Advertisement

iklan

Intuisi Dalam Trading

100165

Sering kali kehidupan ini selalu dihadapkan oleh masalah-masalah baru. Trading selalu diharapkan semoga dimasa depan nanti bisa dijadikan penghasilan utama untuk memberi nafkah keluarga. Namun sayangnya banyak dari kita tidak dapat menghasilkan apapun dari trading. Kerja keras dan pengorbanan selama ini masih tetap saja tidak membuahkan hasil yang konsisten.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Sering kali kehidupan ini selalu dihadapkan oleh masalah-masalah baru. Trading selalu diharapkan semoga di masa depan nanti bisa dijadikan penghasilan utama untuk memberi nafkah keluarga. Namun sayangnya banyak dari kita tidak dapat menghasilkan apapun dari trading. Kerja keras dan pengorbanan selama ini masih tetap saja tidak membuahkan hasil yang konsisten. Banyak yang rugi, banyak yang frustasi, dan banyak pula yang takut akan bisnis forex ini. Semua itu karena tidak adanya rasa disiplin dalam mempelajari trading.

Banyak dari mereka yang sering belajar forex entah belajar dari forum, mentor, website forex, ataupun belajar dari mengikuti seminar, masih saja tidak menghasilkan keuntungan. Malahan kerugian yang terus menerus didapatkan. Sebenarnya apa yang terjadi?

intuisi trading
Memang benar trading itu butuh analisa fundamental dan analisa teknikal, tapi trader masih membutuhkan satu lagi yang disebut sebagai intuisi. Intuisi dalam diri wajib untuk dilatih agar dapat  menghasilkan keuntungan dan terhindar dari kerugian.

Apa itu Intuisi
Intuisi merupakan dasar dari gerak reflek yang secara bawah sadar dapat mengerti dan mengetahui ketika trader sedang mengalami kerugian. Ada sebuah keyakinan ketika trader bisa melakukan close posisi secara tepat, memiliki sebuah firasat yang mana signal pada sistem sudah tepat untuk memulai pembukaan posisi.

Di sinilah intuisi penting untuk trader dalam menyelesaikan transaksi tradingnya. Bahkan ketika trader sedang pergi dan tidak sedang dimonitor akan selalu memberikan signal berupa perasaan. Ketika transaksi sedang floating trader akan merasakan rasa tidak enak pada tubuhnya. Ini dikarenakan oleh intuisi yang merupakan perasaan alam bawah sadar untuk mendeteksi keseimbangan pada diri trader di saat floating maupun profit.

Cara melatihnya, cukup Anda melakukan analisa setiap hari sehingga trading Anda akan tetap terjaga dengan keadaan transaksi yang bisa dipastikan keuntungannya. Lakukan terus menerus dalam mempelajari market, maka intuisi akan selalu terasah. Dengan intuisi yang terus terasah, secara otomatis trading Anda akan meningkat dari hari kehari.

Tidak Instan
Penyebab utama yang menyebabkan orang sering mengalami kerugian akibat kesalahan transaksi pada market adalah karena mereka tidak bisa meniru intuisi para mentor mereka. Akibatnya walaupun mereka belajar dari guru yang berpengalaman sekalipun dipastikan masih tidak mampu menghasilkan keuntungan yang sama persis seperti gurunya.

Mempelajari intuisi tidak bisa langsung jadi. Intuisi tidak bisa pula dipraktekkan dalam waktu singkat untuk mampu menyamai intuisi para senior trader. Walaupun Anda punya modal, banyak uang, dan bisa membeli barang apapun, tapi Anda tidak akan dapat mempelajari intuisi seperti mentor Anda jika tidak mengalami sebuah proses.


