Advertisement

iklan

Konsekuensi Belajar Trading Forex

Adanya kesulitan selama belajar trading forex dapat memunculkan sejumlah konsekuensi, yang mau tak mau harus Anda hadapi jika ingin sukses trading forex. Apa sajakah itu?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sewaktu Anda mulai belajar trading forex, tentu akan ada beberapa masalah dan rintangan yang menghadang. Namun jika Anda berhasil menyelesaikan masalah dan mengubah diri dari pecundang menjadi pemenang, maka hidup Anda juga akan berubah. Hal itu bukan semata karena uang yang dihasilkan, tetapi juga karena perubahan cara pandang Anda terhadap segala sesuatu di sekitar.

Persepsi yang kita bicarakan di sini bukan hanya soal kesuksesan trading, tapi juga mengenai rintangan dan konsekuensi trading forex. Untuk mendapatkan cara pandang yang sesuai, di sini kita akan membahas lebih lanjut tentang kesulitan yang wajar ditemui saat Anda masih dalam tahap belajar trading forex. Harapannya, Anda bisa lebih mudah menerima rintangan-rintangan tersebut sebagai konsekuensi yang harus Anda hadapi dan atasi.

 

Kesulitan Dalam Belajar Trading Forex

Kali pertama terjun ke dalam trading forex dan mencoba analisa teknikal dalam akun demo, pasti terasa mudah. Namun, ketika mencoba memasuki Live Trading, yang Anda dapati justru kebalikannya. Mengapa demikian?

Kesulitan belajar trading forex

Jawabannya adalah karena Anda berhadapan langsung dengan risiko kehilangan uang ketika Live Trading. Aktivitas trading yang semula dirasa mudah dan ringan untuk dijalankan di akun demo, mendadak jadi diliputi dengan berbagai risiko kehilangan uang secara real dan harus dijalankan dengan penuh kehati-hatian. Karena pikiran dikuasai oleh rasa takut, maka Anda bisa saja menyimpang dari sistem trading dan lebih terdorong untuk menjalankan trading berdasarkan spekulasi. Jika alam bawah pikiran Anda terus merasa takut rugi, maka dengan sendirinya Anda akan mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi dan bertrading secara tidak logis.

Tidak hanya rasa takut, trading dengan uang real untuk pertama kalinya juga bisa memunculkan rasa serakah, terutama apabila Anda baru saja mengalami winning streak alias menang beruntun. Dari sini, sudah jelas bahwa Anda akan kesulitan mengedepankan objektivitas dan lebih menuruti emosi trading.

 

Konsekuensi Belajar Trading Forex

Adanya kesulitan-kesulitan yang ditemui selama belajar trading bisa jadi memunculkan sejumlah konsekuensi yang mau tak mau harus bisa Anda tangani, jika ingin bisa sukses dalam forex.

 

1. Dikendalikan Emosi

Banyak trader kesulitan mencapai keberhasilan, karena mudah dikuasai oleh emosi saat trading. Pasar forex yang likuid dan bisa diakses 24/5, dengan pergerakan harga yang selalu berfluktuasi secara real-time, membuat banyak trader pemula sering terbawa gejolak pasar. Mereka sering meninggalkan logika saat mengikuti naik turunnya harga.

Jika Anda selalu membiarkan alam bawah sadar menguasai, maka secara otomatis Anda akan sering melakukan kesalahan. Alam bawah sadar akan dengan mudah menipu Anda untuk menghindari peluang, meski sebenarnya sudah banyak sinyal yang mengkonfirmasi. Sebaliknya, saat Anda dikuasai oleh keserakahan, Anda akan cenderung untuk open posisi meski kenyataannya tidak ada sinyal yang cukup valid untuk mengkonfirmasinya. Lantas bagaimana hasilnya? Yaah bisa jadi yang Anda dapatkan justru loss besar-besaran.


kontrol emosi

Pada akhirnya, jika Anda mampu bertahan cukup lama di forex, Anda akan dituntut untuk menyesuaikan cara pikir Anda. Menghadapi pasar tidak bisa dilakukan dengan baik jika emosi Anda terlalu mendominasi. Ada baiknya rasa takut ataupun serakah dapat dikontrol dengan baik, sehingga tindakan Anda selama trading bisa tetap objektif. Jika Anda terbiasa melakukan setup emosi tersebut untuk kepentingan trading, maka bukan tidak mungkin Anda akan mampu menerapkan cara pikir yang sama di kehidupan sehari-hari.

