Macam-Macam GAP Forex

121133

Apakah benar setiap gap selalu kembali menutup sebelum melanjutkan trend? Mari kita pelajari di ulasan analisa teknikal berikut ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dalam forex trading sering dijumpai gap. Sering pula para trader mencoba menerka, memprediksi, serta menganalisis gap supaya bisa menghasilkan profit. Namun apakah benar setiap gap selalu kembali menutup sebelum melanjutkan trend? Artikel ini akan membahas sekaligus memberikan informasi mengenai gap-gap apa saja yang sering muncul beserta antisipasinya.

Sebuah gap dalam grafik merupakan sebuah ruang kosong antara periode trading saat ini dengan periode trading sebelumnya. Gap biasanya muncul karena adanya sebuah peristiwa penting seperti data ekonomi atau laporan keuangan.

Sebelum memasuki pasar yang sedang mengalami gap, kita sebaiknya menunggu sampai harga mental (bounce) terlebih dahulu. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari kondisi harga yang bergerak cepat dan menembus level gap.

Sering dikatakan bahwa gap yang terjadi nantinya akan selalu terisi kembali. Artinya harga akan bergerak dan menutupi gap trading yang kosong. Namun, sebelum Anda melakukan traksaksi untuk bisa mendapatkan peluang dari hal ini, perlu dicatat bahwa hal ini tidak akan selalu terjadi. Bahkan, kadang perlu waktu lama untuk harga menutup kembali gap yang tercipta.

Ada beberapa jenis gap yang sering muncul di chart. Kesemuanya memiliki struktur yang sama, hanya berbeda dalam lokasi tren dan makna kelanjutannya. Di antaranya adalah:

1. Common Gap
Gap seperti ini sering terisi kembali dengan cepat. Harga cenderung bergerak kembali ke level sebelum terjadinya gap.

2. Breakaway Gap
Breakaway gap adalah indikasi yang baik bahwa trend baru telah dimulai.

3. Runaway Gap (Measuring Gap)
Mengindikasikan bahwa trend yang sedang berlangsung akan terus berlanjut seiring membaiknya sinyal sentimen.

4. Exhaustion Gap
Jenis gap ini terbentuk di akhir sebuah trend dan merupakan sinyal negatif, sebab dia menandakan bahwa trend akan mulai berganti arah.

Agar lebih jelas, pola masing-masing gap bisa dilihat pada infografis berikut ini:

Macam-macam gap forex

 

Ukuran dari peralihan trend atau kualitas sinyal tergantung dari posisi reversal dibanding trend sebelumnya. Jika terjadi di dekat awal sebuah trend, maka ukuran dari reversal kemungkinan akan kurang signifikan.

Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.


Lucky Wahyu
jadi kalau untuk bisa mengenali gap ini apa nunggu gapnya terisi dulu baru bisa identifikasi itu gap macam apa? apa sebelumnya sudah bisa dikenali dari bentuk candlestick sebelum gap terjadi?
Bayu Siswanto
bisa juga dilihat dari arah harga sebelumnya, terus menunggu at least 1 atau 2 candle yg muncul setelah gap, g harus nunggu sampe gap terisi dulu. plus tidak smua gap itu kan mencerminkan reversal, kalo penerusan tren apa gapnya juga akan terisi? rasanya g
Noordin95
Ane jarang buka posisi pas ada gap gini, terlalu riskan & susah ditebak. Lagian kondisi kayak gini jarang2 kok, seringan ya pas penutupan akhir pekan gitu trus kalo buka lagi seninnya biasanya ada gap gitu...
Eris Chayono
Waduh, terlalu ambigu ini antisipasix, kl pas lg op di posisi yg tepat sih bisa profit banyak, tp kl sampe salah masuk itu yg bisa buat pusing sendiri. masih mending pake pola chart atau candlestick aja dah.. toh bener jg sm apa yg dibilang @noordin95 kl gap ini munculx g sering2
Hari Santoso
Jenis-jenis gap ini memang sedikit sulit untuk dipahami atau dibedakan, menurut saya akan lebih mudah untuk menerapkan cara pemanfaataannya dengan strategi gap trading yang memang biasanya dilakukan saat paasar tutup di akhir pekan dan ditutup di pembukaan berikutnya dengan memanfaatkan lanjutan harga yang terjadi. Mungkin ketidaktahuan tentang kemana arah harga akan bergerak selanjutnya setelah gap terjadi dapat menjadi ketakutan tersendiri untuk memanfaatkan gap ini. Tapi ada juga beberapa yang bisa menggunakannya dan malah mencari gap untuk menerapkan strategi tradingnya.
Eris Chayono
@Hari: Oya? Ada bnrn y cr trdng pake gap ini?
Syah.reall
@eris, ada gan cb lihat disini.
Fx Tikus
wow ternyata gap emang enggak sekedar gap. banyak jenis en sinyal nya beda - beda. ada yang penerusan ada yang pembalikan. oke juga nih kalo bisa nangkap momen yang bener terus pasang order. cukup dengan ngenali gap mungkin enggak ribet tengok sinyal indikator laen dulu.
Renaldi Ok
Apa bisa trading hanya dengan sinyal gap tanpa bantuan konfirmator lain??? Rasanya kok kurang realistis, walopun emang ini bisa masuk kategori naked trading, tapi dibanding analisa price action sama chart pattern, gap ini lebih ambigu. Ane baru percaya ini bisa dipake kalo ada contoh trader yang beneran sukses pake gap trading. Bener2 pure pake gap trading lo ya bukan sebagai sampingan aja.