Memaksimumkan Performance Trading (4)

117183

Jangan berhenti pada profit yang kecil, kejarlah profit yang besar. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana memaksimumkan profit Anda.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda bisa memperbaiki performance trading Anda. Pada bagian yang ke 1,2 dan 3 kita sudah membahas:
“Investasi di Pasar yang Sedang Tren”.
“Jangan Pernah Masuk Posisi Tanpa Tahu Dimana Akan Keluar”.
Dan “Jangan pernah membuka diri lebih dari 1% dari portofolio anda”
Sekarang mari kita membahas hal yang keempat yaitu:

Prinsip 4: Bertanggung Jawab atas Segala Sesuatu yang Terjadi pada Anda Sendiri.


Tanggung jawab biasanya berhubungan dengan keputusan. Sekali seseorang memutuskan sesuatu maka dia akan bisa dituntut untuk mempertanggung jawabkannya. Tidak ada yang perlu dipertanggung jawabkan apabila tidak ada keputusan yang dibuat. Oleh karenanya orang yang tidak bertanggung jawab biasanya adalah orang yang tidak suka mengambil keputusan. Dan kalaupun dia mengambil keputusan, dan terbukti keputusannya itu salah, dia akan berusaha menyembunyikannya atau melemparkannya pada orang lain.

bertanggung jawab untuk memaksimalkan performa trading

Bagaimana menjadi orang yang bertanggung jawab? mulailah dengan belajar untuk cepat mengambil keputusan dan berani menghadapi apapun akibatnya.

Ciri Orang yang Tidak Bertanggung Jawab
Orang yang tidak bertanggung jawab juga biasanya adalah orang yang keputusannya mudah terpengaruh oleh orang lain, bahkan mengambil keputusan berdasarkan informasi dari orang lain. Dan apabila ternyata keputusannya salah maka dengan cepat dia akan menyalahkan orang lain yang dia tanyakan untuk mengambil keputusan. Mayoritas orang yang gagal dalam mengumpulkan kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri adalah orang – orang yang tergolong dalam kelompok orang yang mudah di pengaruhi oleh opini orang lain seperti ini. Mereka mengijinkan surat kabar dan gosipan tetangga membentuk pikiran mereka.

Opini adalah komoditi yang paling murah diatas muka bumi ini. Setiap orang punya sekumpulan opini yang siap di hembuskan ke siapa saja orang yang mau menerimanya. Jika Anda dipengaruhi oleh banyak opini-opini dalam mengambil keputusan, Anda tidak akan bisa berhasil dalam usaha apapun juga, apalagi dalam usaha mengubah keinginan Anda menjadi kekayaan dan dalam trading / investasi Anda. Jika Anda dipengaruhi oleh opini orang lain, Anda tidak punya keinginan dari diri sendiri. Ribuan orang, laki-laki dan wanita menjadi orang-orang yang minder seumur hidup mereka karena orang – orang yang bermaksud baik namun tidak berpengetahuan menghancurkan kepercayaan mereka melalui opini-opini mereka yang salah.

Salah satu persoalan pada pasar yang sedang turun adalah bahwa orang menemukan banyak orang dan hal-hal yang bisa dipersalahkan. Sebagai contoh, di tahun 2009 orang menyalahkan jatuhnya pasar antara lain pada pemberi pinjaman di sub-prime mortgage, dealer derivatives, Lehman Brothers atau Bear Stearn atau Goldman, The Fed, dan lain-lain dan lain-lainnya. Orang-orang menyalahkan brokernya atau mutual fund manager atau analis. Orang-orang yang menyalahkan orang lain atau sesuatu lain yang diluar dari dirinya dan menghindar dari tanggung jawab pribadi, akan selalu mengulangi kesalahan mereka.

Akibat dari Mempersalahkan Orang Lain atas Kerugian yang Terjadi
Pernah ada seorang investor menggugat suatu perusahaan mutual fund yang besar karena rekeningnya telah turun sampai 90%. Orang ini menerima "Account Statement"-nya setiap bulan dan memperhatikan rekeningnya turun sedikit demi sedikit. Tetapi hanya ketika rekeningnya telah turun sampai 90%, baru dia memutuskan untuk mengambil tindakan-dengan melakukan penggugatan hukum. Tetapi siapa sesungguhnya yang harus dipersalahkan atas kerugiannya? Investor itu sendiri. Dia sendiri.

