Advertisement

iklan

Hati-Hati Dengan Emas Sepuhan (Imitasi)

Waspadai kemunculan emas sepuhan atau emas imitasi dengan memeriksa keaslian logam mulia emas Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Emas adalah salah satu perhiasan yang disukai, terutama oleh wanita. Tingkat kekayaan seseorang biasanya diukur dari seberapa banyak emas yang digunakan dan dimiliki oleh orang tersebut. Salah satu bisnis yang juga baik digeluti adalah jual beli emas. Sebab harganya cenderung naik. Emas sangat baik untuk investasi emas. Bagi pecinta perhiasan emas yang tak sanggup membeli emas asli, biasanya beralih menggunakan emas imitasi atau sepuhan yang jauh lebih murah. Tetapi beberapa oknum justru memanfaafkan keadaan ini, dengan menjual emas sepuhan ketika permintaan terhadap emas cenderung meningkat.

emas imitasi

 

Ciri-Ciri Emas Palsu

Beredarnya emas sepuhan atau imitasi memaksa kita untuk lebih waspada terhadap setiap kemungkinan modus pemalsuan. Jangan sampai kita tertipu dengan membeli emas palsu, karena seringkali secara sekilas emas palsu tidak mudah untuk dibedakan dari emas asli. Berikut beberapa ciri-ciri emas imitasi:

  1. Emas imitasi  terkadang  merupakan hasil campuran emas murni dan besi, jadi anda bisa uji sederhana dengan mendekatkan emas pada magnet, jika emas menempel bisa jadi emas anda hasil pemalsuan.
     
  2. Mencium emas batangan juga bisa menjadi cara sederhana, jika beraroma anyir bisa jadi emas anda bercampur besi.
     
  3. Coba gesekan emas pada kaca, jika muncul goresan pada kaca artinya emas anda campuran.
     
  4. Coba gesekkan pada keramik, jika muncul goresan hitam pada keramik berarti emas anda palsu.
     
  5. Coba jatuhkan emas anda dan dengarkan suara dentingannya, suara emas asli lebih halus dan berdenting pelan, jika suaranya nyaring mirip suara logam keras maka jelas ini emas palsu.
     
  6. Coba tusuk emas dengan jarum, emas asli bersifat lunak dan lembut, maka jika batang jarum menjadi bengkok artinya ada unsur logam keras dalam emas.
     
  7. Coba kenakan perhiasan emas anda dan bila menemukan jejak hitam pada kulit, bisa jadi emas anda palsu karena telah muncul alergi sedang emas murni tidak menimbulkan alergi.
 

Cara menguji Keaslian Emas 

Untuk memastikan keaslian emas anda, paling baik adalah dengan mengunjungi toko emas dan coba ukur karat emas dengan alat khusus. Para ahli biasanya menggunakan alat berupa sinar atau penimbang khusus untuk menilai berat dan karat emas. Dengan alat ini, emas palsu akan terlihat pada pengukuran karat. Semakin besar karat pada perhiasan emas Anda, artinya emas anda semakin murni.

Jika perhiasan emas anda mengandung karat kurang dari 10 maka emas anda termasuk palsu. Untuk mengenali emas imitasi, beberapa ahli juga menggunakan metode pencampuran emas dengan asam klorida yang akan melarutkan logam non emas, namun cara ini juga dapat merusak harga emas. Karenanya banyak yang tidak memilih cara ini dalam test kemurnian emas.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.

19 Juni 2019 04:52

1,346.38 ( 0.00%)

Support : 1,335.18
Pivot : 1,344.64
Resistance : 1,355.87

80% Buy 100% Buy 33% Buy

80% Buy
Selengkapnya

Rani Setiawan
Ya, emas aku berbau besi, bukan hanya itu, saat aku gesek emas itu, di keramik itu berkarat hitam. Aku yakin itu pasti emas palsu, aku beli emas itu di pasar legok.