Mengenal Bank Of Japan (BOJ)

Tugas utama BOJ adalah mencetak dan mendistribusikan mata uang Yen, menjamin kestabilan sistem keuangan dan menerapkan kebijakan moneter di Jepang.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sebagai trader forex, kita dianjurkan untuk mengenal karakteristik dan misi bank-bank sentral, terutama bank sentral negara-negara mata uang utama. Dengan mengenal karakteristik dan misi bank-bank sentral suatu negara, kita bisa mengantisipasi kebijakan apa yang akan diberlakukan untuk memperkuat ataupun memperlemah mata uang guna memperbaiki perekonomian negara tersebut. Nah, pada artikel ini akan diulas mengenai bank sentral Jepang, yaitu Bank of Japan atau BoJ.

Bank of Japan

 

Latar Belakang Bank of Japan (BoJ)

BoJ adalah bank sentral yang berusia tertua kedua di dunia setelah Bank of England (BoE). Didirikan pada tahun 1882, BoJ berkantor pusat di Chuo, Tokyo. Website resmi BoJ adalah www.boj.or.jp. BoJ saat ini dipimpin oleh seorang gubernur, yaitu Haruhiko Kuroda, yang menggantikan Masaaki Shirakawa.  

Sejarah BoJ dimulai ketika pemerintah kerajaan Jepang menetapkan undang-undang mata uang baru pada tahun 1871 atau tahun ke-4 Meiji, yang menyatakan bahwa Yen adalah satu-satunya mata uang resmi di Jepang. Dalam perkembangan selanjutnya, untuk menjaga ketersediaan mata uang Yen dan mengawasi peredaran dan distribusinya, maka pada tahun 1882 atau tahun ke-15 Meiji, didirikanlah Bank of Japan (BoJ).

BoJ memonopoli pencetakan, pendistribusian dan pengawasan mata uang Yen. BoJ mencetak uang pertamanya pada tahun 1885. Pasca Perang Dunia II, untuk sementara waktu pihak sekutu mengeluarkan mata uang militer dan merestrukturisasi BoJ ke dalam bentuk yang lebih independen. Setelah itu, BoJ kembali beroperasi dengan terus-menerus melakukan perbaikan, terutama yang menyangkut kemandiriannya seperti layaknya bank sentral di negara-negara modern.

Undang-undang Bank of Japan 1997 memberikan kemandirian yang lebih meski BoJ masih menerima kritik sehubungan dengan independensinya. Salah satu ketergantungannya pada pemerintah tertuang di dalam undang-undang tersebut pada pasal 4: "Dengan memahami fakta bahwa mata uang dan kendali moneter adalah bagian penting dari kebijakan ekonomi menyeluruh, Bank of Japan akan selalu memelihara hubungan yang dekat dengan pemerintah dan saling bertukar pandangan secukupnya, sehingga mata uang, kendali moneter dan acuan dasar kebijakan ekonomi pemerintah akan selalu harmonis."

Tugas Utama Bank of Japan (BoJ)

Pendirian Bank of Japan mempunyai misi dan tugas utama sebagai berikut:

  1. Mencetak mata uang Yen dan mengatur serta mengawasi peredarannya.
  2. Menjamin kestabilan sistem keuangan di Jepang dan memberikan jasa settlement.
  3. Menerapkan kebijakan moneter yang diperlukan untuk memperbaiki perekonomian Jepang.
  4. Mengatur portofolio kekayaan negara (cadangan emas, valuta asing dan lainnya) dan efek pemerintah.
  5. Ikut serta dalam kegiatan internasional.
  6. Mengumpulkan berbagai data ekonomi dan mengadakan penelitian serta analisa.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Bank of Japan dapat menggunakan berbagai instrumen kebijakan moneter, layaknya bank-bank sentral lainnya. Diantaranya suku bunga, program pembelian obligasi, intervensi atas nilai tukar mata uang, dan lain sebagainya. 

