OctaFx

iklan

Mengenal Boundary Trading Dalam Binary Options

Boundary trading adalah jenis trading binary options yang baik untuk diterapkan saat pasar sideways. Variasi lain dari tipe trading ini akan memberikan pilihan bagi Anda yang ingin meraih profit di binary options.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Dalam binary options, Anda dapat memanfaatkan berbagai kondisi pasar baik ketika trending maupun ranging. Analisa teknikal atau fundamental bukanlah satu-satunya perangkat yang dapat digunakan untuk membantu Anda memanfaatkan perbedaan pada kondisi market. Boundary options adalah salah satu tipe trading khusus yang bisa diandalkan pada situasi pasar sideways.

Boundary trading, atau yang juga dikenal sebagai range trading merupakan jenis option yang memungkinkan Anda untuk memperkirakan apakah harga akan tetap atau bergerak keluar dari batas atas dan batas bawah harga. Karena kemungkinan in-the-money-nya yang lebih tinggi dari jenis trading lainnya, tidak semua broker menyediakan tipe trading ini. Anda bisa memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi dengan boundary trading, karena target harga yang ditentukan akan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan high/low dan touch trading di binary options. Option "in" ditempatkan dengan dasar analisis bahwa harga akan berada dalam batasan harga atas dan harga bawah (range) sebelum expiry time tiba.

Sementara option "out" malah akan memberikan pilihan target harga yang lebih luas, karena trading Anda akan berakhir in-the-money selama harga tidak berada dalam range ketika option Anda terclose. Hanya saja, option ini cenderung lebih menguntungkan jika Anda yakin akan terjadi lonjakan harga. Maka dari itu, option "in" bisa dipilih ketika pasar sideways, sedangkan options "out" bisa ditentukan untuk mengantisipasi market yang sedang mengalami volatilitas tinggi.

Boundary trading binary options
Seperti halnya jenis-jenis options lainnya, boundary trading juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda tergantung dari broker yang menyediakannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan jenis dan fitur dari boundary trading. Jenis options ini umumnya ditentukan dengan memperkirakan apakah harga akan tetap berada di dalam atau bergerak keluar dari range. Ada broker yang sudah menyediakan range tersebut, namun ada pula broker yang membebaskan tradernya untuk menentukan sendiri batasan harga yang dikehendaki. Terdapat pula variasi boundary trading seperti High Yield Boundary dan "stays between/goes outside" yang akan kita bahas satu persatu dalam penjelasan di bawah ini.

Range Dalam Boundary Trading: Dapatkan Dari Broker Atau Tentukan Sendiri?

Broker umumnya memiliki ketentuan yang menyeluruh untuk setiap jenis trading yang dimilikinya, dimana penentuan level-level harga yang ditetapkan oleh broker atau yang dapat dipilih sendiri oleh trader berlaku untuk semua jenis trading yang disediakan.

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot menentukan range harga dapat memilih untuk bertrading di broker yang sudah menentukan target range.

Boundary trading 24option

Contoh tampilan broker yang menyediakan range harga untuk boundary trading. Pada platform trading (kanan), area abu-abu dengan warna yang lebih tua adalah range yang divisualisasikan ke dalam grafik pergerakan harga.

Sebenarnya, pemberian batasan harga oleh broker sama sekali tidak membatasi kebebasan Anda untuk menentukan pilihan. Masih terdapat option "out" jika analisa Anda membuktikan bahwa harga tidak akan berada dalam range harga yang disediakan broker. Pada contoh gambar di atas, Anda akan meraih profit jika harga bisa bergerak ke luar range saat expiry time habis. Dengan pemberian batasan dari broker ini, strategi trading Anda juga akan lebih terfokus pada range-range yang telah diberikan, dan tinggal memilih apakah range akan bisa membatasi pergerakan harga ("in") atau justru harga akan bergerak ke luar menembus batasan tersebut ("out").

Sebaliknya, ada juga broker yang selalu menyediakan pilihan bagi tradernya untuk menentukan target harga yang diinginkan. Binary.com yang memberikan kolom khusus untuk mengatur level high/low dan target harga untuk touch/no touch merupakan salah satu contoh broker yang konsisten dalam menyediakan kebebasan ini. Pada boundary trading, Binary.com juga memungkinkan tradernya untuk mengatur sendiri range harga yang diinginkan. Jenis ini tentu akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki analisa tersendiri untuk menentukan range tersebut. Meski sedikit menuntut spesifikasi, tapi hasil trading option yang akan keluar akan lebih mampu dipertanggungjawabkan secara psikologis, sebab Anda sendirilah yang mengatur semua aspek dalam posisi option ini.

