iklan

Mengatasi Kerugian Trading Binary Options Dengan 3M

Penulis

+ -

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa trading binary options selalu memiliki resiko. Banyak tips telah dibagikan untuk mengantisipasi kerugian, namun bagaimana dengan cara mengatasi loss yang sudah terjadi?

iklan

iklan

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa trading selalu memiliki resiko. Baik trading forex maupun binary options, selalu ada resiko loss yang menyertai setiap posisi Anda. Banyak tips telah dibagikan untuk mengantisipasi kerugian, namun bagaimana dengan cara mengatasi loss yang sudah terjadi?

mengatasi kerugian trading binary options dengan 3M

Ya, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Namun apakah kita sudah pasti akan terbebas dari "rasa sakit" itu hanya dengan melakukan tindakan pecegahan? Dalam trading, kita bisa berusaha menjalankan strategi sebaik mungkin, namun tetap tidak ada jaminan jika kita tidak akan pernah mengalami rugi. Sebaik apapun metode trading kita, kerugian adalah hal yang tak terhindarkan. Kondisi pasar yang tak pernah menentu membuat kita harus selalu siaga, baik dengan tindakan antisipatif maupun responsif.

Menjadi trader yang sukses tidak hanya belajar cara mengantisipasi risiko, tetapi juga tahu bagaimana merespon kerugian. Seperti kata pepatah, tidak lengkap rasanya jika dalam kehidupan kita hanya mengecap rasa manisnya saja. Untuk menjadi trader yang benar-benar matang, barangkali kita memang perlu merasakan kekalahan, belajar darinya, dan bangkit menjadi trader pemenang.

Binaryoptionspost.com menyebutkan 3M sebagai metode yang bisa ditempuh untuk membantu Anda menghadapi kerugian dalam trading: Mengurangi, Merespon, dan Membenahi.


Tahap 1: Mengurangi

Langkah ini juga bisa disebut sebagai tahap pencegahan. Jika Anda dapat melakukan langkah ini dengan benar, Anda mungkin tidak perlu menjalankan tahap-tahap berikutnya. Walaupun inti dari tulisan ini adalah untuk memaparkan tips mengatasi kerugian, namun tidak ada salahnya kita membicarakan tentang tindakan antisipatif dulu.

Kurangi Pandangan Negatif Terhadap Kekalahan
Hampir setiap trader pemula akan mengalami kekalahan, sehingga hal ini kerap dikatakan sebagai hal yang wajar dan bahkan wajib dialami setiap trader. Namun tidak semua pendatang baru berpendapat demikian. Sebagian dari mereka justru membenci kekalahan, malu jika mengalami loss, dan akibatnya tidak mau memperhitungkan kemungkinan loss sama sekali.

Bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kekalahan jika Anda tidak mau menerimanya? Kenyataannya, loss memang tak terhindarkan karena bisa menimpa siapa saja. Baik trader pemula maupun profesional pasti pernah mengalami kerugian. Jadi, jika Anda masih berfikir bahwa mengalami loss itu adalah hal yang memalukan, ubahlah cara pikir tersebut. Anggaplah loss sebagai hal yang bisa selalu terjadi dan mulailah belajar untuk mengantisipasi dan meminimalisirnya.

Kurangi Jumlah Kekalahan
Anda memang tidak bisa memperkirakan dengan tepat berapa kali option Anda akan in-the-money (menang) atau out-of-the-money (kalah). Namun kita bisa memperbesar kemungkinan menang dengan menerapkan strategi secara konsisten dan menghindari pembukaan option "dadakan". Yang dimaksud dengan "dadakan" di sini adalah posisi-posisi trading tak terencana yang Anda buka hanya karena "mumpung ada kesempatan" dan sebenarnya bukan bagian dari sistem trading Anda. Posisi option seperti demikian biasanya ditempatkan hanya karena emosi sesaat, mungkin karena Anda tertarik melihat peluang harga yang sepertinya lagi menguntungkan, atau untuk membalas kekalahan dari posisi sebelumnya.

kurangi jumlah kekalahan dengan disiplin

Di sini, kunci yang sebenarnya adalah dengan menerapkan disiplin tingkat tinggi pada penggunaan strategi trading Anda. Loss dari posisi yang sudah ditempatkan sesuai dengan strategi merupakan bagian dari rencana investasi, sudah diperhitungkan dan mudah direlakan. Tapi loss pada posisi yang tidak terencana jelas akan memperbanyak kerugian yang tidak perlu, membuat persentase profit Anda tidak stabil dan mengikis akun trading Anda dengan cepat.