 

2. Kehilangan Uang

Poin kedua ini bisa jadi merupakan konsekuensi yang menuntut Anda untuk bisa legowo menerima. Yapp, Anda harus siap kehilangan uang alias merugi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa belajar forex belum lengkap bila belum pernah merugi. Ini karena kesuksesan dalam forex tak bisa diraih secara instan. Selain itu, seseorang seringkali baru bisa benar-benar belajar setelah mengalami kekalahan. Tapi, kalau baru belajar sudah rugi, lalu bagaimana bisa suksesnya? Kuncinya ada pada konsekuensi belajar trading forex ketiga di bawah ini.

 

3. Keharusan Untuk Terus Belajar

Apakah setelah selesai menempuh tahapan belajar forex, maka secara instan Anda bisa langsung panen profit? Tentu saja tidak. Faktanya, pasar terus berubah dari waktu ke waktu. Para trader profesional pun harus terus menerus belajar meskipun sudah menghasilkan jutaan Dolar. Dalam perjalanan Anda nantinya, akan selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik dari setiap kekalahan maupun kesuksesan. Untuk membalas kekalahan itu, maka Anda harus belajar menghindari kesalahan yang sama. Sementara jika ingin mempertahankan hasil yang konsisten, Anda harus bisa menjaga "rahasia" keberhasilan serta meningkatkan performa trading sebaik mungkin.

sukses trading

Terlepas dari apakah Anda suka atau tidak, trading forex memiliki hubungan langsung dengan pengetahuan dan emosi Anda sebagai trader. Jika ingin menghasilkan uang melalui trading forex secara konsisten, sudah semestinya Anda mengontrol kondisi mental dan pikiran Anda lebih dulu.

 

Belajar trading sehingga menjadi seorang trader profesional tidak bisa hanya dalam hitungan minggu. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi sukses dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk belajar. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya di artikel Sukses Dan Lamanya Belajar Trading Forex.

Alumnus Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang sudah mengenal dunia jurnalistik sejak SMP. Sempat aktif sebagai Editor dan Reporter di UKM Pers UWKS, kini bekerja sebagai salah satu Online Journalist di seputarforex.com.