BoJ yang sering mengintervensi mata uang Yen itu saat ini sedang menerapkan kebijakan quantitative easing untuk memerangi deflasi yang sedang terjadi dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi Jepang. Tingkat suku bunga saat ini antara 0% hingga 0.10%, dipertahankan di level rendah juga dalam rangka menopang pemulihan ekonomi.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Eka Renaldi
knp operasional bank sentral msti independen? apa konsekuensi nya bila bank sentral masih terkait dgn pemerintah? & apaka ada sisi buruk dr sifat independen bank sentral?
Rahman Shapiro
Apa maksudnya jasa settlement itu?
Anggar Setyoadi
BoJ apa juga turut mengatur transaksi keuangan & memperoleh dana dari kegiatan tsb?

Dan yg jadi perhatian saya, kebijakan BoJ lebih banyak dititikberatkan pada nilai tukar Yen atau pertumbuhan ekonomi Jepang? Kedua hal itu kan sulit untuk dicari jalan ketemunya karena deflasi bisa meningkatkan nilai uang sementara BoJ kini berusaha memerangi deflasi yang bisa memperlemah nilai tukar Yen.

Lalu sejauh ini apa usaha yang dilakukan BoJ sudah menunjukkan kemajuan? Karna seingat saya Jepang sudah lama deflasi dan sekarang nilai Yen juga cenderung terus turun..
Eka Renaldi
anggar. Yen trd turun krna dolar usd jg lg menguat. klo dibanding sm ekonomi as yg lagi gemilang memang nggak heran usd/jpy terus naik. apalagi boj juga tambah stimulus dadakan. wajar aja klo yen tambah melemah.

tapi justru ini kan yg dicari sm sebagian bsr bank2 sentral skrg ini? menurunkan mata uang? krn seperti nya juga ancaman deflasi makin menyebar luas. sedangkan yg msh aman cmn as ma inggris aja.
Romo
Di Indonesia kebijakanny seperti apa ya kira-kira?
Apa bank sentral juga masih berkaitan dengan kebijakan pemerintah atau sudah lepas dari pengaruh politik kayak bank sentral lain? atau masih ada pengaruh tapi cuma sebagian saja?

Soal suku bunga itu, padahal sudah sangat rendah antara 0%-0.10%. Tapi kenapa ya Jepang masih kesulitan lepas dari deflasinya?
Martin S
@ eka renaldi :
Bank sentral harus independen agar tidak dipolitisir oleh pemerintah. Jadi agar bank sentral tetap obyektif dalam menentukan kebijakan moneternya sesuai dengan kondisi ekonomi negara tsb, bukan sesuai dengan kehendak pemerintah, terutama dalam menentukan suku bunga.
Martin S
@ Rahman Shapiro :
Settlement dalam hal ini menyelesaikan atau membayar transaksi dan hutang-hutang negara.
Martin S
@ Anggar Setyoadi :
Kebijakan moneter BoJ adalah untuk menjaga tingkat inflasi dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi Jepang sesuai dengan tugas utamanya. Efeknya adalah penguatan atau pelemahan mata uang. BoJ saat ini lebih cenderung pada mata uang Yen yang lemah, untuk membuat ekspornya lebih kompetitif.
Martin S
@Romo :
Sekarang tampaknya Bank Indonesia sudah lebih independen.
Masalah deflasi memang tidak mudah dicari solusinya. Selain suku bunga yang rendah BoJ juga sudah terus menggelontorkan stimulus atau quantitative easing (QE).

Mungkin karena banyak perusahaan2 manufaktur Jepang yang beroperasi di luar Jepang sehingga kurang memberikan kontribusi bagi perekonomian Jepang.
Rudi Irawan
setau saya sejak oktober 2014 BoJ punya Monetary Policy Board yang terdiri dari 8 orang. Itu apa sejenis FOMC gitu? Dan apa tugasnya hampir sama seperti FOMC?
Martin S
@ Rudi Irawan:
Monetary Policy Board atau badan kebijakan moneter sudah ada sebelumnya dan keanggotaannya selalu diperbaharui sesuai dengan pergantian gubernur. Sebelum yang tahun 2014 adalah Monetary Policy Board yang tahun 2008 dijaman gubernur Masaaki Shirakawa.

Badan tersebut tugasnya memang hampir sama dengan FOMC-nya The Fed, yaitu menetapkan kebijakan moneter termasuk menetapkan suku bunga, melakukan intervensi di pasar uang dan juga menentukan besarnya pembelian bond.