Kurangi Jumlah Kerugian
Bagian ini berkaitan langsung dengan manajemen resiko, yang secara umum memang diterapkan untuk meminimalisir potensi kerugian trading. Sudah menjadi rahasia umum bila kita akan merasa lebih terbebani jika bertrading dengan kapital yang besar. Mengurangi jumlah kapital bisa menjadi langkah awal dalam mengatur manajemen resiko Anda. Misalnya, Anda bisa menetapkan aturan maksimal 5% dari keseluruhan modal saat menetapkan jumlah kapital per posisi option.

Di sisi lain, Anda juga bisa mencari broker yang menyediakan refund atau fitur-fitur mirip stop loss seperti "sell back" dan "early closure".


Tahap 2: Merespon

Harga seringkali bergerak naik turun di luar perkiraan. Ketika Anda membuka option "call" dengan expiry time 1 jam, pergerakan harga yang menurun akan membuat Anda khawatir jika option tersebut akan berakhir out-of-the-money. Dalam situasi tersebut, Anda sangat rentan dipengaruhi oleh emosi yang bisa membuat Anda keluar jalur dari strategi trading yang semestinya. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk merespon situasi seperti ini?

Mengatur Kondisi Emosi
Jika Anda telah memiliki strategi trading yang telah teruji dan manajemen resiko yang sudah Anda perhitungkan dengan matang, maka seharusnya Anda tidak lagi cemas menghadapi naik turunnya harga di saat option masih berjalan. Apabila Anda masih saja diliputi oleh rasa khawatir yang berlebihan, maka itu artinya Anda belum memiliki strategi yang betul-betul teruji dan dapat Anda andalkan.

mengatur emosi trading binary options

Naik turunnya harga merupakan fenomena yang normal dihadapi setiap trader. Hadapi kerugian dengan "kepala dingin" dan usahakan untuk tidak melakukan hal-hal di luar rencana yang justru bisa membahayakan posisi Anda. Jangan panik dalam menghadapi situasi pasar yang bergerak melawan option Anda. Analisa pergerakan harga secara objektif dan mulailah mencari solusi yang bisa dilakukan.

Mencari Solusi
Cara ini bisa dilakukan jika Anda bertrading pada broker yang menyediakan fitur sell back, early closure, rollover, atau take profit. Antara sell back, early profit, dan take profit sebenarnya memiliki prinsip yang sama, yaitu untuk menutup option Anda lebih awal dan mengembalikan sebagian kapital Anda. Teknik ini sangat efektif untuk mengurangi kerugian total apabila harga memang tidak ada kemungkinan untuk bergerak ke level yang menguntungkan saat expiry time tiba.

Sementara itu, rollover memiliki fungsi untuk memperpanjang waktu expiry time Anda. Metode ini bisa menyelamatkan option Anda jika sebelumnya Anda telah salah memperkirakan expiry time, karena ternyata harga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bergerak mencapai level yang Anda perkirakan.

Fitur-fitur seperti ini biasanya dikenakan komisi, sehingga Anda tidak bisa sembarangan memanfaatkan layanan ini setiap kali harga bergerak melawan posisi Anda. Maka dari itu, menghadapi pergerakan harga dengan kepala dingin sekali lagi sangat diperlukan agar Anda bisa mencari solusi yang paling tepat untuk diterapkan.

Akan tetapi, apa jalan keluar yang bisa diambil jika platform trading dari broker pilihan Anda tidak menyediakan fitur-fitur tersebut? Dalam hal ini, tidak ada cara lain yang bisa Anda lakukan selain menerima kekalahan. Satu kekalahan bukan berarti Anda akan seterusnya gagal. Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan manajemen resiko dan strategi trading secara konsisten, maka kekalahan tersebut sebenarnya adalah kemungkinan yang sudah diperhitungkan dan tak perlu terlalu dikhawatirkan.


Tahap 3: Membenahi

Anda sudah berjuang mati-matian untuk konsisten terhadap strategi tapi masih saja loss? Sudah menerapkan manajemen resiko tapi masih juga mengalami drawdown yang banyak? Lalu untuk apa kita melakukan semua hal di atas jika hasilnya seperti ini?

Antisipasi hanyalah antisipasi. Bukan hal yang benar-benar menjamin kesuksesan Anda. Walaupun bisa memperbesar kemungkinan menang, namun masih ada celah kekalahan yang bisa menimpa Anda. Apabila Anda telah berhasil menerapkan tahap pertama dan kedua, serta tidak mengalami situasi seperti pada pertanyaan-pertanyaan di atas, maka Selamat! Anda telah berhasil menjadi trader yang mampu menghadapi kerugian dengan baik. Namun jika Anda masih didera oleh kegagalan yang menurut Anda cukup signifikan, maka Anda perlu mengikuti tahap selanjutnya yaitu "membenahi" trading.

