Advertisement

iklan

Kiat Trading Untuk Sukses Dari 3 Trader Asia

Penulis

+ -

Menjadi trader pro yang bisa konsisten profit memang bukan perkara mudah. Namun hal tersebut juga bukan hal mustahil, terbukti dari kisah beberapa trader Asia ini.

iklan

iklan

Day trading atau trading harian adalah salah satu strategi yang paling populer digunakan para trader forex. Hal ini dikarenakan menjadi seorang day trader terlihat mudah dan simpel.

Padahal untuk bisa konsisten profit menggunakan strategi day trading itu tergolong langka. Namun bukan berarti itu adalah suatu hal mustahil, nyatanya ada beberapa day trader Asia yang bisa trading untuk sukses. Bahkan beberapa dari mereka memulai karir trading untuk sukses pada usia sangat muda.

Trading Untuk Sukses

Seperti apa kisah mereka? Apa saja yang bisa Anda coba tiru dan terapkan dari pengalaman mereka? Adakah tips dan trik khusus agar bisa trading untuk sukses? Mari simak cerita dari beberapa day trader Asia yang sukses untuk melihat bagaimana mereka bisa menghasilkan keuntungan yang konsisten dalam jangka panjang.

 

Tiga Trader Asia Yang Sukses

Dari beberapa nama trader Asia sukses, ada tiga nama yang paling populer dan terkenal, yaitu Jason Sen, Jay Tun, dan Rajan Rajkumar. Ketiga nama ini tidak hanya menjadi trader dengan profit besar saja, tapi mereka juga berhasil mengembangkan bisnis lain dengan modal dari hasil trading atau bisa dikatakan sebagai trading untuk sukses.

 

Jason Sen

Jason Sen adalah salah satu day trader Asia yang sukses memulai karir tradingnya di lantai perdagangan London International Financial Futures and Options Exchange (LIFFE) pada tahun 1987 di usianya yang ke 19 tahun. Saat itu, ia mampu menghasilkan keuntungan dengan jumlah yang cukup besar dan akhirnya nama Jason Sen mulai dikenal.

Sekarang Jason Sen telah dikenal sebagai pendiri DayTradingIdeas, sebuah platform trading advisor atau penasihat perdagangan. Tak hanya itu, berkat kesuksesan tradingnya, Sen juga memiliki tiga hotel di Thailand. Namun kesuksesan seperti itu, tentu tidak akan terjadi begitu saja seperti membalikkan telapak tangan dengan mudah.

Trader Asia Jason Sen Trading Untuk Sukses

Sen mengakui bahwa semuanya berbeda di masa-masa awal ia memulai karir, dimana belum ada ponsel dan semua transaksi masih manual, sehingga dia harus mempelajari semua sinyal tangan secara mandiri. Spesialisasi Sen terletak pada perdagangan teknis yang ia gunakan untuk menganalisis tren pasar dan menghasilkan keuntungan. Dia mengatakan bahwa day trader harus memperhatikan tren dengan cermat agar bisa menguntungkan. Kuncinya adalah mengetahui tren mana yang harus diikuti.

Karena keahlian perdagangannya, Sen sekarang dapat menghasilkan sekitar 40-60 pips per hari dan bahkan bisa lebih dari 100 pips bila keadaan pasar sedang sangat trending. Dengan rekam jejak yang mengesankan, Sen akhirnya memiliki banyak pengikut setia di platformnya.

Saat ini, siapa saja bisa mendapatkan akses ke konten dan analisis trading milik Sen, serta informasi terkini tentang volatilitas pasar dengan membayar biaya bulanan sebagai pelanggan tetap. Sekarang dia menjadi trader Asia sekaligus penasihat perdagangan beberapa bank investasi besar seperti BoA, VTB Capital, Citi, dan Deutsche.

