Kata Kata Bijak Trader Bruce Kovner

188989

Bruce Kovner, milyarder dan salah satu superstar trading AS menjawab berbagai pertanyaan. Beberapa diantaranya tentang aturan dalam trading, kemungkinan memperoleh keuntungan jutaan dollar, unsur sukses dalam trading dan pentingnya prediksi atau pandangan terhadap kondisi pasar.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Bruce Kovner, salah seorang milyarder AS dan salah satu superstar trading di Commodities Corporation (sekarang bagian dari Goldman Sachs) menjawab berbagai pertanyaan mengenai rahasia suksesnya setelah hampir 30 tahun berkecimpung dalam dunia trading. Dalam buku ‘Market Wizards’, Kovner menjawab berbagai pertanyaan dari Jack Schwager, trader sekaligus penulis buku best seller tersebut. Berikut ini beberapa petikannya:

                                                          Kata Kata Bijak Trader Bruce

Tentang aturan pertama dalam trading:
“Mungkin ada banyak aturan pertama dalam trading, tetapi menurut pendapat saya, aturan pertama dalam trading adalah jangan masuk pasar pada situasi ketika Anda merasa akan mengalami kerugian besar karena berbagai alasan yang Anda tidak mengerti.”

Tentang kemungkinan memperoleh keuntungan jutaan dollar:
Michael Marcus mengajarkan kepada saya satu hal yang luar biasa. Ia meyakinkan saya bahwa saya bisa profit jutaan dollar, bukan sekedar mungkin bisa atau akan bisa. Ia mengatakan bahwa jika saya menerapkan semua pengetahuan yang saya miliki dengan benar, maka hal itu bisa terjadi.

Sangat mudah untuk lupa bahwa kamu benar-benar bisa melakukannya (memperoleh keuntungan jutaan dollar). Dia menunjukkan pada saya bahwa jika kamu mengambil posisi dan menerapkan disiplin, maka kamu benar-benar bisa melakukannya."

Tentang unsur sukses dalam trading:
“Saya kurang yakin trader bisa merumuskan dengan jelas mengapa sebagian trader bisa sukses sedang sebagian yang lain tidak. Bagi saya ada 2 unsur penting. Pertama, saya bisa membayangkan kondisi atau struktur dunia yang berbeda dari sekarang, dan saya percaya hal itu akan terjadi. Saya bisa membayangkan harga kedelai akan menjadi 2 kali lipat dari sekarang atau USD yang jatuh hingga 100 Yen (waktu itu USD/JPY masih diatas 100). Kedua, saya selalu disiplin dengan rencana trading dan selalu berpikir rasional meskipun dalam keadaan tertekan.

Untuk bisa sukses dalam trading, Anda harus kuat, independen, dan kadang berlawanan dengan trader pada umumnya. Maksud saya, Anda harus berani mengambil posisi yang kebanyakan trader tidak berani mengambilnya. Tetapi Anda harus disiplin dengan ukuran trading, jangan serakah atau terlalu yakin, hal itu akan membuat Anda lupa diri dan jatuh.”

Tentang pentingnya prediksi atau pandangan terhadap kondisi pasar :
“Saya selalu trading berdasarkan pandangan atau prediksi saya mengenai keadaan pasar. Saya tidak masuk pasar begitu saja hanya berdasarkan informasi analisa teknikal. Saya akui analisa teknikal memang hebat, tetapi saya tidak akan masuk pasar sebelum tahu benar mengapa pasar bergerak seperti itu.

...Banyak trader yang tahu lebih banyak daripada saya. Saya hanya mengumpulkan semuanya (pengetahuan orang-orang yang lebih tahu) dan mengambil kesimpulan. Pasar biasanya menang karena ada orang-orang yang lebih tahu daripada kamu.”

Anda trading pada saham dan komoditi, apa bedanya?
“Pasar saham sangat berjangka pendek, maksud saya trend bisa berubah dalam waktu yang singkat. Setelah naik hingga suatu level tertentu, harga biasanya akan turun. Pasar komoditi digerakkan murni oleh permintaan dan penawaran terhadap produk-produk komoditi tersebut. Jika persediaan komoditi tertentu sedang langka harga memang benar-benar naik, dan biasanya pasar akan dalam kondisi uptrend hingga waktu yang cukup lama.”

