OctaFx

iklan

Kisah Trader Sukses: Jake Bernstein, Pengguna Teknikal Yang Obyektif

107832

Jake Bernstein sebagai ahli Seasonal Trading serta penulis lebih dari 40 buku tentang trading. Metode trading seperti apa yang diunggulkannya?

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Diantara para trader yang telah sukses dalam karirnya, terdapat sosok Jake Bernstein yang kini dikenal sebagai ahli Seasonal Trading, pengembang berbagai metode trading di pasar berjangka, serta penulis lebih dari 40 buku tentang trading plus sering menjadi pembicara di seminar-seminar. Kita bisa mengambil manfaat positif dari kisah perjalanan karir dan pandangannya tentang dunia trading dan investasi.

Jake Bernstein

 

Jake Bernstein, Psikolog Yang Beralih Profesi Jadi Trader

Meskipun kini Jake Bernstein termasyhur sebagai salah satu trader dan sekaligus analis pasar futures, tetapi Ia memulai trading dengan tidak disengaja. Dahulu, Bernstein adalah seorang psikolog yang tertarik pada iklan dalam sebuah surat kabar tentang futures trading (trading pasar berjangka). Ia kemudian merespon, dan tak lama setelah mengikuti pelatihan singkat dari broker pemasang iklan tersebut dimana kemudian Bernstein membuka akun trading.

"Saya cepat sukses, tapi dana dalam account saya juga cepat menguap," kata Bernstein, sambil menambahkan bahwa saat itu ia trading hanya berdasarkan rekomendasi dari brokernya.

Ia begitu tertantang dan penasaran kenapa seorang trader bisa rugi begitu banyak, sementara yang lain bisa menghasilkan profit yang cukup besar. Jake Bernstein lantas mengevaluasi seluruh hasil tradingnya sambil melakukan penelitian singkat pada hasil trading para klien brokernya yang sukses. Setelah mendalami semua aspek dalam trading dan menyusun sebuah sistem, ia memulai trading lagi dengan caranya sendiri. Metode trading yang digunakan sebagian besar berdasarkan analisa teknikal itu diterapkannya dengan disiplin.

"Orientasi saya selalu pada analisa teknikal, pola pergerakan harga (chart/price pattern) dan siklus pasar."

Pada awalnya, ia tidak memiliki dana yang cukup untuk trading sesuai dengan metode yang dibuatnya. Karenanya,  "Saya jadi konsultan trading sesuai dengan sistem yang saya buat, untuk mengumpulkan modal". Dalam waktu yang relatif singkat, ia berhasil mendapatkan modal dan mulai trading dengan metodenya.

 

Analisa Teknikal Harus Obyektif, Tak Seperti Elliott Wave

Sebagai presiden MBH Commodity Advisors yang berbasis di Winnetka Illinois, Amerika Serikat, saat ini Jake Bernstein telah menulis lebih dari 40 judul buku. Ia meluncurkan MBH Weekly Futures Trading Letter yang terbit secara teratur sejak tahun 1972, dan mengadakan workshop tentang berbagai topik khusus dalam trading. Selain menjadi panelis pada "All Star Traders Hotline", Bernstein juga tampil di berbagai media radio dan televisi di Amerika Serikat dan Canada, serta menjadi tamu tetap di Wall Street Week, CNBC, JagFN TV dan WebTV.com.

Jake Bernstein

Jake Bernstein telah mengajar dan memberi ceramah hampir pada seluruh bagian dunia. Prediksi dan opininya sering dikutip oleh berbagai media investasi dan situs terkenal. Dengan pengalaman 40 tahun trading, Bernstein adalah konsultan investasi dengan klien para investor, trader, lembaga keuangan, industri, perusahaan broker, para floor trader, hedge fund manager hingga money changer.

"Saya suka mengajar, dan setiap kali mengajar, saya selalu belajar hal baru yang semakin memperkuat kepercayaan saya pada metode trading yang telah saya ciptakan," ujarnya. Ia juga mengatakan, "Ternyata banyak trader yang telah menerima informasi yang salah, dan banyak trader yang sebenarnya bingung tetapi tidak mengakuinya."

Bernstein bukan hanya bertrading pada pasar futures yang sangat aktif seperti sektor energi, forex dan S&P, melainkan juga "Saya trading apa saja yang bisa membuat gerakan berarti pada time frame trading."

Mengenai analisa teknikal semisal pola pergerakan harga (chart/price pattern), Bernstein berkomentar "Chart pattern lebih seperti seni. Analisa teknikal seharusnya obyektif. Jika saya mengajar dan menunjukkan sebuah chart pattern pada 10 siswa, saya akan merasa berhasil dan puas jika mereka semua sampai pada kesimpulan yang sama. Itulah yang saya maksud dengan obyektif."

Ia mencontohkan analisa Elliott Wave sebagai salah satu tipe analisa teknikal yang sangat subyektif. Interpretasi setiap trader dalam menghitung urutan tiap gelombang (wave) sering berbeda. Daripada itu, dalam strategi-strateginya Bernstein banyak menggunakan paduan antara momentum pergerakan harga musiman dengan kombinasi-kombinasi Moving Average dari bermacam periode.

Berdasarkan pandangan tentang obyektivitas analisa teknikal tersebut, ia menulis banyak sekali buku. Beberapa buku karya Jake Bernstein yang terkenal antara lain: Key-Date Seasonal Analysis, The MA Channel Method, Market Patterns, Short-Term and Intermediate-Term Trading Methods, The Critical Time of Day and the 30-Minute Breakout Methods, The Power Momentum & Advanced Power Momentum Manual, MOM/MA (Momentum Moving Average), The Daily Sentiment Index, dan The Complete Day Trader.

 


Tahukah Anda? Solusi masalah Elliot Wave yang dijabarkan Jake Bernstein telah dipecahkan oleh metode trading rintisan Glenn Neely. Terinspirasi dari kekurangan teori gelombang Elliot yang menurutnya terlalu subyektif, samar, dan tidak akurat, Neely kemudian mengembangkan NeoWave. Informasi selengkapnya tentang hal tersebut bisa ditemukan di: Kisah Sukses Master Elliot Wave, Glenn Neely.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.