 

Jay Tun

Trader Asia berpengalaman yang berbasis di Singapura, Jay Tun merupakan pendiri platform edukasi trading bernama swimtrading.com, yaitu platfrom yang dibuat untuk mendukung trader Asia lainnya. Platform tersebut menawarkan kursus trading untuk pemula, sekaligus menyediakan berbagai fitur lain yang dapat membantu trader dalam meningkatkan keterampilan trading mereka. Selain itu, Tun juga aktif di media sosial sebagai trader yang mengkhususkan diri di pasar saham AS. Saat ini, ia bisa mendapatkan gaji enam digit dengan pengembalian sekitar 20-30% atas investasinya.

Menurut Jay Tun, pasar keuangan yang paling menguntungkan dan relatif stabil adalah pasar di masa sebelum Donald Trump menjadi presiden AS. Namun, banyak hal yang mulai berubah setelah masa pemerintahan Trump, yang menghadirkan peluang baru untuk menghasilkan keuntungan.

Bagi Tun, sektor-sektor seperti maskapai penerbangan dan pelayaran dinilai menjanjikan karena dianggap masih akan bisa membaik, meski sempat terpukul parah akibat pandemi. Sementara itu, beberapa aset seperti Lithium dan Uranium sedang berada di puncak tertingginya, sehingga pasar relatif stabil.

Trader Asia Jay Tun Trading Untuk Sukses

Selain itu, Tun percaya bahwa ada hal lain yang terjadi di pasar Asia saat ini, biasanya hal tersebut disebabkan oleh pemerintah China. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Beijing sedang mengerjakan kebijakan peraturan baru, terutama untuk industri teknologi, game, dan properti. Artinya, ada ketidakpastian yang begitu besar di sektor-sektor tersebut, sehingga Tun tidak merekomendasikan untuk trading pada ketiga sektor itu sementara waktu.

Ia menyarankan para trader untuk membuat perencanaan trading yang solid dan menghitung kembali rasio risk and reward sebelum trading. Sangat penting untuk mengukur dan memutuskan seberapa banyak yang mampu Anda tanggung risiko kehilangannya, ketika hendak menginvestasikan uang tersebut. Tun juga menekankan pentingnya belajar. Bahkan sebagai trader profesional, ia tetap ingin belajar dan terus mengasah kemampuannya dari trader ahli yang lain.

 

Rajan Rajkumar

Rajan Rajkumar adalah trader Asia populer dari India yang memiliki lebih dari 400 ribu pengikut di media sosial. Dia pertama kali memulai karir tradingnya ketika masih berusia 22 tahun dan kemudian memutuskan menjadi trader full time selama pandemi, setelah dia berhenti bekerja dari perusahaan IT.

Pada awal perjalanannya, Rajkumar tidak terlalu berhasil. Dia kehilangan cukup banyak uang karena dia percaya bahwa untuk bisa menjadi trader yang sukses, dirinya harus terus belajar meski sudah rugi banyak. Akhirnya, dia berhasil mendapatkan keuntungan setelah mulai aktif trading selama 12-16 bulan.

Dia kemudian mulai berbagi pengalamannya melalui saluran YouTube dan akun Instagram-nya, dengan menggunakan nama Madras Trader. Dia juga membuka layanan pelatihan tentang cara menghasilkan keuntungan dari trading.

Trader Asia Rajan Rajkumar Trading Untuk Sukses

Alih-alih trading intraday, Rajkumar lebih memilih menggunakan strategi swing trading yang berfokus mendapatkan keuntungan lebih optimal dalam suatu tren, serta dapat menentukan batas kerugian dengan tepat. Posisi swing trading biasanya ditahan selama beberapa hari, tetapi tidak sampai lebih dari beberapa minggu.

Karena memiliki risiko ketika menahan posisi lebih dari semalam, swing trading biasa dilakukan menggunakan ukuran lot yang lebih kecil dibandingkan dengan strategi lainnya. Salah satu keuntungan swing trading adalah bisa mengurangi risiko dibandingkan bila Anda trading intraday, jadi strategi ini merupakan pilihan yang bagus untuk pemula.

