Advertisement

iklan

Istilah - Istilah Unik Dalam Trading Kripto

284799

Saat bergabung ke forum pengguna mata uang kripto, muncul istilah-istilah unik seperti HODL, Choyna, Fill or Kill. Apa artinya? Biar tidak ketinggalan, baca definisinya di artikel ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Jika Anda baru bergabung di dunia kripto, alangkah baiknya untuk mengetahui arti dari beberapa istilah unik dalam trading kripto. Dengan menggunakannya dalam percakapan, Anda dapat menunjukkan eksistensi diri sebagai bagian dari komunitas kripto profesional dan seorang ahli dalam bidang investasi kripto.

Daftar ini telah kami rangkum dari Facebook, Steemit, dan beberapa situs lainnya. Mengingat istilah trading bitcoin atau kripto adalah ekspresi yang digunakan dalam suasana santai, maka definisinya tidak 100% tepat. Namun demikian, uraian ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum mengenai arti dari masing-masing istilah trading kripto, agar Anda dapat menggunakannya untuk berkomunikasi atau setidaknya lebih mudah memahami berbagai kajian kripto di berbagai sumber.

Istilah unik dalam kriptografi

 

Daftar Istilah Unik Dalam Trading Kripto

HODL

HODL berasal dari insiden salah ketik kata "hold" yang berarti "menyimpan atau menahan". Namun demikian, ada pula beberapa pihak yang mengartikannya sebagai "Hold On for Dear Life", untuk melabeli aktivitas trader kripto yang membeli koin dan tidak menjualnya dalam kurun waktu cukup lama.

Istilah HODL muncul pertama kali di forum Bitcoin Talk pada tahun 2013, dan berasal dari seorang anggota bernama GameKyuubi. Ia ingin mengatakan "I AM HODLING". Dari post yang ditulis, tampaknya ia salah ketik dan ingin menyampaikan fakta bahwa iia tetap memegang BTC-nya meskipun ada penurunan serius yang kala itu baru saja terjadi.

Sejak saat itu, istilah yang salah eja ini menjadi sangat populer di dunia Bitcoin dan kripto. Setiap kali seseorang mengatakan dalam sebuah percakapan bahwa dia hodling atau menyarankan untuk HODL, itu berarti bahwa mereka masih percaya jika koin mereka akan menguntungkan suatu hari nanti. Jadi kesimpulannya, "HODL" yang bermula dari salah ketik malah mejadi istilah populer di komunitas pengguna mata uang kripto.

 

FOMO

Bentuk singkat dari "Fear Of Missing Out" atau "Takut Ketinggalan" ini mewakili perasaan ketika Anda melihat sebuah mata uang kripto sedang tren, dan memutuskan untuk cepat-cepat bertindak agar bisa mengambil keuntungan dari kondisi tersebut. Karena perdagangan kripto masih sangat didorong oleh emosi daripada penilaian, FOMO adalah faktor besar yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan trading kripto.

 

FUD

FUD adalah bentuk singkat dari "Fear, Uncertainty, and Doubt", atau dalam Bahasa Indonesia, "Ketakutan, Ketidakpastian, dan Keraguan". Istilah trading kripto ini biasanya digunakan dalam bentuk kalimat "xxx menyebar FUD lagi."

Contoh: Jamie Dimon (CEO JP Morgan) menyebarkan FUD dengan mengatakan bahwa Bitcoin adalah penipuan yang pada akhirnya akan meledak.

Dapat disimpulkan bahwa FUD mewakili berita-berita negatif yang membuat kondisi pasar mata uang kripto menjadi kurang nyaman, sehingga para pengguna akan waspada jika istilah ini muncul di forum.

 

ATH

ATH adalah bentuk singkat untuk "All-Time High", yang berarti suatu koin kripto telah mencapai harga tertinggi sepanjang masa.

Contohnya, harga ATH Bitcoin mencapai 20,000 USD pada tahun 2017 lalu.

