Mengenal Bank Of Canada (BoC)

198720

Bank of Canada (BoC) adalah bank sentral Kanada yang berdiri sejak tahun 1934, mengemban tugas menjaga pencapaian target inflasi dan stabilitas nilai tukar.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Bank of Canada (BoC) adalah bank sentral Kanada yang berdiri sejak tahun 1934 dan berkantor pusat di Ottawa. BoC dipimpin oleh seorang gubernur yang ditunjuk oleh dewan direktur untuk masa jabatan selama tujuh (7) tahun. Kursi Gubernur BoC saat ini dipegang oleh Stephen Poloz, yang menjabat sejak Juni 2013 dengan menggantikan Mark Carney. Sebagai salah satu bank sentral negara mata uang utama, nama Bank of Canada (BoC) maupun gubernurnya sering muncul dalam pemberitaan. 

 

Tugas Bank of Canada (BOC)

Hampir sama dengan bank sentral negara lain, tugas utama BoC adalah membuat dan menjalankan kebijakan moneter, mengatur dan mengawasi institusi keuangan termasuk bank-bank komersial, serta mencetak dan mengedarkan mata uang Kanada (Dolar Kanada/CAD). Yang terpenting diantara keempat tugas tersebut adalah membuat kebijakan moneter sesuai dengan target yang telah ditentukan, termasuk menetapkan tingkat suku bunga.

Semua kebijakan moneter Kanada diambil dengan tujuan untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi Kanada dan khususnya kesejahteraan warga negara Canada. Guna memenuhi tujuan-tujuan tersebut, bank sentral mengatur sistem keuangan dan sistem kredit untuk menjaga daya beli (purchasing power) mata uang Dolar Kanada yang ideal dengan kondisi ekonomi.

Bank of Canada

 

Fokus Kebijakan Moneter BoC

Fokus kebijakan moneter Bank of Canada yaitu menjaga tingkat inflasi tetap rendah, stabil, dan terkendali. Bank sentral yakin bahwa dengan menjaga tingkat inflasi yang rendah tetapi stabil, maka kinerja perekonomian akan bisa meningkat, demikian pula standar hidup penduduk Kanada.

Keadaan demikian akan menarik investasi jangka panjang yang pada akhirnya akan meningkatkan output, ketenagakerjaan dan tingkat pendapatan penduduk Kanada. Di samping itu, tingkat inflasi yang rendah dan stabil akan menjaga daya beli penduduk, terutama bagi mereka yang berpenghasilan tetap, misalnya yang hanya hidup dari pensiun.

Untuk mengendalikan tingkat inflasi, sejak tahun 1991, Bank of Canada dan pemerintah Kanada menentukan target inflasi yang ditinjau kembali setiap 5 tahun. Tingkat inflasi ditentukan berdasarkan data Consumer Price Index dalam basis Year-over-Year (inflasi tahunan). Hingga Januari 2019, Bank of Canada menentukan target inflasi 2.0% sebagai target tengah (midpoint) dengan batas bawah 1.0% dan batas atas 3.0%. 

CPI YoY dipilih sebagai pengukur perubahan biaya hidup mayoritas penduduk Kanada, karena penghitungannya mencakup barang dan jasa yang umum dibeli seperti pangan, perumahan, transportasi, sandang, rekreasi, dan lain sebagainya. Namun, Bank of Canada juga memantau sejumlah parameter inflasi inti lainnya untuk membantu menyaring perubahan temporer pada CPI an berfokus pada tren yang mendasari inflasi. Mulai Januari 2017, parameter inflasi inti yang dijadikan acuan oleh CPI-trim, CPI-median, dan CPI-common.

 

Penetapan Suku Bunga dan Kebijakan BoC Lainnya

Untuk mencapai target inflasi, bank sentral menetapkan suku bunga (overnight rate) sesuai dengan perubahan tingkat inflasi yang terjadi. Rapat kebijakan untuk menentukan suku bunga, diadakan 8 kali dalam setahun. Keputusan sebagai hasil rapat dapat berupa kenaikan suku bunga (rate hike), penurunan suku bunga (rate cut), atau suku bunga tetap (tak ada perubahan kebijakan).

Posisi suku bunga BoC per rapat tanggal 9 Januari 2019 terletak pada 1.75 persen, setelah dilakukannya beberapa kali kenaikan sepanjang tahun 2018.

Suku Bunga Bank of Canada

Kebijakan moneter penting lainnya yang masuk dalam kewenangan Bank of Canada adalah tentang nilai tukar mata uang Dolar Kanada yang dibuat flexible atau floating (Kurs Mengambang). Keputusan tersebut tentunya diambil karena dianggap cocok untuk keadaan ekonomi Kanada yang berbasis ekspor.

Selain itu, BoC juga dapat mengambil keputusan untuk meluncurkan program stimulus moneter (Quantitative Easing/QE) atau menghapuskannya. Pada saat krisis keuangan global tahun 2008, BoC menjalankan program stimulus (QE) hingga 78.3 milyar Dollar Canada. Namun, program tersebut telah diakhiri setelah krisis berlalu.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.