Daftar Tokoh Kripto Terkaya Di Dunia

Meski pasarnya masih baru, kripto ternyata sudah menjadi aset yang memberikan banyak keuntungan bagi para investor. Berikut adalah 18 tokoh kripto terkaya versi Forbes.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Aset kripto memang relatif baru jika dibandingkan dengan instrumen-instrumen finansial lainnya. Meskipun demikian, pasar kripto ternyata telah mampu memberi keuntungan berlimpah pada sebagian investor dan pengembangnya. Menurut liputan Forbes, saat ini ada 19 orang di dunia yang memiliki lebih dari 350 juta USD dalam aset kripto.

Tokoh-tokoh kripto terkaya di dunia itu mengumpulkan kekayaan mereka dengan berbagai cara, tetapi sebagian besar adalah pendiri proyek kripto besar dan platform bursa mata uang kripto. Para penghuni daftar lainnya adalah investor individu atau bagian dari kelompok investasi, sedangkan sisanya adalah pendiri operasi penambangan uang kripto.

Para pengguna kripto yang berhasil ini memiliki kesamaan yang mencolok dalam cara mengumpulkan kekayaannya, yaitu dengan menerapkan prinsip "HODL", sehingga ketika harga mata uang kripto semakin tinggi, nilai kekayaan mereka jadi naik. Pemilik kripto terbesar di dunia juga sangat muda. Usia rata-rata dari 18 orang terkaya di ruang lingkup kripto hanya 42 tahun. Sebagai perbandingan, usia rata-rata dalam daftar 400 orang terkaya Amerika adalah 67 tahun.

 

1. Chris Larsen

Tokoh Kripto Terkaya Chris Larsen

Larsen adalah ketua eksekutif dan mantan CEO Ripple, sebuah perusahaan Blockchain yang menyediakan fitur pembayaran lintas batas dengan biaya sangat kecil. Saat ini, ia memiliki 5.2 miliar XRP dan Ripple sendiri mengendalikan lebih dari 61 miliar XRP. Total kekayaan Larsen ditaksir senilai 95 miliar USD.

 

2. Joseph Lubin

Joseph Lubin

Tokoh kripto terkaya selanjutnya adalah Joseph Lubin, mantan eksekutif Goldman Sachs yang mendanai platform Blockchain Ethereum. Ia mendirikan ConsenSys, raksasa Blockchain beranggotakan 600 karyawan di 28 negara, yang telah membantu meluncurkan perusahaan Startup dan token kripto, serta berkonsultasi dengan perwakilan perusahaan-perusahan teknologi besar seperti Microsoft.

 

3. Changpeng Zhao

Changpeng Zao

Changpeng Zhao atau kerap dikenal dengan "CZ" adalah orang yang telah menciptakan bursa kripto terbesar di dunia, Binance, hanya dalam kurun waktu kurang dari 7 bulan. Saat Binance mencapai 6 juta pengguna, CZ telah memindahkan operasinya ke tiga negara berbeda agar tidak terganjal dengan berbagai regulasi negara-negara yang melarang peredaran mata uang kripto.

 

4. Cameron & Tyler Winklevoss

Winklevoss

Winklevoss bersaudara telah melancarkan salah satu kisah comeback besar dalam bisnis Amerika. Pada tahun 2012, mereka membeli Bitcoin ketika pengguna teknologi Blockchain masih sedikit. Mereka juga telah membangun bursa kripto berbasis di New York yang baru-baru ini memproses 300 juta USD dalam transaksi harian.

 

5. Matthew Mellon

Matthew Mellon

Sebagai pewaris salah satu kekayaan besar perbankan Amerika, Mellon mulai berkecimpung dalam dunia kripto beberapa tahun yang lalu. Pada awalnya, Mellon mendapatkan berbagai peringatan dari teman dan keluarga tentang kegiatannya tersebut. Ia adalah investor awal di XRP, token yang diluncurkan oleh Ripple, yang bertujuan untuk menciptakan teknologi Blockchain untuk bank-bank besar. Kekayaan Mellon kini ditaksir mencapai 1 miliar USD. Sayangnya, tokoh kripto terkaya ini meninggal dunia pada 16 April 2018 silam.

 

6. Brian Armstrong

Brian Armstrong

Dalam demam uang kripto selama beberapa tahun terakhir, Armstrong adalah salah satu orang yang mendapatkan banyak keuntungan dalam waktu sangat singkat. Pada tahun 2012, ia mendirikan Coinbase, bursa pertukaran dan entry point paling populer untuk perdagangan mata uang kripto di AS. Saat ini, kekayaannya Brian Armstrong ditaksir sekitar 900 juta hingga 1 miliar USD.

 

7. Matthew Roszak

Matthew Roszak

"Saya sangat beruntung", kata Roszak, yang belajar tentang Bitcoin pada tahun 2011, dan berpartisipasi dalam program ICO (Initial Coin Offering) yang ia tawarkan. Ia selalu mencari anggota baru dan terus meng-HODL BTC-nya hingga mendapatkan keuntungan ribuan persen dari investasinya.

 

8. Anthony Di Iorio

anthony di iorio

Di Iorio terus berinvestasi pada kegiatan pengembangan platform Blockchain Ethereum, dan terus berinvestasi dalam beberapa aset kripto lainnya. Tokoh kripto terkaya ini memiliki strategi: masuk lebih awal dan setelah aset tumbuh dan naik level, tuangkan keuntungannya ke koin baru lain yang cukup menjanjikan.

