OctaFx

iklan

Apa Itu Touch Trading?

213667

Touch options bisa menjadi alternatif yang sangat bermanfaat saat market sedang dalam volatilitas tinggi. Mari mengenal lebih lanjut cara trading touch options, beserta ragamnya, no touch dan One Touch Options.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Salah satu jenis trading yang cukup menjanjikan dalam binary options adalah touch/no touch. Tipe ini bisa menjadi variasi trading yang sangat bermanfaat terutama jika market sedang mengalami volatilitas yang sangat tinggi. Apabila Anda masih ragu dalam menentukan arah harga dalam kondisi tersebut, Anda bisa memperkirakan level harga yang akan tersentuh dengan option "touch". Selain itu, ada juga option "no touch" untuk memperkirakan level harga yang tidak akan tersentuh.

Touch trading binary options

Hal ini akan mempermudah trading karena Anda tidak perlu memperkirakan apakah harga akan naik atau turun dari strike price (harga market saat ini) agar option Anda berakhir in-the-money. Sebagai contoh, jika Anda menentukan target yang akan tersentuh dengan option "touch" pada level harga yang lebih tinggi dari strike price, option Anda akan tetap menghasilkan profit meski saat expiry time berakhir harga bergerak ke level yang lebih rendah. Hal itu bisa saja terjadi mengingat harga hanya perlu "menyentuh" target yang Anda tentukan, tanpa perlu memastikan arah pergerakan harga berikutnya.

Akan tetapi, jenis trading "touch" biasanya tidak akan dipasangkan dengan "no touch" pada beberapa variasinya. Saat ini, banyak broker binary options yang menyediakan berbagai variasi "touch" untuk memberikan pilihan trading inovatif terhadap klien. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila tiap-tiap broker memiliki ketentuan yang berbeda dalam menerapkan jenis trading ini. Pada umumnya, variasi pada jenis trading "touch" banyak dikenal sebagai touch/no touch dan One Touch Options. Touch/no touch biasanya memiliki pengaturan target harga yang berbeda di setiap broker, sedangkan One Touch Options mempunyai aktivasi waktu trading yang beragam. Ada broker yang menyediakan jenis ini untuk trading harian, ada juga yang hanya membukanya untuk memfasilitasi trading akhir pekan. Satu hal yang pasti, "one touch" options biasa dibarengi dengan return profit yang tinggi. Lalu, jenis trading mana yang lebih baik? Mari kita simak ulasannya pada penjelasan di bawah ini.

Touch/No Touch Options

Touch/no touch options merupakan jenis trading yang mendasari kemungkinan trading dengan menetapkan pencapaian harga pada level tertentu dalam binary options. Oleh karena itu, meski terdapat perbedaan kebijakan trading dari broker, jenis ini masih cukup umum dan dapat ditemukan di hampir semua broker binary options.

Tipe trading ini sebenarnya dibuat untuk mempermudah Anda yang mengalami kesulitan dalam menganalisa pergerakan harga selanjutnya. Trading di binary options memang pada awalnya dilakukan dengan option "call" dan "put" untuk memperkirakan apakah harga akan naik atau turun dalam periode tertentu. Akan tetapi, hal itu dapat mempersulit Anda jika penempatan expiry time yang dipilih tidak sesuai dengan analisa trading Anda. Anda bisa jadi menempatkan option "call" atau "put" dengan expiry time yang terlalu lama dan memperbesar peluang kegagalan trading. Jika analisa Anda kurang tepat, harga dapat berbalik ke level yang berlawanan dengan option Anda saat expiry time habis, meski sebelumnya sempat bergerak searah dengan perkiraan Anda. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan jenis trading touch/no touch options. Disini, Anda hanya perlu memperkirakan level harga yang akan tersentuh atau tidak akan tercapai secara spesifik. Jadi, meski saat expiry time habis harga bergerak lebih tinggi atau rendah dari strike price sebelumnya, Anda tetap akan meraih profit selama harga mampu menyentuh atau menghindari target harga yang ditetapkan dengan jenis trading ini.

