Menentukan Support Dan Resistance Dengan Price Action (2)

114425

Artikel ini akan mengulas lebih banyak contoh penentuan support resistance berdasarkan price action. Pelajaran apa saja yang bisa diambil?

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Saat menarik garis support atau resistance, dianjurkan untuk menentukan level-level kunci (key levels) pada jangka yang lebih panjang terlebih dahulu sebelum membuat plot pada jangka pendek. Support dan resistance jangka panjang akan lebih signifikan, apalagi jika telah diuji beberapa kali. Level-level kunci jangka panjang bisa dilihat dari chart weekly atau daily, tetapi dengan melihat pengaruhnya pada 3-6 bulan ke belakang. Sedangkan untuk level support dan resistance jangka pendek bisa ditentukan dengan melihat pada chart 4-hour yang masih berpengaruh pada chart daily-nya.

 

Contoh 2: GBP/USD

Menentukan Support Dan Resistance Dengan Price

Telah disebutkan sebelumnya, support atau resistance bisa berupa daerah atau zona (zones) seperti pada chart GBP/USD di atas. Dalam hal ini, zona resistance kunci berada pada area 1.6270-1.6310. Jelas tampak bahwa level 1.6270 adalah resistance yang cukup kuat pada periode waktu tersebut (telah disentuh 3 kali), sedangkan bar untuk level 1.6310 yang menembus 1.6270 berada di antara 3 bar yang menyentuh 1.6270, dan menjadi level tertinggi. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh (40 pip), maka bisa dianggap sebagai sebuah area untuk menunjukkan resistance pada periode waktu tersebut.

Seperti pada gambar contoh di atas, level support kunci atau resistance kunci pada umumnya adalah level harga yang telah diuji atau mengalami penolakan (rejection) beberapa kali hingga reaksi pasar terhadap level-level tersebut sangat kuat. Sebaliknya, support atau resistance jangka pendek cenderung mudah ditembus dan kurang teruji.



Contoh 3: AUD/USD

Menentukan Support Dan Resistance Dengan Price

Pada contoh di atas, AUD/USD bergerak dalam range yang cukup lebar antara 1.0612 dan 1.0175. Level 1.0612 dianggap sebagai level resistance kunci, karena pada level tersebut terjadi pembalikan (reversal) pergerakan harga, dan pada periode yang cukup panjang (Maret-Oktober 2012) telah diuji 3 kali, demikian juga level 1.0175 yang telah diuji 4 kali selama periode waktu Juli-Oktober 2012. Level resistance jangka pendek 1.0140 juga signifikan, tetapi tidak sekuat 2 level yang disebut terdahulu. Periode waktunya relatif pendek dan cenderung mudah ditembus.

 

Contoh 4: USD/JPY

Menentukan Support Dan Resistance Dengan Price

Pada chart USD/JPY di atas, ada 3 level support kunci dan 1 resistance kunci. Setiap level diikuti oleh pembalikan (reversal) pergerakan harga yang signifikan hingga tidak tampak level jangka pendek untuk di-plot. Pada periode waktu tersebut, USD/JPY cenderung sering menembus level yang lebih tinggi (break high). Walaupun saat level ini dibuat harga telah mendekati level resistance kunci 80.37, dari formasi pin bar pada setup price action-nya masih sangat mungkin untuk break high ke level yang lebih tinggi lagi.

Pada contoh di atas tampak pula bahwa level-level kunci tersebut tidak harus tepat pada harga yang dimaksud, tetapi lebih sering melewati ekor dan body candlestick-nya seperti pada level 78.79 diatas. Support dan resistance adalah level-level referensi yang relatif, tidak mesti persis pada suatu harga tertentu kecuali level psikologis atau angka bulat. Jika setiap kali Anda paksakan untuk menarik support dan resistance pada angka yang tepat, maka penampilan chart trading Anda akan terkesan rumit serta sulit membaca level mana yang signifikan. Level-level kunci biasanya ditentukan dari setup price action yang terjadi pada pergerakan harga sebelumnya.

 

Selain pada pasangan mata uang, support resistance berdasarkan price action juga bisa diterapkan pada instrumen lain seperti emas, indeks saham, dan minyak mentah. Pembahasan mengenai aplikasi support resistance pada chart selain pair forex bisa ditemukan dalam artikel bagian 4.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Riduan123
Kalo udah ada support ama resistan kunci yang udah teruji napa masih perlu nyari support ama resistan jangka pendek?
Martin S
@ Riduan123:
Support dan resistance kunci yang teruji dan sering ditaati dalam jangka panjang adalah yang dibuat pada time frame daily dan weekly, minimal H4. Semakin tinggi time frame untuk menentukan level-level support dan resistance maka akan semakin valid support dan resistance tersebut. Kalau Anda trading pada time frame rendah dan kebetulan posisi pergerakan harganya jauh dari level support dan resistance kunci yang dibuat pada time frame tinggi, maka seharusnya Anda mengacu pada level support dan resistance yang relevan pada time frame trading Anda sekarang, agar bisa menentukan stop loss dan take profit dengan obyektif dan logis.
Erdianto
@riduan: kl yg diambil cmn sr kuncix aja, itu bs kejauhen sob jarekx, kan psr g mesti trending trus, volatilitasx pun jg bervariasi, kl pas lg konsolidasi y percuma aja ngeset sr kunci, cz nggak bkl bs kbc dr situ kl g ada sr jngka pndkx, plus slh stu klbhnx sr kn krn bs jg dpke bwt trading sideways, nah itu ngena bgt sob bwt situasi yg spt itu..
Lutfi_sgt
bila hanya dikira2 dari price action sebelumny scr pribadi sih berarti sangat subyektif ya n peluang keliruny juga lebih besar kecuali buat yang memang sudah sering melakukannya. seperti itu jadi kurang meyakinkan untuk diterapkan sama trader yang masih pemula
Heru Awal
Setuju
PA emang metode lebih cocok buat yg udah ada pengalaman
Trader nubi perlu banyak belajar kalo trading langsung PA tanpa banyak latihan yg ada malah sering salah analisa
Martin S
@ Heru Awal:
Memang harus sering berlatih supaya ada pengalaman.
Martin S
@ Lutfi_sgt:
Bukan dikira-kira, tetapi ditentukan berdasarkan level tertinggi dan terendah dari formasi price action yang terbentuk. Sebagai contoh pada EUR/USD berikut:


Resistance ditentukan pada level tertinggi pin bar dan support ditentukan pada level terendah doji / pin bar. Perhatikan pada pergerakan harga selanjutnya, level resistance dan support tersebut valid dan ditaati.
Hari Santoso
Karena ini adalah pembahasan mengenai penentuan support dan resistan dengan price action, maka tidak heran jika kita perlu mengamati pola pergerakan harga dulu sebelum menarik garis-garisnya. Jika dipikirkan memang pengamatan price action dari setiap orang bisa berbeda-beda, namun jika ditekuni cara ini bisa jadi cara yang singkat dan bisa dihandalkan untuk mengenali titik-titik support dan resistan yang sesuai dengan pola pergerakan harga pada chart.
Martin S
@ Hari Santoso:
Pengamatan setiap trader pada price action tidak harus berbeda karena bentuk formasinya tertentu. Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca: Dasar-Dasar Strategi Trading Dengan Price Action
Lutfi_sgt
yaa memang perlu banyak belajar dulu, saya sendiri masih belum seberapa paham tentang price action ini,