 

Whale

Istilah unik dalam trading kripto ini digunakan untuk melabeli seorang pemain besar yang memiliki sejumlah besar modal. Whale sering menjadi penggerak pasar untuk koin-koin kecil karena mereka memiliki modal yang besar.

 

Pump & Dump

Pump & Dump merupakan siklus berulang dari Altcoin yang mendapatkan lonjakan harga dan diikuti dengan penurunan besar. Kondisi Pump & Dump bisa terjadi karena trader-trader bermodal besar membeli banyak koin (Pump atau memompa harga), sehingga harga koin melambung. Saat pasar diselimuti perasaan panik dan semua berlomba-lomba membeli koin agar tidak ketinggalan (FOMO), trader-trader tersebut menjual lagi koin mereka (Dump atau membuang) sehingga harga menjadi ambruk. Yang dirugikan adalah pemilik-pemilik koin dalam jumlah kecil, karena mereka tidak bisa menjual koinnya dengan harga setinggi saat beli.

 

Shill

Shill adalah tindakan promosi pembelian koin di media umum. Trader yang membeli koin memiliki kepentingan dengan harapan memicu minat publik pada koin tertentu. Saat minat orang-orang pada koin tersebut itu menguat, pelaku Shill justru menjual koinnya agar mendapat keuntungan untuk dirinya sendiri.

 

Bag Holder

Suatu istilah yang merujuk kepada seorang pembeli kripto saat harga sedang tinggi, dan melewatkan kesempatan untuk menjual saat harganya masih bagus. Mereka biasanya justru akan menjual pada saat harga sudah turun drastis dan mengalami FOMO.

 

Borrowing Rate

Ketika Anda membuka posisi menggunakan leverage, Anda akan meminjam koin pada tingkat yang ditentukan sebelumnya. Nilai ini akan ditambahkan untuk mencerminkan nilai keuntungan dan kerugian sesungguhnya dari seluruh posisi Anda.

 

Lending Rate

Beberapa bursa kripto memiliki rekening peminjaman. Anda dapat menyetor koin ke dalam rekening semacam ini untuk meminjamkan koin Anda kepada orang lain yang melakukan perdagangan dengan leverage. Lending Rate berfluktuasi sepanjang hari berdasarkan permintaan untuk penjualan koin.

 

Fill or Kill

Adalah jenis Limit Order yang perlu dieksekusi. Jenis eksekusi ini bisa terbagi menjadi 2 macam, dipenuhi (Fill) atau dibatalkan (Kill).

 

Altcoin

Altcoin atau "Alternate Coin" adalah semua koin selain Bitcoin (BTC). Contoh Altcoin yang terkenal antara lain: Ethereum, Ripple, Dash, Monero, dan sebagainya. Hingga saat ini, tercatat ribuan Altcoin telah beredar di pasar mata uang kripto. Meskipun begitu, Bitcoin tetap menjadi token utama di pasar uang kripto. Jika BTC naik, koin lain naik. Jika BTC turun, koin lain turun.

 

Circulating Supply

Pasar mata uang kripto memiliki sifat berkesinambungan satu sama lain. Yang dimaksud dengan Circulating Supply adalah suplai koin yang tersedia di pasaran. Jika dilihat secara tunggal, harga koin memiliki signifikansi yang kecil. Namun, harga sebuah koin ketika dikalikan dengan persediaan yang beredar akan mencerminkan kapitalisasi pasar koin tersebut.

 

Market Cap (Kapitalisasi Pasar)

Istilah unik yang satu ini sebenarnya diadopsi dari pasar saham. Jika kapitalisasi pasar saham mengacu pada nilai pasar saham perusahaan yang bereda, maka di pasar uang kripto, kapitalisasi pasar digunakan untuk menggambarkan dominasi koin di seluruh pasar uang kripto.

