Advertisement

iklan

Fakta Mengejutkan: Pentingnya Blockchain Di Platform Trading

Blockchain merupakan teknologi yang memberikan keamanan, transparansi serta efektivitas data. Bagaimana penerapannya dalam dunia trading?

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Apa Itu Blockchain?

Beberapa tahun terakhir, kita banyak sekali mendengar berita tentang boomingnya mata uang kripto di seluruh dunia disertai dengan berkembangnya teknologi Blockchain. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa Blockchain dan mata uang kripto (Cryptocurrency) bukanlah hal yang sama. Cryptocurrency hadir dari teknologi Blockchain yang mendukungnya.

Dengan kata lain, Blockchain adalah bentuk komputasi yang baru. Dengan teknologi tersebut, data dapat dibagikan ke berbagai "node" (contohnya komputer) yang dapat berkomunikasi satu sama lain sekaligus meratifikasi data tersebut secara otomatis. Artinya, Anda tidak perlu lagi membangun pusat server untuk menampung data atau informasi yang dapat diakses datanya oleh berbagai jenis komputer. Teknologi yang kita gunakan saat ini sangat bergantung pada sistem yang terpusat, sedangkan Blockchain (alias Distributed Ledger Technology) merupakan teknologi yang disebut "desentralisasi".

Desentralisasi artinya tidak ada server tunggal untuk menjaga atau menverifikasi data. Teknologi ini menciptakan sebuah "sumber terpercaya". Blockchain akan merekam satu "sumber terpercaya" yang disalin di dalam semua node dan rekaman tersebut hanya dapat diterima apabila semua node sepakat (atau dalam bahasa blockchain disebut "konsensus" tercapai).

Hal ini tentu akan berbeda dengan yang selama ini terjadi: Ketika merekam data yang sama pada database yang berbeda, yang dikontrol oleh orang yang berbeda pula, data tersebut memiliki potensi tidak cocok yang mungkin salah satunya disebabkan oleh kesalahan manusia dalam merekam data tersebut.

Data akan disimpan secara kriptografi didalam bentuk "Blok" yang terhubung satu sama lainnya sepanjang rantai (chain). Blok (data baru yang telah divalidasi) akan disambungkan ke rantai tersebut apabila semua (atau sebagian) blok yang ada sepakat dengan entri data baru tersebut. Dengan metode ini, kesalahan seperti perlindungan ganda tidak akan pernah terjadi karena sistem akan melakukan validasi yang sangat seksama.

blockchain tigerwit

 

Mengapa Teknologi Blockchain Sangat Krusial?

Pertanyaan ini ditujukan kepada para pencetus Blockchain dikarenakan belum adanya pembuktian konsep yang dilakukan di laboratorium dan produksi. Hal ini biasa terjadi pada kasus adanya teknologi baru yang menjanjikan banyak hal, karena orang-orang berusaha menjadi yang pertama yang memaksakan inovasi ke dalam teknologi mereka saat ini.

Hasilnya, teknologi ini cocok dan bekerja dengan baik. Beberapa aplikasi Blockchain tertentu dapat menyelesaikan permasalahan yang belum dipecahkan sebelumnya.

Manfaat yang melekat pada Blockchain menandakan bahwa teknologi ini telah diakui dan siap diproduksi secara publik terutama dalam membantu mempermudah proses back office. Berbagai manfaat dari teknologi ini adalah kekekalan data, keamanan, transparansi dan dapat dilacak. Berikut alasan mengapa teknologi Blockchain sangat krusial: 

