EUR/USD 1.062   |   USD/JPY 154.290   |   GBP/USD 1.244   |   AUD/USD 0.642   |   Gold 2,343.27/oz   |   Silver 28.86/oz   |   Wall Street 37,735.11   |   Nasdaq 15,885.02   |   IDX 7,154.50   |   Bitcoin 70,060.61   |   Ethereum 3,505.25   |   Litecoin 98.69   |   PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI) resmi melantai di BEI hari ini. Saham MHKI turun 10% ke posisi Rp144 per saham, 42 menit lalu, #Saham Indonesia   |   Emiten gas industri PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (SBMA) mencetak peningkatan laba bersih sebesar 5.53% menjadi Rp4.73 miliar, 43 menit lalu, #Saham Indonesia   |   PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) mencatat pendapatan sebesar Rp439.3 miliar dengan laba bersih sebesar Rp58.25 miliar, 44 menit lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 kehilangan 1.21% berakhir pada 5,061, sedangkan Nasdaq kehilangan 1.79% menjadi 15,885. Dow Jones Industrial Average turun 0.66% menjadi 37,735, 44 menit lalu, #Saham AS

Kontrak Berjangka Emas dan Perak

Penulis

Investasi emas dan perak adalah instrumen investasi yang menjanjikan. Salah satu alternatif investasi logam ini adalah dengan cara membeli kontrak berjangka emas dan perak.

Apabila anda sedang mencari perlindungan mengenai suatu inflasi, sebuah permainan yang spekulatif, alternative investasi maupun hedge komersial, kontrak komoditas berjangka seperti emas dan perak mungkin bisa menjadi sebuah jawaban yang mampu memenuhi kebutuhan anda. Perdagangan pada pasar ini melibatkan resiko yang tinggi dan tidak cocok bagi semua orang, dan hanya modal risiko harus digunakan karena investor bisa kehilangan lebih daripada yang diinvestasikan.

Kontrak berjangka emas dan perak
Pada artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar kontrak berjangka emas dan perak serta bagaimana mereka diperdagangkan.

1. Kontrak Berjangka Logam Mulia

Kontrak berjangka komoditas logam mulia ialah suatu kesepakatan yang saling mengikat, baik pengiriman emas ataupun perak dimasa depan melalui harga yang telah disepakati. Kontrak diberlakukan oleh bursa atau pasar komoditas berjangka untuk kuantitas, waktu yang berkualitas, dan tempat pengiriman. Hanya harganya saja yang bervariabel. Hedgers menggunakan kontrak sebagai cara untuk mengelola risiko harga mereka pada pembelian atau penjualan yang diharapkan dari logam fisik.

Hal ini juga menyediakan spekulator dengan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pasar tanpa dukungan fisik. Terdapat dua posisi yang berbeda yang dapat anda ambil dipasar. Posisi jangka panjang (buy) merupakan kewajiban untuk menerima pengiriman dari logam fisik, dan posisi jangka pendek (sell) adalah kewajiban untuk melakukan pengiriman. Sebagian besar kontrak futures offset sebelum tanggal pengiriman. Sebagai contoh, ini terjadi ketika seorang investor dengan posisi long berinisiatif membuka posisi short dalam kontrak yang sama, secara efektif menghilangkan posisi long asli.

 

2. Keuntungan Kontrak Komoditas Berjangka

Karena perdagangan di bursa terpusat, perdagangan kontrak berjangka menawarkan lebih leverage keuangan, fleksibilitas dan integritas keuangan dari perdagangan komoditas itu sendiri. Leverage adalah kemampuan untuk trading dan mengelola nilai produk pasar yang tinggi dengan sebagian kecil dari total nilai. Pada perdagangan kontrak berjangka yang dilakukan dengan kinerja margin. Hal ini membutuhkan modal yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan perdagangan pada pasar fisik. Leverage ini memberikan spekulan risiko yang lebih tinggi / investasi yang lebih tinggi.

Misalnya, salah satu kontrak berjangka emas 100 troy ons, atau satu batangan dari emas. Nilai dolar dari kontrak ini adalah 100 kali harga pasar untuk satu ons emas. Jika pasar tersebut diperdagangkan pada $ 600 per ounce, nilai kontrak adalah $ 60.000 ($ 600 x 100 ons). Berdasarkan pada aturan bursa margin, margin yang dibutuhkan untuk mengontrol suatu kontrak hanya $ 4,050. Jadi untuk $ 4.050, satu dapat mengontrol $ 60.000 senilai emas. Sebagai seorang investor, ini memberi Anda kemampuan leverage $ 1 untuk mengendalikan sekitar $ 15. Di pasar berjangka, hal itu sama mudah untuk memulai posisi short sebagai posisi yang panjang, peserta memberikan jumlah besar fleksibilitas.

Fleksibilitas ini memberikan hedgers dengan kemampuan untuk melindungi posisi fisik mereka dan untuk spekulan untuk mengambil posisi berdasarkan ekspektasi pasar. Sedangkan pada bursa dimana emas/perak futures diperdagangkan, peserta tidak menawarkan risiko counterparty, yang dipastikan dengan layanan kliring. Ini berarti bahwa pertukaran bertindak sebagai pembeli untuk setiap penjual, dan sebaliknya, mengurangi risiko baik secara default yang menjadi tanggung jawab mereka.

