Advertisement

iklan

Mengenal Koin Privasi Dan Manfaatnya Di Pasar Kripto

282643

Untuk menanggulangi masalah umum di pasar kripto yang terkait dengan kurangnya privasi pengguna, banyak orang kini beralih pada Koin Privasi, seperti Monero, Dash, dan ZClassic.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Berbagai negara di dunia termasuk China dan Korea Selatan telah mengambil pendekatan untuk mengatur ataupun melarang kriptografi sepenuhnya. Pelarangan tersebut telah menyebabkan banyak orang yang bertransaksi di pasar kripto, memilih untuk lebih berhati-hati dan mulai menggunakan Privacy Coin (Koin Privasi). Popularitas Koin Privasi tumbuh secara eksponensial dari tahun 2017. Selama awal tahun 2018, beberapa dari koin tersebut mulai menunjukkan performa menjanjikan dengan adopsi yang semakin meluas.


Apa Itu Koin Privasi?

Koin Privasi merupakan sebuah koin yang membuat pengirim dan penerima tidak terlihat (anonim), sehingga tidak ada satupun orang dapat melihat secuil detail apapun dari transaksi yang dilakukan. Mereka yang dapat melihat transaksi tersebut hanyalah pihak pertama dan kedua.

 

Mengenal koin privasi

 

Ada beberapa koin full anonim dan tidak menawarkan pilihan apapun untuk menunjukkan rincian transaksi. Namun demikian, ada beberapa yang mengizinkan anonim parsial. Masalah terbesar dari Koin Privasi adalah mudah digunakan untuk aktivitas ilegal. Hal ini tentu saja memicu kekhawatiran dan kecurigaan dari pejabat-pejabat pemerintah. Kecemasan itu memang beralasan, karena Koin Privasi mendominasi transaksi di Dark Web atau Pasar Gelap Online.

Ketika banyak agen pemerintah menyerang Dark Web, mereka mengetahui bagaimana Koin Privasi mendominasi pasar tersebut. Dari sini muncullah perspektif yang tidak adil mengenai Koin Privasi, karena mereka hanya menyoroti apa sisi negatif dari koin tersebut, tanpa mempertimbangkan manfaatnya sama sekali.

Perlu dicatat kembali bahwa anonimitas sempurna memiliki resiko inheren, tetapi begitu juga dengan transparansi lengkap. Jika saldo rekening bank masing-masing individu adalah informasi publik, akan ada lebih banyak upaya perampokan yang terjadi. Keuangan seseorang seharusnya tidak menjadi informasi yang dapat diketahui oleh masyarakat umum.

Koin Privasi memiliki banyak manfaat selain menyembunyikan data informasi dan transaksi kita. Koin ini melindungi pengguna dari orang lain yang ingin menargetkan mereka sebagai target kejahatan, seperti perampokan dan pencurian.

Baru-baru ini, insiden peretasan di pasar kripto meningkat secara tajam, karena target mereka jelas memiliki dana besar. Pengguna Koin Privasi bisa bernafas lega, karena bisa memiliki perlindungan yang dibutuhkan untuk menyembunyikan nilai kekayaan dari publik.


Apa Itu Koin Transparansi?

Kebalikan dari Koin Privasi adalah Koin Transparansi. Namun demikian, Koin Transparansi memungkinkan adanya orang lain untuk mengetahui berapa jumlah dana (koin) di Wallet kita. Contohnya bisa dilihat di Bitcoin. Setiap pemilik akun Bitcoin dapat melihat saldo dan transaksi Anda, karena mata uang kripto tersebut memang terdesentralisasi untuk umum.

 

Koin transparansi Bitcoin

 

Jika tetangga atau teman Anda ingin melihat berapa banyak uang Anda di dompet, apakah mereka memiliki hak untuk tahu? Tentu saja tidak! Orang lain tidak punya hak apapun untuk mengetahui keuangan Anda, karena pengetahuan tersebut bisa saja disalahgunakan untuk tindak kejahatan

 

Contoh Koin Privasi Papan Atas

Dari uraian diatas, jelas ada masalah besar di setiap transaksi yang dipublikasikan, termasuk saldo di dalam Wallet pengguna. Koin Privasi memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan mode anonim di koin kripto standar. Hal ini menimbulkan masalah bagi pemerintah di semua tempat, karena sangat sulit untuk memantau pengeluaran atau penggunaan Koin Privasi, serta memastikan pajak untuk dikumpulkan kepada pihak pemerintah.

