Mari Trading dengan Passion

90306

Passion tidaklah sama dengan emotion, apalagi bila dikaitkan dengan trading. Trading dengan passion sangat saya anjurkan, sedangkan trading dengan emotion adalah 2 hal yang harus dipisahkan jauh-jauh. Apa yang saya maksud dengan "trading dengan passion" yang saya anjurkan di sini adalah 'trading dengan hati'.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Eh, sebelumnya perlu saya tekankan, bahwa yang saya maksud di sini adalah passion, bukan emotion loh... Passion tidaklah sama dengan emotion, apalagi bila dikaitkan dengan trading. Trading dengan passion sangat saya anjurkan, sedangkan trading dengan emotion adalah 2 hal yang harus dipisahkan jauh-jauh. Mungkin saya perlu membuat padanan kata dari passion supaya tidak terjadi salah paham yah? Ok deh... saya padankan saja bahwa apa yang saya maksud  dengan "trading dengan passion" yang saya anjurkan di sini adalah "trading dengan hati".

trading dengan passion

Ok, sekarang saya ingin cerita dikit nih! Saya masih inget, saat awal belajar trading, beberapa temen nanya, "Ngapain sih belajar jadi trader, apa gak cuma buang-buang waktu tuh?" Atau kalo gak ya pertanyaan klasik berikutnya, "Emang dapet berapa sih dari trading, kok sampe rela begadangan gitu?"

Terus terang, jawaban yang paling sering saya berikan untuk pertanyaan model gitu sih ya nyengir saja. Hehehe! Yah, harap maklum, teman-teman saya jelas gak bisa ngerti gimana asyiknya trading, lah mereka belum pernah nyoba trade sih!

Trading bagi saya lebih sebagai hobi sih. Uang mungkin hanya "efek samping". Justru yang susah tergantikan menurut saya ya, keasyikan dan kepuasannya itu, yang gak bisa didapet dari kerjaan saya sehari-hari. Itulah kenapa, kalo ada orang yang nanya berapa saya "dapet" dari trading, buat saya pertanyaan itu gak relevan. It's not about money, it's about passion!

Nah, bicara tentang passion, kalo boleh saya mengutip pernyataan dari seorang konsultan karir. Katanya, "passion" adalah segala hal yang kita sukai sedemikian rupa sehingga kita tidak mungkin terpikir untuk tidak mengerjakannya. Passion will lead you to succes. And what is succes? Not about becoming the best, it is about becoming your self-best!

Passion masing-masing orang tidak sama. Ada yang passionnya di musik, ada yang di olah raga, atau bahkan ada yang passionnya lebih abstrak, semacam "membimbing orang lain". Wow! Di bidang apapun passion anda, apabila anda bekerja sesuai dengan passion, maka segala sesuatunya akan terasa lebih menyenangkan, karena "pengorbanan"pun akan terasa sebagai "kenikmatan".

Nah, masalahnya, banyak orang yang ternyata tidak tahu apa passionnya. Passion itu tidak sekedar hobi atau kesenangan. Memang mirip meskipun tidak sama. Untuk menemukan passion kita, cobalah merenung sesaat, "Apakah yang membuat kita merasa fullfilled dan happy?"

Ok, intinya saya pengen mengajak anda untuk coba menelusuri passion anda. Siapa tau nih, ada yang menemukan bahwa passionnya ada di kegiatan trading. Cocok kan? Hehehe... Soalnya kalau saya rasakan, di trading ini banyak banget hal-hal yang bisa berhubungan dengan passion. Mau contoh? Ok, coba kita lihat yah... Untuk sebagian orang mungkin ngeliat deretan angka juga sudah menarik. Eh, jangan salah, saya pernah kenal dengan orang yang ngaku bisa jatuh cinta pada bilangan atau deretan angka loh... Hehehe!  Atau, mungkin ada yang menikmati adrenaline rush saat open position dan mengamati gerakan chart. It’s ok!

Di bagian manapun dari kegiatan trading ini yang sesuai dengan passion, maka jadilah! Maksudnya? Ya...itu, jadilah trading sebagai kegiatan yang menyenangkan. Hehehe... "Pengorbanan" semacam melek semaleman, berjam-jam melototin chart atau bahkan saat loss-pun menjadi "menyenangkan". Nah, kalau pekerjaan sudah terasa menyenangkan, maka pembahasan soal stress tidak lagi relevan. Artinya? kita akan jauh dari stress, meskipun load kerja tinggi. Hebat kan?