  1. Blockchain dapat membantu menyederhanakan sistem komputerisasi, memudahkan orang untuk membangun aplikasi (tanpa koding yang rumit) dan mengurangi biaya komputasi. Pada bidang keuangan misalnya, Blockchain mengurangi waktu penyelesaian transaksi karena tidak diperlukan pihak terpusat dalam melakukan verifikasi transaksi.
  2. Penerapan serupa juga dapat digunakan pada industri lain yang memiliki pihak ketiga dalam transaksi perdagangan, contohnya pada sektor energi, perusahaan dapat melakukan transaksi minyak dan gas antar satu dengan yang lainnya melalui Blockchain, dengan penyelesaian transaksi lebih cepat, serta biaya dan kesalahan yang lebih sedikit. Dengan Blockchain, setiap pengguna dapat mempercayai data yang mereka lihat sendiri, dimana hal ini sangatlah penting di dunia keuangan dan perdagangan karena menjamin transparansi.
  3. Faktor keamanan, karena Blockchain sangatlah sulit diretas ataupun dirubah. Alasannya adalah karena sifatnya yang terdistribusi, dimana siapapun yang ingin meretas aplikasi blockchain, harus mengubah beberapa catatan dari data yang sama yang terdistribusi di berbagai node (komputer), bukan di server utama yang rawan dari serangan tunggal.
  4. Blockchain dapat berinteraksi dengan berbagai jenis sistem, karena kontrak pintar dapat dikodekan dalam secara kriptografi untuk digunakan pada tindakan tertentu. Sebagai contoh, apabila A membeli X dari B, maka sebuah kontrak pintar akan dibuat untuk memastikan transfer kepemilikian tersebut dilakukan secara cepat dan bersamaan dengan pengiriman uang, cara ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan cara yang saat ini diterapkan yaitu penyelesaian transaksi yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

 

TigerWit, Satu-Satunya Broker Di Dunia Yang Menggunakan Blockchain

Karena keunggulan-keunggulan tersebut, TigerWit percaya bahwa Blockchain bisa menjadi pelopor dan akan mengubah dunia. TigerWit memiliki tujuan untuk membawa perubahan dan inovasi dalam industri, dengan membangun lingkungan trading yang lebih baik, bukan hanya kepada trader, pialang, penyedia likuiditas namun juga kepada regulator dan sejenisnya. TigerWit berharap dengan adanya teknologi ini dapat membantu Anda memahami apa yang mereka lakukan dalam mengubah dunia trading online ke arah yang lebih baik.

TigerWit membangun teknologi Blockchain yang bernama distributed trading ledger untuk menanamkan kepercayaan dan transparansi di dalam pasar yang memiliki banyak keraguan. Ketidakpercayaan merupakan masalah yang paling besar di dalam industri trading ritel dan masalah tersebut sampai hari ini dibiarkan tanpa memiliki solusi, dimana hal tersebut meningkatkan risiko baik kepada pialang maupun para trader.

TigerWit tidak hanya melakukan pengembangan pada Blockchain saja, namun juga melakukan penggabungan kombinasi antara teknologi lama dengan teknologi baru untuk menghasilkan kecepatan eksekusi yang tinggi dan latensi yang rendah. Blockchain merupakan tulang punggungnya, sedangkan sistem merupakan pondasi. Dengan menyediakan kepercayaan dan transparansi menggunakan teknologi yang telah terbukti.

Saat ini, distributed trading ledger telah menggunakan teknologi Blockchain, dan dapat dimanfaatkan oleh Klien TigerWit. Nodes yang digunakan menyediakan tenaga komputerisasi dalam melakukan verifikasi transaksi, dimana data transaksi tersebut akan disimpan dan ditulis ke dalam "ledger" atau buku besar dan tidak dapat diubah ataupun dihilangkan. Klien TigerWit tertentu juga dapat menjadi anggota "yang memiliki izin" untuk berpartisipasi menjadi pihak yang memiliki hak untuk melakukan "verifikasi" atau persetujuan transaksi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknologi TigerWit, kunjungi situs resminya di sini.

Catur berfokus menulis mengenai review broker dan hal-hal lain yang berhubungan dengannya. Menurut Catur, broker forex yang baik harus responsif menanggapi keluhan dan memudahkan withdrawal dana trader.