Advertisement

iklan

Deretan Prediksi Harga Bitcoin 2019 Dari Para Ahli

Setelah menderita penurunan drastis di sepanjang tahun 2018, mampukah Bitcoin bangkit di tahun 2019? Berikut hasil prediksi Bitcoin 2019 dari para ahli.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Bitcoin, sebagai pionir mata uang kripto pertama, menjadi sangat terkenal setelah membukukan harga tertinggi sepanjang masa $20,000 di akhir tahun 2017. Setelah bearish yang terjadi di sepanjang tahun 2018, semua orang mengharapkan BTC untuk pulih. Sayangnya, Bitcoin tidak pulih dan keadaan menjadi semakin buruk. Saat ini, BTC diperdagangkan di kisaran $3,000, dan masih ada kemungkinan bahwa harganya akan terus merosot.

Statistik menunjukkan bahwa para investor Bitcoin adalah pihak yang paling banyak merugi selama pasar bearish ini. Kerugian yang diderita investor tidak hanya mempengaruhi mereka secara finansial, tetapi juga secara emosional. Bayangkan, seorang investor baru masuk ke pasar ketika harga setinggi $19,500, tapi kemudian menjual Bitcoinnya ketika harga sudah jatuh ke level $3,500. Ini dapat memberikan efek psikologis yang serius pada seseorang. Itulah sebabnya, para investor ritel cenderung tidak akan kembali ke pasar dalam waktu dekat.

Sekalipun BTC bisa menemukan stabilitas jangka pendek, itu akan membutuhkan banyak upaya jangka panjang untuk kembali ke level tertinggi sepanjang masa. Beberapa ahli telah memberikan pendapat mereka tentang pasar bearish kripto saat ini, dan kebanyakan dari mereka berpikir bahwa harga Bitcoin masih akan terus menurun. Berikut adalah beberapa prediksi ahli untuk harga Bitcoin di tahun 2019:

 

Joel Kruger: Bitcoin Akan Sampai Di Kisaran $2000

Joel Kruger, ahli strategi mata uang di LMAX Exchange, mengatakan bahwa prediksi Bitcoin di tahun 2019 jauh lebih konstruktif daripada yang diproyeksikan untuk tahun 2018. Sejak 2017, ia telah memperingatkan bahwa Bitcoin telah meroket melewati titik apresiasi rasional dan menyoroti risiko penurunan besar-besaran di pasar, terutama akibat masalah regulasi, pengembangan, dan Hard Fork.

Prediksi harga Bitcoin 2019 dari Joel Kruger

"Ketika kita menuju ke 2019, Bitcoin telah menelusuri kembali langkah itu dan kemudian turun di bawah area $6,000. Penurunan ini membuka ekstensi downside berikutnya, yang menargetkan penurunan lebih besar menuju titik Low September 2017 di $2,975."

Kruger menyambung pernyataannya dengan:

"Meskipun kami memprediksi ekstensi downside hingga ke area $2,000, kami juga yakin jika harga tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu di wilayah support tersebut. Sehingga, Bitcoin akan mulai mendapatkan permintaan baru."

Pada akhir pernyataan, Joel Kruger mengambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar Bitcoin akan kembali ke titik $5,000 hingga $8,000, setelah puih dari posisi terendah yang mungkin mencapai di bawah $2.000. Kenaikan tersebut mungkin akan terjadi di Q1 2019.

 

Kevin Murcko: Gelembung Bitcoin Telah Pecah

"Meskipun kasus penggunaan Bitcoin cukup terbatas, dan meskipun teknologinya mungkin kurang canggih bila dibandingkan dengan beberapa proyek kripto lain, Bitcoin kemungkinan akan terus menjadi pemimpin pasar pada tahun 2019. Bitcoin masih memiliki reputasi dan likuiditas yang membuatnya lebih disukai daripada koin lain," ungkap CEO CoinMetro, Kevin Murcko.