 

3. Spesifikasi Kontrak

Nilai Kontrak pada logam emas sedikit berbeda pada bursa AS : 1. COMEX dan 2. eCBOT. Kontrak 100-troy-ons yang diperdagangkan pada Bursa dan kontrak mini (33,2 ons troy) diperdagangkan hanya pada eCBOT. Perak juga memiliki dua perdagangan kontrak di eCBOT dan di COMEX. Kontrak “besar” untuk 5.000 ons, yang diperdagangkan pada Bursa, sedangkan eCBOT mini untuk 1.000 ons.

Kontrak berjangka emas dan perak

 

4. Kontrak Emas Berjangka

Emas diperdagangkan dalam dolar dan sen per ons. Sebagai contoh, ketika emas diperdagangkan pada 600 per ons, kontrak memiliki nilai sebesar $ 60.000 (600 x 100 ons). Seorang pedagang yang panjang di 600 dan menjual pada 610 akan menghasilkan $ 1.000 (610-600 untung $ 10 =, 10 x 100 ons = $ 1.000). Sebaliknya, seorang pedagang yang panjang di 600 dan menjual pada 590 akan kehilangan $ 1.000. Pergerakan harga minimum atau ukuran tick adalah 10 sen. Pasar mungkin memiliki berbagai macam, tetapi harus bergerak secara bertahap minimal sepuluh sen.

Baik eCBOT dan menentukan COMEX pengiriman ke kubah daerah New York. Kubah ini dapat berubah oleh bursa. Bulan yang paling aktif diperdagangkan (sesuai dengan bunga volume dan terbuka) adalah bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Untuk mempertahankan pasar yang teratur, bursa akan menetapkan batas posisi. Batas Posisi adalah jumlah maksimum kontrak peserta tunggal. Ada batas posisi yang berbeda untuk hedgers dan spekulan.

 

5. Kontrak Perak Berjangka

Perak diperdagangkan dalam Dollar per ons seperti emas. Misalnya, jika perak diperdagangkan pada $ 10 per ounce, yang “besar” kontrak memiliki nilai sebesar $ 50.000 (5.000 ons x $ 10 per ounce), sementara mini akan menjadi $ 10.000 (1.000 ons x $ 10 per ons). Ukuran tick adalah $ 0,001 per ons, yang setara dengan $ 5 per kontrak besar dan $ 1 untuk kontrak mini. Pasar tidak mungkin memperdagangkan selisih yang lebih kecil, tetapi bisa memperdagangkan dengan kelipatan yang lebih besar, seperti sen. Seperti emas, persyaratan pengiriman untuk kedua bursa menetapkan kubah di wilayah New York. Bulan yang aktif untuk pengiriman (sesuai dengan volume dan minat terbuka) adalah Maret, Mei, Juli, September dan Desember. Perak, seperti emas, juga memiliki batas posisi yang ditetapkan oleh bursa.

 

6. Pelaku Pasar Komoditas Berjangka

Fungsi utama dari setiap pasar berjangka adalah untuk menyediakan sebuah pasar yang terpusat bagi mereka yang memiliki kepentingan untuk membeli atau menjual suatu komoditas fisik pada beberapa waktu dimasa depan. Pada logam mulia, pasar berjangka membantu hedgers mengurangi risiko yang terkait dengan pergerakan harga yang merugikan di pasar tunai. Contoh hedgers termasuk brankas bank, tambang, produsen dan perhiasan. Hedgers mengambil posisi dipasar yang berlawanan dengan posisi fisik mereka. Karena hubungan harga antara futures dan pasar, keuntungan di satu pasar dapat mengimbangi kerugian yang lain.

Misalnya, perhiasan yang takut bahwa dia akan membayar harga yang lebih tinggi untuk emas atau perak kemudian akan membeli kontrak untuk mengunci harga dijamin. Jika harga pasar untuk emas/perak naik, ia akan harus membayar harga yang lebih tinggi untuk emas/perak. Namun, karena perhiasan itu mengambil posisi long di pasar berjangka, dia bisa membuat uang di kontrak berjangka, yang akan mengimbangi kenaikan biaya pembelian emas/perak. Jika harga tunai emas/perak dan harga berjangka keduanya turun, Hedger akan kehilangan posisinya di future, tapi membayar lebih sedikit ketika membeli emasnya/perak di pasar tunai.

Tidak seperti hedgers, spekulan tidak memiliki kepentingan dalam mengambil pengiriman, melainkan mencoba keuntungan dengan asumsi risiko pasar. Spekulan termasuk investor individu, hedge fund atau penasihat perdagangan komoditas. Spekulan datang dalam segala bentuk dan ukuran dan dapat di pasar untuk periode waktu yang berbeda. Mereka yang masuk dan keluar dari pasar sering pada sesi disebut calo.Seorang pedagang posisi berlaku untuk beberapa sesi. Semua spekulan perlu menyadari bahwa jika pasar bergerak dalam arah berlawanan, posisi mereka dapat menimbulkan kerugian.

63910
Penulis

Bayu mengenal dunia investasi saat masih studi di perguruan tinggi, kemudian berlanjut menjadi penulis mengenai berbagai jenis investasi dan strategi-strategi trading di Seputarforex. Bayu meyakini bahwa trading bukanlah mesin jackpot, dan kita harus terus belajar agar bisa menjadi seorang trader sukses.