 

DDoS

Bentuk singkat untuk "Distributed Denial of Service" ini merupakan istilah unik dalam trading kripto, yang muncul ketika terjadi penolakan distribusi layanan. Hal ini biasanya dikarenakan oleh server yang terlalu sibuk atau gejala peretasan. Serangan DDoS yang tepat waktu di bursa selama pergerakan volatil dapat sangat merusak, karena trader tidak akan dapat mengeksekusi Order secara manual dan akan bergantung pada pengaturan sebelumnya.

 

ICO

Bentuk singkat untuk "Initial Coin Offering". Sistemnya mirip dengan IPO untuk pasar saham dan ekuitas, tapi yang ditawarkan disini adalah uang kripto.

ICO dalam Bitcoin

(Baca juga: Penjelasan Lengkap Mengenai ICO)

 

Mooning (The Moon)

Istilah The Moon merujuk pada harga koin yang sedang melonjak tajam. Jika kita mendengar kata "Bitcoin is in the moon", itu artinya proyeksi harga sedang sangat optimis. Istilah ini diikuti dengan status Hodlmoon, yaitu trader kripto yang memegang suatu koin sampai harganya melonjak setinggi bulan.

 

Fiat

Mata uang Fiat adalah uang yang dinyatakan sah oleh pemerintah. Uang fiat juga bisa disebut sebagai uang konvensional yang diterima untuk bertransaksi pada umumnya. Contoh uang fiat antara lain: Dolar AS, Rupiah, Euro, Poundsterling, dan sebagainya.

 

Nocoiner

Sebagai sebuah komunitas, adalah sebuah hal yang umum untuk membeli label pada seseorang di luar komunitas tersebut. Dalam dunia mata uang kripto, istilah Nocoiner digunakan untuk menyebut seseorang yang tidak memiliki uang kripto.

 

Flippening

Dalam bursa mata uang, pergeseran nilai adalah hal yang wajar terjadi. Meskipun saat ini Bitcoin masih merupakan mata uang kripto terkuat, tetapi para pengguna tentu mengantisipasi momen Flippening, yaitu titik di mana Bitcoin akan digantikan oleh mata uang lain sebagai mata uang digital teratas di pasar.

 

Addy

Istilah Addy berasal dari ucapan slang untuk Address (alamat publik uang kripto). Tanpa perlu mengetik kata "Address" yang terlalu serius dan panjang, pengguna Bitcoin cukup menulis kata ADDY.

 

Choyna

Kalimat slang ini adalah ungkapan yang sengaja diubah untuk menyebut negara China. Karena China adalah negara yang sangat berpengaruh di ruang Bitcoin dan Tiongkok telah mendominasi kegiatan penambangan serta perdagangan kripto, bahasan soal Choyna sering muncul di forum.

 

Ashdraked

Jika mencari padanan kata yang sesuai untuk istilah trading kripto yang satu ini, mungkin setara dengan "Hancur lebur menjadi abu". Ashdraked adalah situasi disaat Anda kehilangan semua uang Anda.

 

BTFD

Buy The F*cking Dip, yakni sebuah indikasi untuk membeli koin kripto ketika telah harganya telah turun begitu tajam.

 

Lambo

Lambo adalah kependekan dari "Lamborghini", merek mobil mewah dari Italia yang identik dengan kemewahan dan kekayaan. Kenaikan harga Bitcoin yang masif pada akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 membuat para investor awal mendapatkan keuntungan sangat besar, sehingga mengibaratkan keuntungannya dapat digunakan untuk membeli Lamborghini. Tidak hanya itu, ungkapan "Lambos Bro" menjadi populer ketika uang baru datang ke pasar dengan harapan yang tinggi.

 

Melihat istilah-istilah trading kripto di atas, terasa sekali bahwa para pengguna mata uang kripto adalah generasi modern atau orang-orang yang berjiwa muda. Karena itulah, tidak heran banyak yang menganggap bahwa industri masa depan membutuhkan teknologi di balik mata uang kripto (Blockchain).

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.