagi pencuri. Memori internal memang sangat baik jika proses printing gagal di tengah jalan. Namun, ini juga berarti bahwa seseorang mungkin dapat mengunduh data print dan membuat duplikat Paper Wallet Anda.

 

3. Generator Paper Wallet

Selanjutnya, Anda akan membutuhkan generator Paper Wallet. Ini biasanya dilakukan melalui situs web, dan bisa menghasilkan kunci publik maupun pribadi untuk Dompet Anda. Anda pun juga bisa mendapatkan desain yang dikehendaki.

Seperti yang telah disebutkan di atas, risiko terbesar dalam penggunaan generator semacam ini adalah web tersebut dapat mengirimkan kunci pribadi Anda kembali ke peretas. Jadi, Anda harus pintar-pintar memilih sumber situs web yang Anda gunakan untuk membuat Paper Wallet. Salah satu generator Paper Wallet paling terpercaya hingga saat ini adalah MyEtherWallet.

Generator Paper Wallet Ethereum

 

4. Scanner QR Code Untuk Komputer

Anda juga akan memerlukan pemindai kode QR untuk komputer desktop atau laptop Anda. Jika Anda mengetikkan kunci secara manual dan Anda membuat satu kesalahan, semua kripto Anda bisa hilang. Itulah mengapa sangat penting untuk memindai kode QR.

Pastikan pemindai kode QR yang Anda gunakan tidak mengirimkan pindaian Anda kembali ke server pusat. Ini dapat mengekspos kunci pribadi Anda secara tidak sengaja. Berikut adalah beberapa opsi terbaik untuk QR Scanner:

  • Mac: QR Journal
  • Windows: CodeTwo Scanner and Creator
  • Linux: ZBar Bar Code Reader

 

5. Salinan Linux Dari USB Atau Mesin Virtual (Opsional, Tapi Sangat Dianjurkan)

Jika Anda ingin lebih aman, maka Anda perlu membuat Paper Wallet dari sistem operasi baru. Jika PC Anda menggunakan Windows, maka Anda bisa memanfaatkan OS Linux yang dijalankan pada drive USB, untuk mengoperasikan MyEtherWallet sebagai generator Paper Wallet.

Ada beberapa varian Linux portable, tetapi Ubuntu adalah salah satu yang paling populer dan bisa berjalan dengan baik melalui USB.

 

Langkah Membuat Paper Wallet Ethereum

1. Atur Linux

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal Linux baik di komputer Anda langsung, USB, atau melalui Virtual Machine (seperti VMWare). Apa pun caranya, instal Linux dan unduh pembaruan terbaru. Kemudian pastikan bahwa Anda dapat mencetak ke printer laser Anda dari Linux.

 

2. Unduh Generator Dompet Offline

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh generator dompet offline dari MyEtherWallet di link berikut. Sebagai catatan penting, lakukan download dari dalam Linux, kemudian ekstrak folder yang dibutuhkan.

 

3. Mulai Mencetak

Sebelum Anda mulai mencetak, pastikan untuk memutuskan koneksi komputer Anda dari internet. Kemudian masuklah ke folder yang Anda unzip dan klik dua kali file index.html. Ini akan membuka browser dengan versi offline dari situs MyEtherWallet. Karena Anda tidak terhubung ke internet, situs ini hanya berjalan secara lokal di komputer Anda.

Cara tersebut penting untuk memastikan bahwa situs tersebut tidak mengirimkan kembali informasi apa pun melalui internet, dan tidak ada yang dapat mencegat informasi yang secara tidak sengaja dikirim antara komputer Anda dan router nirkabel Anda.

 

Penutup

Menyimpan Ether di bursa kripto sebenarnya sangat rentan terhadap peretasan, dan biasanya mereka akan memegang kendali atas kunci privat dari Dompet kliennya. Oleh karena itu, Cold Wallet seperti Paper Wallet bisa menjadi solusi tepat apabila Anda ingin mempertahankan kripto Anda dalam jangka panjang.

Selain mudah dan murah, risiko-risiko yang dimiliki metode penyimpanan ini bisa diatasi dengan mudah. Anda hanya perlu berhati-hati menjaga kertas dari kerusakan dan melakukan berbagai tindak pencegahan seperti yang telah dijelaskan dalam langkah-langkah di atas, agar info kunci pribadi Anda tidak diretas oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

 

Masalah keamanan kripto banyak menjadi sorotan, karena banyak bursa yang telah kebobolan dan kehilangan dana klien mereka akibat ulah peretas, juga banyak pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan popularitas kripto untuk melakukan penipuan. Selain membuat Paper Wallet, tak ada salahnya juga untuk menerapkan 5 Cara Menghindari Scam Kripto.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.