Sumber : www.mercenarytrader.com : Wisdom From Kovner

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Henry Axel
Apakah bruce kovner ini termasuk seorang fundamentalis? Melihat perkataannya dia tidak terlalu memperhatikan teknikal, tapi sepertinya lebih ke alasan fundamental yang menggerakkan harga. Dan apa maksudnya pasar biasanya menang karena ada orang-orang yang lebih tahu dari kamu?
Apakah maksudnya orang-orang yang lebih tahu itu para analis atau trader lain?
Dan kalau pasar menang apakah maksudnya pengetahuan orang lain itu benar atau salah?
Martin S
@ Henry Axel:
Maksudnya orang-orang yang lebih tahu tentang keadaan pasar tersebut adalah yang profit, dan jika kita tidak tahu maka kita bisa rugi atau kalah, dan pasar yang menang. Orang-orang yang lebih tahu adalah pelaku pasar, jadi para trader, profesional dan amatir, institusi hingga trader retail, atau analis yang juga trader.

Disini maksud Kovner agar kita tahu banyak tentang pasar, tidak hanya secara teknikal tetapi juga secara fundamental, tidak hanya pasar forex tetapi juga pasar saham, komoditi dan yang lain, karena antar pasar sebenarnya saling mempengaruhi.
Ahmad Salahudin
@henry, ane baca di artikel soal bruce yg dilink in dr sini, kayaknya bruce ini bkn fundamental2 bgt, tapi lbh ke campuran fundamental sm teknikal. mungkin iya kesannya dia lebih cenderung ke fundamental, karna sisi teknikalnya dia kayake cuma buat follow tren sama entry di breakout. secara fundamental kayake dia lebih menyeluruh. bruce kovner pinter analisa intermarket dan paham situasi2 politik dan ekonomi negara2.
Febri Wahyu Aditya
Wah dari mana ya bruce kovner ini punya keyakinan sama naluri dan prediksinya dia aja? Keyakinannya ini apa datang dari pengalaman atau emang dari awal trading dia udah mengandalkan feeling? Kalau dia lebih banyak mengandalkan prediksinya dia aja berarti tradingnya dia ini spekulatif dong? Berapa banyak orang yang bisa sukses seperti dia kalau lebih mengandalkan prediksinya sendiri? Sementara kita trader ritel aja selalu ditekankan buat mengabaikan hal2 seperti itu & lebih menganut sistim?
Martin S
@ Febri Wahyu Aditya:
Bruce Kovner adalah trader profesional yang sarat pengalaman sehingga prediksinya tidak asal-asalan karena ia tahu dan selalu memonitor pasar. Dari segi teknikal ia adalah penganut trend follower, sedang dari segi fundamental ia jago dalam analisa intermarket. jadi keyakinannya tentang pasar ada dasarnya. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Bruce Kovner bisa baca:  Kisah Trader Sukses - Bruce Kovner
Ahmad Salahudin
@febri, coba deh agan baca profilnya bruce itu bakal paham sendiri nih bruce sebenarnya juga nggak sepenuhnya berdasar prediksi aja, ada analisa fundamental dan teknikalnya juga.
Galang Trader
Salut sekali dengan kepercayaanx akan sukses profit jutaan dolar. Jaman sekarang ini banyak yg pesimis sama peluang sukses karena lebih suka realistis. Disaat seperti ini masih ada orang sukses seperti Bruce Kovner yang keberhasilanx berawal dari keyakinanx untuk bisa sukses besar.

Antara pesmis dn realistis memang beda, tapi makin lama bedax makin menipis. Yg menarik untuk dilakukan adalah menjaga optimisme tapi tetap realistis. Berharap besar sesuai potensi kemampuan yg ada, sesulit apakah?
Martin S
@ Galang Trader:
Disamping keyakinan yang kuat, Kovner juga seorang trader yang sarat dengan pengalaman dan piawai dalam menganalisa pasar. Suatu ketika ia pernah diakui sebagai trader komoditi ulung. Keterangan lebih lanjut mengenai Bruce Kovner bisa dibaca di: Kisah Trader Sukses - Bruce Kovner
Pox Sac
Tidak semua pasar komoditas murni digerakkan oleh permintaan dan persediaan. Terutama komoditas Emas, soalnya peran spekulator dan agen2 hedging bisa jadi bergerak di luar permintaan dan persediaan terkini, soalnya satu pihak ingin mengeruk keuntungan sebanyak2nya sebelum persediaan benar2 ada, dan satunya lagi ingin mengadakan lindung nilai dari persediaan yang sudah ada. Paham?