Kevin Murcko juga yakin bahwa penurunan Bitcoin yang terjadi selama setahun terakhir ini tidak menunjukkan kurangnya nilai jangka panjang. Gelembung Bitcoin mungkin telah meletus di tahun ini, tapi masih ada substansi dan potensi yang sangat besar di pasar kripto. Pernyataan tersebut didasarkan pada riwayat pecahnya bubble saham Amazon yang menyebabkan penurunan ke level terendah $6. Saat ini, saham Amazon mampu bangkit dan stabil diperdagangkan di atas $1,000.

Gelembung Bitcoin

(Baca juga: Kontroversi Tanda-Tanda Bubble Pada Bitcoin)

Menurut Murcko, akan ada seleksi alam di pasar kripto yang menyebabkan berbagai mata uang kripto tersingkir. Namun, mata uang kripto yang masih bertahan akan mampu mendapatkan adopsi lebih besar daripada sebelumnya.

 

Mitch Blakeway: Akan Ada "Gerakan" Dari Seorang Influencer

Kepala Perdagangan di Quantatex, Mitch Blakeway, mengutarakan bahwa:

"Kita akan melihat volatilitas tinggi dalam waktu dekat. Bitcoin dengan jumlah besar baru-baru ini telah dipindahkan dari Cold Storage ke Hot Storage oleh influencer yang signifikan di pasar kripto. Artinya, investor yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan pasar tengah bersiap untuk masuk pasar."

"Ada level support dan resistance penting untuk Bitcoin, dengan support di sekitar level $2,850 , dan resistance di sekitar $4,000. Karena itu, penembusan baik di bawah $2,850 atau di atas $4,000 dapat menyebabkan momentum pergerarakan yang kencang," tutup Blakeway.

 

Boris Hristov: Investor Institusional Punya Peran Vital

Seorang peneliti Bitcoin dan teknologi Blockchain, Boris Hristov, telah banyak berbicara tentang kondisi pasar saat ini. Menurut dia, satu-satunya cara BTC untuk mendapatkan kembali legitimasi adalah jika investor institusional memasuki pasar. Namun, karena sebagian besar investor ini tidak mau mengambil risiko keuangan yang melekat pada perdagangan mata uang kripto, mereka tidak ingin terlibat di pasar.

Namun mengingat Fidelity dan Goldman Sachs mungkin juga akan turut terjun di pasar kripto tahun depan, Hristov optimis jika pasar kripto akan segera "matang" untuk investor institusional.

 

Robert Sluymer: Harga Bitcoin Sudah Oversold

Robert Sluymer  dari Fundstrat, melihat Bitcoin sedang bergerak menuju titik terendahnya. Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Sluymer menunjukkan bahwa Lower Low di harga Bitcoin terus terbentuk. Namun, ia tak lupa menegaskan kembali bahwa Bitcoin akan menghentikan tren turunnya dan mulai naik dalam beberapa bulan ke depan.

Prediksi harga Bitcoin 2019 dari Robert Sluymer

(Baca juga: Arti Overbought Dan Oversold Dalam Trading)

Selain itu, Sluymer juga menunjukkan bahwa RSI Bitcoin sedang berada di tingkat yang sangat rendah, mirip dengan level yang terlihat sebelum gerakan bullish di awal tahun ini. Sayangnya, seperti banyak analis, Sluymer masih mewaspadai kemungkinan terburuk yang mungkin menimpa pasar kripto.

 

John McAfee: Bitcoin Akan Capai $1 Juta

John McAfee, pendukung Bitcoin dan pendiri perangkat lunak antivirus McAfee yang populer, memiliki pandangan sangat positif terhadap Bitcoin. Dia memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan mencapai $1 juta pada tahun 2020, setelah pada tahun lalu memprediksi pencapaian harga di $7000.

