Advertisement

iklan

Ingin Trading Saham Dengan Profit Konsisten? Perhatikan 5 Hal Ini

288323

Banyak trader saham berhenti di tengah jalan karena bingung bagaimana meraih profit konsisten. Sebenarnya, ada beberapa kunci yang bisa diterapkan.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Halo sobat trader dan investor di seluruh Indonesia, kali ini Seputarforex ingin berbagi tentang langkah-langkah melakukan trading saham dengan profit konsisten. Sebagaimana yang kita ketahui, dalam dunia saham tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mengejar profit, namun banyak juga yang akhirnya kandas di tengah jalan. Akhirnya, mereka memutuskan untuk berhenti melakukan aktivitas trading dan investasi karena sulitnya mendapatkan profit.

Sulitnya profit konsisten dari trading saham menyebabkan beberapa orang kerap memiliki mindset-mindset negatif terkait dunia saham. Untuk bisa meraih profit konsisten di saham, diperlukan beberapa langkah strategis, diantaranya: (1) manajemen psikologi; (2) membuat trading rules; (3) money management yang baik; (4) menentukan profit yang realistis; dan (5) mengatur risiko dengan baik.

 

Langkah-Langkah Strategis Trading Saham Dengan Profit Konsisten

1. Miliki Manajemen Psikologi Saat Trading Saham

Trading merupakan aktivitas yang memiliki potensi profit sebanding dengan risiko yang akan ditanggung. Ketika sobat memperoleh profit besar dalam waktu singkat juga memiliki potensi kerugian yang sepadan. Jangan berkecil hati melihat profit orang lain yang lebih besar. Percayalah pada diri sobat sendiri.

Lebih baik profit kecil namun konsisten, daripada profit besar namun beberapa saat kemudian akun trading sobat hangus hanya karena ambisi untuk meraih profit besar yang tidak disesuaikan dengan modal yang sobat miliki. Ketika seorang trader lebih mengedepankan ambisi untuk meraih profit besar, disaat itu pula kondisi psikologinya menjadi tidak stabil dan seringkali menyebabkan kerugian.

trading saham profit konsisten

(Baca Juga: Tujuh Kesalahan Besar Investor Saham)

 

2. Membuat Trading Rules Agar Profit Konsisten

Ketika kita masih sekolah, kita dihadapkan dengan berbagai aturan-aturan yang bertujuan untuk mendisiplinkan diri kita. Begitu pula halnya dengan trading, tanpa memiliki rules atau aturan yang jelas bisa diibaratkan seperti seseorang yang sedang mengendarai kendaraan namun tidak menghiraukan lampu lalu lintas. Bisa selamat sampai tujuan, namun bisa juga tidak selamat. Hanya saja persentase untuk selamat sampai ke tempat tujuan lebih kecil.

Dengan memiliki trading rules sobat memiliki pedoman kapan harus membuka sebuah transaksi yang sekiranya memberikan keuntungan dengan imbal hasil minimal risk and reward 1:2 atau menutup sebuah transaksi yang merugi. Jangan sekali-kali melanggar aturan yang telah dibuat. Mungkin saja beberapa hari menjalankan trading rules terasa sangat berat, namun jika sobat tetap konsisten menjalankan rules yang telah sobat buat tidak menutup kemungkinan, sobat akan menjadi seorang trader yang profesional.

trading saham profit konsisten 2

 

3. Money Management Yang Baik

Trader profesional umumnya menggunakan maksimal 20% dari modal yang dimiliki untuk melakukan transaksi jual beli saham. Ellen May, seorang pakar saham Indonesia, merekomendasikan trader pemula untuk mengalokasikan hanya 0.5% - 1% dari jumlah total dana yang dimiliki.

Misalkan untuk dana Rp 100,000,000 bagi seorang trader pemula hanya boleh menggunakan dana maksimal 100,000,000 x 1% = Rp 1,000,000. Sedangkan seorang profesional akan menggunakan dana maksimal sebesar 100,000,000 x 20% = Rp 20,000,000.

