Advertisement

iklan

Craig Wright, Sosok Kontroversial Yang Mengaku Sebagai Penemu Bitcoin

283871

Orang-orang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto memang bukan hanya Craig Wright, tapi sosok ini merupakan salah satu yang paling dikenal. Siapa ia sebenarnya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Nama Craig Wright dikenal luas setelah mengidentifikasi dirinya sebagai bagian utama dari tim yang menciptakan Bitcoin, dan mengklaim bahwa ia adalah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya. Orang-orang yang mengaku sebagai Nakamoto memang bukan hanya Wright, tapi sosok satu ini merupakan yang paling vokal dalam menyuarakan klaimnya, dan hobi menciptakan kontroversi dari waktu ke waktu.

Siapakah Craig Wright

 

Siapakah Craig Wright?

Dilahirkan pada Oktober 1970, Craig Steven Wright adalah seorang ilmuwan komputer dan pengusaha asal Australia. Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 1987, Wright menyelesaikan 18 program SANS Institute dan merupakan orang pertama di dunia yang menerima sertifikasi GIAC, yang merupakan sertifikasi dalam hal keamanan Cyber. Criag Wright mengklaim memiliki gelar PhD dalam ilmu komputer dari Charles Sturt University di profil Linkedln-nya. Tetapi pihak universitas mengatakan kepada Forbes bahwa mereka hanya memberiya gelar master dan bukan gelar doktor. Sejauh ini, ia telah menulis beberapa buku termasuk The IT Regulatory dan Buku Pedoman Kepatuhan Dasar How to Survive Information Systems Audit and Assessments.

Wright adalah CEO dari perusahaan teknologi Hotwire Preemptive Intelligence Group (Hotwire PE), yang berencana untuk meluncurkan bank Bitcoin pertama di dunia. Lembaga yang sedianya bernama Denariuz Bank itu kemudian terhadang masalah regulasi dengan Kantor Pajak Australia. Tak putus asa, Carig Wright selanjutnya menjadi pendiri perusahaan mata uang kripto DeMorgan Ltd., yang menerima AUD54 juta dalam insentif pajak melalui AusIndustry.

 

Hubungan Craig Wright Dengan Bitcoin

Pada bulan Desember 2015, dua penyelidikan paralel yang dilakukan oleh Wired dan Gizmodo mengungkap tentang kemungkinan Craig Wright sebagai penemu Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

Pada tanggal 2 Mei 2016, BBC dan The Economist mempublikasikan artikel yang mengklaim bahwa Craig telah secara digital menandatangani pesan menggunakan kunci kriptografi dari masa awal perkembangan Bitcoin. Kunci itu terkait erat dengan blok Bitcoin yang diketahui telah dibuat atau ditambang sendiri oleh Satoshi Nakamoto.

Jon Matonis yang merupakan pendiri Bitcoin Foundation menyatakan bahwa, "Untuk bukti kriptografi, Craig menandatangani dan memverifikasi pesan menggunakan kunci pribadi dari blok #1 dan blok #9 koin yang baru dihasilkan (transaksi pertama untuk Hal Finney)." Tak lama kemudian, posting di situs drcraigwright[dot]net mengaitkan Craig dengan Satoshi melalui pesan bertandatangan kriptografi.

Namun demikian, peneliti keamanan Dan Kaminsky mengatakan bahwa klaim Craig Wright sebagai seorang pengembang Bitcoin adalah Scam yang disengaja. Jeff Garzik, rekan Dan setuju bahwa bukti yang disediakan oleh Wright secara publik tidak mampu membuktikan apa-apa. Jordan Pearson dan Lorenzo Franceschi-Bicchierai mengatakan bahwa, "Wright hanya menggunakan kembali tanda tangan lama dari transaksi Bitcoin yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Satoshi."

Transaksi Bitcoin

(Baca juga: Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah)

Hal senada juga dikatakan oleh pengembang Bitcoin, Peter Todd, yang mengatakan bahwa posting blog Wright yang tampaknya mengandung bukti kriptografi sebenarnya tidak mengandung apapun. Pengembang proyek Bitcoin Core itu juga merilis sebuah pernyataan di Twitter, bahwa saat ini tidak ada bukti kriptografis apapun yang tersedia secara publik untuk membuktikan seseorang adalah penemu Bitcoin.

Menanggapi sanggahan-sanggahan tersebut, Craig Wright kemudian memutuskan untuk tidak menghadirkan bukti lebih lanjut tentang klaimnya sebagai penemu Bitcoin. Padahal sebelumnya, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan BBC, ia pernah berjanji memberikan bukti luar biasa untuk klaimnya, berupa sebuah Whitepaper asli yang benar-benar ditulis oleh Satoshi dan kunci pribadi GPG Satoshi yang asli.

 

Skandal Craig Wright: Mulai Dari Penipuan Hingga Penggelapan Pajak

Craig Wright yang pernah mengklaim sebagai penemu Bitcoin, Satoshi Nakamoto, telah dituntut karena mencuri Bitcoin senilai $5 miliar dari mantan mitra bisnisnya. Ia dipanggil ke pengadilan Distrik Florida awal bulan Februari 2018 untuk gugatan tersebut, yang menuduh bahwa Wright ikut serta dalam usaha penambangan Bitcoin bersama dengan konsultan TI yang sekarang sudah meninggal dunia, Dave Kleiman. Mereka berdua akhirnya menambang antara 550,000 – 1,100,000 keping BTC. Menurut penggugat, Wright memalsukan dan mem-back-date sejumlah dokumen setelah kematian Kleiman. 

Gugatan tersebut mengajukan sejumlah bukti kepemilikan Kleiman dari perusahaan, termasuk dokumen yang mencantumkannya sebagai agen terdaftar. Dalam pernyataan email lain yang dikutip, Wright tampaknya mengakui memegang 300,000 BTC atas nama Kleiman.
Catatan pengadilan menunjukkan bahwa Wright telah dituduh melakukan penipuan untuk menyita Bitcoin dan hak Kleiman atas kekayaan intelektual tertentu yang terkait dengan teknologi Bitcoin.

Skandal Pencurian Bitcoin Oleh Craig Wright

(Baca juga: 3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Keamanan Bitcoin)

Keluarga Kleiman yang diwakili oleh saudaranya, Ira Kleiman, ingin mencari kembali Bitcoin yang sekarang bernilai lebih dari $10 miliar tersebut. Menurut gugatan, keadaan tidak pasti dari Bitcoin itu terkait dengan masalah pajak Wright, yang menyebabkan rumahnya digerebek oleh pihak kepolisian Australia.

Untuk berbagai alasan yang belum sepenuhnya jelas, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Craig dan Dave telah terlibat dalam Bitcoin sejak permulaannya, dan bahwa mereka berdua mengumpulkan kekayaan yang sangat besar karena telah menambang Bitcoin sejak tahun 2009 hingga 2013.

 

Craig Wright bukanlah satu-satunya tokoh Bitcoin yang banyak disorot media. Ada beberapa tokoh Bitcoin penting lain yang mencuri perhatian karena prestasi dan peran mereka untuk jaringan Bitcoin, bukan hanya klaim dan kontroversi semata. Ikuti ulasannya di 10 Tokoh Penting Dan Berpengaruh Di Dunia Bitcoin.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.