OctaFx

iklan

ECB Dan Program LTRO

186505

LTRO adalah program pinjaman jangka panjang dengan bunga rendah yang diberikan oleh ECB kepada bank-bank di kawasan Euro.

acy

iklan

FirewoodFX

iklan

Pada konperensi pers-nya tanggal 3 Juli 2014 silam, Mario Draghi menjelaskan tentang program LTRO atau Long Term Refinancing Operations. Kali ini program yang diluncurkan oleh European Central Bank (ECB) itu disebut dengan Targeted LTRO atau TLTRO. Apakah sebenarnya program LTRO itu?
                                                 ECB Dan Program


LTRO adalah program pinjaman jangka panjang dengan bunga rendah yang diberikan oleh ECB kepada bank-bank di kawasan Euro. Tujuan dari program LTRO adalah:

1. Menjaga likuiditas bank-bank di kawasan Euro
Suku bunga rendah memungkinkan bank-bank di kawasan Euro untuk menaikkan jumlah kredit yang diberikan sehingga bisa memacu aktivitas perekonomian di kawasan tersebut. Disamping itu bank-bank bisa masuk ke asset-asset dengan return tinggi agar memperoleh keuntungan dan memperbaiki neraca keuangannya.

2. Memperkecil yield bond negara-negara di kawasan
Yield dalam hal ini adalah jumlah yang dibayarkan negara-negara di kawasan kepada pihak pemegang bond (surat hutang) sebesar suku bunga yang telah ditentukan. Dengan program LTRO, bank-bank di kawasan bisa menggunakan dana pinjaman tersebut sebagai jaminan atas bond yang diterbitkan sehingga bisa meningkatkan permintaan atas bond. Jika permintaan bond naik maka harga bond juga naik dan yield bond akan turun. Sebagai contoh Spanyol dan Italia yang pada tahun 2012 menggunakan cara ini sehingga bisa memperkecil yield bond-nya.

Mekanisme dan batas waktu peminjaman
Mekanisme untuk memperoleh LTRO ditentukan dengan cara lelang. ECB menawarkan jumlah yang dilelang dan bank peserta menentukan suku bunga pinjaman. Program ini menjadi populer saat terjadi krisis keuangan di Eropa pada tahun 2008. Sebelum krisis, batas waktu pinjaman ECB yang ditawarkan dengan cara lelang hanya selama 3 bulan, dengan adanya krisis hutang di kawasan, batas waktu diperpanjang hingga 6 bulan, 12 bulan dan 36 bulan.

Pada bulan Maret 2008 untuk pertama kalinya ECB menawarkan program LTRO dengan batas waktu 6 bulan yang diberikan pada 117 bank di kawasan. Berikutnya pada bulan Juni 2009 ECB meluncurkan program LTRO dengan batas waktu 12 bulan yang diikuti oleh 1,000 peserta lelang, jauh lebih banyak dari peserta sebelumnya. Pada bulan Desember 2011 untuk pertama kalinya bank sentral Eropa meluncurkan program LTRO dengan batas waktu 36 bulan (3 tahun) dengan bunga 1%, dan pada Pebruari 2012 kembali menawarkan LTRO 3 tahun untuk dilelang dan dikenal dengan program LTRO2 yang diberikan pada 800 bank di kawasan Euro senilai 529.5 milyard Euro dengan bunga rendah.

Dengan TLTRO yang baru diluncurkan, bank bisa meminjam sebagian dari yang dibutuhkan pada September dan Desember 2014, setelah itu besar pinjaman bisa ditambah pada program TLTRO berikutnya.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.