 

9. Brock Pierce

Brock Pierce

Pierce adalah salah satu investor yang sangat aktif dalam mendanai proyek-proyek Blockchain awal. Ia telah mendanai belasan perusahaan kripto termasuk Mastercoin, Coinbase, dan Ethereum. Saat ini, ia berencana menyumbangkan 1 miliar USD untuk komunitas otonom terdesentralisasi yang dijalankan pada Blockchain.

 

10. Michael Novogratz

Michael Novogratz

Novogratz adalah mantan miliarder dan manajer Hedge Fund terkenal. Di umurnya yang menginjak angka 53 tahun, Novogratz membuat comeback yang bagus dengan mulai berinvestasi uang kripto pada tahun 2013, dan meninggalkan Fortress Investment Group dua tahun kemudian untuk fokus pada kripto.

 

11. Brendan Blumer

brendan blumer

Beroperasi dari Hong Kong, penduduk asli Iowa ini mencatatkan penjualan token terbesar di dunia dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 miliar USD untuk EOS.IO, platform Blockchain yang menantang Ethereum. Blumer pertama kali mencoba aset virtual pada usia 14 tahun dengan menjual senjata dan karakter dalam Game Online.

 

12. Dan Larimer

Dan Larimer

Tokoh kripto terkaya ini tadinya bekerja sebagai insinyur perangkat lunak yang digunakan untuk menjadi roda penggerak industri militer Amerika. Suatu hari, Larimer merasakan krisis jati diri dan memutuskan untuk membuat sebuah sistem yang menyediakan kehidupan, kebebasan, dan dapat menjadi milik seluruh masyarakat. Saat ini, Larimer telah mendirikan tiga platform Blockchain, termasuk EOS.IO yang menjalankan penjualan token terbesar yang pernah ada.

 

13. Valery Vavilov

Valery Vavilov

Menyaksikan orang tuanya kehilangan uang selama keruntuhan Uni Soviet, meninggalkan pengalaman pahit yang mendalam pada Vavilov. Karena itu, pria berumur 38 tahun ini sangat termotivasi untuk mempelajari jaringan yang tidak dikontrol oleh satu otoritas. Beberapa dekade kemudian, Vavilov yang merupakan keturunan Latvia menjadi salah satu pendiri dan CEO Bitfury, perusahaan terbesar yang menambang Bitcoin.

 

14. Charles Hoskinson

Charles Hoskinson

Hoskinson adalah salah satu CEO platform Blockchain Ethereum. Namun karena ada percekcokan internal di perusahaan Ethereum, ia memilih berhenti dan untuk memulai IOHK-Input Output, sebuah perusahaan teknologi yang berkomitmen untuk menggunakan inovasi peer to peer. Saat ini, IOHK berfokus pada pengembangan kripto dan Blockchain untuk perusahaan, entitas pemerintah, dan lembaga akademis.

 

15. Brad Garlinghouse

Brad Garlinghouse

Garlinghouse yang berpendidikan di Harvard memiliki keahlian dalam bidang teknologi mainstream. Sebelum menjadi CEO Ripple, tokoh dengan kekayaan mencapai 500 juta USD ini sempat bekerja di perusahaan seperti AOL dan Yahoo. Bersama Ripple, Garlinghouse berharap perusahaan rintisannya dapat menciptakan teknologi Blockchain untuk bank-bank besar.

 

16. Barry Silbert

Barry Silbert

Silbert menjadi terkenal di Wall Street karena membangun Second Market, bursa untuk aset-aset yang sulit diperdagangkan. Aktivitas bisnisnya yang lain adalah menjadi CEO Digital Currency Group (pemilik situs media CoinDesk). Tidak hanya itu, Silbert juga telah melakukan investasi ventura di perusahaan kripto seperti Ripple dan Coinbase.

 

17. Vitalik Buterin

Vitalik Buterin

Buterin adalah pencipta platform Blockchain Ethereum yang telah memicu tren ICO, dan sekarang memiliki kapitalisasi pasar sebesar 100 miliar USD. Tokoh yang namanya sering muncul di berita mengenai teknologi Blockchain ini, telah bekerja sama dengan orang-orang seperti Microsoft, BP dan JPMorgan.

 

18. Tim Draper

Tim Draper

Tim Draper adalah seorang pemodal ventura Silicon Valley yang tangguh dan menjadi penggemar Bitcoin dari awal rilis, jauh sebelum Bitcoin terkenal seperti sekarang. "Saya percaya bahwa Bitcoin dan teknologi kripto akan mendorong sebagian besar perdagangan dunia," katanya.


Menentukan Masa Depan Kekayaan Kripto

Dengan fluktuasi harga dan kripto baru yang terus bermunculan, peringkat untuk orang-orang terkaya di ruang lingkup kripto kemungkinan akan banyak berubah di tahun-tahun mendatang. Volatilitas harga pasar kripto pada bulan Januari dan Februari 2018 misalnya, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saham blue chip atau komoditas seperti emas. Hal ini dapat diartikan bahwa peringkat tokoh kripto terkaya di dunia dapat berubah drastis, bahkan dalam hitungan minggu.

Cara Kerja Mata Uang Bitcoin

 

Kripto baru yang menjanjikan terus muncul setiap hari. Beberapa memiliki teknologi dan sumber daya di belakang mereka untuk menyalip teknologi koin yang sudah ada saat ini. Selain itu, bursa baru yang terdesentralisasi muncul untuk bersaing dengan bursa terpusat seperti Binance dan Coinbase. Informasi lebih banyak mengenai bursa kripto dapat dilihat di artikel Bursa Bitcoin Internasional Yang Banyak Dipakai Trader Indonesia.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.