Hal ini sangat penting, ketika seorang trader mengalami loss pada sebuah transaksi yang berjalan, kondisi psikologisnya akan tetap stabil sehingga memungkinkan untuk mengambil keputusan-keputusan yang lebih baik. Bayangkan ketika sobat menggunakan seluruh modal yang sobat miliki untuk membeli sebuah saham yang tiba-tiba merugi 10% berapa banyak uang yang hilang?

 

4. Menentukan Target Profit Yang Realistis

Pasar saham tidak hanya menjanjikan namun juga penuh dengan ketidakpastian. Banyak rumor yang berkembang mengenai cara kaya dalam waktu sekejap dari saham. Transaksi saham bukan merupakan skema cepat kaya. Jika sobat memiliki mindset untuk cepat kaya dari saham tanpa modal yang cukup, lebih baik urungkan niat sobat untuk menjadi seorang trader.

Kemungkinan tersebut ada, tapi hanya jika kita tetap memperoleh profit secara konsisten. Bagi pemula, profit 2% dari sebuah saham sudah tergolong cukup bagus. Jangan berharap dari sebuah transaksi yang dijalankan dalam waktu singkat sobat bisa memperoleh keuntungan dua kali lipat dari modal. Memang ada potensi beberapa kali lipat pada beberapa saham gorengan, namun kami tidak menyarankan sobat untuk membeli saham gorengan, karena cenderung memberikan persentase kerugian yang lebih besar daripada keuntungan yang akan diperoleh.

target profit yang realistis

(Baca Juga: Ciri-Ciri Saham Paling Menguntungkan Untuk Jangka Panjang)

 

5. Mengatur Risiko Dengan Baik

Bursa saham ibaratnya hutan belantara yang sangat berbahaya. Tanpa persiapan dan pengetahuan yang matang tidak mungkin seseorang akan dapat bertahan hidup. Begitupula dengan dunia saham, tanpa pemahaman dalam mengatur risiko dengan baik sulit bagi seorang trader untuk dapat bertahan di tengah kerasnya dunia saham.

Jangan menahan transaksi yang merugi kecuali jika sobat adalah seorang Value Investor, tutup atau cut-loss transaksi yang tidak sesuai dengan analisa. Seorang trader profesional sekalipun pasti pernah mengalami kerugian. Namun mereka dapat bertahan dengan mengendalikan risiko sebaik mungkin untuk melindungi modal yang dimiliki.

 

Nah itu dia sobat, strategi-strategi yang dapat ditempuh jika sobat ingin meraih profit yang konsisten. Tetap ingat bahwa tidak ada yang pasti di saham, memperoleh profit yang konsisten tergantung dari bagaimana sobat mengambil keputusan. Semoga dengan artikel yang kami sampaikan dapat menjadi referensi bagi sobat yang baru mulai berkecimpung di dunia saham maupun yang sudah senior. Salam profit!

Wiraswasta kelahiran Lombok Timur dan seorang Independent Stock Trader di Bursa Efek Indonesia. Awal ketertarikannya di dunia trading dimulai ketika cryptocurrency masih berjaya, tapi sejak terjadi crash di pasar kripto, ia mengubah haluannya menjadi long-term trader di pasar saham. Trading plan yang digunakan mencakup analisis teknikal dan fundamental.


Setjo Ongkosandjojo
Dengan hormat, Layakah saham BNII dan ASII ditahan sampai akhir tahun. Makasih....
Satrya Heli Oriza
Halo Pak Setjo, terima kasih pertanyaannya, hal ini tergantung dari bapak, apakah bapak seorang trader atau investor. Menurut analisa saya, saham BNII lebih cocok di tradingkan untuk jangka pendek, mengingat ada tahanan yang cukup kuat di harga 260. Sementara untuk saham ASII, secara trend masih dalam kondisi downtrend, atau masih ada peluang untuk turun lebih dalam ke level harga 6000.

Namun, jika bapak adalah seorang investor jangka panjang, saham ASII boleh dikoleksi sedikit demi sedikit. Saran kami, untuk lebih amannya bapak bisa memilih saham-saham yang cenderung dalam kondisi uptrend untuk ditradingkan, maupun diinvestasikan untuk jangka panjang. Terima kasih.