Ada 2 jenis touch/no touch yang sering dijumpai pada broker binary options. Kedua jenis tersebut dibedakan dari pengaturan target harga. Ada broker yang sudah menentukan target harga untuk di "touch" atau di "no touch", namun ada pula broker yang memungkinkan Anda untuk menentukan sendiri target harga tersebut.

Pada broker yang menentukan target price untuk kliennya, Anda tidak perlu mengatur target harga yang akan tersentuh atau tidak tersentuh sebelum expiry time habis. Keuntungan dari jenis ini adalah, Anda bisa fokus untuk menganalisa pergerakan harga dengan target yang telah ditentukan. Anda juga tidak perlu repot-repot mencari level harga yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan "touch" atau "no touch" pada option tersebut. Meski hasil analisa trading Anda kemudian melontarkan sinyal negatif terhadap target harga yang ditentukan broker, Anda masih bisa memilih option "no touch" untuk memperkirakan harga yang tidak akan menyentuh level tersebut. Sayangnya, broker yang menentukan target harga biasanya juga membatasi jumlah instrumen trading yang dapat diperdagangkan. Selain itu, beberapa instrumen juga baru bisa ditradingkan pada jam-jam tertentu saat volatilitas instrumen tersebut sedang tinggi.

Touch/No Touch dengan target harga dari broker

Touch/no touch dengan target harga yang ditentukan oleh broker


Di sisi lain, broker yang bisa memberi kebebasan pada kliennya untuk menentukan target harga biasanya tidak membatasi waktu trading dan jumlah instrumen yang dapat diperdagangkan. Binary.com contohnya, masih memungkinkan Anda untuk bertrading dengan semua instrumen trading yang ditawarkannya. Broker ini memiliki kolom "barrier" yang dapat diatur sendiri angkanya, sehingga level tersebut akan menjadi target harga dari trading touch/no touch Anda.


Touch/No Touch dengan target harga yang ditentukan sendiri

Touch/no touch dengan target harga yang ditentukan sendiri pada opsi "barrier" di Binary.com


Keuntungan dari jenis touch/no touch ini terletak pada banyaknya instrumen dan waktu trading yang lebih bervariasi. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih leluasa dalam menerapkan hasil analisa trading Anda karena fitur penentuan "barrier" yang disediakan oleh broker ini. Kekurangan dari jenis trading yang satu ini terkait dengan keperluan untuk melakukan analisa tambahan dalam menentukan level harga secara spesifik. Jika Anda termasuk trader yang sangat independen dalam melakukan analisa, sedikit menambahkan pengamatan untuk menentukan "barrier" tentu bukan menjadi hal yang memberatkan.

One Touch Options

One Touch Options sering dikenal sebagai salah satu jenis option dengan potensi profit yang sangat tinggi. Jika pada jenis touch/no touch biasa return profit hanya berkisar di level 70%-85%, one touch options bisa memberikan return profit mulai dari 200% hingga 500%. Akan tetapi, angka profit yang fantastis itu juga dibarengi dengan kemungkinan keberhasilan yang kecil. Hal ini disebabkan oleh target harga yang ditentukan broker biasanya diatur pada level yang lebih jauh dari strike price. Sebagai contoh, jika pada jenis trading touch/no touch target harga ditentukan pada 1.32972 dari strike price di 1.32969, maka target pada one touch options bisa lebih tinggi dari level 1.32972.

Selain itu, tidak ada pilihan untuk "no touch" pada One Touch Options. Anda hanya bisa memilih "touch" jika Anda yakin target harga yang ditentukan broker dapat tersentuh sebelum expiry time habis. Anda dapat memilih sendiri return profit yang ingin didapatkan, dengan ketentuan bahwa makin tinggi persentase yang didapatkan, makin jauh pula target harga dari strike price saat ini.

Tentu saja, jenis trading ini kurang cocok jika diterapkan tanpa analisa trading yang mendalam. Oleh karena itu, One Touch Options lebih diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki banyak pengalaman dan ahli dalam melakukan analisa trading. Untuk itu, pemula dapat melatih dulu kemampuan trading dengan jenis touch/no touch biasa supaya bisa menggunakan One Touch Options dengan lebih meyakinkan. Dalam hal ini, broker-broker binary options masih memiliki perbedaan dalam menetapkan ketentuan trading pada jenis trading ini. Jika Anda masih bisa menentukan target harga pada jenis touch/no touch options di beberapa broker tertentu, tidak demikian halnya dengan One Touch Options. Perbedaan kententuan pada jenis trading ini lebih difokuskan pada waktu tradingnya. Ada broker yang membuka akses untuk trading One Touch Options setiap harinya, namun ada juga broker yang menyediakan jenis trading tersebut hanya pada akhir pekan.