High Yield Boundary Menawarkan Profit Hingga Ratusan Persen

Boundary trading juga dimodifikasikan ke dalam salah satu jenis High Yield Options yang selalu memberikan persentase profit di level fantastis. Seperti halnya High Yield Touch, High Yield Boundary juga memiliki return profit hingga ratusan persen. Akan tetapi, jenis option ini juga ditradingkan dengan resiko yang lebih tinggi.

High Yield Boundary

Return profit yang dihasilkan dari High Yield Boundary dapat mencapai lebih dari 200%

Prinsip utama dalam High Yield Boundary ini adalah, semakin sempit range yang diatur, semakin besar return profit yang akan didapatkan. Tentu saja range yang sempit tersebut juga akan memperkecil peluang trading Anda, karena waktu dan macam instrumen yang diberikan lebih sedikit, serta range yang ditentukan pun biasanya lebih sempit. Akan tetapi, cara ini dapat Anda manfaatkan secara maksimal dan lebih aman jika Anda memiliki sistem trading yang teruji. Bagi Anda yang baru memulai di binary options, berlatih pada boundary trading biasa akan dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bertrading pada jenis High Yield ini.

Variasi Lain Dari Boundary Trading Binary Options

Tidak hanya dapat diaplikasikan dengan memperkirakan posisi harga terhadap range yang ditetapkan, boundary trading juga memiliki beberapa macam trading yang divariasikan dari pergerakan harga sebelum expiry time tiba. Poin-poin berikut akan membantu Anda dalam memahami variasi dari boundary trading ini:

  • Option "stays between" dalam boundary trading ditentukan dengan memperkirakan apakah harga akan sempat bergerak di dalam range harga selama masa option Anda berlaku (sebelum expiry time).

  • Option "goes outside" akan berakhir in-the-money jika harga dapat bergerak ke luar dari range selama option berjalan.


Salah satu broker binary options yang menyediakan variasi boundary trading ini adalah Binary.com. Namun, broker ini tidak menyediakan return profit pada jenis trading "goes outside".

Bounday Trading Binary.com
Tidak semua broker memberikan pilihan yang sama dengan Binary.com. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar memahami ketentuan dari jenis-jenis options yang disediakan oleh broker pilihan Anda.

Cara Melakukan Analisa Pada Boundary Trading Binary Options

Meski hanya tinggal menentukan apakah harga akan tetap tinggal atau justru keluar dari range yang ditetapkan, Anda tetap memerlukan analisa trading yang mendalam jika ingin mendapat profit dengan jenis trading ini. Baik itu teknikal maupun fundamental, Anda sebaiknya mempersiapkan strategi trading yang matang dan terencana. Cara berikut ini akan memberikan gambaran umum yang dapat Anda jadikan persiapan sebelum memilih jenis trading boundary dalam binary options:

Analisa Teknikal
Salah satu indikator teknikal yang akan sangat berguna dalam mencari range yang tepat adalah Bollinger Bands. Indikator volatilitas ini bisa Anda manfaatkan terutama ketika channel-channel bollinger bands bergerak cenderung mendatar. Perhatikan contoh grafik berikut ini:

Bollinger Bands untuk Boundary Trading di Binary Options
Pada contoh tersebut, terlihat bahwa channel atas dan bawah yang ditampilkan oleh Bollinger Bands saat harga sideways dapat menjadi range atas dan bawah untuk boundary trading. Selain itu, ada juga garis-garis support dan resistan yang bisa didapatkan dari fibonacci retracement dan pivot poin untuk menentukan range harga yang tepat.

Analisa Fundamental
Meskipun sideways seringkali terjadi pada pergerakan harga, namun ada kalanya harga merespon rilis berita yang menampilkan hasil diluar ekspektasi, sehingga menciptakan tren baru setelah sempat ranging untuk beberapa saat. Akan sangat berbahaya jika Anda salah menempatkan option dan expiry time.