"BTC telah berakselerasi jauh lebih cepat daripada asumsi saya," demikian ungkap John McAfee. Terlepas dari terbatasnya pasokan Bitcoin, McAfee lebih mempertimbangkan faktor-faktor seperti peningkatan penggunaan Bitcoin dan Blockchain, serta kapitalisasi mata uang kripto yang masih memiliki banyak ruang untuk pertumbuhan.

 

Kristjan Dekleva: Harga Bitcoin Baru Akan Stabil 10 Tahun Lagi

Pakar keuangan yang berbasis di Swiss, Kirstjan Dekleva, mengungkapkan bahwa penggemar kripto akan menghadapi turbulensi selama satu dekade, selama stabilitas Bitcoin belum benar-benar bisa dipastikan. Stabilitas tersebut baru akan tercapai setelah Bitcoin sudah diterima secara umum.

"Menurut pendapat saya, setidaknya butuh 10 tahun sebelum kita melihat stabilitas Bitcoin... Dalam jangka pendek, penurunan harga telah didorong oleh emosi pasar dan rumor. Permintaan didorong oleh spekulasi pasar, tetapi tidak adanya investor institusional masih menandakan bahwa pasar ini tidak stabil," kata Kristjan Dekleva.

 

Kenneth Rogoff: Harga Bitcoin Akan Jeblok Ke $100

Dikenal karena komentarnya yang kerap meremehkan Bitcoin, mantan kepala ekonom di Dana Moneter Internasional (IMF), Kenneth Rogoff, telah memberikan pernyataan terbaru tentang prediksi harga Bitcoin di masa depan. "Saya pikir Bitcoin akan bernilai sepersekian kecil dari apa yang sekarang. $100 jauh lebih mungkin daripada $100,000," ujar Kenneth Rogoff.

Prediksi Rogoff didasarkan pada keyakinannya, bahwa pemerintah akan bangkit melawan mata uang virtual anonim seperti Bitcoin. Peraturan pemerintah, menurut Rogoff, akan meletuskan gelembung Bitcoin.

 

Tim Draper: Secara Historis, Bitcoin Akan Kembali Bangkit

Pada tahun 2014, ketika Bitcoin masih diperdagangkan di sekitar $413, Tim Draper memprediksi Bitcoin akan mencapai $10,000 dalam tiga tahun berikutnya. Prediksi tersebut terbukti menjadi kenyataan, bahkan sebulan lebih awal dari yang dia prediksikan. Salah satu tokoh kripto terkaya ini juga mengatakan kepada Bloomberg tahun lalu, bahwa potensi pertumbuhan Bitcoin masih sangat besar.

Prediksi Bitcoin 2019 dari Tim Draper

(Baca juga: Daftar Tokoh Kripto Terkaya Di Dunia)

Dengan asumsi pertumbuhan berikutnya terjadi pada kecepatan yang sama dengan perjalanan menuju $10,000, maka harga Bitcoin bisa mencapai enam digit untuk 3 tahun ke depan.

 

Llew Claasen: Bitcoin Hanya Mengalami Koreksi

Llew Claasen, investor Blockchain sekaligus Executive Director di bitcoinfoundation.org, telah membuat pernyataan bahwa Bitcoin masih berada di jalur yang benar, khususnya dalam perjalanan untuk mencapai angka $40,000. Meskipun pandangannya terhadap beberapa pemegang Altcoin tidak terlalu menggembirakan, ia menjelaskan bahwa sebagai sesuatu yang baru, Altcoin juga memiliki kesempatan besar untuk tumbuh.

 

Dalam memperkirakan pergerakan harga Bitcoin, diperlukan analisa yang matang, baik dari segi fundamental maupun teknikal. Apabila Anda adalah seorang trader Bitcoin yang ingin mendapatkan keuntungan dari selisih naik turun harga Bitcoin, maka bisa belajar di artikel Panduan Analisa Untuk Trading Bitcoin.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.