Wisetrader
konsekuensi belajar forex adalah jadi kaya ,tapi konsekuensi nya belajar forex juga jadi kismin ..dan konsekuensi belajar forex jadi kaya itu 1 berbanding 99 dengan konsekuensi belajar forex jadi kismin, soo be carefull with this product :)
Eko_yulianto
tergantung dr cara belajarnya... kalo dari awal belajarnya udah pake ilmu perkiraan ya pasti kedepannya bakal dikira2 terus tradingnya.... tapi kalo terbiasa pake analisa teknikal/fundamental dan belajar pake indikator dari awal pasti juga tradingnya lebih banyak dari hasil analisis... Memang terlalu banyak pasang indikator ini itu atau lebih fokus ke analisis tertentu juga ada kekurangannya, tapi paling tidak hasilnya akan jauh lebih meyakinkan daripada hasil pemikiran aja.
Umay
jangan lupakan fakta bahwa sebagus apapun analisa yang digunakan, trader tidak akan mampu menebak dengan benar bagaimana pergerakan pasar selanjutnya. bahkan mesti setelah melalui proses analisapun, sinyal yang digunakan untuk entry juga masih bersifat perkiraan. dalam trading apa yang dihasilkan dari pengamatan/analisa semuanya masih perkiraan. yang membedakan kualitasnya adalah apakah perkiraan itu didasarkan pada pengamatan yang obyektif atau lebih banyak dikuasai emosi dan spekulasi?
Derik Ant.s
setuju gan, masak lihat perkembangan harga dari prediksi sndr? emang dukun bs lht masa depan? Yg udah senior & ahli mngkn bs pake cara tu, tp ane yakin mrk pun pst jg nggak smbrngn entri tnp lihat analisis dl, yng paling pntng emang lht dr kebiasaan awalnya, makanya mbentuk kebiasaan yg baik itu jg krusial buat pemula
Alfian.rizky
Hmm trnyt konsisten dlm trading foex jg ada sisi burukx, slm ni gw slalu dikasi saran untuk g gontaganti cara trading spy hslxjg stabil. Ini bs jd masukan bwt nubi untuk milah informasi kalo g selamanya brthn di cara sendiri itu baik.
Eko_yulianto
strategi trading probadi bisa dipertahankan kalau sudah melalui ujicoba backtest beberapa kali... sebenarnya tidak ada juga strategi yang menjamin sukses 100%, maka dr itu pemilihannya lebih disesuaikan dr gaya trading secara personal... tapi untuk konsistensinya ya harus diuji dulu berkali-kali supaya lebih meyakinkan, tidak cukup 2-3 kali saja.... khusus untuk strategi yang mengandalkan alam bawah sadar sepertinya lebih cocok dikatakan sebagai tebak-tebakan yang mengandalkan peruntungan sja karena pengamatan dan penerapannya juga pasti tidak konsisten tergantung mood si trader.
Umay
setuju dengan uji strategi yang perlu dilakukan dengan menyesuaikan terhadap gaya trading. namun tentang strategi yang mengandalkan alam bawah sadar itu sepertinya lebih tepat jika disebut sebagai intuisi dalam trading. tidak semua trading yang mengandalkan intuisi bisa dikatakan sebagai hal yang buruk. ini tergantung dari trader yang menjalankannya. intuisi seorang trader profesional yang telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun tentu berbeda dengan intuisi trader yang baru kemarin mengenal forex. oleh karena itu bagi trader profesional sah-sah saja untuk melibatkan intuisi mereka dalam mengambil posisi, karena kebanyakan mereka sudah ditempa oleh pengalaman untuk bisa mengambil keputusan yang paling tepat dalam trading.
Sahrul.erlangga
nah makanya trader disaranin bikin jurnal trading biar punya history trading sendiri. skrg kan sudah banyak perangkat yg bisa digunakan untuk menganalisa dan merekam trading. teknik yang tersedia sekarang tambah banyak dan canggih. bukan berarti karna gag bisa lihat bagaimana harga terbentuk terus satu-satunya jalan adalah dengan mengira-ngira sendiri pergerakan harganya. manfaatkan setiap fasilitas dan pengetahun yang saat ini tersedia. karena era forex trading online jaman sekaran ini memang serba mudah.
Yovi Saputro
kalo yg paling mudah ane pahamin konsekuensi belajar forex itu adalh jadi stres. stres karna banyak bangett yg perlu dipelajarin diforex. mulai dari pengertiannya, pasarnya, analisa-analiasanya, manajemen risikonya, sampe psikologi tradingnya. mentas2 dari belajar forex pasti berasa agak stres karna ternyata mau sukses disini banyak banget yg kudu dipelajarin n diperhatiin. tapi ane juga setuju sih sama maksud artikel ni, secara mental emang dampaknya belajar forex yg bener bisa ngaruh ke kebiasaan. tapi kalo menurut ane ini malah dampak positif. soalnya cara pikir kita bisa lebih objektif n lebih stabil hadapin masalah2 yg ada.
Mimin Wahidin
Waduh berarti udah ada nih tipe - tipeĀ  orang yg punya bakat trading....Yaitu orang - orang yg pandai manage emosinya....Kalo dgn trading kita bisa jadi pribadi yg kaya begitu...Berarti orang -orang yg sedari awal udah punya cara pikir yg baik makin mantap & cepet dong suksesnya? Yg begini apa gag udah banyak yg bahas ya? Pernah baca di salah 1 artikel kl sebenarnya psikolog bisa jadi yg paling potensial sbg trader... Ya walopun gag menutup kemungkinan jg semua org bisa kl mau berusaha.
Tp yg gw liat kebanyakan trader baru malah lebih mentingin masalah2 teknis kyk indikator, ea, & semacamnya. Jadi biar g salah jalan dari awal udah musti fokusin bgmn cara mengatur emosi supaya tradingnya bisa bertahan lama
Dmu
tidak ada yg pasti dalam trading. pakailah ilmu probabilitas seperti di sekolah dulu.
Agus Bastian
serius loe? maksudnya gimana nih? udah terbukti belum? jangan2 cuma asal ketik?
Faisal
Anda salah jika menerapkan probabilitas dalam trading.
Sinar Ari
Terjun di dunia trading apa bisa bikin kecanduan mas? Saya punya uang 1 juta mau pake bwt trading apa bisa? mohon pencerahannya
Seputarforex
Lebih tepatnya bukan kecanduan, tapi bisa dapat profit. Bisa, tinggal anda mencari broker yang sesuai dengan kondisi keuangan anda.
Jika Anda pemula, ada baiknya Anda tidak melakukan investasi dengan modal besar. Ada broker yang menerima deposit untuk trading dengan minimal $1. Selengkapnya bisa Anda simak di Artikel berikut: 7 Broker Forex Dengan Modal Kecil.