Kesimpulan
Setiap trader akan mempelajari trading yang berbeda-beda karena mindset dari mereka juga tidak sama. Jadi jika Anda ingin sukses dalam trading janganlah merasa bosan untuk melatih intuisi. Karena intuisi tidak bisa dipelajari atau ditransfer dari orang lain tapi Anda harus mempelajarinya sendiri. Inilah yang membedakan antara diri Anda, teman Anda, mentor Anda maupun trader di seluruh dunia.

Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.


Abdul Yusri
nambahin aja, baik juga kalo ada rekomendasi khusus soal intuisi dari tingkatan tradernya. karna nggak pas juga kalo masih pemula tapi udah pake intuisi. kan masi belom terpercaya intuisinya.

beda kalo udah master, malah banyakan pake intuisi daripada nurut teknis analisa. soalnya intuisi mereka udah terpercaya. ada bukti sukses pengalaman bertahun2 dari intuisinya.

jadi mestinya pake intuisi trading itu benernya bukan sebagai solusi dari trading yang buntu karna nggak dapet profit yg diharapin meskipun analisanya udah lengkap, tapi sebagai unsur yg dibiarin berkembang dengan sendirinya. toh ntar pasti trader tau2 sendiri kapan mesti pake intuisi kapan perlu konsisten sm sistem kalo udah master.
Prayit No
Udah bro, udah dijelaskan gitu dapet intuisi trading gak bisa instan.
Artinya selama trader tu masi nubi & blm punya intuisi ya saranx tetep disiplin ma sistem
Gak bisa trader baru kemarin tapi uda buru2 main intuisi. Gak tau lagi seh klo punya mentor terus diarahin trading sesuai intuisi mentor, eh, apa bisa gitu ya? hehehe
Tapi gimanapun ini sebenerx udah jelas bro trading intuisi bukan buat nubi.
Cuma emang perlu dipahami & diserapi dalem2 aja hehehe
Abdul Yusri
waduh masak kasih tips trading kaya gini pesannya tersembunyi, kan bagusan kalo disebutin langsung aja biar makin jelas. yg paling dipermasalahin itukan rekomendasi di awal, kayak intuisi bisa jadi solusi buat trading yang lagi macet walopun uda ada analisa2 teknikal dan fundamental. sepahaman ane intuisi itu insting, sifatnya naluriah jadi keluar secara nggak sadar mungkin karna pernah ada pengalaman sebelumnya. masak sehabis loss langsung buru2 cari intuisi sebagai jalan keluar. mestinya ya dievaluasi dulu salahnya dimana, bisa jadi persoalanya cuman kurang disiplin aja. kalo udah kurang disiplin tapi terus mutusin pake intuisi, wah bisa tambah gawat tuh prospeknya. disiplin trading aja belom bisa masak udah mau pake intuisi?
Spektrum
@ prayit no. kl diarahin trdng sesuai intuisi mentor ane mndng lngsung investasi ja g ush jd trdr. prcuma dong bljr trdng kl ujung2ny cmn bljr intuisi, itupun intuisiny org lain. y emg mngkn bs dprcy, tp drpd susah2 bljr tp ujung2ny kt gg ngerti apa2, mndng lngsung invest aja k dia. tjuan trdr sm investor spy bs untung kn.....

kl mw cr cepet y lngsung invest ja, tp kl mw cr lama tp brmanfaat bwt diri sendiri y mst bljt, tp jgn cr mentor yg ngrhn trdng pk intuisiny dia lo ya.
Ahmad Pujo
Setuju dengan om abdul. Intuisi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan datangnya dari pengalaman yang terekam di alam bawah sadar. Barangkali itulah yang membedakan intuisi seorang trader pro dan pemula. Karena trader pro pasti sudah punya banyak pengalaman, ketika bertemu dengan kondisi serupa, dia akan langsung memiliki intuisi dan bertindak sesuai intuisi itu, karena yakin telah mendapatkan pelajaran dari pengalaman. Sementara intuisi pemula sifatnya masih tebak-tebakan saja, karena tidak ada bukti pengalaman yang melatarbelakangi intuisi tersebut.