Menjadi Pecundang Cerdas
Kunci memulihkan diri dari kerugian trading adalah dengan memotivasi diri Anda untuk menjadi seorang "pecundang cerdas", yang mampu menjadikan kegagalan sebagai peluang baru untuk meraih keberhasilan. Dengan mentransformasikan diri sebagai pecundang cerdas, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi "pemenang sesungguhnya". Mengingat dalam jangka panjang kita pasti akan menemui situasi sulit dan mungkin mengalami kekalahan, seorang pemenang tentunya harus bisa bangkit dari suatu kegagalan untuk bisa melanjutkan karir tradingnya.

Evaluasi Trading
Setelah mengalami sejumlah kegagalan dalam trading binary options, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan melakukan evaluasi baik terhadap performa strategi maupun psikologi trading Anda. Jangan melakukan evaluasi saat Anda masih dikuasai oleh emosi trading, karena penilaian Anda akan terbiaskan oleh emosi tersebut.

Setiap kekalahan pasti ada sebabnya. Tidak ada salahnya Anda membuat jurnal trading untuk bisa mengetahui sumber kesalahan yang menyebabkan trading binary options Anda loss. Namun sebelum menambahkan perubahan atau bahkan mengganti sistem trading Anda, kenali dulu apakah sebelumnya Anda telah menjalankan sistem dengan konsisten. Bila ternyata Anda masih kurang disiplin menjalankan strategi, sering membuka posisi saat tidak ada sinyal yang valid, atau tidak konsisten menerapkan manajemen resiko, maka Anda perlu membenahi psikologi trading Anda. Solusinya, cobalah untuk meningkatkan rasa disiplin dan kurangi keterlibatan emosi Anda di trading-trading berikutnya.

evaluasi trading binary options

Di sisi lain, apabila Anda sudah konsisten menjalankan strategi dan selalu patuh terhadap manajemen resiko namun masih sering mengalami kegagalan, mungkin sudah saatnya Anda mengganti setting strategi atau manajemen resiko Anda. Apabila masalahnya adalah frekuensi kekalahan yang masih tinggi (Anda lebih sering profit daripada loss), bisa jadi strategi Anda yang masih bermasalah. Sebaliknya, jika dalam beberapa kali trade Anda sudah sering in-the-money namun jumlah kerugian Anda ternyata lebih besar dari yang sanggup Anda tanggung, maka kemungkinan masalahnya ada pada manajemen resiko.

Ambil Pelajaran
Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari sebuah kegagalan. Seperti yang telah disebutkan pada poin di atas, Anda bisa lebih mudah melihat penyebab kegagalan dengan melakukan evaluasi trading. Baik dari segi psikologis maupun teknis, Anda bisa menarik dan menyimpulkan pelajaran yang berguna untuk memperbaiki cara trading Anda di masa depan.

Bagaimanapun juga, sebuah kegagalan dapat secara efektif mengajarkan apa saja hal-hal yang harus dihindari dan bagaimana mengatasi sebuah permasalahan. Bangkit dari sebuah kekalahan juga akan melatih mental Anda untuk menjadi seorang trader yang optimis dan pantang menyerah.


Kesimpulan

Mempersiapkan diri menjadi trader binary options yang baik bukan hanya soal berusaha untuk meraih profit dan menghindari loss, tetapi juga melatih sikap menghadapi kerugian. Saat kerugian sudah tak terhindarkan lagi, Anda dapat bertransformasi menjadi pecundang cerdas untuk bisa menjadi pemenang yang sesungguhnya. Untuk itu, selalu ingat tiga hal ini:

  • Kurangi jumlah kekalahan dan kerugian dengan konsisten menjalankan strategi dan manajemen resiko, serta kembangkan persepsi positif tentang kegagalan trading
  • Respon kerugian dengan pikiran yang tenang, analisa kembali pergerakan harga, dan jika ada solusi yang bisa diterapkan, segera lakukan. Jika kerugian Anda sudah terlanjur terjadi, maka anggaplah kegagalan tersebut sebagai hal wajar yang sudah Anda perhitungkan akan terjadi.
  • Benahi kegagalan trading Anda dengan melakukan evaluasi, dan ambil pelajaran yang bisa diterapkan untuk memperbaiki cara trading Anda di masa yang akan datang.
249529
Penulis

Alumni Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya yang sekarang menjadi pengisi konten artikel di seputarforex.com. Aktif menulis tentang informasi umum mengenai forex, juga terinspirasi untuk mengulas profil dan kisah sukses trader wanita.


Kesulitan Akses Seputarforex?
Silahkan buka melalui https://bit.ly/seputarforex


Alternatifnya, lakukan solusi ini jika Anda mengakses lewat:
PC   |   Smartphone