Dengan menggunakan strategi swing trading, sekarang Rajkumar dapat menghasilkan profit sekitar $2,700 per minggu. Menurutnya, para trader harus memperhitungkan risiko dengan benar sebelum memutuskan untuk membuka posisi apapun di pasar. Dia percaya bahwa tanpa memperhitungkan risiko, seorang trader dapat kehilangan sebagian besar uangnya. Dia juga mengatakan bahwa menyeimbangkan emosi dengan hasil trading Anda itu penting untuk keputusan trading selanjutnya.

 

Kiat Trading Untuk Sukses Menggunakan Day Trading

Agar sukses dalam trading intraday, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan dalam rutinitas trading Anda, seperti:

  • Tradinglah dengan uang yang sanggup Anda tanggung risiko kehilangannya. Setiap trader harus memahami bahwa pasar tidak mungkin bisa diprediksi tepat 100 persen, sehingga berpotensi kehilangan uang apabila mereka entry posisi yang salah. Jadi, penting untuk memisahkan antara uang untuk perdagangan dengan penggunaan sehari-hari. Jangan trading lebih dari jumlah yang sudah Anda tetapkan sendiri.
  • Mulai dari yang kecil. Sebagai trader pemula, sangat normal untuk membuat kesalahan dan kehilangan sejumlah uang. Adalah bijaksana untuk memulai dari yang kecil dan menjaga risiko seminimal mungkin, sampai Anda mendapatkan pengalaman. Anda dapat secara bertahap meningkatkan ukuran lot transaksi setelah merasa lebih percaya diri dengan analisis pribadi.
  • Buat perencanaan yang kuat sebelum Anda mulai trading. Memasuki pasar secara membabi buta tanpa perencanaan merupakan ide yang sangat buruk. Ingatlah bahwa meski Anda telah memiliki strategi perdagangan dan sistem manajemen risiko yang baik, harga di pasar masih mungkin saja untuk tidak sesuai dengan keinginan Anda. Namun dengan memiliki perencanaan yang kuat, Anda akan tetap bisa berada di jalur dan terselamatkan dari trading yang terbawa emosi.
  • Sabar. Day trader biasanya akan membuka beberapa posisi sepanjang hari, tapi bukan berarti bahwa Anda harus trading sepanjang hari. Carilah peluang yang memenuhi kondisi sesuai dengan perencanaan Anda. Jika kondisinya tidak sesuai dengan rencana, lebih baik hindari pasar.
  • Jangan berhenti belajar. Trading bukanlah transaksi satu kali, tetapi merupakan investasi jangka panjang. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan keuntungan secara konsisten, Anda harus tetap mengikuti berita terbaru dan mempelajari berbagai strategi baru. Bahkan sebagai trader profesional, tetap penting untuk terus belajar dengan membaca buku atau berdiskusi dengan sesama trader lainnya.

 

Kesimpulan

Day trading adalah strategi yang memanfaatkan pergerakan harga kecil sepanjang hari. Ini bisa menguntungkan jika pedagang mampu membuka perdagangan pada waktu yang tepat dan memprediksi pergerakan harga secara akurat.

Pada akhirnya, day trading hanyalah salah satu cara atau strategi untuk masuk ke pasar. Jika Anda ingin trading untuk sukses, maka hal yang harus disiapkan adalah finansial dan mental. Jika dirasa day trading terlalu berisiko, Anda bisa beralih ke swing trading seperti Rajan Rajkumar dengan cara mencobanya di akun demo terlebih dahulu.

 

Selain ketiga trader di atas, masih banyak trader Asia lainnya yang bisa menjadi inspirasi Anda, seperti Collin Seow, Rayner Teo, dan lain-lain. Simak kisah selengkapnya di artikel berikut ini.

298472
Penulis

Lulusan Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Menggeluti dunia penulisan sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa tahun 2009. Mulai tertarik dengan dunia forex dan kripto, setelah lulus kuliah hingga sekarang sembari trading.