Broker yang memungkinkan Anda untuk bertrading dengan jenis ini pada hari-hari biasa umumnya membatasi jam trading untuk masuk ke market. Mereka baru membuka akses masuk untuk jenis trading ini pada pukul 17.10-17.20 WIB. Hal ini disesuaikan dengan volatilitas pasar yang memang biasanya meningkat pada jam-jam tersebut, dimana overlap antara sesi London dan New York akan terjadi. Ditinjau dari karakteristiknya, One Touch Options ini memang sangat cocok untuk ditradingkan pada pasar dengan volatilitas yang tinggi, mengingat target harga yang ditentukan lebih jauh dari strike price kadang membutuhkan lonjakan yang cukup besar agar bisa tersentuh. Beberapa broker yang menyediakan trading harian dengan jenis one touch options menyebutnya sebagai High Yield Touch, untuk menandai return profit tinggi yang dapat diraih dari jenis trading ini.

High Yield Tocuh

One Touch Option juga disebut sebagai High Yield Touch

 

3 Hal Yang perlu Diperhatikan Dalam Bertrading Dengan Touch Options

Keuntungan terbesar dari jenis trading "touch" options adalah kesederhanaan trading yang dilakukan hanya dengan memperkirakan level harga yang tersentuh atau tidak tersentuh. Anda tidak perlu memastikan harga akan berakhir di level yang lebih tinggi atau lebih rendah saat expiry time habis. Selain itu, jenis trading ini sangat sesuai untuk digunakan pada volatilitas pasar yang tinggi, sehingga dapat lebih memastikan peluang trading Anda daripada hanya sekedar menggunakan high/low options. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin bertrading dengan jenis options ini. Berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda memanfaatkan jenis "touch" options:

1. Kebijakan broker sangat perlu untuk dipahami, mengingat pemberian akses untuk menentukan target harga dan variasi instrumen serta expiry time dapat menjadi faktor penentu keberhasilan option "touch" Anda.  Maka dari itu, pilihlah baik-baik broker binary options yang dapat memenuhi kebutuhan trading Anda, dan pelajari ketentuan-ketentuan yang diberlakukan terhadap jenis-jenis tradingnya.

2. Apapun jenisnya, One Touch Options memiliki resiko yang lebih besar jika dibandingkan dengan touch/no touch options biasa. Karena itu, pastikan jika Anda benar-benar memiliki strategi trading yang teruji serta money management yang baik untuk mengantisipasi kemungkinan loss dalam jumlah besar. Memperbanyak latihan di akun demo ataupun memperbanyak pengalaman trading dengan jenis trading touch/no touch biasa akan membantu Anda dalam meningkatkan peluang trading di One Touch Options.

3. Manfaatkan volatilitas pasar untuk dapat meningkatkan peluang trading dengan jenis "touch" options. Saat situasi seperti ini, biasanya sangat rawan terjadi noise dan lonjakan harga yang tidak menentu arahnya. Jika Anda mengambil option standard high/low, resiko loss akan semakin besar mengingat arah pergerakan harga akan sulit untuk diprediksi dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, "touch" options sangat sesuai bagi Anda yang kurang suka mengambil resiko dan sering menghindari entri posisi saat market sedang mengalami pergerakan yang cepat dan beragam. Dengan hanya memperkirakan suatu level yang tersentuh atau tidak tersentuh sebelum expiry time habis, Anda akan dapat meraih keuntungan secara lebih mudah dan meyakinkan meskipun volatilitas pasar sedang tinggi.