Karena alasan tersebut, beberapa negara mungkin melarang Koin Privasi, atau bahkan melarang kripto sepenuhnya. Namun masih banyak pula tempat-tempat yang tidak mencekal aktivitas di pasar kripto, atau tidak menetapkan regulasi tertentu, Mereka biasanya cuma mengedarkan peringatan risiko transaksi di pasar kripto untuk setiap individu, sehingga masyarakat akan tahu jika keterlibatan di pasar kripto tidak direkomendasikan pemerintah, dan tidak ada payung hukum yang bisa membantu mereka jika ada hal buruk terjadi.

Saat ini, ada berbagai macam jenis dan nama Koin Privasi. Namun dari sekian banyak mata uang di pasar kripto, hanya 3 Koin Privasi berikut yang memimpin dengan adopsi cukup besar: Monero (XMR), Dash (DASH), dan ZClassic (ZCL).


Monero (XMR)

Monero (XMR) diluncurkan pertama kali pada bulan April 2014, sebagai hasil Fork dari Bytecoin. Tujuannya adalah untuk menciptakan mata uang tak terlacak. XMR memanfaatkan teknologi CryptoNote, Ring Signatures, Ring Confidential Transactions, dan Stealth Addresses. Pemanfaatan ini menyediakan banyak lapisan perlindungan untuk mendukung anonimitas, karena setiap lapisan perlindungan menciptakan lebih banyak privasi bagi pengirim dan penerima.

 

Koin Privasi Monero

 

CryptoNote adalah protokol sumber terbuka yang memungkinkan peningkatan privasi. Kebanyakan kripto lain menggunakan Signature tetap untuk memverifikasi transfer. CryptoNote secara khusus menggunakan Ring Signature yang menutupi signature pengirim.

Sementara itu, Ring Confidential Transactions (RCT) menutupi jumlah dana transfer melalui suatu teknologi unik. Pada bulan September 2017, fitur ini ditambah dengan alamat tersembunyi sehingga tingkat privasi menjadi lebih tinggi.

Fitur privasi ekstensif di XMR terjadi bersamaan dengan adopsi Monero sebagai token utilitas Dark Web. Hal ini dapat memberikan fondasi untuk menjadi salah satu mata uang kripto teratas. Jika XMR mampu memperbaiki citranya di mata publik dengan beberapa fitur baru agar tidak digunakan sebagai utilitas kejahatan, tentu saja adopsi XMR akan lebih mainstream lagi.  Saat ini, XMR diperdagangkan di $272, dengan Valuasi Pasar $4.2 miliar. Mata uang ini menempati urutan ke-12 dari 1,519 koin kripto lainnya.


Dash (DASH)

Mirip seperti XMR, DASH merupakan mata uang Dark Web yang paling banyak digunakan. Namun, tidak seperti XMR yang semua transaksinya sudah otomatis terlindungi dengan mode Private, DASH memungkinkan pengguna untuk menentukan sendiri, kapan harus menggunakan mode Private atau tidak.

 

Koin Privasi DASH

 

DASH memiliki dua fitur transaksi utama, yaitu Instan Send dan Private (Dark Send). Pengguna dapat memiliki sistem opsional, yang memungkinkan untuk pengiriman anonim maupun tidak. Karena DASH lebih memfasilitasi transparansi dan anonimitas dalam satu platform, kemungkinan adopsinya lebih besar dari Monero.

Saat ini, DASH diperdagangkan di harga $589 dengan valuasi pasar sebesar $4.6 miliar. Mata uang kripto ini menempati urutan ke-11 dari keseluruhan 1,519 koin lainnya.


ZClassic (ZCL)

ZClassic, ZenCash, dan Zcash merupakan koin-koin privasi berbasis teknologi mirip dengan nama "ZK-SNARKS". ZClassic (ZCL) sendiri merupakan hasil Fork dari Zcash yang bermaksud untuk menghapus biaya 20% dari teknologi Zcash. Selain itu, ketiga produk Z-Branded dan teknologi ZK-SNARKS tersebut juga ditujukan untuk menyediakan 100% anonimitas seperti Monero (XMR).

 

Koin Privasi ZClassic

 

Namun yang menarik di sini adalah adanya kerjasama dari pihak ZClassic (ZCL) dan Bitcoin Classic (BTC), untuk melakukan Fork berupa koin Bitcoin Private (BTCP). Fork tersebut rencananya dilakukan pada akhir Februari 2018, dan setiap pemegang ZCL atau BTC akan mendapatkan rasio 1:1 pada Wallet mereka.

ZClassic saat ini diperdagangkan di harga $130, dengan valuasi pasar sekitar $442 juta, dan menempati ranking ke-46 dari 1,519 koin di pasar kripto.

 

Pengetahuan tentang aset-aset menjanjikan seperti 3 contoh Koin Privasi di atas tentu akan sangat berguna jika diterapkan untuk dasar investasi. Jika Anda tertarik menyelami dunia investasi di pasar kripto, perhatikan ulasan dan tips-tipsnya terlebih dulu di artikel ini.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.