Nah, sekarang... Coba deh, barangkali anda menemukan passion di trading. Kalau memang iya, saya ucapkan "Selamat!" Anda (kemungkinan besar) akan menjadi successful trader. Yah... Setidaknya anda sudah bekerja sesuai dengan passion, sehingga anda (mestinya) jauh dari stress. Itu satu hal yang patut disyukuri loh... Bukankah bebas stress adalah hal yang "mahal" di jaman yang (katanya sih) serba bikin stress ini? Hehehe...

Happy trading!

Awalnya, Greenpips merupakan ibu rumah tangga biasa. Namun, kemudian mengenal forex di perguruan tinggi, dan setelah itu memutuskan membuat tesis mengenai Expert Advisor. Paling suka menggunakan Fibonacci dalam trading.


Ady Saifudin
tidak apa-apa menuruti passion asal tidak merugikan diri sendiri & orang lain, serta masih realistis untuk dijalani. karna sekarang trading ini bisa dijangkau semua golongan orang, jadilah orang2 yang kemungkinan punya passion trading bisa mulai trading buat menekuni passionnya ini. tapi bayangkan seumpama di trading ini ada aturan2 yang tidak semuanya orang bisa ikutan disini, pasti meskipun sudah tertarik dan punya passion trader juga akan mikir2 untuk menjalaninya..
Muchlis
Benar orang2 seperti ini emang selalu ada. Walo pun gag banyak tapi justru orang2 kaya ginilah yg pantang menyerah. Udah rugi berkali2 pun pasti bangkit lagi krn penasaran pengen tau cara trading yg bener n profitable tuh gimana. Beda sama trader2 yg profit oriented, mentalnya pasti gampang terpengaruh sama profit lossnya posisi trading. Karena dianggapan mereka trading tu mesti bawa untung n rugi kalo bisa seminimal mungkin. Ini prinsip trader yg menjadikan trading sebagai bisnis. Gag ada salahnya sih, justru ini juga kadang diperluin. Cuma fokus trader yg punya passion lebih ke pengalaman n pelajaran yg bisa didapet. Meskipun akhir2nya nanti jumlah profit n loss tetap akan jadi tolak ukur keberhasilannya juga.
Reon Zzz
jd kesimpulanx trdr yg slm ini suka stres tu g punya passion dlm trdng ? berarti apa yg msti dilakuin dng kl trnyt g sbrp passion? kn g smw trdrd yg ada skrg ini punya passion yg sama... ada yg sngt passion ada yg malah g passion sm sekali... kalo dlm prosesx suka stres apa lngsung aja berenti trdng krn g sesuai passion?
Amir Riskian
reon, pada kenyataannya trading itu paling mudah dilaksanakan dan punya potensi keberhasilan paling tinggi ketika tidak dipengaruhi stres.

memang pada dasarnya orang yang sudah melakukan suatu kegiatan dari hati itu akan lebih terbebas dari pengaruh stres, karena hambatan yang melintang akan dianggap sebagai tantangan tersendiri yang jika berhasil diatasi akan mendatangkan kepuasan tersendiri. namun bukan berarti juga trader yang passionnya minim perlu berhenti trading begitu merasa stres.

ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk berhenti, namun sebelum berusaha untuk melakukan cara terbaik ada baiknya untuk terus mencoba. kesuksesan sebenarnya tidak hanya ditentukan oleh passion, tetapi juga ketekunan dan kerja keras.
Daus Aja
krna ndak semua org punya passion bwt trading forex, mending kenali passion di slh satu unsurnya aja..
trading kan bnyak bagian dn tahapan-tahapan nya...

dr sekian bnyak yg ada itu mngkin bisa dicari mn yg digemari...
entah dr segi analisanya (teknikal/fundament), hitung hitungan mmnya, evaluasinya, baca chartnya, dsb..

jd kl nanti bs lbh mempertimbngkan unsur yg disenangi pastinya tetap ada sesuatu hal yg dijalankan dgn senang dn dari hati (passion)...
Ibnu
passion saya di trading adalah ketika melihat angka2 dan ketika menghitung. i love number.
Trisila
temukanlah passionmu dalam tradingmu tentunya dengan ketekunan dan mampu melihatnya sebagai seni maka hasilnya juga akan menjadi luar biasa.output trading tidak hanya untung dan rugi, masih banyak hal positif yg dihasilkan dari perjalanan trading.kenali dan temukanlah
Sahabat Trader
Mencapai taraf profit konsisten dalam trading memang tidak mudah, pada tingkatan itu orang baru bisa menikmati enaknya sebagai trader. Sayangnya untuk mencapai itu benar2 tidak mudah, dibutuhkan disiplin, keuletan, passion dan terutama adalah pengorbanan ketika kita berada dalam masa2 proses, kita harus benar2 all out, Dengan MINDSET yang benar, cepat atau lambat semua pengorbanan kita akan dibayar lunas