Advertisement

iklan

Keunggulan Cara Kerja Mata Uang Kripto

280623

Dilihat dari sistem transfer, cara kerja mata uang kripto meniadakan perantara, sehingga pengiriman uang menjadi lebih murah, cepat, dan praktis.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Cryptocurrency (Mata Uang Kripto) menjadi perbincangan yang sangat hangat tahun ini, selain pertumbuhan harga yang sangat pesat, ternyata cara kerja sistemnya memang sangat mudah dan aman. Keunggulan-keunggulan cara kerja mata uang kripto ini terutama terletak pada sistem transfernya.

 Keunggulan Cara Kerja Mata Uang Kripto

 

Sistem Transfer Mata Uang Kripto Aman, Tanpa Perantara

Dengan menggunakan teknologi Blockchain, transaksi kita akan tercatat dalam Ledger (Buku Besar) Blockchain yang dikelola oleh semua pengguna Cryptocurrency di seluruh dunia. Jadi, mustahil terjadi penipuan atau kecurangan dalam teknologi tersebut. Bahkan tidak ada satupun yang bisa merubah data yang sudah tercatat dalam Ledger Bitcoin termasuk pemerintah (negara).

Sistem transfer mata uang digital adalah Peer-to-Peer atau Individu-ke-Individu secara langsung tanpa pihak ketiga. Sehingga, menghilangkan "Middle Man" yang selama ini hadir untuk mengambil keuntungan melalui "Fee" yang dikenakan pada setiap transaksi. Middle Man tersebut adalah Perbankan, atau jasa pengiriman dan penerimaan uang seperti MoneyGram dan Western Union.

Dengan diciptakannya teknologi sistem transfer seperti di atas, pemilik uang tidak tergantung lagi pada perbankan yang selalu membuat para nasabahnya merugi. Bank yang selama ini kita percayai menyimpan uang dan aset kita, sebenarnya justru meminjamkan dana tersebut ke dalam gelembung kredit tanpa cadangan apapun. Lebih parah lagi, perbankan masih mengenakan biaya bulanan, tahunan, sampai biaya per transaksi pada nasabahnya.

 

Cara Kerja Mata Uang Kripto Meniadakan Kekurangan Sistem Tradisional

Sistem transfer mata uang kripto juga bertujuan untuk menghapus kekurangan dan kelemahan yang terjadi pada sistem transfer tradisional seperti :

  • Fee (Biaya Transaksi)

Jika kita mengirim uang ke bank yang sama, memang tidak dikenakan biaya apapun. Beda halnya jika kita ingin mengirim kepada bank yang berbeda, maka kita akan dikenakan biaya, tak peduli berapa kali pun kita melakukannya. Belum lagi jika kita ingin mengirim atau menerima uang dari luar negeri, maka biaya yang lumayan besar juga dikenakan pada transaksi ini. Biaya-biaya seperti itu akan mengurangi keuntungan dari bisnis yang kita jalankan.

Di sisi lain, mata uang kripto memberikan solusi terbaik. Transaksi tanpa campur tangan pihak ketiga, hampir tanpa biaya, dan tanpa antrian.

  • Waktu.

Transaksi konvensional tetap membutuhkan waktu, mulai dari beberapa menit bahkan sampai beberapa hari untuk menyelesaikan transaksinya. Ini berbeda dengan sistem transfer mata uang digital; pada waktu "klik" transfer, pada waktu itu juga uang sampai pada tujuan.

  • Batas-Batas Geografis.

Memang tidak akan terjadi masalah jika kita berada di negara maju; banyak kantor-kantor perbankan dan ATM yang bertebaran untuk mengirim dan menerima uang. Namun, di beberapa tempat yang terpencil, kadang tidak ada kantor perbankan atau ATM di sana. Jika kita menggunakan mata uang kripto sebagai alat transaksi, kita hanya memerlukan koneksi internet saja untuk memastikan proses transaksi berjalan dengan lancar.

Sangat jelas dari beberapa poin di atas bahwa sistem transfer mata uang digital jauh lebih baik dan menguntungkan daripada sistem konvensional perbankan. Apalagi pihak ketiga lain seperti MoneyGram atau WesternUnion yang mengenakan biaya lebih mahal untuk proses pengiriman dan penerimaan uang antar negara.

Menurut World Bank Study, kisaran rata-rata biaya yang dikenakan untuk semua transaksi di dunia hampir 5.5%. Berbeda dengan mata uang kripto, seperti Bitcoin, yang bisa menekan biaya sampai kurang dari 1.5%.

 

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan utama dari cara kerja mata uang kripto berdasarkan sistem transfernya, dibandingkan sistem transfer konvensional. Yaitu :

  • Hampir tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan.
  • Mata uang kripto menawarkan deposit dan penarikan dengan komisi yang sangat minim (tidak lebih dari 1% per transaksi).
  • Tidak ada komisi untuk penukaran dari dan ke jenis mata uang kripto lainnya.
  • Proses transfer instan tanpa keterlambatan dan tanpa hambatan.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.