Untuk itu, mengenal sisi fundamental suatu instrumen akan sangat berpengaruh terhadap peluang keberhasilan Anda pada jenis trading ini. Anda bisa mempelajari data-data apa saja yang dapat mempengaruhi pergerakan harga dari instrumen yang Anda tradingkan. Mengetahui saat yang tepat untuk menghindari lonjakan harga akibat rilis data juga perlu untuk mengantisipasi kelirunya option yang ditempatkan pada boundary trading. Anda dapat mengetahui itu semua melalui kalender ekonomi yang disediakan oleh banyak situs finansial saat ini.

 

Tetap Belajar Dan Kenali Resiko Sejak Dini

Belajarlah untuk trading pada jenis-jenis options yang disediakan oleh broker binary options Anda di akun demo. Jika broker Anda tidak menyediakannya, gunakan kapital dalam jumlah kecil untuk membatasi resiko di awal trading. Anggap saja biaya-biaya kecil itu sebagai biaya belajar, yang kelak mampu dikembangkan menjadi profit yang lebih banyak.

Resiko Trading Binary Options
Trader yang memiliki persiapan akan lebih sanggup menerima resiko trading yang dihadapi. Hal ini bukan berarti option Anda hanya memiliki peluang kecil. Resiko akan selalu ada, asal bisa diantisipasi dan dikendalikan dengan baik, Anda akan dapat menguasai trading binary options dengan lebih meyakinkan. Jika Anda selalu merasa kurang yakin pada option Anda karena tidak adanya persiapan, maka potensi keberhasilan untuk meraih sukses di binary options juga akan semakin kecil. Oleh karena itu, untuk setiap jenis trading yang Anda pilih, raihlah kesempatan profitnya dengan analisa trading yang terencana. Selain itu, menetapkan pengelolaan dana trading yang terukur juga akan membantu Anda untuk mempertahankan akun trading binary options Anda.

Alumni Sastra Inggris Universitas Negeri Surabaya yang sekarang menjadi pengisi konten artikel di seputarforex.com. Aktif menulis tentang informasi umum mengenai forex, juga terinspirasi untuk mengulas profil dan kisah sukses trader wanita.


Sudira
Masih langka binary yg ini. Banyakan masi call put call put aja tuh
Ajid.rosidin
emang lebih gampangan yang begitu gan, nggak ribet tinggal pilih harga naik apa turun. terus pilih expiry udah jadi deh tuh posisi. kalo boundary masi kudu liat rangenya dulu, blm lagi nyocokin sama range brokernya. lah bisa aja sama brokernya justru dibikin sulit. mending pake yg dasar umum aja deh, call put binary
Ferditya Indra
Betul, trading memang sebaiknya dipilih yang dirasa paling mudah saja. Namun ada kalanya kita bisa mencoba yang lain untuk meningkatkan probabilitas keuntungan, apalagi jika tampaknya ini sesuai dengan gaya trading kita. Tentu saja dalam mencobanya kita praktekan di akun demo dulu, atau di akun live dengan resiko kecil. Boundary option ini tampaknya cocok untuk trader2 yg menggunakan strategi sideways, atau juga breakout. Jadi kalau dalam sistem awalnya sudah biasa memakai strategi seperti itu, maka boundary ini pantas dcoba
Lesmono
Klo di fx news trading bisa pakai pending order, jadi meskipun g pasti msh bisa diantisipasilah, tp klo di binary sekali tebakanya salah pas news trading maka bisa langsung tewas. apalagi klo terus harga breakout n tren di arah yg berlawanan. Klo seperti itu emang baiknya open option di waktu sesudah news rilis n arah harga udah lebih tenang jg terkonfirmasi.
Fahmi Setia
oooo trnyata begini jg tergantung sm brokerx ya?
wah bingungin donk kl begitu?
msak tiap broker kondisix bs jauh beda gitu? nama2 optionx pun juga beda, makin ruwet deh.
kl ada bisa donk kita dikasih broker mana ja yg ada boundaryx trus disertain jg dsana namax apa aja
Sf
Terima kasih atas saran Anda, masukan ini akan kami tampung dan sebisa mungkin diusahakan untuk segera terpenuhi
Muhammad Iqbal
apakah mbak galuh ini juga trader binary options??
Galuh
Halo Muhammad Iqbal, Untuk saat ini saya tidak trading binary options. Informasi di atas saya sampaikan berdasarkan keterangan di berbagai sumber untuk membantu melengkapi ilmu para trader binary options.