Kesimpulan

Setelah memperhatikan keterangan lebih lengkap mengenai "touch" trading dan variasinya dalam binary options, jenis trading yang lebih baik bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan waktu trading Anda. Bagi Anda yang masih baru di binary options, memanfaatkan jenis trading touch/no touch biasa akan lebih aman dan menjanjikan. Meski return profit yang dihasilkan tidak sebesar One Touch Options, namun kerugian yang ditanggung akan lebih dapat diminimalisir. Apabila Anda telah berhasil meningkatkan kemampuan dan analisa trading, maka Anda dapat mencoba meningkatkan profit dengan bertrading One Touch Options.

Sementara itu, waktu trading bisa disesuaikan dengan fasilitas broker yang Anda pilih. Jika Anda ingin menggunakan One Touch Options untuk trading harian, pilihlah broker yang menyediakan fitur tersebut. Namun apabila Anda lebih senang bertrading pada akhir pekan dengan batas expiry time mingguan, maka Anda bisa memanfaatkan layanan broker yang menyediakan fitur Weekend Touch Trading.

Alumni Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya yang sekarang menjadi pengisi konten artikel di seputarforex.com. Aktif menulis tentang informasi umum mengenai forex, juga terinspirasi untuk mengulas profil dan kisah sukses trader wanita.

Askari
Bisa menguntungkan banget buat cari keuntungan disaat harga lagi gak menentu. Mau naik ato turun waktunya lagi susah untuk diprediksi. Sayang "touch" ini ane liat gak semua broker punya.

Bener kata artikel ini, kalopun ada biasanya jadi lebih dikit instrumennya. Apalagi yang targetnya kita nurut dari broker, kira-kira bisa profitable gak ya? Ane denger running price di platform binary ini beda sama kondisi yang sebenernya?

Jadi ragu apa harga2 di broker binary ini bisa dimanipulasi sendiri naik turunnya. Kalo iya kan makin gampang kita loss kalo targetnya ditawarin dari broker...
Irvandi B
o ternyata begitu ya gan. wah kalo sampe beda gitu berarti kita analisanya gabisa disembarangan platform ya... mesti diplatform brokernya biar bisa masuk sama maksud naik turun harga brokernya... binary options ini menurut ane masih rada "misterius" belom semuanya keungkap dg jelas. solusi paling baik kalo pengen nyoba trading disini masuk dari akun demonya dulu aja (tapi yang gratis loh ya). soalnya walopun aset tradingnya sama tapi kayaknya lumayan banyak juga perbedaanya jadi kalo nggak dipelajarin baik2 juga bisa bikin tambah bingung
Purnomo Ardhi
itu rasanya yang di any option juga macam high yield touch. karena sama-sama payout besar dan ada juga harga yang ditentukan oleh brokernya. untuk menurunkan resiko sebaiknya hindari saja semua tipe trading yang aneh-aneh terutama yang payoutnya lebih dari 100%. saya rasa touch options saja sudah tidak umum, bahkan binary options saja juga tidak umum. sesuatu yang masih jarang didengar maka resikonya makin besar. kalau untuk kepentingan mencoba hal baru diawali dengan yang umum saja, terlalu masuk di hal-hal yang terlalu aneh-aneh malah hanya menambah resiko yang tidak perlu.
Tri Kusumo
menarik bisa dijadiin alternatif disaat volatilitas lg kenceng....tapi walopun kayany menarik sebenernya ini lebih susah kalo dibandingin sama call put biasa disini ada target harga yang perlu diliat dulu, nggak segampang klo kita milih call put, cuma liat naik apa turunny harga aja. berarti ni paling nggak kita juga musti bisa merkirain sampe sejauh mana harga bakal bergerak, apa kira2 bakal menyentuh target apa nggak. soal ini bukan lagi naik turun harga yg diprediksi, tapi range naik turunny juga.
Purnomo Ardhi
benar. maka dari itu akan lebih aman untuk menggunakan tipe trading yang lebih umum saja seperti high/low. bagi pemula untuk memperkirakan arah pergerakan harga saja sudah cukup sulit, apalagi jika harus memperkirakan rangenya juga. meskipun sebenarnya ini bisa jadi salah satu keunggulan broker karena bisa menyediakan tipe trading yang lebih variatif dan masih jarang ditawarkan broker lain, namun penting untuk tetap memprioritaskan penggunaan jenis trading yang lebih mudah dulu sebelum memanfaatkan yang lebih advanced seperti touch options ini.