Dia mengambil resiko terlalu banyak atas portfolionya pada satu macam investasi, dan dia tidak melaksanakan exit strategy yang telah ditentukan sejak semula. Mungkin tak terpikir olehnya bahwa dialah yang membuat kesalahan itu, sehingga akibatnya dia kemungkinan besar akan melakukan lagi dan lagi di waktu yang akan datang. Tidak peduli apapun yang terjadi pada Anda, Anda harus sepenuhnya bertanggung jawab atas hasilnya. Itulah cara satu-satunya Anda bisa belajar dari pasar forex. Kalau tidak, Anda tidak akan pernah berubah, Anda akan mengalami kerugian yang sama, lagi dan lagi.

Ambil Tanggung Jawab Anda Sendiri
Gunakanlah pikiran Anda sendiri dan ambillah keputusan Anda sendiri. Jika Anda memerlukan fakta-fakta atau informasi dari orang lain supaya bisa mengambil keputusan, sebagaimana biasanya memang diperlukan, ambillah fakta-fakta atau informasi yang aman yang Anda perlukan secara diam-diam, tanpa perlu menerangkan maksud Anda.

Untuk mengambil keputusan yang tepat, biasanya memerlukan keberanian dan bahkan kadang–kadang harus amat berani. Keberanian Anda akan diperlukan dalam mengambil keputusan. Orang-orang yang bertanggung jawab umumnya adalah orang-orang yang berani. Kalau Anda ingin menjadi orang yang berhasil dalam hidup dan juga dalam trading / investasi, jadilah orang yang berani.

Mulai terjun di dunia trading akhir tahun 2009. Pertama kali belajar konsep Money Management dari seorang trader Jepang, kemudian berlanjut otodidak. Strategi trading berpatokan pada level Support dan Resistance (Supply and Demand), dengan dasar High Low yang pernah terjadi, ditunjang range market yang sedang berlangsung dan pembatasan risiko.


Didik Suhadi
apa maksud nya mengambil fakta/informasi dari orang lain secara diam2 dan tanpa menerangkan maksud? pada siapa harus nya kita menerangkan maksud, dan maksud seperti apa sebenar nya yang diterangkan disini?
Rama
To Didik: Jika tentang menerangkan maksud saya mungkin sedikit paham karena jika kita terlalu banyak menerangkan alasan kenapa kita melakukan ini & itu, maka kita akan cenderung beropini & nantinya akan membawa diri kita dan orang lain di sekitar kita untuk meyakini opini bentukan sendiri yang belum tentu tepat itu. Sedangkan untuk pengambilan informasi secara diam-diam saya juga kurang tau maksudnya. Kenapa harus diam-diam dan tidak secara terang-terangan saja? Karena jika dilakukan secara diam-diam malah terkesan melakukan hal yang mencurigakan.
Edit Maulana
drpd cmn sekedar tanggung jawab, kenapa nggak dibahas soal psikologi trading aja. biasanya rasa kurang tanggungjawab itu timbul dari kebiasaan/sifat bawaan. seharusnya bisa dikembangkan kondisi psikologis yg mempengaruhi sikap supaya nanti trader bisa lebih mengerti n mau bertanggungjawab sama tradingnya sendiri. sementara akar permasalahannya sendiri, psikologi trading, malah krg dibahas padahal memiliki kondisi psikologis yg baik bisa membantu memperbaiki hampir semua masalah trading yg mungkin muncul krn sikap n kebiasaan yg buruk.
Rama
To Edit: Iya saya setuju, saya sudah mengikuti tulisan ini mulai dari part pertama. Saya rasa cukup lengkap karena ada keterangan tentang trading dengan tren, strategi exit, dan money management. Tapi sampai di sini agak kurang puas juga karena hanya membahas tentang tanggung jawab. Memang itu diperlukan juga untuk mempersiapkan mental trading yang baik, tetapi jika tidak ada pembahasan tentang psikologi dan emosi maka rasanya juga akan kurang lengkap. Karena justru aspek itulah yang bisa menentukan keberhasilan trading.
Hardian
thnks nice info,
gw sependapat aja sm artikel ini, emg trdr kl g mau tnggung jwb ada tanda2 gbs nanggung kerugian d kemudian hari,
ngsaih pljrn bwt yg suka nyalahin pembuat sistem atau pemberi sinyal. drpd mahal2 beli sistem ato ikutan trdng orang mending trdng sndiri aja pake sistem sendiri.
kalo ada apa2 bs dipertanggungjwbin sndiri g perlu nyalahin org