OctaFx

iklan

Kisah Trader Sukses Tom Bierovic, Pengguna Teknikal Tulen

Tom Bierovic sudah jarang terdengar namanya, tapi dulu sempat tenar sebagai trader dan manager sistem trading. Berikut beberapa pelajaran kisah sukses trader teknikal tulen ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Tom Bierovic, trader terkenal dan manager sistem trading dari Omega Research, Inc., kini sudah jarang terdengar namanya. Namun, dulu ia sempat menjadi buah bibir karena aktif terlibat dalam berbagai seminar di 35 negara serta menjadi narasumber di berbagai media keuangan utama, diantaranya Futures magazine, Futures World News, dan majalah Technical Analysis of Stocks and Commodities. Ia juga sering menulis buku mengenai analisa teknikal, seperti The Momentum Retracement Method for Successfully Buying Countertrend dan Playing for Keeps: Ten Trading Systems That Really Work (Wiley & Sons 1999) yang menjelaskan beberapa topik tentang sistem trading dan pengembangannya.

Berikut beberapa pelajaran kisah sukses Tom Bierovic.

Tom Bierovic Books


Belajar Menghitung Teknikal Secara Manual

Tom Bierovic telah mengenal bisnis trading futures dalam usia yang masih sangat muda. Ayahnya seorang trader pada Mid America Exchange. Tom membantu membuat plot perubahan harga pada chart daily dan weekly untuk komoditi agric, dan ia diberi "uang lelah" untuk pekerjaan tersebut. "Saat itu, trading belum menggunakan komputer, dan kita tidak mempunyai perangkat komputer. Jadi saya memperoleh harga penutupan pasar hari itu dari surat kabar sore," Bierovic menjelaskan.

Pada liburan musim panas, Bierovic bekerja pada floor trading ayahnya. “Saya membuat plot simple moving average 10 periode untuk harga closing pada time frame 15 menit.” jelasnya. “Ayah saya memang trading dengan teknik scalping, tetapi ia hanya akan membuka atau menutup posisi tradingnya sesuai dengan rekomendasi yang saya buat pada pergerakan trend di time frame 15 menit.”

Saat itu ia membuat plot beberapa indikator teknikal dengan hitungan tangan (cara manual). Selain moving averages, indikator yang ia hitung setiap hari dengan cara manual adalah stochastics, RSI, MACD dan ADX. “Oh, tentu saja sekarang saya tidak melakukan cara manual itu lagi,” katanya, “tetapi hal itu akan sangat berguna jika Anda mulai belajar analisa teknikal.” tambah Bierovic.

Bierovic memang seorang chartist, trader teknikal tulen. Ia bahkan sengaja tak mau tahu apapun tentang analisa fundamental. “Semua akibat dari faktor fundamental telah tercermin dengan begitu sempurna pada pergerakan harga pasar sekarang.” katanya, mengutip kaidah klasik analisa teknikal.

Satu hal penting yang diungkapkan Bierovic sebagai pakar analisa teknik adalah bahwa analisa teknikal akan bisa berjalan dengan baik pada pasar yang volume perdagangannya besar dan sangat likuid. Ia mencontohkan pasar yang tidak memenuhi kriteria tersebut misalnya palladium (untuk pasar komoditi) dan Australia dollar (untuk pasar forex). 

 

Mengutamakan Kebebasan Dalam Membuat Keputusan Trading

Tom Bierovic menyusun sejumlah peraturan baku untuk digunakan dalam trading, tetapi ia lebih mengutamakan kebebasan dalam menentukan posisi dan membuat suatu keputusan penting dalam trading. Kebebasan dan keleluasaan untuk mengambil keputusan tersebut ia tempatkan pada urutan paling atas peraturan baku yang dibuatnya.

Ia bahkan menyebut diri sebagai "trader yang bebas, dengan metode yang sangat spesifik". Katanya, "Saya menuliskan semua aturan dengan jelas dan rinci hingga semua trader bisa menggunakan sistem trading yang saya buat. Tetapi, saya tidak benar-benar terikat dengan aturan itu, sering kali saya menyimpang saat harus memutuskan sesuatu yang penting. Ya, saya mengutamakan kebebasan untuk mengambil keputusan penting."

Dalam bukunya, The Momentum Retracement Method for Successfully Buying Countertrend Bierovic menjelaskan apa yang dinamakan retracement momentum, yang mencakup pengetahuan tentang arah dan kualitas sebuah trend hingga bisa ditentukan saat-saat terjadinya reaksi counter trend, dan bisa dihitung resikonya dengan benar. "Dari yang selama ini saya alami, saya hanya akan berusaha untuk 40% benar dan menerapkan risk/reward ratio 1:2. Saya sudah cukup nyaman dengan aturan yang saya buat tersebut.” katanya.

 

Ketahui Psikologi Dan Kepribadian Diri

Apa nasehat Tom Bierovic untuk para trader pemula? “Sudah barang tentu Anda, trader pemula, mengetahui dengan pasti keadaan psikologi dan kepribadian Anda. Anda tidak bisa berbohong dalam menentukan gaya trading (trading style) yang sangat mencerminkan kepribadian Anda yang sebenarnya.” katanya.

“Menurut pendapat saya, belajarlah analisa teknikal dengan benar dan terapkan dalam trading. Jangan cepat putus asa ketika loss, atau merasa sebagai pahlawan ketika profit. Hal itu tak ada gunanya, lebih baik Anda membuat metode dan menyusun sebuah peraturan trading yang mesti Anda ikuti dengan disiplin. Sebelum Anda benar-benar paham dan mengerti kondisi pasar, jangan meniru saya dengan menyimpang dari aturan.” jelas Tom Bierovic.

 

Seorang trader sukses lain yang memiliki karakter trading teknikal seperti Tom Bierovic adalah George Angell, yang ulasan mengenai kiat-kiat trading-nya dapat disimak di artikel berikut ini.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Jonash
kenapa ya dolar australia dianggap tidak likuid? padahal kan termasuk mata uang mayor...
Martin S
@ Jonash:
Setahu saya likuid. AUD termasuk 8 mata uang utama dunia disamping USD, EUR, JPY, GBP, CHF, CAD dan NZD. Sekarang Renminbi China dan ZAR Afrika selatan juga banyak diperdagangkan. Mata uang utama adalah yang paling banyak diperdagangkan di pasar uang dunia dan nilai tukarnya dianggap stabil dalam jangka panjang, jadi selalu likuid atau mudah diperjual-belikan.
Yudha
Orang ini benar-benar teknikalis sejati, ya.